David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Panduan Konfigurasi Dasar VPS Terlengkap!

1 min read

cara menggunakan vps

Ada berbagai konfigurasi dasar yang perlu diterapkan saat Anda baru saja membeli VPS. Konfigurasi dasar VPS adalah hal yang wajib Anda lakukan, guna meningkatkan keamanan server dan juga performa server ke depannya. Selain itu, konfigurasi dasar ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan beberapa paket instalasi di server.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan VPS, tidak perlu khawatir. Sebab di artikel ini kami akan menjelaskan konfigurasi dasar menggunakan VPS dengan menggunakan tiga sistem operasi populer, yaitu Ubuntu, Debian, dan CentOS.

Panduan Konfigurasi Dasar VPS Untuk Ubuntu, Debian, CentOS 

Berikut ini adalah panduan konfigurasi dasar VPS dengan menggunakan tiga sistem operasi yaitu Ubuntu, Debian, dan CentOS.


Konfigurasi Awal VPS Ubuntu 16.04

Saat Anda baru pertama kali membeli server VPS Ubuntu 16.04, ada beberapa konfigurasi dasar yang perlu Anda terapkan. Konfigurasi dasar ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan beberapa paket instalasi di server.

Setidaknya ada tujuh konfigurasi dasar yang wajib Anda lakukan. Apa saja langkah-langkah konfigurasi tersebut? Kami akan menjelaskan semuanya satu per satu pada artikel.

Konfigurasi awal VPS Ubuntu 16.04 ›


Konfigurasi Awal VPS Debian 9

Melakukan konfigurasi awal VPS di Debian 9 bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menggunakan user root. User root adalah username dari akun yang memiliki akses ke semua perintah dan file pada Linux atau sistem operasi lain yang berbasis UNIX.

Dalam panduan konfigurasi VPS pada sistem operasi Debian 9 terdapat delapan langkah. Apa saja langkah-langkah konfigurasi tersebut? Anda dapat melihat pada artikel kami yang berjudul:

Konfigurasi awal VPS Debian 9 ›


Konfigurasi Awal VPS CentOS 7

Selanjutnya ada cara konfigurasi VPS CentOS 7, pada sistem operasi CentOS 7 perintah yang digunakan adalah perintah yum. Atau yang biasanya disebut dengan Yellowdog Updater atau disingkat yum..

Bagaimana cara lengkapnya? Anda bisa mengikuti panduan kami:

Konfigurasi awal pengaturan VPS CentOS 7 ›

Kesimpulan

Dengan menjalankan semua langkah konfigurasi dasar di atas, server Anda telah memiliki dasar keamanan yang kuat. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya dengan aman.

Jika Anda ingin menggunakan layanan seperti VPS Hosting namun tidak ingin ribet dalam manajemen hosting, Anda dapat menggunakan layanan cloud VPS untuk solusi website bertrafik tinggi dan fully managed.

Yuk gunakan Cloud VPS Niagahoster! Diskon Up to 70%, Cek Sekarang!

Demikian artikel panduan konfigurasi dasar VPS. Jika Anda mempunyai pertanyaan silahkan untuk meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi terkait bisnis, digital marketing, dan teknologi dari kami.

Sebagai tambahan, yuk ikuti program giveaway gratis VPS dari Niagahoster untuk Anda. Mudah & tidak ribet, segera daftar ya!

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *