Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

SSL Gratis: Ini Cara Mendapatkannya!

4 min read

SSL gratis Ini Cara Mendapatkannya_blog

Menggunakan SSL adalah langkah yang tepat untuk mengembangkan website Anda. SSL ada yang berbayar, tapi ada juga yang gratis. Saat ini, banyak penyedia hosting yang menawarkan SSL gratis.

Meskipun tidak berbayar, SSL gratis terbukti ampuh dalam mengamankan dan meningkatkan kualitas website. Kini sudah banyak user yang menerapkan SSL gratis di website mereka.

Kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa sekarang ini banyak terjadi kasus pencurian data di internet. Kejahatan cyber tersebut menghalalkan berbagai cara, salah satunya adalah dengan teknik packet sniffing. Teknik ini dilakukan dengan cara monitoring atau pengangkatan paket data yang ditransmisikan dari komputer klien ke server atau sebaliknya.

Beruntung teknik packet sniffing dapat diatasi dengan cara mengenkripsi atau melakukan penyandian paket data yang terlibat dalam proses transmisi. Enkripsi dapat dilakukan sebelum dikirimkan melalui media internet ke web server. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan SSL baik yang gratis maupun berbayar.

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yang dibuat oleh Netscape Communication untuk mengamankan pertukaran data melalui jaringan internet.

Bagi Anda yang belum mengetahui kegunaan dan manfaat SSL gratis, saya akan coba bahas kembali secara ringkas. Keuntungan ini sebelumnya sudah pernah dibahas di artikel tentang SSL.

Keuntungan Menggunakan SSL Gratis

  • SSL Dapat Mengamankan Pertukaran Data

SSL merupakan protokol keamanan untuk mengamankan pertukaran data pada jaringan internet dan biasanya digunakan di halaman website.. Adanya SSL membuat setiap data yang diproses melalui situs akan terenkripsi dan tidak mudah  dibaca oleh user yang tidak memiliki otoritas.

Informasi yang diproses menggunakan SSL dan HTTPS akan dienkripsi dengan dua kunci, yaitu public_key dan private key, sehingga data yang diproses cukup aman.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Saat Anda memanfaatkan  SSL, secara tidak langsung akan ada tampilan gembok bewarna hijau dengan URL menggunakan HTTPS. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kepercayaan terhadap website karena berbeda dari keamanan lain yang tidak ditampilkan di halaman depan. .

Selain itu, jika situs web Anda menggunakan SSL dan HTTPS, maka pengunjung memiliki pandangan bahwa semua bentuk pertukaran data yang diproses telah dienkripsi.

  • Meningkatkan Kualitas SEO

Anda pasti tahu mengenai SEO, bukan? Nah! Semakin baik kualitas SEO pada website,  maka semakin tinggi pula kemungkinan muncul di halaman utama mesin pencarian. . Beberapa waktu lalu Google mengumumkan bahwa HTTPS menjadi pertimbangan dalam menentukan posisi di mesin pencarian.  Pertimbangan ini untuk memastikan bahwa pengguna bisa menggunakan internet dengan aman.

  • Tidak Mengeluarkan Biaya Berlebih

Keuntungan terakhir adalah tidak perlu mengelurkan biaya lagi selain untuk pengelolaan website. Jika menggunakan SSL berbayar, pengguna harus mengeluarkan biaya paling tidak sebanyak 100 ribu. Jika menggunakan versi SSL yang lain bahkan bisa sampai dengan ratusan ribu rupiah setiap tahunnya.

Baca juga: Apa itu SSL dan kenapa harus menggunakan SSL?

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Untuk mendapatkan SSL gratis, Anda dapat memanfaatkan layanan penyedianya yang sudah tersebar di internet. Biasanya jika Anda menggunakan web hosting, maka Anda juga akan ditawarkan layanan SSL gratis. . Hanya saja, hal in tergantunng pada provider yang digunakan karena tidak semua penyedia layanan menawarkan SSL gratis. .

Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar penyedia layanan SSL gratis yang bisa dimanfaatkan untuk website Anda.

Penyedia Layanan SSL Gratis

1. Let’s Encrypt

Let’s Encrypt merupakan Certificate Authority (CA) yang sekitar tahun 2016 baru saja merilis versi barunya dan menghilangkan versi beta. Layanan ini ingin memberikan sertifikat SSL secara gratis ke semua pengguna di jaringan internet. Tujuannya adalah untuk memberikan keamanan bagi pengguna internet di seluruh dunia.

Sertifikat ini berlaku untuk 3 bulan dan otomatis melakukan pembaruan (auto renew). Fitur auto renew yang dimiliki Let’s Encrypt sangat membantu karena pemilik website tidak perlu melakukan submit ulang sertifikat. Tinggal menunggu informasi saja dari Let’s Encript bahwa SSL gratis sudah berhasil diperbarui.

Meskipun layanan penyedia SSL gratis ini cukup memuaskan, masih ada sedikit kekurangan yang dimiliki. Beberapa browser lama tidak mendukung layanan sertifikat ini. Meskipun demikian,  Anda tidak perlu khawatir karena browser baru sudah kompatibel dengan layanan ini.

Cara mendapatkan Let’s Encrypt sangat mudah, cukup menggunakan salah satu penyedia layanan hosting yang menyediakan free SSL. Biasanya penyedia layanan hosting sudah menyertakan Let’s Encrypt pada layanannya. Jika menggunakan VPS, Anda bisa mendapatkan sertifikat SSL ini dengan melakukan instalasi Certbot.

Certbot merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu Anda untuk melakukan proses instalasi Let’s Encrypt. Certbot dikembangkan oleh EFF dan menjadi salah satu client resmi Let’s Encrypt.

2. CloudFlare

CloudFlare menjadi solusi yang cukup mudah dgunakan oleh pemilik website untuk memasangkan SSL pada situsnya. Sebenarnya, layanan ini bukanlah penyedia sertifikat SSL, melainkan penyedia Content Delivery Network (CDN).

Untuk menggunakan CloudFlare, caranya sangat mudah. Anda tinggal melakukan registrasi layanan, kemudian menambahkan alamat website Anda ke dalamnya. Setelah itu, ganti nameserver domain menggunakan nameserver yang disediakan CloudFlare. Namun, jangan lupa untuk melakukan redirect pengunjung dari versi HTTP ke HTTPS dan mengganti url yang masih mengarah ke alamat lamanya.

Setelah semua proses dijalankan, Anda bisa menikmati layanan SSL gratis yang disediakan CloudFlare.

3. Comodo (90 Hari)

Comodo merupakan layanan penyedia CA yang sudah terkenal. Layanan ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Sebenarnya, layanan Comodo SSL merupakan layanan SSL berbayar. Akan tetapi, Anda bisa mencobanya selama 90 hari.  Jika puas dengan layanan yang diberikan, maka Anda perlu membayar sejumlah biaya.

Versi trial gratis  ini hampir sama dengan yang berbayar, jadi tidak perlu khawatir mengenai fitur yang ditawarkan. Keuntungan menggunakan layanan gratis 90 hari ini adalah: Anda dapat menguji sertifikat keamanan SSL pada website yang baru menggunakan 1028 bit signature dan 256 enkripsi.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan SSL gratis dari Comodo dapat Anda temukan di halaman free ssl certificate.

4. Get HTTPS for free

Get HTTPS for Free merupakan layanan penyedia SSL gratis alternatif dari Let’s Encrypt. Layanan ini dirasa lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Let’s Encrypt. Meskipun dulu sempat difavoritkan banyak orang  karena memiliki banyak fitur otomatis, saat ini mulai ditinggalkan dengan alasan yang belum jelas.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan ini dapat Anda temui di halaman website Get HTTPS for Free.

5. SSL For Free

SSL for Free menggunakan CA dari Let’s Encrypt. Layanan SSL gratis ini menyediakan semua fitur sertifikat gratis selamanya. Anda hanya perlu memasukkan nama domain dan melakukan validasi melalui DNS record.

SSL for Free menggunakan ACME dari Let’s Encrypt. Karena itu, tidak ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menggunakan layanan ini. Bahkan sertifikat SSL ini dapat Anda gunakan untuk domain utama dan subdomain. Jadi, selain Get HTTPS for Free, SSL for Free menjadi pilihan alternatif  untuk menggunakan Let’s Encrypt.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan ini dapat Anda temui di halaman website SSL for Free for Free.

6. cPanel

Jika website Anda menggunakan cPanel sebagai managemen sistem, pastinya sudah ada layanan SSL gratis yang ditawarkan. Biasanya cPanel sudah menyediakan SSL gratis melalui kerja sama dengan pihak lain. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pembelian sertifikat lain lagi.

Certificat Authority (CA) yang digunakan pun bermacam-macam tergantung pada cPanel yang digunakan, seperti Comodo. autoSSL, atau layanan SSL gratis Let’s Encrypt.

Jika Anda menggunakan layanan penyedia web hosting dan domain, terlebih dulu bisa ditanyakan apakah provider menyediakan layanan SSL gratis pada panelnya beserta tipe SSL yang ditawarkan..

7. Layanan Penyedia Web Hosting

Terakhir, SSL gratis dapat Anda temui pada layanan penyedia jasa web hosting. Paket sertifikat ini sudah ada sejak Anda menggunakan layanan mereka. Salah satu penyedia layanan web hosting dengan SSL gratis adalah Niagahoster.

Ringkasan

Bujet yang minim bukan menjadi alasan tidak mengamankan website yang sedang Anda kembangkan. Saat ini sudah banyak penyedia layanan SSL gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk melindungi website dari serangan tidak diinginkan. Selain meningkatkan kepercayaan pengunjung, SSL dianggap dapat memperbaiki  kualitas website terkait penilaian pencarian di Google.

Jangan ada alasan lagi untuk tidak menggunakan SSL. Apakah Anda memiliki rekomendasi layanan keamanan lainnya? Jika ada, silakan beri tahu kami melalui kolom kometar dan jangan ragu untuk subscribe dan dapatkan informasi baru dari kami :’)

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 3 =