Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Easywebsi: Niat Awal Ingin Berbagi, Raih Ratusan Juta dari Afiliasi!

4 min read

Gatot Savitar Suputra pemilik channel YouTube Easywebsi

Menghasilkan jutaan rupiah bisa dilakukan dari rumah? Serius?

Beneran lho..! Bahkan Anda juga bisa melakukannya.

Kalau belum percaya cerita Gatot Savitar Suputra, bisa menjadi inspirasi Anda. Niat awal ingin berbagi ilmu tentang tutorial membuat website untuk pemula, pemilik website dan channel YouTube Easywebsi malah berhasil meraup cuan ratusan juta dari kontennya.

Eits, tapi cuan itu bukan dari Google Adsense yang banyak digunakan oleh orang-orang lho. Gatot mendapatkannya dari program afiliasi

Bagaimana cerita lengkapnya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan Gatot untuk meraih cuan sebesar itu? Dan mengapa program afiliasi Niagahoster menjadi pilihannya?

Tenang saja, semuanya akan terjawab dalam hasil wawancara kami dengan Gatot di artikel ini. Yuk langsung simak saja!


Bagaimana cerita awal mula pendirian Easywebsi?

Sebagai seorang web designer di Bali, awalnya saya hanya ingin sharing tutorial membuat website  WordPress untuk pemula. Terutama, mereka yang ingin membuat website untuk digital marketing, designer, dan UMKM.

Akhirnya saya membuat Easywebsi pada 2019. Easywebsi adalah nama untuk website dan channel YouTube tutorial pembuatan website tersebut. 

Untuk yang di YouTube, saya hanya menyediakan video tutorial. Sedangkan di website, saya menyediakan domain dan hosting untuk memudahkan pemula yang mencoba tutorial.

Apa tantangan ketika pertama mendirikan Easywebsi?

Di awal membuat video tutorial, harapan saya video bisa jadi dalam sekali proses. Jadi, saya sekalian pakai microphone buat rekam suara. 

Tapi, ternyata ada kendala penyampaian, yaitu terlalu banyak “ee..” sehingga kurang begitu jelas.

Kemudian, saya ubah cara pembuatan videonya. Saya buat video tutorial dengan melakukan screen recording, kemudian baru saya beri voice over. 

Ternyata, prosesnya lebih lama karena membuat satu video saja bisa memakan waktu satu bulan.

Channel YouTube Easywebsi

Bagaimana strategi Easywebsi agar konten yang dihasilkan bisa memenangkan persaingan niche dan mendapat banyak viewers?

Waktu saya bikin Easywebsi, pesaingnya masih sedikit. Tapi sejak awal saya sudah menargetkan Search Engine Optimization (SEO) website dan YouTube

Setelah membuat video untuk YouTube, saya mengubah informasi di dalamnya ke bentuk teks, kemudian saya posting dalam bentuk tutorial di website. 

Website Easywebsi

Sebelum buat konten, saya riset kata kunci seputar niche pembuatan website di channel luar dan channel dalam. Setelah itu, saya buat topik video sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari audiens. 

Dengan cara itu, di bulan kedua saya sudah dapat steady traffic 30 views per hari

quote strategi afiliasi niagahoster

Bagaimana cara Easywebsi mendapatkan penghasilan?

Dari awal saya menggunakan link afiliator di website dan YouTube. Tapi, saat itu masih dari brand luar. Jadi nantinya jika ada yang membeli layanan menggunakan link tersebut, saya akan mendapat komisi.

Selain itu, saya juga menyediakan layanan cek domain. Nantinya, kalau domain yang diinginkan tersedia, pengunjung bisa lanjut ke langkah berikutnya, yaitu pembelian. Nah, dari pembelian itulah, nantinya pengunjung akan menggunakan link afiliasi dari saya.

domain afiliasi Niagahoster di website Easywebsi

Sebenarnya, tujuan saya awalnya memang bukan uang, murni ingin sharing saja ke audiens soal layanan yang menurut saya bagus. .

Lalu, dari mana tahu Program Afiliasi Indonesia di Niagahoster?

Saya tahu Niagahoster dari layanan hostingnya dulu. Saat itu saya menggunakannya karena ada urusan pekerjaan yang mengharuskan pakai hosting lokal. Nah, pas saya cek websitenya, ternyata Niagahoster punya layanan afiliasi juga. 

website Niagahoster

Mengapa memutuskan beralih ke layanan afiliasi Niagahoster?

Saya awalnya melihat siapa saja yang dapat komisi afiliasi Niagahoster di websitenya. Paling menarik memang komisi afiliasi yang ditawarkan, yaitu 70%. Jumlahnya memang lebih besar daripada afiliasi brand luar.

landing page afiliasi Niagahoster

Tapi alasan utama saya pakai afiliasi Niagahoster itu karena hosting Niagahoster bagus. Nah, kalau produknya bagus pasti akan banyak orang tertarik pakai. Otomatis hasil afiliasinya akan bagus juga

Jadi pada bulan Maret 2019, saya resmi pakai afiliasi Niagahoster. Setelah bergabung, saya membagikan kode kupon afiliasinya di YouTube dan website Easywebsi.

kupon afiliasi Niagahoster di YouTube Easywebsi

Baca Juga: Modal Promosi Dapat Komisi 70%? Cuma di Program Afiliasi Niagahoster! Ini Buktinya!

Bagaimana perkembangan program afiliasi Niagahoster yang dijalankan?

Bulan pertama masih belum ada pembelinya meskipun dengan trafik steady. Nah, bulan kedua dan ketiga mulai ada pembeli dua orang. Jadi, bisa dikatakan satu bulan itu ada dua sampai tiga pembeli. 

Kira-kira pada November 2019 pembeli makin banyak.. 

Saya bisa withdraw dengan komisinya yang lumayan. Saya ingat pertama kali withdraw itu dapat sekitar Rp 10 juta. Ya, tentu senang lah dapat income tambahan dari Niagahoster. 

quote afiliasi Niagahoster

Bagaimana strategi promosi afiliasi Niagahoster yang dilakukan Easywebsi untuk meningkatkan jumlah pembeli?

Saya enggak pakai Facebook Ads dan Google Ads karena saya tidak fokus kejar hasil afiliasi. Buat saya yang terpenting adalah buat video dan postingan blog secara konsisten tentang website. 

Nah, akhirnya setelah ada 25 video itu trafiknya semakin bagus. Saya makin rutin bikin video. Salah satunya video tentang pembuatan website toko online. 

Sejak saat itu, viewers langsung meningkat dan pembeli afiliasi Niagahoster makin banyak. 

konten YouTube Easywebsi untuk strategi afiliasi Niagahoster

Apa manfaat terbesar mengikuti program afiliasi Niagahoster?

Saya merasa terbantu banget oleh afiliasi Niagahoster, terutama di awal pandemi.

Sebelum pandemi, pendapatan saya dari bisnis jasa pembuatan website bisa mencapai Rp7 juta hingga 10 juta per bulannya. Tapi saat pandemi, pendapatan saya dari situ benar-benar kosong sampai September 2020. 

Nah, selama kekosongan pendapatan itu, saya bisa mendapat hingga 10 juta dari afiliasi Niagahoster tiap bulannya. Jadi komisi dari afiliasi bisa menutup kekosongan pendapatan dari jasa pembuatan website. 

Menariknya, pernah dalam 28 hari saja (Februari 2021), komisi afiliasi Niagahoster bisa mencapai kisaran 18 juta rupiah. Dalam satu tahun, komisinya bisa ratusan juta rupiah.

ilustrasi pendapatan komisi Easywebsi dari afiliasi Niagahoster

Sebagai seseorang yang sudah berhasil dari afiliasi, adakah saran bagi orang-orang yang baru akan memulainya?

Pertama, pakai dulu hostingnya biar tahu hostingnya bagus dan layak untuk direkomendasikan. Lalu, cek dulu websitenya apakah punya program afiliasi. Baru kemudian buatlah review produk yang jujur. 

Kenapa? Karena kalau kita bohong bilang produknya bagus padahal jelek, mereka (pembeli afiliasi) pasti tidak akan kembali. 

Kedua, jangan mengejar uang di awal. Fokus saja di peningkatan kualitas konten. Buat cara penyampaian yang baik dan beri hashtag yang tepat. Kemudian upload konten berkualitas secara konsisten. 

tips afiliasi Niagahoster

Lalu, apa saran bagi content creator yang masih ragu-ragu mencoba afiliasi?

Kalau saya amati, content creator terutama YouTuber itu kan penghasilannya hanya dari Adsense saja. Untuk menunggu penghasilannya, tentu butuh waktu lama karena dihitung dari banyaknya jumlah viewers.  

Nah, komisi afiliasi bisa menjadi tambahan income yang lebih cepat buat content creator karena bisa dapat penghasilan tambahan meski viewers masih sedikit.

Dengan mudah mendapatkan komisi, mereka tidak cepat bosan dalam proses pembuatan konten

Selain cepat, penghasilan afiliasi juga lebih besar daripada Adsense. Alasannya, ada kemungkinan pembeli melakukan transaksi kembali. Saya juga pakai Adsense di YouTube, tapi dalam sehari hanya bisa dapat 1,5 dollar (sekitar Rp21.500 per hari)

Jadi kalau ditotal, pendapatan Adsense per bulannya masih jauh banget dari penghasilan afiliasi yang bisa mencapai belasan juta.

quote afiliasi Niagahoster

Kalau strategi konten Easywebsi ke depan terkait afiliasi bagaimana?

Saya mau bikin konten blog website untuk travel di Bali, sekarang (pandemi) kan bisnis travel lagi sepi. Jadi saya mau bikin konten soal itu. Selain itu tetap buat digital course content di YouTube. 

Dan pokoknya setiap pengembangan konten, afiliasi tetap saya sertakan. Karena afiliasi makin bikin saya termotivasi buat bikin konten berkualitas. 

Baca juga: Ini Cara Blogger Meraih Jutaan Rupiah dari Program Afiliasi Niagahoster!


Easywebsi berhasil membuktikan bahwa dengan afiliasi bisa menghasilkan cuan ratusan juta per tahun. Padahal, usia Easywebsi baru berusia dua tahun. 

Semua itu diraih menggunakan platform website dan YouTube.

Ada dua kunci sukses Gatot. Pertama, membuat konten berkualitas yang didukung strategi SEO. Kedua, memilih program afiliasi yang tepat, yaitu Program Afiliasi Niagahoster. 

Dengan komisi 70% untuk tiap penjualan hosting Niagahoster, Gatot mampu mendapat penghasilan tambahan yang mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan, lebih besar dari penghasilan dari Adsense. 

Menariknya, selain bisa bergabung dengan mudah, Program Afiliasi Niagahoster juga memudahkan Gatot dalam melakukan withdraw. Hal ini pun juga dirasakan oleh lebih dari 2510 afiliator Niagahoster lainnya!

data pencairan komisi afiliasi Niagahoster

Nah, itu dia cerita tentang Easywebsi! Bagaimana? Anda tertarik untuk mendapatkan uang dari Afiliasi seperti Easywebsi? Sudah tidak sabar untuk mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah?


Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia dengan klik link pendaftaran di bawah ini! 

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.