Gatari I am working in Niagahoster as a SEO Content Writer. Growing is important, but be grounded also the key to be a good writer.

9 CMS Terbaik untuk Toko Online

6 min read

cms toko online

Sebelum memulai untuk membangun toko online-mu, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang harus ditentukan. Salah satunya adalah CMS. CMS adalah sistem yang mengatur cara kerja website tersebut, sehingga Anda tidak perlu menulis kode pemrograman.

Meskipun terdengar lebih mudah, Anda harus mengetahui mana CMS terbaik untuk toko online yang bisa dipilih. Mengingat bahwa jumlah CMS banyak sekali maka Anda harus lebih cermat untuk memilih CMS terbaik yang sesuai dengan kebutuhan toko online Anda sekaligus dana yang  dimiliki.

Berikut ada beberapa tips untuk menentukan CMS terbaik dan rekomendasi 9 CMS terbaik untuk toko online. 

Bagaimana Cara Menentukan CMS Terbaik untuk Toko Online Anda?

Ada tiga hal utama yang digunakan untuk menentukan apakah CMS itu termasuk ke dalam deretan CMS terbaik untuk toko online atau tidak.

Ketiga hal tersebut antara lain; manajemen inventaris, fitur kemudahan untuk pembayaran dan proses pembuatan laporan penjualan. Ketiga hal tersebut adalah kebutuhan dasar sebuah toko online.

Jika salah satu diantaranya tidak bekerja dengan baik, bisa saja konsumen akan berpaling ke toko online lainnya. 

Selain ketiga hal tersebut, ada beberapa hal lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih CMS untuk toko online. Antara lain; 

  • Kategorisasi produk: Fitur ini menjadi penting untuk memudahkan konsumen menemukan barang yang ingin dibeli. 
  • Opsi kustomisasi halaman produk: Fitur ini bertujuan untuk memperindah halaman agar halaman toko online milik Anda mudah ditemukan dan orang mudah untuk memahaminya. Fitur ini menjadi sangat berguna karena beberapa CMS tidak menyediakan fitur kustomisasi sehingga banyak sekali halaman toko online nya tampak seadanya.
  • Fitur sales dan diskon: Tentu saja, bagi seorang pembeli yang mendapatkan diskon atau potongan harga akan sangat menguntungkan. Perhitungan belanja hemat pun akan bisa terwujud. Penting untuk CMS bisa menyediakan fitur ini agar penjual mampu menciptakan sistem penjualan yang menarik.
  • Menawarkan beragam metode pembayaran: Saat ini transaksi pembayaran non-tunai mengalami peningkatan. Apalagi banyak pilihan untuk mengajukan kredit. Sehingga pilihan pembayaran yang beragam menjadi salah satu ketertarikan tertentu bagi toko online. Tentu saja, ini cocok bagi Anda yang ingin bersaing dengan toko online ternama lainnya. 
  • Memberikan informasi analytics: Fitur ini ada untuk menguntungkan si penjual. Demi meningkatkan pelayanan toko online yang dibangun, maka penjual penting untuk memiliki data analytics guna melihat respon penjual. Maka dari itu, melihat salah satu fitur ini penting juga untuk bisa menentukan CMS terbaik untuk toko online Anda. 

Baca Juga: Apa Itu CMS dan Fungsinya?

9 CMS Terbaik untuk Toko Online

1. WooCommerce

install woocommerce

WooCommerce merupakan plugin yang diaktifkan dari WordPress. Kemudahan fitur dan tampilannya pun mengikuti WordPress. Maka dari itu, WooCommerce termasuk CMS toko online yang memiliki fitur ramah SEO sekaligus ramah bagi para pengguna website baru.

Hal ini terlihat dari fitur sekaligus tampilannya yang sangat intuitif dan tidak membingungkan bagi pengguna lama maupun baru. Jadi, kami bisa sebut bahwa CMS ini masih menduduki CMS favorit bagi kami. 

Kelebihan:

  1. WooCommerce cocok bagi pengguna awal karena fiturnya yang mudah dipahami
  2. Memiliki komunitas user WordPress yang luas sehingga kamu bisa menggali dan mengulik cara kerja CMS WordPress dengan mudah
  3. Memiliki tema yang beragam sehingga Anda bisa mengatur toko online sesuai dengan yang diinginkan
  4. WooCommerce memiliki fitur optimasi media sosial yang berguna untuk meningkatkan nilai website sekaligus penjualan. Hal ini akan berdampak bagi pemasaran toko online. 
  5. Plugin tersedia secara gratis sehingga Anda bisa menghemat biaya 

Kekurangan:

  1. Memerlukan banyak ekstensi untuk mengoptimalkan fitur dan kerja website
  2. Ada beberapa fitur yang berbayar, misalnya; tema, ekstensi ekstra, domain, dan hosting.

2. Shopify

cms toko online shopify

Shopify merupakan CMS toko online yang berasal dari Kanada. CMS ini cocok untuk penjualan berskala internasional khususnya pasar yang berada di Amerika, Eropa dan Kanada.

Karena skala pasarnya yang terlalu luas dan kendala teknis pengiriman barang Indonesia-Amerika atau Eropa dan Kanada, maka platform ini tidak begitu terkenal atau digunakan oleh para pemilik toko online di Indonesia. 

Namun tenang saja, selalu ada solusi untuk kesulitan di dunia digital. Jika kendala menggunakan Shopify adalah masalah ongkos kirim yang tidak masuk akal dunia pasar online menyediakan pilihan pengiriman dari Cina menuju Amerika atau Eropa ataupun Kanada.

Tentu saja, ini menjadi lebih murah jika dibandingkan mengirim dari Indonesia. Sebagai pertimbangan, ada beberapa list kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:

  1. Jangkauan pasar yang luas dibanding CMS toko online lainnya
  2. Penggunaannya sangat mudah sehingga terjangkau bagi para pengguna maupun pembeli awal.
  3. Memiliki tampilan yang mengikuti trend dan selera pasar bagi para millenial. 
  4. Fitur transaksi dan media sosialnya pun beragam, sehingga memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi online

Kekurangan:

  1. Perlu memiliki strategi penjualan produk secara khusus. Mengingat Shopify adalah platform CMS toko online berskala internasional dan susah untuk menjangkau pasar lokal (Indonesia) saja. 
  2. Tidak populer di Indonesia sehingga untuk menemukan jaringan pengguna Shopify agak susah
  3. Shopify adalah CMS yang cocok untuk skala penjualan tingkat lanjut. Maka jika kamu ingin semua fitur itu aktif, kamu memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit, kira-kira $500-$600 dibandingkan dengan WooCommerce. 

3. PrestaShop

cms toko online prestashop

PrestaShop merupakan CMS dedicated yang memiliki fitur sangat dinamis sehingga mampu memanjakan penjual dan pembeli. Tidak perlu dibingungkan dengan fitur yang rumit, penjual pun bisa menata barang dagangannya dengan baik.

Bahkan mereka memiliki beberapa fitur pembayaran yang beragam pula, mulai dari paypal hingga transaksi transfer melalui ATM. Selain itu, penjual diuntungkan dengan adanya fitur analytics tanpa harus melakukan install plugin khusus. 

Kelebihan:

  1. Memiliki tampilan yang mudah dipahami oleh pengguna
  2. Fitur check out barang belanjaan yang bisa dikustomisasi
  3. Memiliki sistem analytics dan penghitungan pajak barang tanpa harus melakukan install plugin. 
  4. PrestaShop adalah salah satu CMS gratis yang menyediakan fitur terintegrasi menjadi software dan 100% gratis. Jadi kamu bisa menghemat biaya pengeluaranmu.
  5. PrestaShop memiliki fitur yang bisa memfasilitasi bisnis untuk menjadi lebih besar, misalnya; manajerial inventarisasi, eksport online melalui eBay, pilihan jumlah halaman untuk tiap produk, fitur download produk, pilihan rentang produk, kategori, dan atribut produk yang tak terbatas.
  6. Memiliki fitur multi bahasa dan multi currency untuk pembelian

Kekurangan:

  1. Penjual harus mempelajari sistem pengoperasian yang tidak mudah demi mengoptimalkan kinerja website. Jika ingin mempelajari modul pembelajarannya Anda membutuhkan biaya tambahan
  2. Pilihan tema di PrestaShop terbatas. Anda harus mencarinya sendiri dari plugin ekstensi dan dikenakan biaya tambahan.

4. Magento

cms toko online magento

Magento memiliki keunggulan dibanding CMS lainnya, yaitu memiliki potensi fleksibilitas tertinggi diantara CMS lainnya. Misalnya saja, ketika berencana untuk membangun toko online, Anda akan dibingungkan dengan sebesar apa toko online ini akan dibangun.

Nah, Magento memberikan keleluasan untuk kamu menentukan besar atau kecil usahamu. Bahkan hingga menentukan fitur apa yang ingin kamu masukkan. Namun, untuk mengoperasikan ini, Anda harus memahami tentang pengembangan website terlebih dahulu.

Kelebihan:

  1. Anda bisa mendapatkan CMS ini secara gratis
  2. Anda tidak akan membutuhkan biaya tambahan untuk menambah fitur kerja karena mereka sudah menyediakan fitur gratis bawaan yang lengkap
  3. Memiliki tiga tahap checkout yang aman dan detail
  4. Multi-lingual dan multi-currency untuk ide bisnis yang mencakup skala internasional
  5. Fitur kustomisasi yang optimal sehingga Anda bisa menciptakan website seperti yang diinginkan.

Kekurangan:

  1. Platform ini dulit dipahami jika dibandingkan dengan platform lainnya
  2. Tidak mudah mengoperasikan toko online ini bagi pemula.
  3. Meskipun CMS ini disediakan secara gratis untuk menyediakan hosting, domain dan tema yang menarik dibutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Mengingat, CMS ini diperuntukkan untuk toko online tingkat lanjut, maka optimalisasinya pun perlu disesuaikan. 

5. OpenCart

cms toko online opencart

Selain itu, CMS OpenCart ini juga memiliki fitur kustomisasi yang optimal. Sehingga penjual mampu merancang toko online miliknya dengan baik. Namun tentu saja, admin harus menguasai dengan sangat baik tentang cara kerja pemasangan website. Dengan begitu, semua fitur optimalisasi penjualan akan bekerja dengan baik. 

Kelebihan:

  1. Memiliki fitur kustomisasi yang mudah dipahami sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tenaga yang lebih ahli untuk bisa membangun website toko online milik Anda.
  2. Mampu multi-user dan multi-store
  3. Selain mudah digunakan, OpenCart juga gratis. 
  4. Sangat cocok bagi skala jual beli online tahap kecil dan pemula. 

Kekurangan:

  1. Pilihan tema yang sudah tidak mengikuti tren dan selera pasar

6. AbanteCart

cms toko online abantecart

Platform ini bisa dengan mudah digunakan bagi pemula. AbanteCart juga menyediakan bantuan tooltips bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk mengoperasikan. AbanteCart tersedia gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. 

Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh platform ini adalah kemudahan ketika ingin menambahkan produk baru. Selain kemudahan yang sudah disediakan, AbanteCart juga memiliki plugin dan ekstensi tambahan jika Anda membutuhkannya. 

Kelebihan:

  1. Open Source
  2. Mudah dipahami
  3. Memiliki Tooltips yang bisa membantu untuk memecahkan kesulitan dalam proses pembangunan website. 
  4. Menawarkan plugin dan tema yang beragam,

Kekurangan:

  1. Komunitas pengguna AbanteCart terbatas karena CMS ini tidak begitu populer.
  2. Pilihan tema dan plugin terbatas

7. osCommerce

cms toko online oscommerce

Jika membahas apa keunggulan osCommerce, mungkin sudah disebutkan seperti yang dimiliki oleh toko online lainnya. osCommerce juga memiliki fitur yang lengkap dan fungsionalitas tingkat standard dan lanjut–sama halnya dengan AbanteCart.

Sayangnya, jika Anda mengharapkan toko online buatan Anda tampak mengikuti tren masa kini, osCommerce tidak cocok. Hal ini terjadi karena osCommerce tidak memiliki pilihan tema dan plugin yang up-to-date. 

Terlepas dari penampilan osCommerce yang tidak up-to-date, osCommerce memiliki banyak penggemar sehingga Anda akan dengan mudah menemukan komunitas pengguna osCommerce.

Kelebihan:

  1. Fitur dan dashboard yang mudah digunakan dan dipahami
  2. Memiliki ribuan adds-on dan tema gratis
  3. Komunitas user banyak ada di Indonesia

Kekurangan:

  1. Dashboard yang terlihat usang
  2. Tidak cocok untuk bisnis berskala besar. Cocoknya untuk skala standard dan menengah

8. Cubecart

cms toko online cubecart

Tidak jauh beda dengan CMS lainnya seperti fitur yang mudah digunakan hingga pilihan tema dan plugin yang beragam. Cubecart adalah CMS yang bersifat open source sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dan gratis. CMS ini cocok bagi pemula yang sedang merintis karir toko online.

Ditambah lagi, Cubecart juga memiliki fitur gambar dan pilihan pembayaran beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Sayangnya, sistem perlindungan CMS ini belum sepenuhnya optimal.

Dalam pengoperasiannya, Cubecart masih memiliki beberapa bugs pada versi tertentu. Jadi ada baiknya juga buat Anda yang ingin memulai toko online untuk mempelajari sejauh mana bahaya bugs terjadi.

Kelebihan:

  1. Open source
  2. Mudah digunakan karena fiturnya tidak rumit. 
  3. Menjaga keamanan toko online
  4. Mengedit gambar dan admin panel
  5. Memungkinkan kamu untuk mengirim newsletter ke pelanggan lama
  6. Menyediakan ekstensi yang bisa digunakan.

Kekurangan:

  1. Kumpulan ekstensi yang tidak lengkap dan terbatas.

9. Open Real Estate

Sesuai dengan namanya, Open Real Estate ini tersedia dikhususkan untuk toko online real estate. Open Real Estate memiliki fitur yang sengaja disediakan untuk memudahkan penjualan Real Estate atau properti seperti fitur menyeleksi kebutuhan pelanggan agar tidak semua konten muncul. Selain itu, fungsionalitas pencarian yang powerful, pelanggan pun akan dengan mudah menemukan properti yang mereka butuhkan. 

Kelebihan:

  1. Memiliki beragam pilihan mata uang untuk properti yang hendak dijual maupun disewakan. Sehingga kamu bisa mengontrol pasar apa yang ingin kamu sasar sebagai penjual
  2. Membuat halaman untuk masing-masing produk
  3. Menyertakan fitur pencarian yang optimal
  4. Menyediakan tema yang sesuai dengan kebutuhan

Kekurangan:

  1. Sebagian besar modul penggunaannya berbayar
  2. Khusus untuk transaksi jual beli properti. 

Ulasan tentang beberapa CMS terbaik untuk toko online adalah berdasarkan pilihan kami. Kami menyesuaikan ulasan ini dengan kebutuhan bagi pengguna awal CMS toko online.

Semoga dengan ulasan ini mampu membantu kamu untuk menentukan pilihanmu sebelum membangun toko online. Untuk mendapatkan informasi secara berkala tentang hosting dan pengembangan website Anda, bisa subscribe blog ini. 

0
Gatari I am working in Niagahoster as a SEO Content Writer. Growing is important, but be grounded also the key to be a good writer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − one =