Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

5 Cara Cek IP VPS [Nomor 1 Paling Gampang!]

3 min read

22_5_28_5 Cara Cek IP VPS

Ketika membeli VPS, Anda akan diberi beberapa informasi dasar untuk mengakses server, salah satunya IP Address. Namun seiring waktu, Anda bisa saja lupa detail IP tersebut. Makanya, Anda pasti sering cari cara cek IP VPS kan?

Tenang, Anda tidak salah tempat kok. Di artikel kali ini, Anda bisa mencoba beberapa cara cek IP VPS dengan mudah. Bahkan, beberapa di antaranya bisa untuk melihat IPv4 dan IPv6 sekaligus, loh!

Penasaran ingin praktik langsung? Tanpa basa basi, ini dia tutorial selengkapnya!

5 Cara Cek IP VPS Anda (IPv4 & IPv6)

Berikut adalah beberapa cara cek IP VPS yang bisa Anda coba dengan mudah dan cepat:

  1. Cara cek IP VPS di Panel VPS Server (Termudah)
  2. Cara melihat IP VPS lewat perintah ip route show
  3. Cara memeriksa IP VPS menggunakan perintah ip a
  4. Cara cek IP VPS via perintah hostname -I
  5. Cara mengetahui IP VPS dengan perintah ifconfig

Sedikit catatan, semua cara di atas bisa Anda praktikkan jika VPS Anda menggunakan OS berbasis Linux, seperti Ubuntu, Debian, dan CentOS.

Dan satu lagi, Anda bisa melihat 12 digit IP Address v4 dengan cara-cara di atas. Namun, tidak semuanya bisa dipakai untuk mengetahui detail IPv6. Jadi, sesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda, ya!

Yuk langsung meluncur ke cara yang pertama!

Baca juga: Apa Itu VPS? Penjelasan dan Cara Memilih VPS

1. Cara Cek IP VPS di Panel VPS Server (Termudah)

Cara cek IP VPS paling mudah adalah dengan melihatnya langsung di panel VPS Anda. Kebetulan, cara ini hanya bisa dipraktikkan jika Anda merupakan pelanggan VPS Niagahoster.

Langkah-langkahnya sangat simpel. Anda cukup masuk ke panel VPS server lewat Member Area. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan berikut:

cara cek ip vps via panel server

Bagian yang ditandai merah di atas adalah 12 digit IPv4 milik VPS Anda. Bagaimana, gampang banget, kan?

Namun seperti yang sudah dibahas, kami tetap menyediakan beberapa opsi lain untuk mengetahui IP VPS Anda. Jika penasaran, mari menuju poin ke 2!

Baca juga: Cara Ganti Password VPS

2. Cara Melihat IP VPS Lewat Perintah ip route show

Sebelum lanjut, kami informasikan bahwa untuk cara cek IP VPS tanpa panel nomor 2 hingga 5, Anda harus masuk ke server dengan cara menggunakan SSH. Makanya selain mengecek IP Address, catat juga detil Port SSH, Username, dan Password VPS di panel server.

cara login vps di android detail ssh

Sedangkan untuk softwarenya, bisa memakai aplikasi terminal console bawaan jika Anda pengguna MacOS atau Linux. Sementara untuk Windows, Anda bisa mencoba cara menggunakan PuTTy untuk masuk ke server.

Bagaimana dengan Android? Bisa juga, kok! Anda bisa login ke VPS di Android lewat beberapa aplikasi gratisan di Play Store. Sebagai contoh, kami akan menggunakan aplikasi Mobile SSH di perangkat Android.

Setelah Anda login, jalankan perintah bernama ip route show. Jika sudah, berikut tampilan yang muncul:

Terlihat bagian bertanda merah adalah IP VPS Anda. Namun sama seperti cara yang pertama, ip route show hanya bisa menampilkan 12 digit IPv4. Jika ingin melihat IPv6, Anda bisa mencoba 3 opsi di bawah ini.

Yuk praktikkan bersama!

Baca juga: Cara Ganti Port SSH di VPS

3. Cara Memeriksa IP VPS Menggunakan Perintah ip a

Cara cek IP VPS berikutnya adalah dengan memakai perintah ip a. Sesuai namanya, perintah ini berfungsi untuk melihat detail IPv4 dan IPv6.

Langsung saja, ketikkan perintah ip a. Begini kurang lebih hasilnya:

cara cek ip vps dengan perintah ip a

Bagian bertanda merah adalah IPv4 Anda. Sedangkan, yang diberi warna hijau ialah IPv6. Jelas lebih lengkap, kan?

Baca juga: Cara Backup VPS

4. Cara Cek IP VPS via Perintah hostname -I

Cara cek IP VPS lainnya yang bisa Anda coba adalah lewat perintah hostname -I. Di antara cara yang lain, perintah yang satu ini menghasilkan output yang paling simpel.

Tidak percaya? Jalankan sendiri perintah hostname -I di software SSH Anda.

cara cek ip vps lewat perintah hostname -I

Terbukti kan? Informasi IPv4 dan IPv6 milik VPS Anda bisa dimunculkan hanya dalam satu baris singkat.

Baca juga: Tutorial Iptables

5. Cara Mengetahui IP VPS dengan Perintah ifconfig

Terakhir, Anda bisa menjalankan perintah ifconfig untuk mengetahui detail IPv4 dan IPv6 VPS. Jika sudah, kurang lebih begini output yang akan tampil:

perintah ifconfig

Seperti biasa, warna merah untuk IPv4 dan warna hijau untuk IPv6. Lengkap sekali, kan? Kekurangannya sih, informasi IPv4 dan IPv6 agak tersebar. Sehingga, Anda harus jeli ketika mengidentifikasinya sendiri.

Sampai di sini, Anda telah berhasil menyelesaikan seluruh cara cek IP VPS sendiri. Di antara semuanya, mana yang jadi favorit Anda?

Baca juga artikel VPS lainnya:
Cara Cek RAM VPS
Cara Upload File ke VPS
Cara Install WordPress di VPS

Yuk Segera Cek IP VPS Anda Sendiri!

Di artikel kali ini, Anda sudah mempraktikkan berbagai cara cek IP VPS dengan mudah. Ada yang hanya bisa melihat detail IPv4 milik VPS Anda, ada juga yang sekalian menampilkan informasi IPv6.

Oh ya, seperti yang sedikit disinggung, setiap VPS dilengkapi dengan IP Dedicated. Artinya, IP tersebut tidak bisa digunakan pengguna VPS lain. Nah, Niagahoster lewat paket Cloud VPS Hosting juga menerapkan hal yang sama.

Namun bedanya, IP Dedicated di Cloud VPS Hosting Niagahoster bisa Anda dapatkan tanpa biaya tambahan! Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengelola server VPS untuk berbagai kebutuhan.

Contohnya mengakses file-file server dari jarak jauh, menjadikan VPS sebagai server game online, membuat dan mengirimkan email bisnis tanpa masuk folder spam, sampai memasang SSL agar transfer data di server lebih aman.

Jadi tunggu apa lagi, yuk nikmati kemudahan mengelola server dengan Cloud VPS Hosting Niagahoster sekarang!

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *