Cara Membuat Email dari Gmail sampai Email Nama Sendiri - Niagahoster

Melalui artikel ini, kami akan membahas beberapa pilihan cara membuat email. Mulai dari email gratis di Gmail sampai email berbayar dengan nama domain sendiri seperti email@namaanda.com atau anda@namaperusahaan.com.

Fungsi Email

Saat ini email memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan sekedar untuk berkirim pesan, berikut beberapa fungsinya:

1. Berikirim Pesan

Fungsi awalnya email adalah untuk berikirim pesan. Anda dapat mengirim atau menerima pesan dalam hitungan detik, tergantung dari kecepatan internet yang digunakan dan server email Anda.

2. Untuk Melakukan Pendaftaran Akun Online

Saat ini hampir setiap orang memiliki akun media sosial seperti Twitter atau Facebook, untuk membuatnya tentu akan memerlukan alamat email. Selain itu, alamat email juga diperlukan ketika Anda akan berbelanja online, baik itu untuk membeli barang atau tiket, karena harus membuat akun terlebih dahulu.

3. Mengaktifkan Smartphone

Untuk Anda yang memiliki smartphone Android, supaya perangkatnya dapat digunakan, Anda akan memerlukan alamat email. Ini juga berguna untuk login di play store yang nantinya akan berguna ketika Anda ingin melakukan instalasi aplikasi baru.

4. Media Promosi

Tentu Anda sudah sering menerima email promosi dari berbagai perusahaan mengenai promo yang sedang mereka jalankan. Itulah salah satu fungsi email, yaitu untuk mendapatkan konversi, baik itu meningkatkan penjualan atau jumlah pendaftaran.

Berikut Cara Membuat Email

Pada tutorial ini kami akan membahas tiga cara berbeda untuk membuat email, jika Anda ingin membuat email gratis dan tidak menginginkan email profesional, silakan ikuti langkah di pilihan 1.

Untuk Anda yang menginginkan email yang lebih profesional, silakan ikuti langkah di pilihan 2, untuk pilihan ini kami membagikan cara yang lebih hemat untuk membuat email dengan nama domain sendiri.

Pilihan 1: Membuat Email Gmail

Catatan: Untuk pilihan ini, alamat email yang akan Anda dapatkan berupa alamatemail@gmail.com.

Supaya Anda memiliki akun Gmail, Anda perlu membuat akun Google terlebih dahulu. Akun tersebut dapat Anda gunakan untuk login ke produk yang dimiliki Google selain Gmail, yaitu YouTube, Google Drive, Blogger, Google Play, dan produk Google lainnya.

Untuk membuatnya, silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Silakan akses halaman untuk mendaftar akun Google.

2. Isi detail yang diminta mulai dari, nama, alamat email, kata sandi, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor telepon.

3. Setelah Anda selesai membuat akun Google, maka Anda sudah memiliki akun Gmail, selanjutnya silakan login ke Gmail Anda.

Jika Anda ingin mengetahui langkah-langkah cara membuat email Gmail, silakan ikuti tutorial yang sudah kami buat mengenai daftar Gmail.

Pilihan 2: Membuat Email dengan Nama Sendiri

Jika Anda seorang profesional yang membutuhkan sebuah alamat email sesuai dengan nama perusahaan atau profesi supaya lebih terpercaya di mata pelanggan, tentu Anda wajib membuat sebuah alamat email sesuai dengan nama perusahaan atau nama Anda.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membuat email, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebuah alamat email adalah bagian terpenting pada email supaya dapat dengan mudah menerima pesan, dan alamat email untuk setiap pengguna akan berbeda-beda.

Itulah kenapa Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ketika akan membuat email, untuk lebih jelasnya silakan simak infografis di bawah ini.

cara membuat email infografis

Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membuat email dengan menggunakan nama domain sendiri, berikut diantaranya:

a. Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Zohomail

Pilihan ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin memiliki alamat email sesuai yang diinginkan tapi dengan biaya yang terjangkau, karena hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun.

Jadi Anda hanya mengeluarkan biaya untuk membeli domain sekitar Rp. 115.000/tahun.

Alamat email yang bisa Anda buat dapat disesuaikan dengan nama domain yang dipilih. Misalnya, jika nama domain Anda adalah namausahaanda.com, untuk alamat email dapat dibuat menjadi kontak@namausahaanda.com, namaanda@namausahaanda.com, dll.

Keuntungan

  • Alamat email Anda terlihat lebih profesional
  • Anda hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun

Kekurangan

  • Resource dibatasi hanya 5GB.
  • Email Anda dapat dihapus sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan dari Zoho Mail.

Untuk caranya silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Beli nama domain, Anda dapat membelinya di www.niagahoster.co.id/domain-murah.

2. Pilih nama domain, dengan memasukkan nama yang diinginkan pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Cek Domain. Jika Anda kesulitan menentukan nama domain, silakan baca artikel mengenai cara menentukan nama domain.

domain untuk membuat email

3. Jika tidak tersedia, silakan cari nama domain lainnya. Jika tersedia silakan selesaikan proses pemesanan.

4. Setelah domain Anda aktif, silakan lakukan konfigurasi domain Anda dengan Zohomail, sesuai dengan tutorial yang sudah kami buat mengenai cara membuat email domain sendiri di Zohomail.

Catatan: Untuk akun Zoho Mail gratis, Anda akan mendapatkan 5GB/User untuk 25 user, 20MB Attachment dan single domain. Jika Anda ingin resource yang lebih besar, Anda dapat menggunakan cara di bawah ini.

b. Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Hosting

Pilihan ini adalah solusi untuk Anda yang membutuhkan resource yang lebih besar dengan harga yang terjangkau.

Keuntungan

  • Alamat email Anda terlihat lebih profesional
  • Anda dapat membuat website sesuai nama domain email, silakan ikuti tutorial cara membuat website untuk lebih lengkapnya.
  • Email mudah di backup kapan saja, silakan baca tutorial cara backup email.

Kekurangan

  • Anda harus membeli hosting, tapi akan sebanding dengan resource yang didapatkan dan tidak perlu membeli domain (mulai dari paket hosting Pelajar).

Untuk membuat email di hosting sesuai dengan domain sendiri, sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

1. Beli hosting dan domain, jika Anda membeli hosting di Nagahoster kami menyarankan mulai dari paket Pelajar, karena untuk domain tidak dikenakan biaya. Untuk membelinya, silakan akses halaman berikut www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia.

2. Lakukan pemesanan, pada salah satu paket hosting, kami menyarankan untuk memilih paket Personal dengan gratis domain dan resource yang cukup lega. Setelah Anda melakukan pembayaran dan konfirmasi sesuai petunjuk, hosting dan domain Anda akan aktif dalam beberapa saat.

3. Jika hosting dan domain Anda sudah aktif, silakan buat email baru Anda dengan login ke cPanel.

4. Di dalam cPanel, silakan pilih menu Email Accounts

langkah cara membuat email baru

5. Masukkan alamat email yang ingin dibuat pada kolom Email, kemudian pilih domain untuk email pada bagian Domain (jika Anda memiliki lebih dari satu domain pada hosting). Masukkan kata sandi pada form Password, tentukan kuota, kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Create Account.

membuat email

6. Untuk menggunakan email, silakan akses melalui tautan namadomainanda.com/webmail, masukkan alamat email dan password yang Anda tentukan untuk email yang Anda buat.

login email

7. Akan tampil tiga pilihan aplikasi webmail yang dapat Anda gunakan, silakan klik salah satu, pada contoh ini kami memilih roundcube.

aplikasi webmail

8. Di bawah ini adalah tampilan webmail roundcube, Anda sudah bisa berkirim email melalui menu yang tersedia.

tampilan webmail rouncube

Untuk petunjuk yang lebih lengkap, silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat email di cPanel.

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan untuk membuat email baru yang dapat Anda gunakan. Jika Anda hanya memerlukan email untuk membuat akun sosial media seperti facebook, Gmail saja sudah cukup. Tapi, jika Anda ingin memiliki alamat email yang lebih profesional, kami sarankan untuk membuat email dengan nama sendiri seperti di langkah 2.

Untuk alamat email dengan nama domain sendiri ada dua alternatif, yang pertama hanya membayar domain untuk satu tahun atau membeli hosting dan domain untuk mendapatkan kontrol penuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui kolom yang tersedia. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di ibox email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • email

    perdomain bisa untuk berapa email

    • Yasin K

      Tergantung dari penyedia layanan email, biasanya unlimited.

Scroll Up