Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Fungsi RAM pada Hosting yang Harus Anda Ketahui

2 min read

Fungsi RAM pada Hosting

RAM pada hosting adalah faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli paket hosting. Dengan kapasitas RAM yang sesuai, performa website Anda akan lebih optimal. 

Supaya dapat memilih hosting yang pas, Anda harus tahu pengertian hingga fungsi RAM pada web hosting. 

Tak perlu berbasa-basi, yuk simak sampai selesai!

Apa Itu RAM?

apa itu ram pada hosting

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu perangkat keras dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. 

Nah, kalau RAM pada hosting adalah kapasitas memori yang tersedia pada server hosting pengguna untuk membantu proses menampilkan informasi website ke pengunjung. 

Setiap proses yang dilakukan pengguna hosting memerlukan memori RAM. Misalnya saja, ketika proses mengedit sebuat post atau menginstal tema dan plugin di WordPress sedang berjalan. 

Supaya bisa bekerja, RAM memiliki struktur sebagai berikut:

  • Input Storage – berfungsi menampung data yang diinput
  • Program Storage – untuk memproses instruksi semua program ketika akan diakses
  • Working Storage – sebagai penyimpanan data yang sudah diolah
  • Output Storage – untuk menampilkan olahan data ke perangkat output

Nah, sudah paham apa itu RAM, ‘kan? Lalu, apa saja fungsi RAM pada hosting? Simak penjelasannya di bawah ini.

4 Fungsi RAM pada Hosting

Fungsi RAM pada web hosting cukup banyak, mulai dari menyimpan data untuk sementara, meningkatkan kecepatan loading website, memudahkan pengelolaan website, hingga meningkatkan user experience.

Berikut adalah penjelasan detail dari masing-masing fungsi RAM pada web hosting:

1. Menyimpan Data untuk Sementara

Fungsi RAM pada hosting adalah untuk menyimpan data. Bedanya dengan disk space, penyimpanan pada RAM hanya untuk sementara waktu, ketika harus memproses data. Itulah kenapa, data yang disimpan pada RAM akan hilang saat server direstart.

Ibaratnya, RAM adalah ingatan jangka pendek, sedangkan disk space berperan untuk menyimpan data untuk jangka panjang.

2. Mempercepat Loading Website

Mengapa RAM pada hosting bisa membuat kecepatan website jadi lebih gesit? 

Begini penjelasannya. Saat pengunjung meminta sebuah informasi, data utama yang tersimpan di disk space akan ditempatkan di RAM dan disimpan sementara untuk proses tersebut. 

Nantinya, CPU akan langsung mengakses data di RAM untuk melayani permintaan pengunjung dengan proses loading yang lebih cepat.

Bahkan, RAM bertanggung jawab atas banyaknya pemrosesan data yang dapat dilakukan bersamaan. Jadi, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang dapat diproses sekaligus sehingga kecepatan website akan meningkat.

3. Memudahkan Pengelolaan Website

Kapasitas RAM yang sesuai jenis website akan memudahkan Anda mengelola konten dengan leluasa. Alasannya, kebutuhan website dalam menangani proses menentukan kebutuhan RAM yang harus dimiliki.  

Salah satu tipe website yang direkomendasikan punya banyak RAM adalah toko online. Sebab, ada banyak data yang diproses bersamaan di website toko online, mulai dari menampilkan produk, mengelola pembayaran, menyimpan keranjang belanja, hingga wishlist. 

Nah, kalau ada banyak pengunjung website toko online mengakses berbagai halaman, RAM yang terbatas bisa menyebabkan kendala akses. Itulah kenapa, kapasitas RAM harus disesuaikan dengan tipe website.

4. Meningkatkan User Experience

RAM pada hosting juga penting dapat meningkatkan user experience. Kapasitas RAM yang cukup akan memastikan semua fitur website berjalan dengan baik demi kenyamanan pengunjung. Dengan begitu, pengunjung website akan betah menjelajahi website Anda.

Perbedaan Penggunaan RAM pada Web Hosting

Kebutuhan RAM setiap website itu berbeda-beda, tergantung Content Management System (CMS) yang digunakan, tipe konten, sampai jumlah traffic-nya. 

Itulah mengapa, penyedia hosting murah Indonesia seperti Niagahoster menawarkan berbagai paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan RAM untuk website Anda. 

Spesifikasi RAM pada hosting di Niagahoster

Yang terpenting, Anda harus memilih paket hosting dengan spesifikasi yang pas. Sebab, jika kapasitas RAM tidak mencukupi, bisa-bisa website Anda akan melambat atau bahkan tidak bisa diakses. 

Sebagai contoh, kalau Anda punya website toko online yang memerlukan resource besar, maka jenis paket Bisnis bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan website.

Jadi, Apa Itu RAM pada Hosting?

RAM pada hosting adalah ruang untuk menyimpan data sementara pada hosting. Tak hanya itu, fungsi RAM pada hosting juga untuk mempercepat loading website, memudahkan pengelolaan website, hingga meningkatkan user experience. 

Intinya, pastikan Anda memilih hosting dengan RAM yang sesuai kebutuhan agar website tetap bisa diakses dengan normal. 

Nah, Niagahoster merupakan layanan hosting yang menawarkan berbagai paket dengan kapasitas RAM yang beragam. Mulai dari 1 GB hingga 16 GB yang bisa disesuaikan kebutuhan website, seperti toko online yang perlu resource besar.

Tunggu apa lagi nih? Yuk pilih paket hosting dengan RAM sesuai kebutuhan Anda!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *