Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

4 Cara Cek RAM VPS Anda [Yang Terakhir Wajib Coba!]

2 min read

22_6_6_4 Cara Cek RAM VPS Anda [Yang Terakhir Wajib Coba!]

Cara termudah untuk menjaga kinerja VPS adalah memantau penggunaan sumber daya server secara berkala, termasuk RAM. Tapi tunggu dulu, bagaimana cara cek RAM VPS? Apakah itu sulit dilakukan?

Jangan khawatir, cara cek RAM VPS sebenarnya sangat mudah kok! Bahkan, Anda bisa mengetahui statistik penggunaan RAM pada hosting secara detail hanya dengan beberapa perintah sederhana.

Penasaran ingin mencoba sendiri? Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya!

Tutorial Cara Cek RAM VPS dengan Mudah

Jika Anda pengguna VPS OS Linux seperti CentOS, Ubuntu, dan Debian, ada beberapa cara cek RAM VPS server yang bisa Anda praktikkan sendiri dengan mudah, yaitu:

  1. Cara memantau penggunaan RAM VPS dengan perintah vmstat -s
  2. Cara cek RAM VPS lewat perintah cat /proc/meminfo
  3. Cara melihat pemakaian RAM VPS menggunakan perintah free
  4. Cara cek RAM VPS via Panel Server (paling recommended)

Oh ya, cara nomor satu sampai tiga di atas bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan SSH untuk koneksi ke server VPS. Makanya sebelum mulai, siapkan dulu aplikasi terminal atau SSH sesuai platform yang Anda gunakan.

Misalnya, software terminal console bawaan jika Anda pengguna Mac OS dan Linux, mengikuti cara menggunakan PuTTy untuk platform Windows, atau login VPS di Android dengan aplikasi gratisan di Play Store.

Di tutorial kali ini, kami akan memakai aplikasi PuTTy untuk login ke server VPS. Langsung saja, yuk merapat ke poin yang pertama!

Baca juga: Cara Ganti Port SSH di VPS

1. Cara Memantau Penggunaan RAM VPS dengan Perintah vmstat -s

Cara cek RAM VPS yang pertama adalah dengan memanfaatkan perintah vmstat -s. Perintah ini bisa menampilkan statistik pemakaian RAM di server VPS Anda dengan lengkap.

Anda bisa langsung mengetikkan perintah vmstat -s di PuTTy. Jika sudah, beginilah hasilnya:

cara cek ram vps via perintah vmstat -s

Terlihat beberapa informasi terkait penggunaan RAM pada hosting. Mulai dari total memori, memori yang dipakai, dan sisa memori. Bahkan, ada juga statistik memori yang dipakai untuk kebutuhan lain, seperti swap cache.

Baca juga: Cara Cek IP VPS

2. Cara Cek RAM VPS lewat Perintah cat /proc/meminfo

Cara cek RAM VPS berikutnya adalah melalui perintah cat /proc/meminfo. Dengan perintah yang satu ini, Anda bisa memeriksa statistik sekaligus spesifikasi memori yang dipakai server VPS.

Langsung saja, jalankan perintah cat /proc/meminfo. Jangan lupa, terdapat spasi setelah tulisan cat! Nah, ini dia outputnya:

perintah cat proc meminfo

Terdapat lebih dari 20 statistik pemakaian RAM di VPS Anda. Mulai dari informasi standar seperti memori terpakai dan sisa memori, sampai statistik yang lebih spesifik seperti memori aktif dan tidak aktif.

Baca juga: Cara Ganti Password VPS

3. Cara Melihat Pemakaian RAM VPS menggunakan Perintah free

Cara cek RAM VPS lainnya untuk Anda coba adalah lewat perintah free. Dibanding opsi-opsi sebelumnya, perintah ini akan menampilkan pemakaian RAM dengan output paling simpel.

Tidak percaya? Berikut hasil perintah free jika dijalankan:

perintah free

Bisa Anda lihat sendiri, statistik penggunaan RAM di server dibagi menjadi dua baris. Yaitu, pemakaian memori untuk kebutuhan umum dan memori yang dimanfaatkan sebagai media swap.

Selain tiga cara di atas, sebenarnya ada lagi cara untuk mengecek pemakaian RAM di VPS. Cara ini terbilang paling kami rekomendasikan, terutama bagi Anda yang pusing melihat deretan angka pada statistik.

Penasaran kan? Yuk meluncur ke poin berikutnya!

Baca juga: Cara Backup VPS

Terakhir, Anda bisa melihat detail penggunaan RAM di panel server VPS. Opsi yang satu ini tersedia jika Anda merupakan pengguna layanan VPS Niagahoster, seperti paket Cloud VPS Hosting.

Langsung saja setelah masuk ke panel VPS Niagahoster, scroll ke bawah dan klik tab Statistic. Jika sudah, berikut tampilannya:

cara cek ram vps di panel server

Anda bisa memantau statistik pemakaian RAM, mulai dari total memori, memori terpakai, dan sisa memori. Tentunya di sini tampilannya jauh lebih menarik dan mudah dipahami.

Bahkan, informasi penggunaan sumber daya server yang lain, seperti CPU, Storage, dan Inodes juga tersedia di sini. Semuanya tersaji dengan tampilan grafis, sehingga lebih memudahkan Anda.

Sampai di sini, artinya Anda telah berhasil mempraktikkan berbagai cara cek RAM VPS. Dari semuanya, manakah yang jadi favorit Anda?

Baca juga artikel VPS lainnya:
Panduan Menggunakan VPS Tanpa Panel
Tutorial Iptables
Cara Upload File ke VPS
Cara Install WordPress di VPS

Yuk Cek Pemakaian RAM VPS Anda Sekarang!

Di artikel kali ini, Anda sudah mencoba mengecek penggunaan RAM di server VPS. Cara cek RAM VPS ini wajib Anda lakukan secara berkala, agar performa server beserta software atau website Anda tetap terjaga.

Pun demikian, sebenarnya performa server lebih banyak dipengaruhi oleh kinerja penyedia layanan VPS Anda. Jika Anda butuh VPS dengan kinerja tangguh, paket Cloud VPS Hosting Niagahoster bisa jadi pilihan.

Tersedia fitur 2x Burstable RAM untuk mengantisipasi lonjakan beban server secara tiba-tiba, Network Link 100Mb/S untuk transfer data anti lemot, sampai jaminan Uptime 99.9% untuk server bebas down.

Bahkan, Anda juga diberi kemudahan untuk Upgrade Sumber Daya VPS. Sehingga, Anda bisa mulai berlangganan VPS dengan kapasitas rendah terlebih dahulu, lalu menyesuaikannya seiring kebutuhan yang berkembang.

Menarik sekali kan? Yuk cobain paket Cloud VPS Hosting Niagahoster terbaik sekarang!

Selain itu, Niagahoster juga menyediakan layanan VPS KVM terbaik di Indonesia lho! Yuk klik tombol di bawah untuk cek berbagai fiturnya:

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *