Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Apa itu Hosting? Berikut Penjelasannya

4 min read

hosting adalah

Hosting adalah hal yang sangat penting untuk sebuah website, apakah Anda pernah mendengarnya? Atau Anda ingin membuat website dan ada yang menyarankan untuk membeli hosting indonesia terbaikMelalui artikel ini kami akan menjelaskannya.

Web Hosting Adalah…

Hosting adalah sebuah layanan yang dapat digunakan oleh perorangan, organisasi atau perusahaan untuk menyimpan berbagai data website, sehingga dapat diakses melalui internet.

Jika Anda belum memahami apa itu website, silakan baca terlebih dahulu artikel mengenai pengertian website yang telah kami bahas supaya lebih mudah dipahami.

Kembali lagi ke pembahasan mengenai hosting…

Ketika Anda menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang Anda lakukan pertama kali pada browser adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu di kolom pencarian Google.

Kemudian komputer Anda akan terhubung ke server dan halaman website akan dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman yang sedang Anda baca saat ini.

Oleh karena itu ketika Anda ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus Anda beli.

Gambaran Mengenai Hosting dan Domain

Untuk memperjelas pemahaman mengenai hosting dan domain, kami akan memberikan sedikit gambarannya.

a. Hosting

Hosting bisa diibaratkan sebagai sebuah apartemen yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan apartemen pasti memiliki ukuran yang berbeda antara apartemen A dan apartemen B.

Sama halnya  dengan hosting, setiap layanan akan menyediakan space atau tempat penyimpanan yang berbeda. Misalnya mulai dari  paket 1 GB atau paket hosting murah unlimited seperti hosting yang ada di Niagahoster.

b. Domain

Sedangkan untuk domain adalah nama dari website Anda atau sebuah alamat yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet.

Nama domain berguna untuk menemukan komputer di internet. Setiap komputer memiliki nomor atau alamat yang berbeda, disebut dengan alamat IP.

Contoh alamat IP adalah 74.125.200.102.

Akan tetapi pengguna internet akan kesulitan mengingat alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka seperti itu. Sehingga, dibuatlah nama domain yang akan lebih mudah diingat.

Jadi ketika Anda ingin mengakses website, Anda hanya perlu mengingat nama domainnya.

Nama domain terdiri dari kombinasi angka dan huruf dengan berbagai ekstensi berbeda seperti .com, .co.id, .net.

Setiap website memiliki nama domain yang berbeda dan setiap domain harus didaftarkan terlebih dahulu supaya website dapat diakses.

Saat ini terdapat berbagai jenis layanan hosting yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data website. Tapi sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk memahami kebutuhan website Anda mengenai hosting seperti apa yang cocok.

Kebutuhan seperti apa yang dimaksud?

Mulai dari kebutuhan bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang dapat Anda temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersama-sama dalam satu server.

Harga yang ditawarkan untuk paket shared hosting terbilang cukup murah.

Tapi, karena digunakan oleh banyak pengguna, terdapat batasan mengenai resource yang tersedia, baik itu besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau lainnya.

a. Kelebihan

  • Harga murah
  • Tersedia berbagai jenis paket berbeda berdasarkan resource yang disediakan, sehingga jika website Anda melebihi limit yang ditetapkan, dapat melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.
  • Kebanyakan layanan sudah menyediakan kontrol panel seperti cPanel, sehingga dapat memudahkan Anda dalam mengelola website.
  • Anda tidak perlu repot melakukan manitenance pada server, karena sudah dihandle oleh layanan hosting.

Shared hosting sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki website dengan dana terbatas. Anda tidak perlu khawatir jika website Anda sudah mencapai limit yang ditetapkan oleh layanan hosting yang digunakan, karena Anda dapat melakukan upgrade ke paket hosting dengan limit yang lebih tinggi.

b. Kekurangan

Waktu loading website yang lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting, tapi Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan CloudFlare, silakan ikuti tutorial mengenai cara setting CloudFlare.

Tips Memilih Layanan Web Hosting

infografis hosting adalah

Bagaimana cara menentukan web hosting yang akan Anda gunakan adalah yang terbaik?

Berikut adalah jawabannya.

Ketahui Kebutuhan Hosting Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sebelum Anda menggunakan sebuah layanan hosting, pastikan sudah mengetahui kebutuhan seperti apa yang diperlukan untuk website Anda.

Silakan tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut:

  • Website seperti apa yang akan dibuat?
  • Apakah memerlukan aplikasi Windows untuk website Anda?
  • Software atau code apa yang akan diajalankan (contoh: PHP)?
  • Seberapa banyak perkiraan jumlah pengunjung yang datang ke website Anda?
  • Apakah website Anda membutuhkan software tertentu?
  • Apakah website Anda hanya akan dibuat dengan WordPress saja?

Baca Juga: Cara Pindah Hosting WordPress ke Layanan Hosting Baru

Anda Pengguna Baru?

Untuk Anda yang masih pemula di dunia web hosting, mungkin beberapa pertanyaan di atas sulit untuk dijawab. Oleh karena itu kami sarankan Anda menggunakan shared hosting.

Hosting jenis ini tersedia dengan harga yang terjangkau dengan berbagai keuntungan yang dapat membantu Anda mengelola website dengan mudah.

Ditambah lagi, jika website Anda sudah berkembang dan mencapai limit yang ditentukan pada paket hosting yang digunakan, bisa melakukan upgrade ke paket dengan limit yang lebih besar atau pindah ke VPS.

Ingat konsep apartemen di awal yang telah dibahas…

Perhatikan Hal Penting Ini…

pengertian hosting

1. Uptime

Salah satu hal yang paling penting harus dimiliki oleh sebuah web hosting adalah dapat menjalankan website selama 24×7.  Sehingga Anda membutuhkan sebuah web hosting yang memiliki performa server dan konektivitas maksimal.

Tentu Anda tidak ingin pengunjung meninggalkan website karena website tidak bisa diakses

Nilai uptime 95.5% ke atas adalah yang kami rekomendasikan, untuk garansi uptime di layanan Niagahoster adalah sebesar 99.9%.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan pengecekan dengan tool untuk memonitor server. Selain itu, Anda dapat melihat langsung keterangan mengenai uptime di website layanan hosting yang akan digunakan.

2. Terdapat Pilihan Upgrade

Pastikan layanan hosting yang akan Anda gunakan memiliki layanan untuk melakukan upgrade jika website Anda melebihi limit. Tapi jika Anda memiliki rencana untuk mengelola website dengan kebutuhan resource hosting yang besar, kami menyarankan Anda untuk menggunakan VPS.

Jika Anda ingin mengetahui contoh resource VPS yang disediakan oleh layanan hosting, silakan cek tautan berikut.

3. Fitur Addon Domain

Harga sebuah nama domain terbilang sangat murah, hanya berkisar seratus ribuan untuk satu tahun penuh. Untuk Anda yang berencana mengelola lebih dari 5 website, pastikan paket hosting yang akan digunakan memiliki fitur addon domain minimal untuk 10 domain.

4. Garansi Uang Kembali

Penting untuk memastikan hosting yang Anda gunakan memberikan garansi uang kembali. Karena Anda belum mengetahui masalah yang akan dihadapi ketika Anda menggunakan hosting tersebut.

Saat ini ada beberapa layanan web hosting yang memiliki garansi uang kembali selama 30 hari, salah satunya adalah Niagahoster.

Pastikan juga Anda menanyakan syarat dan ketentuan yang berlaku mengenai garansi tersebut.

5. Harga Pertama dan Perpanjangan

Pastikan Anda melakukan pengecekan harga paket hosting yang ditawarkan antara harga pendaftaran baru dan perpanjangan. Apakah harganya tetap sama atau jauh lebih mahal dengan harga perpanjangan.

Catatan: Hal ini diluar kenaikan harga hosting yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Akan lebih menguntungkan jika Anda memilih layanan hosting yang memberikan diskon yang cukup besar untuk pembelian pertama paket hosting.

6. Kontrol Panel yang Mudah Digunakan

Kontrol panel adalah sebuah tool yang dapat memudahkan Anda mengelola website pada akun hosting. Mulai dari melakukan instalasi website, membuat email, sampai dengan melakukan maintenance website.

Oleh karena itu pastikan kontrol panel yang disediakan dapat dengan mudah untuk digunakan. Karena untuk mengelola website tanpa adanya kontrol panel diperlukan kemampuan mengelola server menggunakan perintah command.

Saat ini, kontrol panel yang paling banyak digunakan adalah cPanel. Hal ini karena mudah digunakan dengan fitur yang lengkap.

7. Support 24 Jam

Support 24 jam adalah hal yang wajib ada untuk layanan hosting yang akan Anda gunakan. Hal ini akan berguna untuk mendapatkan bantuan ketika website Anda mengalami gangguan pada pukul 10 malam atau dini hari. Layanan web hosting terbaik akan menyediakan support 24 jam untuk membantu pelanggan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian hosting…

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai artikel ini, silakan berkomentar melalui kolom yang tersedia. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

10 Replies to “Apa itu Hosting? Berikut Penjelasannya”

  1. Mas mau tanya saya punya 10 artikel di blogspot saya.saya mau ganti dengan domain sendiri apa saya harus sewa 10 domain apa kah.1 domain bisa di pasang di 10 artikel. Mmohon bantuannya

    1. Hanya membeli satu domain saja jika untuk satu blog, silakan ikuti tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-menghubungkan-nama-domain-dengan-blogspot-anda

  2. 1. Berapa kapasitas hosting untuk kebutuhan blog seperti niagahoster ini, apakah 500 MB cukup atau lebih?
    2. Maaf diluar topik artikel, bagaimana caranya membuat daftar isi seperti di atas untuk wordpress?
    Tks. Salam

    1. 1. 500 MB belum cukup, Anda dapat menggunakan paket hosting Personal di Niagahoster dengan kapasitas penyimpanan unlimited.
      2. Untuk daftar isi menggunakan plugin Easy Table of Contents.

  3. bang mau nanya,,,Untuk Pengaturan Hostingnya apa ada panduannya bang,,,so masih Pemula bang

    1. Panduan Hosting untuk apa?
      Bisa melakukan pencarian pada google dengan kata kunci "Pengaturan Hosting Niagahoster"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 6 =