Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Migrasi Joomla ke WordPress Menggunakan Plugin

2 min read

Cara Migrasi Joomla ke WordPress Menggunakan Plugin

Joomla adalah salah satu CMS populer selain WordPress. Hanya saja, terkadang fitur yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda termasuk pengguna Joomla dan ingin menggantinya dengan WordPress tanpa kehilangan konten yang sudah dibuat, ini adalah tutorial yang tepat untuk Anda. Cara migrasi Joomla ke WordPress ini dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan plugin bernama FG Joomla to WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Website Joomla yang berfungsi dengan baik.
  • WordPress yang sudah diinstalasi.
  • Akses ke dashboard admin WordPress.
  • Detail database Joomla (hostname, nama, username dan password dari database).

Langkah 1: Cara Migrasi Joomla ke WordPress dengan Plugin FG Joomla to WordPress

Silakan login ke dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Plugins > Add New. Kemudian ketikkan FG Joomla to WordPress di kolom pencarian. Setelah itu, lakukan instalasi dengan klik tombol Install Now dan klik Activate setelah proses instalasi selesai.

Cara Migrasi Joomla ke WordPress

Langkah 2: Konfigurasi Migrasi Joomla ke WordPress

1. Setelah plugin terpasang, pilih Tools > Import pada dashboard WordPress kemudian pilih Joomla (FG). Dalam jendela baru akan tampil pilihan dimana Anda perlu mengaktifkan beberapa pilihan untuk migrasi Joomla ke WordPress.

2. Bagian pertama memungkinkan Anda untuk memilih konten pada WordPress yang perlu dihapus sebelum memulai proses migrasi. Hal ini sangat berguna jika Anda menginginkan WordPress namun terlanjur memiliki konten untuk dihapus.

migrasi joomla ke wordpress

3. Silakan klik Empty WordPress content untuk menghapus konten pada instalasi WordPress Anda, seperti postingan, gambar, maupun konten lainnya.

4. Bagian selanjutnya akan diminta detail instalasi koneksi ke database website Joomla Anda. Anda dapat menemukannya pada admin area Joomla di menu System > Global configuration > Server.

pindah joomla ke wordpress

  • URL of the Live Joomla Site: Masukkan alamat dari website Joomla Anda.
  • Hostname: Hostname dari database Joomla. Jika Joomla dan WordPress Anda masih dalam satu server, silakan isi dengan localhost. Anda juga dapat menggunakan alamat IP dari hosting Anda.
  • Port: Masukkan angka 3306.
  • Database: Nama dari database MySQL Joomla Anda (Untuk password database Joomla Anda dapat di cek melalui file manager di cPanel, kemudian pilih direktori utama instalasi dari Joomla Anda. Silakan buka file configuration.php, pada baris code public $password akan terlihat password database Joomla).
  • Username: Username dari database MySQL Joomla Anda.
  • Password: Password dari database MySQL Joomla Anda.
  • Joomla Table Prefix: Prefix dari tabel database Joomla.

5. Setelah memasukkan semua detail di atas, silakan klik tombol Test the database connection untuk memastikan koneksi berhasil dengan baik. Jika berhasil Anda akan melihat pesan Connection successful. Jika error, silakan cek kembali detail koneksi ke database Joomla Anda.

6. Scroll ke bawah halaman dan Anda akan melihat bagian Behavior. Supaya proses migrasi berjalan lancar, silakan sesuaikan pengaturannya dalam gambar di bawah ini.

migrasi joomla

Anda dapat memilih pengaturan tertentu berdasarkan konten pada website Joomla. Ketika sudah selesai, silakan klik Save Settings dan klik Start / Resume the Import. Konten dari website Joomla akan langsung diproses untuk dipindahkan ke website WordPress Anda.

7. Setelah proses migrasi selesai, silakan beralih ke bagian terakhir untuk modifikasi internal link halaman website. Cukup klik pada tombol Modify internal links pada bagian bawah halaman plugin.

migrasi dari joomla ke wordpress

Proses migrasi telah selesai. seharusnya Anda sudah dapat mengakses website WordPress dan semua konten dari website Joomla yang dipindahkan.

Kesimpulan

Anda telah belajar cara migrasi Joomla ke WordPress dengan menggunakan bantuan plugin FG Joomla to WordPress. Selain plugin ini, ada beragam plugin sejenis yang dapat Anda gunakan untuk migrasi. Di sini kami menggunakan FG Joomla to WordPress karena lebih mudah digunakan.

Semoga tutorial ini dapat membantu memudahkan proses migrasi dari Joomla ke WordPress Anda. Jika terdapat kesulitan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui kolom komentar yang tersedia. Untuk berlangganan artikel-artikel tutorial kami yang akan kami kirimkan langsung melalui email Anda, silakan klik Subscribe. 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

6 Replies to “Cara Migrasi Joomla ke WordPress Menggunakan Plugin”

  1. Apa telah mencobanya, Mas?
    Atau hanya sekedar menulis sebuah konten menarik?
    Jika bisa melakukan proses tersebut, bolehlah meminta sebuah bantuan dengan membayar jasanya.
    Berapa untuk biaya jasanya, mas?

    1. Halo,

      Tutorial di Blog Niagahoster sudah melewati percobaan dan berhasil sebelum di publish. Mohon maaf untuk saat ini kami belum memiliki jasa migrasi. Anda dapat mengikuti tutorial yang sudah kami sediakan. Jika mendapat kesulitan, silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Semoga membantu. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 9 =