Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

7 Fungsi VPS yang Perlu Anda Ketahui

3 min read

fungsi vps

Dibandingkan dengan shared hosting, VPS memang kurang populer. Kebanyakan orang menggunakan shared hosting terlebih dahulu karena biayanya lebih terjangkau dan pengoperasiannya relatif lebih mudah dibanding VPS. Mungkin Anda juga termasuk salah satu pengguna shared hosting.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan mengenai VPS. Barangkali Anda perlu meningkatkan kebutuhan hosting Anda dari shared hosting ke VPS dalam waktu dekat.

Terdapat berbagai fungsi VPS yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja website atau bisnis yang Anda kelola. Layanan VPS dapat digunakan untuk berbagai hal. Berikut adalah tujuh fungsi VPS.

7 Fungsi VPS 

1. Website Trafik Super Tinggi

Jika Anda mengelola website dengan trafik super tinggi, VPS merupakan layanan yang sesuai untuk website Anda. Jika Anda sedang menggunakan layanan shared hosting, Anda bisa berpindah layanan dari shared hosting ke layanan VPS.

Trafik super tinggi pada website yang masih menggunakan layanan shared hosting bisa mengakibatkan pada suspensi domain karena berpotensi mengganggu resource bersama yang digunakan satu shared hosting.

Biasanya perusahaan penyedia layanan hosting yang Anda gunakan akan memberi tahu jika trafik di website Anda sudah terlalu tinggi dan perlu pindah ke layanan VPS. Selain itu, Anda juga perlu mengecek trafik website secara berkala agar dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk pindah layanan ke VPS.

2. Web Hosting Skala Kecil

Bagi Anda yang memiliki usaha jasa pembuatan website atau developer, Anda bisa menggunakan layanan VPS untuk web hosting klien-klien Anda. Dengan menggunakan VPS, Anda memiliki kontrol penuh terhadap website-website yang menggunakan layanan VPS Anda.

3. File hosting

Mungkin Anda sudah familiar dengan situs-situs seperti MediaFire, Zippy Share, Dropbox, Google Drive, dan berbagai situs penyimpanan file lainnya. Situs penyimpanan file online tersebut memudahkan Anda untuk menyimpan dan mengakses file secara online.

Layanan VPS juga memungkinkan Anda untuk menyimpan file berukuran besar, baik untuk diakses pribadi maupun diakses oleh pengunjung website Anda. Anda tidak bisa menemukan fitur ini di layanan shared hosting karena biasanya disk space shared hosting hanya diperbolehkan untuk keperluan pembuatan website.

Kalau Anda membutuhkan fitur penyimpanan file online seperti penyimpanan backup, layanan file sharing, penyimpanan film, foto, software, dan penyimpanan file berukuran besar lainnya, VPS adalah layanan yang cocok untuk Anda.

4. Remote Desktop

VPS juga memungkinkan Anda untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote. Anda memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi lokasi. Anda bisa mengontrol server di manapun Anda berada.

5. VPS sebagai VPN

VPS juga dapat digunakan sebagai VPN atau Virtual Private Network. VPN secara singkat didefinisikan sebagai jaringan-jaringan yang terhubung melalui internet, tetapi hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu.

Fungsi VPS sebagai VPN ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jaringan private untuk karyawan-karyawan atau anggotanya saja. Perusahaan atau organisasi bisa menjadikan VPSnya sebagai VPN untuk menyimpan data-data penting dan tetap bisa bertukar data dengan aman selama dalam jaringan VPN tersebut.

6. Server Percobaan

Jika Anda sedang mengembangkan software, aplikasi, sistem operasi, atau framework, tentu membutuhkan server dengan harga terjangkau, tapi memberikan fasilitas yang cukup untuk melakukan percobaan software atau aplikasi.

Anda bisa saja menggunakan dedicated server, tetapi harganya tentu sangat mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan layanan VPS untuk melakukan percobaan-percobaan. Layanan VPS relatif lebih murah dibandingkan dengan dedicated server, tetapi sudah memberikan fitur-fitur yang cukup untuk server tahap percobaan.

7. Private Backup

Biasanya paket layanan VPS sudah secara spesifik tertera menyediakan berapa gigabyte disk space. Di Niagahoster sendiri, paket layanan VPS tersedia dari 20 GB hingga 160 GB. Selain bisa Anda gunakan untuk menyimpan file secara online, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan data backup.

Kapan Shared Hosting Harus Pindah ke VPS?

fungsi vps - kapan pindah?

Setelah mengetahui tujuh fungsi VPS, selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah kapan saat yang tepat untuk berpindah dari layanan shared hosting ke VPS.

1. Trafik Website Terlalu Tinggi

Ketika website Anda mulai mendapatkan trafik terlalu tinggi, sebaiknya segera pindah dari layanan shared hosting ke layanan VPS. Mengapa harus segera pindah? Karena resource yang Anda gunakan di shared hosting adalah resource bersama. Jadi space disk dan bandwidth di shared hosting digunakan untuk beberapa website berbeda.

Ketika salah satu website dalam shared hosting tersebut menggunakan resource terlalu banyak hingga melebihi ketentuan yang ada tentu akan mengganggu kinerja website-website lain dalam satu shared hosting yang sama.

Kemungkinan terburuknya adalah Anda bisa terkena suspensi dari perusahaan yang menyediakan layanan shared hosting Anda. Namun, biasanya perusahaan penyedia layanan hosting akan memberikan peringatan jika website Anda sudah memakai resource shared hosting terlalu banyak.

2. Kontrol Penuh terhadap Server

Jika Anda menjalankan perusahaan atau organisasi besar yang membutuhkan kontrol penuh terhadap server tentu layanan shared hosting tidak cukup bagi Anda. Dengan menggunakan layanan VPS, Anda memiliki kontrol penuh atas server dan semua pengaturannya.

3. Penyimpanan File Berukuran Besar

Biasanya layanan shared hosting tidak mengizinkan penggunanya untuk menyimpan file-file berukuran besar karena bisa mengganggu kinerja website-website yang berada dalam satu shared hosting.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan disk space besar yang disediakan hanya untuk website Anda, sebaiknya gunakan layanan VPS. Selain Anda bisa memilih seberapa besar disk space yang dibutuhkan, Anda juga tidak akan terganggu oleh pengguna lain karena disk space yang Anda beli tidak digunakan bersama seperti layanan shared hosting.

4. Keamanan Server Lebih Baik

Karena Anda memiliki kontrol penuh terhadap server, keamanan VPS lebih terjamin dibanding layanan shared hosting. Anda bisa mengatur konfigurasi keamanan VPS sesuai dengan standar yang Anda butuhkan. Selain itu disk space dan bandwidth di layanan VPS tidak terbagi-bagi seperti di shared hosting sehingga lebih aman dan lebih stabil.

5. Pengetahuan yang Cukup untuk Mengelola VPS

Poin terakhir adalah yang terpenting, yaitu pengetahuan yang cukup dalam mengelola VPS. Secara umum, layanan VPS yang tersedia di pasaran terbagi dalam dua jenis, yaitu managed dan unmanaged.

Layanan VPS managed adalah layanan di mana perusahaan penyedia VPS yang mengelola pengaturan dan konfigurasi VPS yang Anda beli. Sedangkan, layanan VPS unmanaged adalah layanan di mana pengaturan dan konfigurasi dilakukan secara mandiri oleh pengguna.

Kebanyakan perusahaan penyedia VPS menyediakan layanan VPS unmanaged. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola VPS secara mandiri. Jika Anda tidak bisa mengelolanya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa orang yang ahli mengelola VPS untuk Anda.

Kesimpulan

Pembelian hosting harus dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Jika Anda memang membutuhkan fungsi VPS seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak perlu ragu untuk membeli layanan VPS.

Layanan shared hosting memang murah, tetapi memiliki banyak batasan dan Anda tidak mendapatkan kontrol penuh. Sedangkan dedicated server bisa jadi terlalu mahal untuk Anda yang belum membutuhkan fitur-fitur dedicated server. Layanan VPS adalah jalan tengah bagi Anda yang membutuhkan fitur hampir menyerupai dedicated server, tetapi dengan harga yang lebih murah.

 

4
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

2 Replies to “7 Fungsi VPS yang Perlu Anda Ketahui”

  1. Jadi lebih murah vps ya daripada dedicated server. Untuk NiagaHoster sendiri, VPSnya menggunakan sistem managed atau unmanaged?

    1. Iya betul Pak Erwin, kalau dari harga VPS relatif lebih murah dibandingkan dedicated server. Di Niagahoster, layanan VPS yg disediakan hanya unmanaged/self-managed, tapi kami juga menyediakan panduan dan tutorial lengkap agar pengguna VPS bisa mengelola VPSnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =