Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Apa Itu Cloud Hosting? Cocok untuk Pemula, Performa Server Luar Biasa!

3 min read

Mau beli layanan hosting untuk pemula, namun memiliki sumber daya server yang luar biasa? Jika iya, cloud hosting adalah solusi yang tepat untuk Anda!

Tunggu dulu, apa sih yang membuat Anda harus memilih cloud hosting dibanding jenis hosting lainnya, seperti shared hosting dan cloud VPS? Ini alasannya:

  • Meskipun praktis dan ekonomis, kapasitas sumber daya server di shared hosting terbatas. Sebab, website Anda mesti berbagi ruang” dengan website lain di server yang sama.
  • Meskipun kapasitas sumber daya servernya tinggi, Anda perlu keahlian teknis untuk mengelola VPS. Jadi, pilihan ini kurang cocok jika Anda masih pemula.

Oleh karena itu, cloud hosting datang sebagai solusi dari masalah ini. Jadi, apa itu cloud hosting dan bagaimana cara kerjanya? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan beberapa server untuk menjalankan website. Sehingga, beban server menjadi lebih seimbang dan jam kerja server jadi lebih stabil.

definisi cloud hosting

Dengan kata lain, cloud hosting menggunakan teknologi “cluster” yang dapat menggabungkan beberapa sumber daya server secara terpusat.

Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster, semakin besar sumber daya server yang bisa digunakan.

Di sini, mungkin Anda mulai penasaran. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja cloud hosting? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

Baca juga: Jenis Layanan Hosting!

Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

cara kerja cloud hosting

Di atas, Anda sudah tahu bahwa cara kerja cloud hosting berpusat pada teknologi cluster.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu cloud server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal ini membuat tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain.

Jadi, keunggulan cloud hosting adalah uptime yang tinggi, fleksibilitas, kemudahan proses scaling, serta private resource

Tak heran jika cloud hosting sering disebut shared hosting rasa VPS. Karena proses pengelolaan/manajemennya mudah seperti shared hosting, tapi kualitas dan resource setara dengan VPS.

Baca Juga: Apa Itu VPS?

Fungsi Cloud Hosting Untuk Website Anda

perbandingan cloud hosting dengan shared hosting dan vps hosting

Setelah mengetahui apa itu cloud hosting serta cara kerjanya, pasti Anda ingin tahu juga berbagai fungsi dan keuntungan menggunakan cloud hosting untuk website, bukan? Berikut di antaranya:

1. Menampung Banyak Pengunjung

Anda tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung. Teknologi cluster memungkinkan website untuk menampung lonjakan pengunjung.

Sehingga, website Anda bisa diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.

Dengan ini, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan website Anda dan mendapat pengunjung lebih banyak lagi.

Baca Juga: Dedicated Hosting

2. Menjaga Performa Website agar Tetap Cepat, Aman, dan Stabil

Layanan cloud hosting mempunyai berbagai macam fitur unggulan. Mulai dari fitur optimasi kecepatan hingga keamanan.

Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invansi ilegal, dan penyalahgunaan data, layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan juga integritas data.

Baca Juga: Cloud Hosting Terbaik di Dunia

3. Mudah untuk Dikelola (Fully Managed)

Proses manajemen cloud hosting sama seperti shared hosting, yaitu menggunakan kontrol panel.

Anda tidak perlu khawatir kesulitan melakukan berbagai macam pengaturan. Karena semua pengaturan dengan mudah Anda lakukan menggunakan panel yang ada.

Bahkan, terkadang ada penyedia layanan cloud hosting yang menyediakan layanan Full Managed, contohnya seperti cloud hosting Niagahoster.

Artinya, segala konfigurasi dan pengelolaan server akan ditangani langsung oleh tim Niagahoster. Anda tak perlu repot-repot melakukan instalasi dan konfigurasi website.

Anda juga dapat menggunakan WordPress Staging untuk melakukan uji fitur dan ide baru di sandbox sebelum website Anda live.

Selain itu, masih banyak lagi fitur yang ditawarkan cloud hosting Niagahoster, seperti LiteSpeed Web Server dan WP Accelerator yang dapat meningkatkan kecepatan loading website Anda.

Baca juga: Cloud Hosting vs Traditional Hosting

Kapan Anda Perlu Cloud Hosting?

Jadi, intinya kapan kah website Anda membutuhkan cloud hosting? Jawabannya ada pada infografik berikut:

Kapan perlu menggunakan Cloud Hosting
Beli Cloud Hosting Sekarang, Lebih Hemat sampai 75%

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Website

Website Apa Saja Yang Cocok dengan Cloud Hosting?

Di tahap ini, mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja situs yang cocok dijadikan website cloud hosting?

Tenang, semua jenis website bisa menggunakannya kok. Akan tetapi, ada beberapa jenis website yang sangat membutuhkan manfaat cloud hosting, contohnya adalah:

  • Toko online
  • High-traffic blog
  • Website proyek
  • Website perusahaan
  • Portal berita

Apakah Anda melihat polanya? Ya, jenis website di atas sama-sama memiliki jumlah traffic yang tinggi. Hal ini bisa diatasi dengan keandalan performa server cloud hosting yang dapat meminimalisir kemungkinan server down.

Selain itu, tipe hosting ini juga relatif lebih aman, terutama jika dibandingkan dengan shared hosting.

Oleh karena itu, jenis hosting ini sangat cocok bagi website-website yang butuh keamanan tinggi seperti toko online dan website perusahaan.

Tapi ingat, penggunaannya tak hanya terbatas pada website-website seperti itu saja. Apapun jenis websitenya, Anda bebas untuk menggunakannya. Dengan catatan, spesifikasi hostingnya memang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Baca juga: Infografik Tips Memilih Web Hosting

Gunakan Layanan Cloud Hosting Terbaik di Niagahoster!

Tidak perlu bingung mencari layanan cloud hosting, karena Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster!

Sebab, Niagahoster adalah provider web hosting Indonesia yang menawarkan layanan cloud hosting dengan harga terjangkau. Tentunya dengan infrastruktur yang menggunakan teknologi terbaru dan jaminan keandalan performa.

Selain itu, di dalam paket cloud hosting Niagahoster sudah tersedia berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan secara langsung. Anda akan mendapatkan:

  • Akses cPanel
  • Dedicated resource
  • Auto backup
  • Gratis domain
  • Bantuan teknis 24 jam 7 hari

Apakah cuma itu saja? Tentu tidak. Masih banyak keunggulan lain yang bisa Anda nikmati di layanan cloud hosting Niagahoster, seperti:

  1. Resource server yang besar dan dedicated – Performa server lebih besar dan tidak terpengaruh oleh performa website lain.
  2. Menampung lebih banyak pengunjung – Kapasitas server mampu menampung ratusan ribu hingga jutaan pengunjung per bulan.
  3. Website lebih stabil dan cepat diakses – Cloud hosting terkoneksi dengan beberapa server, sehingga performanya lebih stabil. Selain itu, layanan ini juga didukung LiteSpeed, web server tercepat di dunia.
  4. Keamanan terjamin – Cloud hosting Niagahoster menyediakan fitur keamanan tambahan seperti anti brute force dan DDoS. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati GRATIS SSL selamanya dari Sectigo. Sehingga, tidak akan ada hacker yang bisa mengintip pertukaran data di website Anda.
  5. Tersedia berbagai versi PHP – Anda bisa memasang versi PHP yang cocok dengan website Anda agar keamanan dan kecepatannya tetap stabil. Caranya pun mudah, cukup dengan beberapa klik!
  6. Fitur PHP X-Ray – Ingin tahu apakah performa website Anda baik-baik saja? Tenang, karena Anda bisa menggunakan fitur X-ray yang dapat menampilkan masalah performa yang muncul di website Anda.

Anda juga bebas memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Tunggu apa lagi? Gunakan Cloud Hosting Indonesia dan kembangkan website sebagai alat menjaring lebih banyak customer untuk bisnis Anda!

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.