Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

Cara Membuka cPanel Melalui Android dan Desktop

3 min read

Cara Membuka cPanel Melalui Android & Desktop-(resize)

Pada artikel ini saya akan membahas selengkap mungkin cara membuka cPanel dari berbagai perangkat. Termasuk juga cara membuka cPanel dengan IP, cara masuk cPanel WordPress, dan tentunya cara login ke website sendiri melalui hosting login.

Hosting dan cPanel

Hosting dan cPanel merupakan dua sistem yang berbeda. Hosting digunakan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh halaman website agar dapat diakses melalui jaringan internet. Sedangkan cPanel adalah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola hosting.

Penyedia layanan hosting terkadang memisahkan antara login ke cPanel dengan login ke akun panel penyedia layanan hosting untuk mengelola hosting. Akan tetapi, ada juga yang menggabungkan antara login ke panel penyedia hosting dengan login ke cPanel. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk masuk ke cPanel

Sebelum memulai membahas mengenai cara membuka cPanel, berikut ini ada beberapa hal terkait dengan cPanel yang dapat Anda baca terlebih dahulu.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum melanjutkan pada bagian selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • Akun Hosting
  • Akun cPanel/WHM yang aktif
  • Username dan password cPanel

Jika Anda belum mempunyai akun hosting dan cPanel maka perlu untuk memilikinya terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan layanan penyedia hosting yang saat ini sudah banyak di Indonesia. Salah satunya adalah Niagahoster, melalui halaman pemesanan hosting.

Cara Membuka cPanel Melalui Desktop

Login cPanel melalui desktop adalah cara yang paling banyak digunakan pengguna untuk masuk ke akun cPanel mereka. Selain lebih mudah untuk masuk, tampilan cPanel melalui desktop juga lebih enak dilihat dibandingkan menggunakan perangkat yang lebih kecil. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk masuk ke akun cPanel pada penyedia layanan hosting.

  • URL

Jika domain yang Anda gunakan sudah terhubung dengan hosting, maka cPanel dapat diakses menggunakan alamat domain tersebut.

  1. Nama Domain

Cara membuka cPanel menggunakan nama domain dapat diakses menggunakan dua cara yaitu menggunakan namadomain/cpanel atau menggunakan namadomain:port, berikut contohnya:

cara membuka cpanel - 2082

cara membuka cpanel - 2083

cara membuka cpanel - cpanel(dot)

cara membuka cpanel - (slash) cpanel

Atau dapat juga langsung melakukan akses menggunakan alamat server, seperti https://srv45.domainserever:2083.

Pada waktu mengakses alamat tersebut maka akan muncul halaman cPanel. Pada saat halaman masuk cPanel muncul, masukkan username dan password yang diberikan oleh penyedia hosting.

cara membuka cpanel - halaman login cpanel

Catatan:
Saat ingin melakukan akses menggunakan port, maka ada dua pilihan, menggunakan HTTP atau menggunakan HTTPS. Jika ingin melakukan akses menggunakan HTTP, maka port yang digunakan adalah 2082 sedangkan HTTPS menggunakan port 2083.

  1. Alamat Internet Protocol (IP)

Selain cara membuka cPanel menggunakan URL, ada cara lain yang sama, yaitu menggunakan alamat IP. Pada beberapa penyedia hosting, cara ini tidak diaktifkan dikarenakan alasan keamanan.

Cara ini digunakan untuk mengakses cPanel jika domain belum mengarah pada server hosting. Pilihan lain jika domain belum mengarah ke hosting adalah dengan masuk ke panel penyedia hosting dan mengakses cPanel melalui halaman panel tersebut. Hanya saja tidak semua penyedia layanan hosting menyediakan fitur ini pada panel mereka masing-masing.

  • WHM

Web Host Manager (WHM) berfungsi sebagai back-end dari cPanel. Melalui WHM dapat dibuat beberapa cPanel baru. Jadi, melalui WHM Anda dapat masuk ke semua cPanel yang terdaftar di dalam satu server.

Untuk mengakses cPanel melalui WHM dapat dilakukan dengan masuk terlebih dahulu ke akun WHM dengan mengetikkan alamat server https://namadomain:2087 atau https://alamatIPserver:2087.

Kemudian masuk ke menu List Account, maka di sana akan muncul beberapa list akun cPanel yang sudah terdaftar pada server WHM itu.

cara membuka cpanel - whm (2)

Klik ‘Logo cPanel’ yang ada di sebelah nama username, kemudian akan terbuka tab baru yang langsung mengakses halaman cPanel domain.

  • Kelebihan dan Kekurangan Login Melalui Desktop

Tentu saja ada beberapa kelebihan yang didapatkan jika melakukan akses cPanel melalui desktop, seperti:

  1. Tampilan yang luas sehingga semua fitur dapat terlihat dengan baik,
  2. Pengaturan lebih mudah dilakukan jika menggunakan perangkat desktop dan dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan.

Namun, ada kekurangannya juga seperti tidak dapat sewaktu-waktu melakukan akses ke cPanel kapan pun dan di mana pun itu. Dikarenakan harus membuka perangkat desktop yang terkadang cukup besar.

Cara Membuka cPanel Melalui Perangkat Mobile

Perangkat mobile seperti gadget tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Kebanyakan gadget yang beredar pada saat ini menggunakan sistem operasi Android.

Jadi pada artikel ini akan saya bahas mengenai cara membuka cPanel melalui Android. Cara ini akan memudahkan Anda apabila berada jauh dari perangkat desktop dan ingin mengedit file secara mendadak. Dibandingkan melalui desktop yang harus dibuka melalui perangkat yang cukup besar.

  • Cara Membuka cPanel Melalui Aplikasi Handphone

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi cPanel untuk perangkat Android, yaitu cPanel Remote. Aplikasi ini adalah versi gratis, tapi ada juga versi berbayar yang dapat Anda gunakan tanpa batasan fitur yang tersedia.

Setelah aplikasi ter-install maka Anda sudah dapat login ke akun cPanel yang aktif. Silahkan masukkan username dan password cPanel Anda dengan menggunakan port HTTPS yaitu 2083.

Setelah login anda dapat memakai fitur sebagai berikut: Server Detail, Runnunf Service, File manager, Email account, Sub domain, parked domain, redirects, auto responder Forwader, FTP account, Backup, Cron job, MySQL database, Bandwidth, View PHP option.

Sedangkan jika Anda merupakan pengguna iPhone, dapat mengunduh aplikasi cPanel melalui App Store. Sayangnya pada sistem operasi ini aplikasi berjalan tidak cukup baik sehingga akan membingungkan pengguna dengan masalah-masalah yang terjadi.

Kelebihan melakukan akses menggunakan aplikasi di perangkat mobile adalah dapat dibuka sewaktu waktu. Bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana menjadikannya penolong pada saat ada file yang tiba-tiba harus diubah.

Note: Gunakan aplikasi mobile yang disediakan oleh cPanel App.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuka cPanel, bisa melalui desktop maupun dari perangkat mobile. Akses menggunakan desktop merupakan cara yang paling banyak digunakan, dikarenakan tampilan desktop lebih maksimal dibandingkan dengan perangkat mobile.

Pada cara membuka cPanel menggunakan URL setidaknya ada 2 variasi yang dapat dilakukan, yaitu menggunakan nama domain dan menggunakan alamat IP. Menggunakan alamat IP atau server apabila domain belum mengarah pada server hosting.  Akan tetapi beberapa penyedia layanan hosting tidak mengaktifkan fitur akses cPanel melalui alamat IP dikarenakan alasan keamanan.

Semoga artikel mengenai cara membuka cPanel ini memberikan sedikit informasi tambahan untuk Anda. Jika ada hal yang perlu didiskusikan mengenai topik ini, jangan sungkan untuk mendiskusikannya melalui kolom komentar. Berikut ini juga ada beberapa artikel terkait yang dapat menjadi tambahan informasi untuk Anda.

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =