Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah [Ga Pake Lama!]

1 min read

Cara Ganti Password Gmail

Ganti password Gmail perlu Anda lakukan secara berkala untuk melindungi akun Anda dari tangan yang tidak bertanggungjawab.

Apalagi Anda menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak ketika daftar gmail pertama kali. Cara ini memang akan membuat akun Gmail mudah diingat. Hanya saja, password Gmail yang mudah ditebak rentan terhadap pembobolan serangan hacker.

Oleh karena itu, Anda perlu ganti password Gmail guna terus memastikan keamanan akun Anda.

Nah, dalam tutorial ini kami akan membahas cara ganti password Gmail dengan mudah.

Cara Ganti Password Gmail dalam 5 Langkah Mudah!

Sebelum mengubah password Gmail, pasti Anda sudah pernah melakukan cara membuat email. Nah untuk mengubah password Gmail ini, Anda harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat email dan password. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Login ke akun Gmail melalui browser dengan memasukkan alamat email dan password lama.

ganti password gmail

2. Jika sudah login, klik tombol gear yang berada di bagian kanan, kemudian pilih Lihat semua setelan.

Masuk ke Pengaturan Gmail

3. Pilih menu Akun dan Impor > Ubah sandi.

cara mengganti password gmail dengan mengklik tombol ubah sandi

4. Anda akan melihat tab baru. Silakan masukkan password Gmail yang Anda gunakan saat ini untuk verifikasi. Lalu, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

5. Masukkan password baru untuk ubah password gmail Anda sebelumnya. Anda perlu memasukkan password dua kali, kemudian klik tombol UBAH SANDI.

password gmail baru

Kini proses ganti sandi Gmail telah selesai dilakukan. Untuk melakukan pengecekan, silakan lakukan login di perangkat atau browser berbeda menggunakan password baru Anda.

Tips Membuat Password Gmail Baru

Bagaimana? Mengganti password Gmail sangatlah mudah, bukan? Bahkan saking mudahnya, semua langkah di atas bisa dilakukan kurang dari lima menit!

Tapi, untuk mengamankan akun Anda, mengganti password Gmail saja belum cukup. Anda juga harus memastikan bahwa passwordnya kuat dan sulit ditebak. Caranya mudah, cukup ikuti tips-tips berikut:

  1. Buat password yang panjang.
  2. Buatlah password dari gabungan kata yang sulit ditebak.
  3. Gunakan angka, simbol, kombinasi huruf kapital, dan hurif kecil.
  4. Jangan masukkan elemen informasi personal yang mudah ditebak.
  5. Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda.

Nah, barangkali Anda khawatir lupa password Gmail jika isinya terlalu panjang dan sulit ditebak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan software password manager.

Software ini akan membantu Anda menyimpan semua password akun yang Anda miliki. LastPass dan 1Password adalah dua pilihan software password manager yang bisa Anda pakai.

Yuk Ganti Password Gmail Anda untuk Cegah Serangan Hack!

Itu tadi cara mengganti password Gmail yang bisa Anda coba. Intinya, pastikan password baru telah menggunakan kombinasi angka, simbol, dan huruf kapital, ya.

Selain itu, jangan memasukkan elemen informasi personal dan pakai password yang sama di akun lain. Dengan begitu, akun Gmail Anda akan jadi lebih aman dari percobaan pembobolan.

Untuk memperkuat keamanan akun email, Anda juga bisa menggunakan layanan email hosting. Contohnya, email hosting di Niagahoster menawarkan fitur keamanan terbaru seperti:

  • SpamAssassin – Untuk mencegah email spam masuk ke inbox Anda.
  • SpamExpert – Untuk mencegah pesan Anda masuk ke kotak spam.

Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika berlangganan email hosting di Niagahoster:

  • Fully managed – Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi. Karena setup, optimasi, dan pengelolaan server dihandle oleh Niagahoster.
  • Backup Mingguan – Anda bisa menikmati fitur backup mingguan melalui JetBackup.
  • Kapasitas Pengiriman yang Tinggi – Anda bisa mengirim hingga 9600 email per hari.

Tertarik? Yuk klik tombol di bawah ini untuk cari tahu lebih lanjut tentang layanan hosting email Indonesia dari Niagahoster:

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah [Ga Pake Lama!]”

  1. artikelnya sangat bermanfaat gan, ternyata ganti password gmail tidak sesulit yang dibayangkan. Caranya mudah dan cepat. thanks

    1. Sama-sama, kak. Selamat mengganti password Gmail agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *