Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Ini Dia Cara Kerja VPS Hosting, Kelebihan, dan Kekurangannya!

4 min read

cara kerja vps

Kalau Anda sedang berada di artikel ini, pastinya Anda sudah memahami apa itu VPS (Virtual Private Server). Namun, apakah Anda juga tahu bagaimana cara kerja VPS sebenarnya?

Jika belum, Anda tidak perlu khawatir! Karena kali ini, kami akan mengulas cara kerja VPS secara lengkap. Selain itu, kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan VPS hosting.

Tanpa basa-basi lagi, ini dia artikel selengkapnya!

Cara Kerja VPS

VPS bekerja dengan menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual, lengkap dengan sumber daya yang sudah terisolasi.

Sebagai contoh, sebuah server fisik memiliki CPU 8 core, RAM 8 GB, dan storage 512 GB. Nah, server tersebut ingin divirtualisasi menjadi delapan, maka masing-masing pengguna VPS akan mendapat CPU 1 core, RAM 1 GB, dan storage 64 GB.

cara kerja vps

Singkatnya, Anda masih tetap berbagi server fisik atau dedicated server dengan pengguna lain. Namun di satu sisi, Anda bebas memanfaatkan sumber dayanya serta mengatur konfigurasi VPS sesuka hati.

Hasilnya, cara kerja VPS yang terisolasi membuat performa website atau aplikasi yang Anda tempatkan di server jadi lebih maksimal. Sebab, Anda masalah yang ditimbulkan pengguna lain tidak akan berdampak ke Anda.

Tak heran, cara kerja VPS cukup unik dibandingkan jenis layanan hosting lain, misalnya Shared Hosting, Cloud Hosting, atau Dedicated Hosting. Di samping itu, masih banyak lagi kelebihan VPS yang bisa Anda nikmati.

Selengkapnya bisa Anda simak di poin berikutnya!

Baca juga: VPS vs Cloud Hosting

Kelebihan VPS untuk Anda Rasakan

Berikut ini adalah deretan kelebihan VPS yang dapat Anda nikmati:

1. Performa Kencang dan Stabil

kelebihan vps performa cepat cara kerja vps

Kelebihan VPS yang pertama adalah performa yang kencang dan stabil. Sesuai yang kami jelaskan di bagian cara kerja VPS, hal ini merupakan manfaat dari teknologi virtualisasi yang digunakan.

Sehingga, apapun yang dilakukan oleh pengguna lain tak akan mempengaruhi kinerja VPS, kapasitas resource, hingga semua project yang terinstall di dalamnya.

Baca juga: Cara Cek Kecepatan VPS

2. Kapasitas Sumber Daya Lega

kelebihan vps resource luas

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika berlangganan Virtual Private Server, Anda sebagai pengguna akan diberikan resource dengan jumlah yang melimpah.

Nah, kapasitas sumber dayanya bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan file, menginstall aplikasi, serta menunjang performa project yang tersimpan di server VPS tersebut.

Baca juga: Cara Cek RAM VPS

3. Fitur yang Melimpah

Keunggulan VPS berikutnya yaitu fitur yang lengkap tersedia. Hal ini masuk akal, karena VPS membebaskan Anda untuk memilih sistem operasi, memasang control panel, sampai memilih web server sesuai keinginan.

Namun tentu saja, untuk dapat memanfaatkan fitur yang melimpah, Anda sebagai pengguna perlu menginstall file software secara mandiri.

4. Kebebasan Mengelola Server

Ketika menggunakan VPS, Anda bebas mengelola resource server sesuai kebutuhan. Sebab, di server virtual ini, Anda yang bertindak sebagai administrator.

Sementara di jenis layanan lain, misalnya Shared Hosting, Anda tidak akan bisa sebebas ini. Sebab, penyedia hosting-lah yang menjadi administrator.

5. Kemudahan Mengatur Konfigurasi

cara kerja vps bebas atur konfigurasi

Di VPS hosting, Anda akan diberikan root access. Nah, akses root inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur konfigurasi server.

Dengan begitu, Anda bisa mengkonfigurasi VPS guna mendapatkan performa paling maksimal sesuai dengan kebutuhan website atau aplikasi.

Baca juga: Cara Membuat VPS Reboot Otomatis

6. Keamanan yang Berlapis

Berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda bebas mengkonfigurasi banyak hal di layanan VPS, termasuk yang berkaitan dengan keamanan.

Dengan begitu, keamanan server VPS Anda bisa lebih terjaga. Apalagi, jika Anda sebagai pengguna juga mempraktikkan berbagai cara mengamankan VPS.

7. Privasi yang Terjaga

Kelebihan VPS yang terakhir yaitu privasi yang terjaga. Sebab, penyedia VPS akan memberikan Anda dedicated IP. Nah, IP Address yang terdedikasi ini membuat privasi dan reputasi website di dalamnya lebih terjaga.

Sampai di sini, Anda sudah memahami cara kerja VPS serta keunggulannya dibanding layanan hosting lain. Berikutnya, kenali kekurangan VPS dulu, yuk!

Baca juga: Cara Cek IP VPS

Kekurangan VPS yang Perlu Diketahui

Selain deretan kelebihan, ternyata ada kekurangan VPS yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Membutuhkan Keterampilan Teknis

kekurangan vps keterampilan teknis

Kekurangan VPS yang pertama yaitu Anda perlu kemampuan teknis yang kuat. Sebab tanpa keterampilan ini, mengelola VPS bisa sangat membingungkan dan berpotensi membuat software atau project di dalamnya error.

Namun jika Anda memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, cara menggunakan VPS bukanlah hal yang rumit.

2. Harga Relatif Lebih Mahal

Kelemahan VPS yang lain adalah soal harga. Dibandingkan jenis hosting lain seperti Shared Hosting, biaya langganan VPS memang relatif lebih mahal.

Namun jika dikomparasi dengan Dedicated Server, biaya VPS hosting ternyata jauh lebih murah, loh. 

Baca juga: Tips Memilih VPS

VPS Bisa untuk Apa Saja?

Setelah mengetahui cara kerja VPS serta kelebihan dan kekurangan VPS hosting, Anda pastinya penasaran VPS bisa dimanfaatkan untuk apa saja.

Nah, berikut beberapa kegunaan dan fungsi VPS secara umum:

1. Menghostingkan Website

Bagi Anda yang memiliki website dengan traffic tinggi, VPS cukup mumpuni untuk menjadi web hosting Anda. Pengaturan website pun lebih fleksibel karena bisa di-custom sendiri. Mulai dari keamanan, sistem operasi, dsb.

2. Menyimpan File Perusahaan/Pribadi

kelebihan dan kekurangan vps bisa untuk menyimpan file

Yang namanya risiko kehilangan data pasti selalu ada. Untungnya, VPS bisa Anda jadikan tempat untuk backup file perusahaan ataupun data pribadi Anda. Apalagi, ruang penyimpanan dalam layanan VPS biasanya cukup luas.

Baca juga: Cara Upload File ke VPS

3. Menciptakan Game Server

Cara kerja VPS memungkinkan Anda membangun game server sendiri. Sebab, virtualisasi VPS menjanjikan kualitas hebat dari sisi processor, penyimpanan, hingga resource.

Baca juga: Cara Membuat Server Minecraft

4. Membuat Layanan VPN

Mau membuat VPN alias jaringan pribadi di server VPS? Bisa banget. Jenis hosting ini memungkinkan Anda mempraktikkan cara membuat VPN untuk dapat diakses oleh member perusahaan ataupun pihak tertentu saja.

5. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi (Server Percobaan)

Bagi Anda yang suka mengembangkan aplikasi, VPS bisa Anda sulap menjadi server percobaan. Mengingat, Anda sebagai pengguna bisa membuat ruang-ruang eksperimen di dalam server VPS.

6. Mengakses Remote Desktop

Dengan virtualisasi VPS, bukan hal mustahil untuk mengakses komputer Anda dari jarak jauh. Di manapun lokasi Anda, cara kerja VPS memiliki kesempatan bagi Anda mengendalikan komputer secara remote.

Baca juga: Perbedaan VPS dan RDP

Kapan Harus Beralih dari Shared Hosting ke VPS?

Sampai di sini, Anda sudah paham bagaimana VPS bekerja serta keunggulan dan kelemahan VPS dibanding jenis hosting lain. Pertanyaannya, kapankah Anda harus menggunakan layanan VPS?

Untuk memutuskannya, cobalah jawab beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah menurut Anda hosting dengan sumber daya dedicated itu penting?
  • Apakah website Anda membutuhkan sumber daya berkapasitas besar?
  • Apakah website Anda membutuhkan manajemen server yang lebih bebas?
  • Apakah Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan selain menjalankan website?

Jika jawaban Anda mayoritas IYA, maka itu waktunya Anda beralih dari Shared Hosting ke VPS Hosting. Sebab dengan memilih VPS, performa website Anda akan lebih stabil serta leluasa untuk dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan.

panduan vps lengkap untuk pemula

Gunakan Layanan VPS Indonesia Terbaik dari Niagahoster!

Sampai sini, Anda sudah paham betul cara kerja VPS, kelebihan dan kekurangan VPS hosting, serta alasan beralih ke VPS. Tapi meski secara garis besar cara kerja VPS itu sama saja, Anda tetap harus jeli dalam memilih penyedia layanan.

Alasan utamanya, penyedia layanan hosting menawarkan kelengkapan dan kualitas paket VPS yang berbeda.

Nah kalau Anda ingin membeli produk VPS terbaik dan terlengkap, Niagahoster sudah menyediakannya. Di sini, Anda bisa mendapatkan VPS murah Indonesia dengan performa hebat untuk website, tapi harga tetap terjangkau.

harga vps linux

Mulai dari Rp104ribu/bulan saja, Anda sudah bisa mengantongi layanan VPS dengan performa hebat. Selain itu, Anda juga memiliki banyak opsi sesuai kebutuhan bisnis dan bisa upgrade kapasitas kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi, yuk langganan paket VPS murah terbaik dari Niagahoster!

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *