Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Domain Utama

1 min read

Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Domain Utama

Pengguna hosting pemula bisa jadi kerap mengalami permasalahan Index of ketika mengakses website. Alih-alih melihat tampilan website secara normal, tampilan yang muncul hanya berupa daftar direktori, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

mengatasi index of

Melalui tutorial cara memindahkan website ini, kami akan membagikan ulasan cara mengatasi masalah ini dan memindahkan website Anda ke direktori yang seharusnya. Jika website Anda ingin dapat diakses melalui domain utama, tentunya file website Anda berada di direktor public_html, atau biasa disebut document root.

Memindahkan Website dari Subfolder ke Direktori Utama Website

Berikut ini cara memindahkan website dari subfolder ke domain utama Anda.

1. Login ke Akun cPanel

Silakan login ke cPanel dari akun hosting Anda. Jika Anda pengguna Niagahoster, Anda bisa login ke cPanel melalui member area. Setelah login ke member area Niagahoster, klik menu Layanan Hosting > Hosting > Kelola Hosting.

Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman menu cPanel.

Baca juga: Apa itu cPanel dan Cara Menggunakannya

2. Pilih Menu File Manager

Lalu pilih menu File Manager.

Atau cari menu File Manager yang ada pada kolom Files di halaman cPanel.

3. Cari Direktori public_html

Jika sudah masuk ke File Manager, silakan masuk ke direktori public_html.

memindahkan web

Buka subfolder yang ada di dalam direktori public_html (di sini kami menggunakan subfolder dengan nama wordpress).

memindahkan website

4. Centang Select All pada Subfolder Website

Anda dapat melihat semua file dari website Anda. Jika di dalamnya terdapat file index.php atau index.html berarti Anda berada dalam subfolder yang benar. Silakan centang Select All, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

memindahkan website dari subfolder

5. Pindahkan File ke Direktori public_html

Selanjutanya, klik kanan pada area yang diblok dan pilih Move.

memindahkan web ke direktori utama

Pada popup yang tampil, tentukan lokasi file yang akan dipindah. Pada contoh ini adalah ke /public_html, sehingga website Anda dapat tampil ketika domain utama diakses.

memindahkan website ke root

7. Hapus Subfolder Website

Setelah semua file dipindah, silakan kembali ke public_html. Kami menyarankan Anda untuk menghapus file dan folder yang tidak diperlukan lagi, pada contoh ini adalah wordpress.zip dan folder wordpress yang kosong.

Silakan pilih kedua item tadi sambil menekan tombol ctrl kemudian klik Delete. Ini akan menghapus kedua item tadi. Anda juga dapat menghapusnya satu per satu.

pindah web ke root

Anda juga harus memastikan apakah file website sudah lengkap. Pada contoh di bawah ini Anda dapat melihat bahwa semua file sudah lengkap.

pindah websiteke root

8. Tes Website Anda

Tujuan pengecekan tersebut adalah untuk cek apakah website Anda dapat diakses dengan baik. Silakan ketikkan nama domain Anda pada browser untuk mengecek apakah sudah sesuai keinginan atau belum.

Di sini Anda dapat melihat halaman instalasi default dari WordPress. Website dapat diakses dengan baik dan sudah dapat dilanjutkan ke tahap instalasi WordPress.

pindah website ke root hosting

Baca juga: Cara Membuat Subdomain di cPanel

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui cara memindahkan website dari subfolder ke direktori utama atau public_html. Website yang sudah Anda unggah ke hosting dapat dipindahkan dengan cara dalam tutorial ini.

Nah, di sini jika Anda sudah selesai mengupload dan menginstall website WordPress, Anda bisa mulai melengkapi informasi website Anda, membuat halaman utama, dan lainnya. Tak perlu bingung harus mulai dari mana, karena kami punya ebook panduan langkah wajib setelah install WordPress.

Langsung saja download gratis ebook berikut ini!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *