Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

10+ Tips Memilih VPS Terbaik!

3 min read

10 Tips Memilih VPS Terbaik-01_compressed

Setelah Anda menentukan pilihan harus berpindah ke VPS (Virtual Private Server), apa saja faktor yang menjadi pertimbangan dalam Pemilihan VPS terbaik?

Tidak seperti Shared Hosting, memilih VPS adalah hal yang harus menggunakan beberapa pertimbangan khusus agar nantinya bisa lebih efektif dan efisien. Hal ini untuk mencegah kesalahan dalam membeli VPS, seperti  tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan, atau masalah yang berhubungan dengan layanan yang dipakai.

Menggunakan VPS juga cukup mudah dilakukan, minimal untuk pengguna yang sudah paham mengenai Perintah Dasar di Linux. Penggunaannya pun akan lebih mudah jika Anda menggunakan panel, seperti WHM atau Webuzo.

1. Tentukan Tujuan Penggunaan VPS Terbaik

Pertama, tentukan tujuan penggunaan. VPS tentu saja tidak hanya digunakan untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan VPS. Selain sebagai web hosting, VPS dapat digunakan untuk penghubung layanan Internet of Things (IOT).

2. Sesuaikan Dengan Rencana Ke Depan

Setelah menentukan tujuan dari penggunaan, pikirkan juga perencanaan ke depan. Bisnis Anda butuh berkembang untuk tetap bisa terus berjalan. Jadi perhitungkan juga apakah ada kemungkinan sistem akan membutuhkan sumber daya yang tinggi dalam waktu dekat atau tidak.

Perencanaan ini salah satunya untuk menentukan proses migrasi yang mungkin dilakukan. Dikarenakan, proses migrasi VPS tidak lebih sederhana dibandingkan dengan shared hosting.

3. Sistem Operasi (Windows/Linux)

Perhatikan juga sistem operasi yang tersedia.Sistem operasi menjadi faktor utama yang perlu diketahui. Beberapa penyedia VPS hanya menyediakan salah satu saja, tetapi ada beberapa penyedia layanan VPS menyediakan kedua sistem operasi ini.

Jika sistem yang ingin dipasang lebih maksimal menggunakan Windows, tentu saja harus menggunakan server Windows juga. Padahal saat ini penyedia VPS Windows jarang, lebih banyak menyediakan VPS dengan Linux.

4. Kapasitas Bandwidth Bulanan

Kebanyakan penyedia layanan VPS Hosting akan menentukan batas penggunaan Bandwidth setiap bulannya. Jika penggunaan melebihi kapasitas yang ditentukan, maka kecepatan akses ke VPS akan berkurang. Namun, perhitungan kapasitas akan diatur ulang setiap bulan.

Ketika memilih VPS, pastikan Anda tidak perlu membayar untuk kelebihan bandwidth yang dibutuhkan untuk penggunaan normal.

5. RAM & CPU

Menjalankan beberapa situs web dalam satu VPS?Di dalam satu VPS tentu saja Anda dapat menambahkan berapapun jumlah situs web di dalamnya. Anda dapat menambahkan beberapa domain sekaligus. Namun, perlu diingat bahwa kapasitas RAM dan CPU di dalam sebuah server VPS ada batasannya.

Besar batasan ini tergantung dengan paket yang Anda gunakan. Efektif VPS paling tidak berjalan di dalam RAM dengan kapasitas 4 GB. Semakin tinggi paket yang dipakai, semakin banyak situs web yang bisa ditambahkan tanpa mengalami overload.

tips memilih vps terbaik_compressed
Source: pexel.com

6. Penyimpanan

Saat ini ada dua tipe penyimpanan yang banyak ditawarkan, yaitu Hard disk dan SSD (Solid-state Drive). Penyimpanan menggunakan hard disk lebih murah ditawarkan. Namun, akan lebih optimal jika VPS menggunakan SSD.

SSD memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanan tradisional. Ketahanan dalam menangani masalah kegagalan power juga menjadi faktor positif menggunakan SSD sebagai media penyimpanan di server.

Memaksimalkan RAM dan CPU memang perlu, tetapi jika tidak didukung dengan penyimpanan yang cepat untuk melayani proses data, itu menjadi tidak terlalu bermanfaat.

7. Lihat Teknologi yang Digunakan

Lihat juga teknologi yang digunakan di dalam, termasuk di dalamnya perangkat lunak apa saja yang didukung. Misalnya saja, versi kernel yang dipakai atau virtualisasi yang digunakan di dalam cloud VPS. Kenapa? Karena beberapa aplikasi terkadang tidak mendukung versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi kernel terbaru.

Apalagi, semakin baik kinerja dari server sacara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas Search Engine Optimization (SEO) situs web.

8. Managed atau Unmanaged

Ini adalah poin penting lainnya. Apalagi jika Anda tidak paham mengenai konfigurasi yang ada di VPS. Dikarenakan penyedia layanan hosting biasanya menawarkan dua pilihan, unmanaged atau managed.

VPS Managed memberikan kemudahan bagi pengguna agar tidak perlu repot-repot melakukan instalasi, konfigurasi, dan maintenance VPS. Jadi, pengguna hanya tinggal menggunakannya. Jika terjadi masalah, penyedia layanan VPS akan membantu menyelesaikannya. Namun, peraturan ini berbeda-beda pada setiap penyedia layanan. Sehingga Anda perlu menanyakannya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk VPS Unmanaged, segala bentuk konfigurasi dan pengaturan dilakukan oleh pengguna. Penyedia hanya menyediakan VPS dan akses ke dalamnya.

9. Dapatkan Informasi Lengkap Terkait Layanan VPS Terbaik

Cari informasi secara lengkap mengenai apa batasan ketika menggunakan layanan VPS terbaik di penyedia webhosting. Jangan sampai ketika sudah menggunakan layanan ternyata Anda melanggar Term Of Service yang sudah ditentukan sebelumnya.

Di beberapa penyedia layanan web hosting terkadang tidak mengizinkan layanannya digunakan untuk situs perjudian, porno, dan yang melanggar hak cipta. Tidak membutuhkan konfirmasi kepada klien, VPS pasti akan di-suspend atau bahkan dihapus.

10. Anggaran Belanja

Sesuaikan juga anggaran yang sudah ditentukan sebelumnya dengan harga VPS terbaik yang banyak ditawarkan di internet. Di Niagahoster menyediakan layanan VPS Murah dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga kelas enterprise.

Beli VPS Sekarang Lebih Hemat hingga 75%

Anda juga jangan ragu untuk mengeluarkan pengeluaran lebih banyak ketika budget tidak sesuai spesifikasi yang ditentukan. Jangan sampai memaksakan budget untuk membeli VPS terbaik dengan spesifikasi standar padahal sistem membutuhkan spesifikasi server yang maksimal. Tentu ini akan merepotkan kedepannya.

Baca juga: Cara Menggunakan VPS

11. Support & Pemindahan

Terkadang masalah yang terjadi di VPS tidak mengenal waktu. Tak jarang situs web/sistem yang terinstal di VPS tidak berjalan dengan baik. Sudah mencoba untuk memecahkannya, tapi masih belum berhasil melakukan instalasi WordPress.

Pada kasus seperti ini Anda bisa berdiskusi dengan support dari penyedia layanan. Meskipun untuk layanan unmanaged, penyedia layanan tidak menyediakan dukungan teknis. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan penyedia layanan yang dapat dihubungi 24 jam 7 hari.

tips memilih vps terbaik - cabinet server
Source: pexel.com

Pada intinya, memilih VPS terbaik tidak harus yang mahal. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan fitur yang disediakan. Untuk situs web yang sudah cukup terkenal dan mempunyai trafik yang mulai tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan VPS dibandingkan dengan shared hosting. Selain lebih tangguh, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari menggunakan VPS terbaik.

Ada pertimbangan lain menurut Anda?

Gratis! Panduan VPS Lengkap untuk Pemula
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

3 Replies to “10+ Tips Memilih VPS Terbaik!”

  1. Jujur saya masih agak kebingungan untuk menentukan pilihan VPS, namun setelah membaca artikel diatas sekarang saya sudah punya gambaran. Terima kasih

  2. Yang masih saya tunggu adalah terobosan Niaga Hoster untuk menyediakan VPS dengan pembayaran hourly usage spt di luar sana. Semoga segera terwujud 😀

    1. Baik pak, terima kasih sarannya.
      Saat ini Niagahoster terus mencoba untuk meningkatkan layanan di VPS agar lebih maksimal _/\_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *