Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

SSL Gratis: Ini Cara Mendapatkannya!

7 min read

Konfigurasi SSL di CyberPanel

SSL adalah metode yang membuat website Anda jadi lebih aman. Menariknya, Anda tidak harus membeli SSL sendiri karena tersedia banyak SSL gratis yang bisa digunakan!

Jangan salah, free SSL terbukti ampuh dalam mengamankan pertukaran data pada  website, kok. Jadi, pengunjung tentu tidak akan ragu lagi untuk mengakses website Anda. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan SSL gratis selamanya, ya?

Tenang saja, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap cara mendapatkan free SSL. Namun sebelumnya, yuk simak dulu apa saja keuntungan menggunakan SSL gratis berikut ini!

Keuntungan Menggunakan SSL Gratis

Dengan menggunakan SSL, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya:

1. Pertukaran Data di Website Aman

SSL merupakan protokol untuk mengamankan pertukaran data pada jaringan internet yang dipasang pada sebuah website. 

Adanya SSL membuat setiap data yang diproses melalui situs akan terenkripsi sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak lain yang tidak memiliki kewenangan. Dengan begitu, privacy dan informasi penting pengunjung akan lebih terjaga.

Tak hanya itu, informasi yang diproses menggunakan SSL dan HTTPS akan dienkripsi dengan dua kunci, yaitu public key dan private key, sehingga data yang diproses akan lebih terlindungi.

Semua manfaat di atas ditawarkan oleh setiap jenis SSL, termasuk SSL gratis.

2. Kepercayaan Pengunjung Meningkat

Ketika website Anda menggunakan SSL, URL Anda akan berubah menjadi HTTPS dan tampilan gembok di samping URL website akan berubah warna menjadi hijau. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda karena mendapat label aman dari browser yang digunakan.

Selain itu, jika situs web Anda menggunakan SSL dan HTTPS, maka pengunjung bisa lebih yakin ketika melakukan transaksi atau memberikan data pribadi karena  pertukaran data yang nantinya diproses telah dienkripsi. Jadi, mereka akan merasa lebih aman.

3. Kualitas SEO Optimal

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya untuk melakukan optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencari. 

Makin baik kualitas SEO pada website, makin tinggi pula kemungkinan muncul di halaman utama mesin pencarian.

Salah satu algoritma Google menentukan bahwa penggunaan URL HTTPS pada website adalah wajib. Hal ini menjadi pertimbangan ranking suatu website karena Google ingin memastikan bahwa pengguna hanya akan mengakses website yang dipastikan aman.

4. Tak Perlu Mengeluarkan Biaya

Dengan menggunakan SSL gratis selamanya, Anda tentu tak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapat perlindungan layaknya SSL berbayar. Jadi, Anda bisa menghemat biaya dan menggunakannya untuk kebutuhan pengelolaan website lainnya. 

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Ada banyak layanan penyedia sertifikat SSL yang menawarkan SSL gratis. Berikut ini kami merangkum 13 layanan SSL gratis yang bisa digunakan di website Anda:

  1. Let’s Encrypt
  2. Sectigo
  3. cPanel AutoSSL
  4. Layanan Penyedia Web Hosting
  5. Cloudflare
  6. Get HTTPS for Free
  7. SSL for Free
  8. ZeroSSL
  9. Basic SSL
  10. GoGetSSL
  11. QualitySSL
  12. Free SSL

Nah, ini dia penjelasan lengkapnya!

1. Let’s Encrypt

let's encrypt ssl

Let’s Encrypt merupakan salah satu layanan penyedia Certificate Authority (CA) populer yang dikembangkan oleh Internet Security Research Group (ISRG). Layanan ini menyediakan sertifikat SSL secara gratis untuk mengamankan website di jaringan internet.

Sertifikat ini berlaku untuk 3 bulan dan melakukan pembaruan secara otomatis (auto renew). Fitur ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu melakukan submit ulang sertifikat jika masa berlaku SSL telah habis. 

Sertifikat Let’s Encrypt kompatibel dengan berbagai browser, terutama browser versi baru karena ada beberapa browser lama yang tidak mendukung layanan sertifikat ini.

Cara mendapatkan SSL gratis ini sangat mudah. Penyedia hosting biasanya sudah menyertakan Let’s Encrypt SSL pada layanannya. 

Bagi pengguna cloud VPS, Anda bisa menggunakan sertifikat SSL ini dengan melakukan instalasi Certbot. Certbot merupakan aplikasi pihak ketiga yang membantu Anda untuk melakukan proses instalasi Let’s Encrypt. 

Baca juga : Cara Install SSL Let’s Encrypt di Debian 9

2. Sectigo 

sectigo ssl

Sectigo adalah perusahaan Certificate Authority (CA) terkemuka di dunia. Sebenarnya, Sectigo adalah pemain lama di layanan penyedia sertifikat SSL, yang dulu dikenal dengan nama Comodo SSL CA.

Sectigo menawarkan produk yang lengkap dengan tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini membuat penggunanya kian hari kian banyak karena kepercayaan klien terhadap produk mereka.

Berikut ini beberapa produk yang ditawarkan Sectigo:

  • Extended Validation SSL
  • Organization Validation SSL
  • Domain Validation SSL
  • Wilcard SSL
  • Multi-Domain SSL
  • Single Certificate

Sectigo bisa Anda gunakan secara gratis, tapi hanya untuk 30 hari saja. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menikmati SSL dengan jaminan keamanan terbaik dan teraman untuk website Anda.

Untuk mendapatkan versi gratisnya ini, Anda perlu menghubungi customer service Sectigo langung melalui fitur Live Chat yang tersedia di website resmi Sectigo.

3. cPanel SSL Gratis

Jika hosting Anda menggunakan cPanel sebagai manajemen sistem, biasanya sudah ada layanan SSL gratis yang ditawarkan. Jadi, Anda tidak perlu membeli SSL sendiri. 

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengakses fitur SSL/TLS Status di dashboard cPanel dan menjalankan AutoSSL. Secara default, cPanel menggunakan SSL dari Sectigo untuk fitur AutoSSL di panelnya.

Namun, ada juga cPanel yang menggunakan layanan penyedia SSL gratis lainnya seperti Let’s Encrypt.

4. Layanan Penyedia Web Hosting SSL Gratis

Tak jarang, layanan hosting sudah menyediakan SSL untuk paket hosting yang Anda gunakan. Nah, inilah cara mendapatkan SSL gratis yang paling mudah.

Salah satu penyedia layanan hosting yang memiliki fitur SSL gratis selamanya adalah Niagahoster.

Sebelumnya, kami menggunakan Let’s Encrypt sebagai SSL gratis untuk Anda. Namun, kini kami menggunakan Free Sectigo Auto SSL yang menjanjikan keamanan lebih baik dengan 256-bit encryption dan kemudahan penggunaan serta kompatibel dengan banyak browser.

Sectigo AutoSSL ini merupakan SSL gratis yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan paket layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting Niagahoster. 

Menariknya, Sectigo Auto SSL ini memiliki fitur Auto Renewal setiap 3 bulan. Artinya, update sertifikat SSL untuk website dilakukan secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir SSL akan kadaluarsa.

Nah, untuk mengaktifkan Sectigo Auto SSL gratis Niagahoster, masuklah ke menu SSL/TLS Status di cPanel. Lalu, klik tombol Run AutoSSL.

menu SSL/TLS Status di cPanel

Kalau Anda masih kesulitan, langsung saja hubungi Customer Success Specialist Niagahoster untuk mendapat bantuan.

5. Cloudflare SSL Gratis

cloudflare ssl

Sebenarnya, Cloudflare bukanlah perusahaan khusus penyedia sertifikat SSL, melainkan penyedia Content Delivery Network (CDN). Tapi, Cloudflare juga memiliki produk SSL gratis dan mumpuni yang bisa Anda gunakan di website.

Untuk menikmati layanan SSL gratis dari Cloudflare, Anda perlu registrasi dan memasukkan nama domain Anda di Cloudflare.

Setelah itu, ganti nameserver domain menggunakan nameserver yang disediakan Cloudflare. Jangan lupa, lakukan redirect dari versi HTTP ke HTTPS dan ganti URL yang masih mengarah ke alamat lama.

Nah, jika semua proses telah dilakukan, Anda sudah bisa menikmati layanan SSL gratis dari Cloudflare.

6. Get HTTPS for Free

Get HTTPS for Free merupakan layanan penyedia SSL gratis alternatif dari Let’s Encrypt. Layanan ini ditujukan untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan generate Certificate Signing Request (CSR).

Singkatnya, Get HTTPS for free adalah sebuah SSL gratis yang membutuhkan aktivasi sertifikat secara manual dengan langkah yang sudah ditentukan.

Selain itu, tampilan antarmuka Get HTTPS for Free memang kalah menarik dibandingkan yang lain. Jadi, secara umum, kurang cocok bagi pemula. Itulah kenapa saat ini Get HTTPS for Free sudah mulai ditinggalkan.

7. SSL For Free

ssl for free

SSL for Free menggunakan CA dari Let’s Encrypt. Tak heran, layanan SSL gratis ini menyediakan semua fitur sertifikat SSL terbaik dan bisa digunakan gratis selamanya. 

SSL for Free menggunakan ACME dari Let’s Encrypt. Karena itu, tidak ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menggunakan layanan ini. Bahkan sertifikat SSL ini dapat Anda gunakan untuk domain utama dan subdomain. 

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan nama domain dan melakukan validasi melalui DNS record.

Jadi, selain Get HTTPS for Free, SSL for Free menjadi pilihan alternatif untuk menggunakan teknologi SSL dari Let’s Encrypt.

8. ZeroSSL

ZeroSSL

Alternatif penyedia SSL lainnya adalah ZeroSSL. Lebih dari 500.000+ klien telah menggunakan layanan ini termasuk perusahaan besar seperti Slack, Uber, Lenovo, dan Shopify.

ZeroSSL mengklaim bahwa sertifikatnya lebih baik dari Let’s Encrypt. Sertifikat ZeroSSL memenuhi Industry-Standard HTTPS Encryption dengan one-step validation dan juga proses instalasi yang cepat, dibawah 5 menit.

Selain itu, ZeroSSL juga memiliki management console, SSL monitoring dan ACME integrations yang akan memudahkan kliennya melakukan manajemen sertifikat SSL. 

Menariknya, sertifikat ZeroSSL ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan periode 90 hari dan dapat diperbarui dengan gratis setelah masa berlaku habis.

Untuk mendapatkannya, Anda perlu membuat akun baru di website ZeroSSL dan memilih plan Free. Kemudian, masukkan domain yang ingin Anda terbitkan SSLnya, lalu generate CSR.

Setelah validasi domain dengan email dilakukan, Anda bisa langsung menginstal sertifikat ZeroSSL gratis di website Anda.

9. Basic SSL

Basic SSL

Basic SSL atau SSL.com adalah CA yang didirikan pada tahun 2002.  Layanan ini menawarkan berbagai sertifikat digital yang bisa digunakan untuk bisnis, pemerintah maupun Internet of Things (IoT).

Basic SSL menyediakan trial selama 90 hari yang bisa Anda gunakan secara gratis. Nantinya, Anda bisa melanjutkan menikmati layanannya dengan  membeli versi berbayar. 

Proses validasi Basic SSL cukup cepat dan otomatis, hanya dengan beberapa menit saja website Anda sudah terlindungi dengan sertifikat SSL.

Meskipun gratis, tapi fitur yang diberikan tetap maksimal, seperti: 

  • Kompatibel dengan 99% browser
  • 2048/4096 SHA2 RSA (didukung ECDSA)
  • Kompatibel dengan semua versi SSL dan TLS
  • Dukungan seluler penuh
  • Customer Service yang siap membantu Anda selama 24 jam
  • Meningkatkan SEO
  • Manajemen akun mudah digunakan
  • Gratis Site Seal

10. GoGetSSL

GoGetSSL adalah brand penyedia sertifikat SSL yang didirikan pada tahun 2018. Meskipun terhitung baru, GoGetSSL telah menjual sertifikat SSL ke lebih dari 180+ negara di dunia.

Brand Certificate Authority (CA) ini menawarkan trial 90 hari gratis untuk sertifikatnya. 

Untuk menggunakan versi gratisnya, Anda bisa langsung masuk ke website resmi GoGetSSL dan memilih produk GoGetSSL 90-day Trial SSL. Masukkan nama domain Anda dan lakukanlah generate CSR.

Setelah itu, pilih metode yang akan Anda gunakan untuk validasi domain. Ada tiga metode yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan email, HTTP hash dan DNS CNAME. 

Proses validasinya pun terhitung cepat, hanya berlangsung selama 5 menit saja. Jika domain sudah tervalidasi, Anda bisa langsung menginstal sertifikat GoGetSSL di website Anda.

Selain versi gratisnya, GoGetSSL menyediakan banyak produk, diantaranya: domain validated, organization validation, extended validation, sertifikat wildcard SSL dan sertifikat untuk multiple domain. 

11. QualitySSL

QualitySSL adalah layanan penyedia SSL yang dikembangkan oleh BitEngines, sebuah perusahaan pengembangan e-business di Denmark. Pada awalnya, QualitySSL dikembangkan hanya untuk e-commerce, tapi kini QualitySSL bisa digunakan pada berbagai website.

QualitySSL bisa Anda gunakan secara gratis selama 30 hari. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu melakukan order Free SSL di website resminya. 

Kalau Anda sudah memiliki CSR saat order dilakukan, Anda tinggal melakukan validasi pada email yang didaftarkan dan bisa langsung menginstal sertifikat SSL. 

Kalau belum memiliki CSR, Anda harus meng-generate CSR terlebih dulu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan QualitySSL. Kemudian, barulah Anda bisa menerbitkan sertifikat QualitySSL gratis untuk website Anda.

Versi gratis ini biasanya digunakan untuk testing, Anda akan mendapatkan fitur berikut ini:

  • Validasi nama domain
  • Mendukung 99% browser
  • 256-bit enkripsi SSL
  • Layanan customer support

12. FreeSSL

FreeSSL

FreeSSL menyediakan berbagai sertifikat SSL dengan periode 90 hari. Menariknya, Anda juga bisa menggunakan FreeSSL secara gratis, loh. Anda bisa mendapatkannya dengan membuat akun di website FreeSSL.

Sama seperti layanan penyedia SSL lainnya, Anda hanya perlu memasukkan nama domain, generate CSR dan melakukan validasi domain. Kemudian, tunggulah 1-5 menit hingga sertifikat diterbitkan dan Anda bisa langsung instal di website Anda dengan update otomatis.

Untuk versi gratis, Anda hanya akan mendapat sertifikat SSL saja tanpa tambahan fitur lainnya. 

Kalau ingin mendapatkan fitur tambahan seperti Wildcard, Multi-Domain Certs, REST API, Technical Support, Anda bisa menggunakan versi berbayar: Basic, Pro dan Enterprise.

Baca juga: Cara Mengatasi SSL Error

Yuk, Gunakan SSL Gratis untuk Website Anda!

Nah, itu dia beberapa cara mendapatkan SSL gratis dari berbagai penyedia jasa layanan SSL. Meskipun gratis, Anda bisa menggunakan SSL berkualitas tinggi dengan fitur lengkap. Cara install SSL di hosting pun mudah, lho. 

Dari semua layanan penyedia SSL gratis di atas, layanan Free Sectigo AutoSSL dari Niagahoster adalah yang paling layak dipertimbangkan. Kenapa begitu?

Selain karena kemudahan instalasinya, Sectigo Auto SSL Niagahoster memiliki tingkat keamanan yang cukup baik berkat tingkat enkripsi yang kuat. Dengan adanya SSL ini, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan upaya meningkatkan SEO website. 

Menariknya, SSL gratis Niagahoster ini bisa Anda gunakan selamanya. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk memperbaruinya secara berkala karena fitur Auto Renewal setiap tiga bulan.

Ingin punya website aman dengan SSL gratis dan fitur yang canggih? Yuk, amankan website Anda dengan Sectigo Auto SSL gratis selamanya dari Niagahoster sekarang!

Sebagai informasi tambahan, saat ini Niagahoster memiliki program bagi-bagi vps gratis dan free hosting yang bisa diikuti oleh siapapun.

Penasaran dengan layanan kami? Silakan ikuti program ini, Gratis!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

One Reply to “SSL Gratis: Ini Cara Mendapatkannya!”

  1. Ulasan artikel yang diberikan sangat lengkap dan jelas namun saya punya 1 pertanyaan yang masih membuat saya sedikit linglung.
    Bagusan mana mas SSL Let’s Encrypt gratisan yang ada di hosting dengan SSL Cloudflare?
    Sebelumnya saya ada beli hosting dri layanan luar dan dijelaskan akan mendapatkan SSL Unlimited untuk semua domain. saran mending pakai SSL Let’s Encrypt dri Hosting atau SSL Cloudflare

Leave a Reply

Your email address will not be published.