Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

VPS vs Cloud Hosting – Manakah yang Lebih Baik?

4 min read

vps vs cloud hosting

Ketika bicara hosting, banyak orang langsung berpikir shared hosting. Shared hosting memang cocok untuk website yang baru dirintis. Namun, setelah sekian waktu bisnis dan website berkembang, tentu saja shared hosting takkan cukup memenuhi kebutuhan Anda.

Di titik itulah Anda perlu pindah ke paket hosting lain. Kalau sudah begitu, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan hosting, yaitu VPS atau cloud hosting.

Lewat artikel ini, kami akan membantu Anda memutuskan paket hosting yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Di bagian-bagian selanjutnya, kami akan mengupas masing-masing fitur VPS dan cloud hosting, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Sekilas tentang VPS dan Cloud Hosting

Sebelum bicara lebih banyak soal VPS dan cloud hosting, ada baiknya untuk membahas sekilas cara kerja dari kedua paket hosting ini.

Baca Juga : Perbedaan Antara Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting

Virtual Private Servers (VPS)

Persis seperti namanya, VPS merupakan sebuah server virtual yang didedikasikan untuk kebutuhan satu lembaga atau bisnis.

Hosting ini sebetulnya bekerja dalam sebuah server fisik berkapasitas super besar. Kapasitas server fisik ini kemudian dibagi menjadi beberapa server virtual dengan kapasitas lebih kecil.

Meskipun berada dalam satu server fisik yang sama, server virtual satu dengan yang lain tidak saling terhubung. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ada orang lain yang mengakses data di VPS Anda.

Supaya Anda lebih mudah membayangkan cara kerja VPS, Anda bisa anggap VPS sebagai rumah kontrakan. Di rumah kontrakan, Anda bebas untuk menambahkan furnitur dan mendekorasi rumah.

Begitu juga dengan VPS. Dengan space yang ada, Anda bisa bebas menggunakan slot VPS sesuai dengan kebutuhan website Anda dan klien. Maka dari itu, VPS sangat berguna untuk dipakai jasa pembuatan website atau web agency.

Namun sayangnya, Anda perlu memiliki keahlian teknis untuk bisa menggunakan VPS dengan maksimal.

Cloud Hosting

Pada prinsipnya, cloud hosting bekerja sama persis seperti VPS. Namun, alih-alih bergantung pada satu server fisik, cloud hosting bekerja dengan beberapa server virtual sekaligus.

Itu juga alasan mengapa layanan ini disebut sebagai cloud hosting. Seperti awan yang bisa saling bertumpuk dan menjadi awan besar, begitu pula cloud hosting dengan jumlah server virtual yang jumlahnya tidak terbatas.

Cloud hosting ini bisa Anda bayangkan sebagai apartemen. Apartemen umumnya sudah ditata dengan apik dan memiliki furnitur yang lengkap. Jadi, Anda tinggal memakainya saja.

Begitu pula halnya dengan cloud hosting. Anda tak perlu memiliki keahlian khusus untuk bisa memakainya. Anda juga tak usah ribet dengan berbagai opsi pengaturan. Intinya, tinggal pakai saja.

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Sebelumnya, Anda sudah baca sekilas perbedaan antara VPS dan cloud hosting. Namun, rasanya kurang afdal kalau infonya hanya setengah-setengah. Apalagi ketika Anda butuh info itu sebagai bahan pengambil keputusan.

Maka dari itu, kami akan membahas perbedaan VPS dan cloud hosting secara lebih mendalam. Supaya perbedaan keduanya semakin kentara, kami akan membahasnya lewat beberapa indikator pembanding. 

Di bawah ini, Anda bisa temukan perbandingan VPS dan cloud hosting dari sisi kustomisasi, kapasitas, performance, keamanan, dan harga.

Kustomisasi

VPS bisa dikustomisasi dengan luwes. Itu kalau Anda menguasai bahasa pemrograman dan keahlian teknis lainnya. 

Salah satu contoh kustomisasi yang bisa dilakukan di VPS adalah pemilihan panel. Anda bebas memilih untuk pakai cPanel (WHM), Webuzo, VestaCP, atau lainnya. Pilihan kustomisasi ini akan berguna ketika Anda memang bekerja di bidang web agency atau web developer.

***

Cloud hosting, di lain sisi, tidak memiliki opsi kustomisasi seperti di VPS. Ini karena segala konfigurasi server sudah dilakukan oleh penyedia jasa cloud hosting (fully managed). Dengan begitu, Anda takkan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus hal-hal teknis. Anda jadi bisa lebih fokus mengelola usaha Anda.

Kapasitas

Penambahan dan pengurangan kapasitas di VPS bisa dilakukan dengan mudah. Kalau bicara soal upgrade atau scaling, ada dua jenis yang bisa dilakukan pada VPS, yaitu vertical scaling dan horizontal scaling.

Vertical scaling berarti penambahan kapasitas dari sisi spesifikasi server. Ini bisa berarti perubahan sistem operasi, RAM, hingga disk space. Sedangkan horizontal scaling berarti penambahan jumlah layanan VPS.

***

Begitu pula dengan cloud hosting. Kapasitas cloud hosting bisa ditambah dengan mudah, cepat, dan tanpa batasan. Tambahan kapasitas sebesar apapun sangat mungkin dilakukan dengan cloud hosting. Bagusnya lagi, dalam proses upgrade website Anda kecil kemungkinan mengalami down.

Performa

VPS secara default menjanjikan Anda performance tinggi. Hal yang pasti Anda dapatkan ketika memiliki server fisik yang khusus untuk Anda pakai. 

Saking tingginya performa yang dimiliki, Anda bisa memiliki beberapa website sekaligus dengan panel admin khusus untuk masing-masing website. 

Namun, karena sifatnya yang self-managed, performa sebenarnya akan sangat bergantung pada konfigurasi yang Anda lakukan.

***

Cloud hosting juga menjanjikan Anda performance yang tinggi. Bedanya, Anda tak perlu tak dibebani tugas untuk membuat performa yang dimaksud jadi maksimal. Spesifikasi dan fitur dari penyedia layanan lah yang punya andil dalam performa web Anda.

Secara teknis, sistem server virtual lah yang membuat performance cloud hosting tak tertandingi. Semisal satu server sibuk, server lain akan mengambil alih pekerjaan. Hal ini pula yang menyebabkan website Anda kecil kemungkinan mengalami down.

Keamanan

VPS bisa dibilang sebagai layanan hosting yang aman. Namun, seberapa tingkat keamanan yang ditawarkan sangat bergantung pada penggunanya. Pengetahuan dan skill Anda soal keamanan website akan menentukan tingkat keamanan VPS yang Anda pakai.

Selain dari sisi keamanan siber, VPS juga bisa dikatakan aman secara fisik. Keberadaan server yang jelas dan bisa dipastikan membuat pengamanan yang sifatnya offline bisa dilakukan. Belum lagi, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses server fisik VPS.

***

Cloud hosting tak kalah di aspek keamanan. Ditambah lagi, Anda bahkan tak perlu melakukan apa-apa untuk menjamin keamanan website. 

Di Niagahoster, kami memastikan data pribadi pengguna aman dengan cloud hosting berbasis CloudLinux. 

Di samping itu, cloud hosting Niagahoster juga dilengkapi dengan proteksi malware dan DdoS. Fitur SSL gratis dan backup harian juga tersedia. 

Harga

VPS biasanya mematok harga yang lebih terjangkau dibanding cloud hosting. Ini karena pengoperasian VPS dilakukan secara mandiri oleh pengguna atau self-managed. Kemampuan teknis yang advance untuk mengatur VPS membuat Anda tak perlu membayar lebih untuk fitur tambahan. 

***

Cloud hosting sedikit agak lebih mahal dibanding VPS. Hal ini tak terlalu mengherankan sebetulnya. Anda tinggal duduk manis, fokus membuat website, dan menjalankan bisnis Anda. Segala urusan di balik layar sudah diurus Niagahoster. 

Belum lagi, cloud hosting juga menjanjikan performa tinggi dan fleksibilitas untuk upgrade kapasitas.

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan: VPS vs Cloud Hosting

Baiklah. Anda sudah baca perbandingan VPS dan cloud hosting secara detail. Tapi rasanya pasti kurang puas kalau belum membahas keuntungan dan kekurangan masing-masing paket hosting. 

Keuntungan dan Kekurangan VPS

Di bawah ini, Anda bisa temukan keuntungan dan kekurangan VPS.


Keuntungan dan Kekurangan Cloud Hosting

Di bawah ini, Anda bisa baca keuntungan dan kekurangan cloud hosting.

VPS vs Cloud Hosting, Manakah yang Lebih Cocok untuk Anda?

Ini adalah bagian yang Anda tunggu-tunggu. Jadi, di antara VPS dan cloud hosting, manakah paket yang paling cocok untuk usaha Anda?

Kalau Anda adalah seseorang yang:

  • punya kemampuan teknis untuk mengoperasikan VPS;
  • punya website dengan trafik besar;
  • lebih menyukai data disimpan dalam satu server khusus.

Itu artinya Anda lebih cocok untuk menggunakan VPS. Silakan klik di sini untuk tahu paket VPS murah dari Niagahoster. 

Di sisi lain, kalau Anda adalah orang yang:

  • tidak punya keahlian teknis untuk mengelola server;
  • memprioritaskan kemudahan dalam mengelola hosting;
  • memiliki website dinamis dengan traffic tinggi;
  • membutuhkan website yang selalu online;
  • membutuhkan fleksibilitas untuk upgrade layanan. 

Itu artinya Anda cocok untuk menggunakan cloud hosting. Di Niagahoster, kami menyediakan berbagai pilihan paket cloud hosting dari Rp150.000 per bulan.

vps vs cloud hosting harga

Untuk informasi dan keterangan lebih lengkap,  silakan kunjungi halaman khusus Cloud Hosting Niagahoster.

2
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =