Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

9+ Plugin Afiliasi WordPress Gratis yang Bisa Anda Coba

5 min read

Featured Image Plugin Afiliasi WordPress Gratis yang Bisa Anda Coba

Mengikuti program afiliasi memang merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dari internet. Namun, tahukah Anda bahwa penghasilan dari program afiliasi itu bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan plugin di WordPress?

Ya, Anda tak salah baca. Cukup install plugin afiliasi untuk WordPress gratis di bawah ini dan Anda akan menjadi afiliator yang lebih efektif. Efeknya, Anda bisa melipatgandakan penghasilan dari program afiliasi yang diikuti.  Lalu, apa saja plugin afiliasi untuk WordPress tersebut? Berikut daftarnya:

  1. ThirstyAffiliates
  2. Pretty Link
  3. Affiliate Links
  4. AdRotate Banner Manager
  5. MailChimp for WordPress
  6. Auto Affiliate Links
  7. MonsterInsights
  8. Easy Affiliate Links
  9. EasyAzon
  10. Affiliates Manager

Penasaran bagaimana menggunakan plugin afiliasi untuk WordPress gratis di atas? Tenang, kami akan membahasnya dengan lengkap di bawah ini.

10 Plugin Afiliasi WordPress Gratis untuk Meningkatkan Penghasilan

Oh ya, kami ingatkan bahwa untuk mendapatkan penghasilan berlipat dari plugin di bawah ini Anda harus mengikuti program afiliasi terlebih dahulu. Penjelasan mengenai afiliasi dan bagaimana cara mendaftarnya bisa Anda baca di → Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

1. ThirstyAffiliates

ThirstyAffiliates adalah contoh plugin afiliasi wordpress gratis

Mengurus satu program afiliasi itu mudah, tapi bagaimana jika Anda ikut banyak program afiliasi? Pasti Anda akan kebingungan untuk mengurusnya, bukan? Nah, ThirstyAffiliates bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

ThirstyAffiliates menawarkan segudang fitur yang bisa mempermudah Anda untuk mengurus link langsung dari dashboard WordPress. Mulai dari memasukan link dengan cepat ke post, menyembunyikan link, dan mengkategorikan link referral Anda.

Namun, satu fitur yang membuat ThirstyAffiliates berada di posisi atas daftar ini adalah kemudahan mengganti link referral. Alih-alih mengganti link referral di website dengan edit satu per satu, ThirstyAffiliates memungkinkan Anda untuk mengganti link referral dengan sekali edit saja. 

Cukup edit salah satu link referral di dashboard ThirstyAffiliates dan semua link referral di website Anda akan ikut berubah. Fitur yang sangat berguna, bukan?

Fitur unggulan:

  • Kemudahan mengganti link referral. Tak perlu edit link satu per satu di website Anda. Cukup edit satu link saja dan semua link referral di website akan langsung berubah.
  • Menyembunyikan link. Sehingga pengunjung tak tahu bahwa itu adalah link referal dari program affiliate yang Anda ikuti.

2. Pretty Link

Pretty Links merupakan contoh plugin afiliasi wordpress gratis

Pretty Link hampir mirip dengan ThirstyAffiliates karena sama-sama plugin manajemen link referral. Namun, satu fitur yang membedakannya adalah laporan performa link referral yang detail.

Dengan Pretty Link, Anda bisa melihat link referral mana yang paling banyak diklik dan berapa jumlahnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat laporan performa berdasarkan alamat IP, lokasi pengunjung, dan lain sebagainya.

Laporan performa ini sangat membantu karena Anda bisa menganalisis link referral satu per satu. Dari analisis tersebut, Anda bisa mengatur strategi optimasi yang sesuai agar link dengan performa buruk bisa meningkat.

Fitur unggulan:

  • Laporan performa detail sehingga Anda tahu bagaimana performa masing-masing link referral di website.
  • Mengubah link referral dengan nama domain Anda sendiri.

3. Affiliate Links

Affiliates Links adalah contoh plugin afiliasi wordpress gratis

Affiliate Links adalah plugin afiliasi WordPress gratis yang berguna untuk memperpendek internal dan external link di website Anda. Jadi, dengan plugin ini, Anda bisa memperpendek link afiliasi dan menyembunyikannya sehingga bisa lebih menyatu dengan konten di website.

Penggunaannya juga tidak ribet. Anda cukup mengaturnya di awal dan link tersebut sudah bisa digunakan kapanpun jika dibutuhkan. Affiliate Links juga menawarkan fitur lain, seperti statistik klik, kategori link referral, dan masih banyak lainnya.

Fitur unggulan:

  • Memperpendek link sehingga lebih menyatu dengan konten di website Anda.
  • Penggunaan mudah. Cukup atur sekali di awal dan Anda bisa menggunakan link pendek tersebut kapanpun.

4. AdRotate Banner Manager

AdRotate Banner Manager bisa membantu Anda memasang banner afiliasi dengan mudah dimanapun posisinya di website. Anda juga bisa mengatur penjadwalan masing-masing banner. Sehingga Anda bisa merotasi kemunculan banner afiliasi dengan iklan agar penghasilan dari iklan tetap jalan.

AdRotate Banner Manager juga memiliki fitur laporan performa. Walaupun tidak terlalu detail, tapi Anda bisa tahu berapa banyak orang yang sudah mengklik banner dan tingkat CTR-nya.

Fitur unggulan:

  • Mudah memasang banner afiliasi di manapun. Tak perlu pusing merusak tampilan website, karena AdRotate Banner Manager secara otomatis menyesuaikan.
  • Rotasi banner sehingga Anda tetap mendapat penghasilan dari afiliasi dan dari iklan di website.

5. MailChimp for WordPress

MailChimp merupakan contoh plugin afiliasi untuk wordpress

MailChimp for WordPress merupakan salah satu plugin email marketing terpopuler di WordPress. Dengan plugin ini, Anda bisa mempromosikan link referral/banner melalui newsletter yang dikirim langsung ke email pengunjung website. Sehingga promosi afiliasi Anda tak terbatas hanya dari website saja.

Penggunaan MailChimp for WordPress ini juga tidak sulit, kok. Anda bisa langsung membuat berbagai macam form tanpa meninggalkan Dashboard WordPress Anda. Di versi default, plugin afiliasi WordPress gratis ini memperbolehkan Anda membuat tiga macam form. 

Ketiga form tersebut adalah custom form atau formulir yang Anda buat secara manual, lalu formulir berlangganan konten melalui kolom komentar, dan formulir subscribe dari bagian registrasi WordPress.

Fitur unggulan:

  • Promosi afiliasi lewat email. Anda bisa mempromosikan link referral/banner melalui newsletter yang langsung dikirim ke email pengunjung website.
  • Mudah untuk digunakan. Anda bisa langsung membuat berbagai macam form langsung dari Dashboard WordPress.

6. Auto Affiliate Links

Auto Affiliate Links adalah salah satu contoh plugin afiliasi untuk wordpress

Seperti namanya, Auto Affiliate Links dengan otomatis akan memasukkan link referral Anda di website. Plugin afiliasi WordPress gratis ini mendukung link referral dari Amazon, Clickbank, Shareasale, Ebay, Walmart, Commision Junction, BestBuy, dan Envato Marketplace.

Anda juga bisa mengatur jumlah link referal yang akan ditampilkan otomatis di artikel. Mulai dari opsi “Very Low” yang menampilkan hanya satu link per artikel, hingga “Very High” dengan maksimal lima link di setiap artikelnya.

Fitur unggulan:

  • Otomatis memasukkan link referral. Sehingga Anda tak perlu repot-repot memasukkan link satu-satu di setiap artikelnya.
  • Mengatur jumlah link referral di setiap artikel. Jadi, Anda bisa mengaturnya sesuai panjang artikel.

7. MonsterInsights

MonsterInsights merupakan salah satu contoh plugin afiliasi wordpress gratis

MonsterInsights adalah plugin afiliasi untuk WordPress yang berguna untuk mengetahui laporan performa website Anda langsung dari dashboard. Anda bisa tahu mana artikel yang mendapatkan paling banyak pengunjung, dari mana saja pengunjung tersebut, dan apa yang pengunjung lakukan selama mengunjungi website Anda.

Namun, fitur MonsterInsights yang paling berguna untuk afiliasi Anda adalah fitur laporan performa afiliasi. Anda bisa tahu jumlah klik link referral dan banner afiliasi secara keseluruhan. Jadi, ini bisa membantu Anda untuk membuat strategi optimasi agar afiliasi bisa mendapat lebih banyak klik di masa depan.

Fitur unggulan:

  • Mengetahui laporan performa website dari dashboard. Bisa melihat mana artikel yang mendapat paling banyak pengunjung, dari mana saja pengunjung website, dan apa yang pengunjung lakukan selama mengunjungi website Anda.
  • Melihat performa link afiliasi. Jadi, Anda bisa tahu jumlah klik link referral dan banner afiliasi di seluruh website.

8. Easy Affiliate Links

Easy Affiliate Links merupakan contoh plugin afiliasi untuk wordpress

Tak hanya memperpendek dan menyembunyikan link referral Anda, Easy Affiliate Links juga memberikan laporan performa dari masing-masing link referral. Anda bisa tahu laporan bulanan tentang seberapa banyak orang yang mengklik link referral tersebut.

Oh ya, Easy Affiliate Links tidak menyembunyikan semua link referral Anda, lho. Anda bisa memilih mana link yang akan disembunyikan dan mana yang tidak. Hal ini memberikan fleksibilitas karena Anda bisa menyembunyikan link jika memang dibutuhkan saja.

Fitur unggulan:

  • Laporan bulanan mengenai performa link referral Anda.
  • Fleksibilitas. Anda bisa menentukan mana link yang harus disembunyikan dan mana yang tidak sesuai kebutuhan.

9. EasyAzon

Plugin afiliasi WordPress gratis satu ini memudahkan promosi afiliasi Amazon di website Anda. Dengan EasyAzon Anda bisa langsung membuat link referral dari website Anda. Sehingga, Anda tak perlu mengunjungi website Amazon dan membuat link referral satu-satu secara manual.

Selain itu, dengan menginstall EasyAzon, Anda akan mendapatkan akses ke Amazon Affiliate Training. Training ini merupakan pelatihan gratis yang mengajarkan Anda serba-serbi mengenai program afiliasi dari Amazon. Mulai dari cara memaksimalkan afiliasi, tips untuk meningkatkan komisi, dan masih banyak lainnya. Menarik sekali, bukan?

Fitur unggulan:

  • Membuat link referral langsung dari website Anda. Jadi, menghemat waktu Anda karena tak perlu membuat link referral satu-satu secara manual dari Amazon.
  • Amazon Affiliate Training. Pelatihan gratis yang mengajarkan serba-serbi mengenai program afiliasi dari Amazon.

10. Affiliates Manager

Plugin afiliasi untuk WordPress yang satu ini sangat berbeda dengan plugin lain di artikel ini. Sebab, Affiliates Manager ini bukan membantu Anda mempromosikan afiliasi dari perusahaan lain. Affiliates Manager adalah plugin yang justru membantu Anda untuk membuat program afiliasi langsung dari WordPress dengan mudah.

Jadi, apabila Anda memiliki toko online dan tertarik membuat program afiliasi, Affiliates Manager ini pantas untuk dicoba. Apalagi, AffiliateWP ini juga mendukung salah satu CMS toko online terbaik saat ini, yakni WooCommerce.

Beberapa fitur Affiliates Manager adalah pembuatan program afiliasi yang tak terbatas, melacak performa secara real-time, pengaturan besaran komisi, dan masih banyak lainnya. Semua fitur sangat mudah untuk digunakan dan bisa diakses dari dashboard WordPress Anda.

Fitur unggulan:

  • Membuat program afiliasi dengan mudah. Affiliates Manager memungkinkan Anda membuat program afiliasi langsung dari dashboard WordPress Anda.
  • Mendukung WooCommerce.

Mana Plugin Afiliasi WordPress Gratis Pilihan Anda?

Apabila Anda ingin meningkatkan pendapatan afiliasi lebih jauh lagi, plugin afiliasi WordPress gratis di atas bisa dicoba. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa plugin di atas sekaligus tergantung fitur yang dibutuhkan. 

Maka dari itu, supaya mempermudah Anda memilih plugin afiliasi untuk WordPress, berikut kami rangkum fitur utama yang ditawarkan oleh masing-masing plugin:

  • ThirstyAffiliates – kemudahan mengganti link referral yang ada di website Anda. Cukup edit satu link dan semua link referral di website akan berubah.
  • Pretty Link – laporan performa link referral yang detail
  • Affiliate Links – memperpendek link sehingga lebih menyatu dengan konten di website Anda
  • AdRotate Banner Manager – mudah memasang banner afiliasi di manapun tanpa merusak tampilan website.
  • MailChimp for WordPress – memungkinkan Anda promosi afiliasi melalui email.
  • Auto Affiliate Links – otomatis memasukkan link referral di artikel Anda.
  • MonsterInsights – melihat laporan performa link dan banner afiliasi
  • Easy Affiliate Links – bisa menentukan link mana yang harus disembunyikan sesuai kebutuhan.
  • EasyAzon – membuat link referral Amazon dengan mudah langsung dari dashboard WordPress Anda.
  • Affiliates Manager – membantu Anda membuat program afiliasi dari WordPress dengan mudah dan cepat.

Semoga artikel ini membantu untuk meningkatkan pendapatan afiliasi Anda. Bagi Anda yang belum bergabung dengan program afiliasi, kami sarankan untuk bergabung dengan program afiliasi Niagahoster yang memberikan komisi 70%. Anda bisa mendaftarnya di bawah ini:

Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom pertanyaan. Jangan lupa juga subscribe blog ini untuk mendapatkan informasi dan ulasan menarik seputar dunia teknologi dan bisnis online.

0
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]