Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

7+ Situs Belajar PHP Gratis (Dari Pemula Sampai Mahir)

3 min read

belajar php

Tahukah Anda kini belajar PHP dapat Anda lakukan dengan mudah? Anda hanya perlu mengunjungi beberapa website yang menyediakan tutorial secara gratis ataupun berbayar, kemudian mengikuti instruksinya.

Mempelajari PHP sendiri adalah hal yang cukup penting, terutama untuk Anda yang ingin membuat website WordPress dan mengelolanya sendiri. Seperti diketahui PHP merupakan bagian penyusun utama dari WordPress.

Untuk Anda yang ingin membuat website dengan php dan mempelajari php, beberapa situs berikut ini dapat membantu Anda menguasai PHP dengan mudah.

Mengapa Anda Harus Belajar PHP?

Apakah Anda tahu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat website? Berdasarkan statistik dari w3techs.com, PHP menempati urutan pertama dengan jumlah pengguna lebih dari 83 persen.

belajar php pengguna

Berikut ini adalah alasan kenapa PHP adalah bahasa pemrograman yang layak dijadikan pertimbangan untuk membangun sebuah website.

infografis belajar php

1. Mudah Digunakan

Membuat website dengan PHP lebih mudah dilakukan. PHP dibuat supaya proses membuat website lebih mudah. Dengan mempelajari beberapa fungsi sederhana, Anda akan terbantu dalam membangun sebuah website.

Jika dibandingkan dengan Java, PHP tidak perlu dicompile. Anda hanya perlu menulis script kemudian menguploadnya ke server atau hosting yang Anda miliki dan Anda sudah bisa langsung mengaksesnya melalui browser.

2. Komunitas yang Besar

Komunitas adalah hal yang cukup penting ketika Anda akan mempelajari sebuah pemrograman. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam mencari solusi ketika menghadapi masalah yang sulit Anda pecahkan sendiri. Anda hanya perlu bergabung dan mengajukan pertanyaan terkait masalah yang Anda temukan.

3. Ada Potensi Karier

Karena banyaknya jumlah website yang menggunakan PHP, otomatis peluang berkarier sebagai programmer PHP akan terbuka lebar. Selain itu adanya perusahaan besar yang menggunakan PHP, seperti Facebook, WikiPedia dan Slack, membuktikan PHP memiliki performa yang cukup baik.

3 Aplikasi Penting untuk Belajar PHP

Berikut adalah aplikasi yang Anda butuhkan untuk belajar PHP

  1. Text Editor seperti Notepad++ atau Sublime Text
  2. XAMPP, silakan ikuti tutorial cara instal XAMPP
  3. Browser seperti Mozilla atau Google Chrome

Pastikan tiga aplikasi tersebut sudah diinstal pada komputer Anda, setelah itu Anda dapat mencari salah satu sumber untuk mulai mempelajari PHP.

7+ Situs untuk Belajar PHP Dasar Sampai Mahir

1. W3Schools.com

belajar php melalui w3schools

W3Schools menyediakan tutorial untuk pemrograman website, salah satunya adalah PHP. Untuk belajar PHP online melalui website ini Anda hanya perlu mengakses bagian halaman PHP. Bagi Anda yang masih pemula, dapat mempelajari PHP dasar seperti syntax, variabel, string dan masih banyak lagi.

Sedangkan, jika Anda sudah menguasai PHP dasar, dapat langsung mempelajari bagaimana menghubungkan PHP ke database. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana melakukan koneksi dari PHP ke database.

Setelah Anda selesai mempelajari PHP, untuk menguji pemahaman, Anda dapat langsung mencoba kuis dengan menjawab pertanyaan yang tersedia.

2. Tizag.com

website untuk belajar php

Tizag.com disediakan khusus bagi Anda yang ingin mempelajari dasar-dasar PHP. Dengan tutorial yang tersedia seperti bagaimana menampilkan data dengan menggunakan variabel, bagaimana menggunakan statement loop dan if/else, cara menggunakan POST dan GET.

Tujuan dari tutorial pada website tersebut adalah memberikan pemahan kepada user untuk dapat melakukan kustmisasi script PHP yang sudah didownload melalui link yang sudah tersedia di tizag.com.

3. Codeacademy

sumber belajar php

Codeacademy memiliki fitur tutorial PHP yang cukup menarik, pada setiap tahapan dari tutorial, terdapat penjelasan, code editor dan tampilan dari code yang dibuat seperti yang terlihat pada gambar di atas. Sehingga untuk menjalankan script pada tutorial PHP, Anda tidak perlu menginstal webserver di localhost, Anda hanya cukup memiliki koneksi internet dan web browser.

4. Learn-PHP.org

belajar PHP interaktif

Learn-PHP.org adalah website yang menyediakan tutorial PHP interaktif. Anda hanya perlu memiliki koneksi internet, dan belajar PHP sekaligus menjalankan script langsung di halaman yang sama.

Karena code dapat dijalankan langsung, Anda tidak perlu memerlukan PHP terinstal di komputer. Hal ini akan lebih efisien ketika mempelajari PHP.

Situs ini menyediakan tutorial PHP secara gratis dan Anda juga bisa menjadi kontributor karena situs ini masih dalam tahap pengembangan sehingga untuk tutorialnya masih basic, pada saat artikel ini ditulis.

5. SoloLearn.com

sololearn belajar php

SoloLearn.com menyediakan fitur yang cukup menarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, salah satunya adalah PHP. Situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempelajari PHP baik melalui perangkat desktop maupun mobile, karena sudah tersedia aplikasi mobile (Android & iOS).

Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu, bisa menggunakan alamat email, akun Google atau Facebook.

Seperti tagline nya Learn Playing. Play Learning”, Anda akan belajar sambil bermain melalui kuis interaktif yang tersedia.

6. Ilmuwebsite.com

ebook belajar php

Ilmuwebsite.com menyediakan tutorial PHP dalam bentuk artikel dan juga ebook. Meskipun tidak memiliki fitur seperti 3 website tutorial untuk belajar PHP yang telah dibahas sebelumnya, situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar PHP online dari situs dengan tampilan bahasa Indonesia. Untuk jenis tutorial PHP yang disediakan pada website dan ebook, tersedia mulai dari tingkatan dasar sampai tingkat mahir.

Baca Juga: Cara Membuat Website Pribadi Sampai Online

7. Codecourse

belajar php dari code course

Jika Anda suka belajar menggunakan media video, Codecourse adalah tempat yang tepat untuk memulai belajar PHP. Terdapat course gratis dan berbayar yang dapat Anda pilih. Anda juga dapat belajar PHP dari Youtube Codecourse melalui link berikut https://www.youtube.com/user/phpacademy/.

Terdapat ratusan video belajar PHP dengan berbagai macam penerapan. Jika Anda tertarik dengan bahasa pemrograman lainnya, Codecourse juga menyediakan video tutorial JavaScrip, CSS, MySQL dan JQuery.

8. Udemy

belajar php dari udemy

Ya, siapa yang tidak kenal dengan website satu ini. Berbagai macam tutorial dapat Anda temukan di Udemy. Anda juga dapat membeli video tutorial belajar PHP di website ini. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang Anda bisa memilih video tutorial PHP gratis. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencari tutorial dengan kata kunci “PHP” kemudian pilih filter dan checklist pada pilihan Gratis atau Anda dapat mengaksesnya menggunakan link berikut https://www.udemy.com/topic/php/?price=price-free&sort=popularity.

Saat ini terdapat 56 video belajar PHP gratis di Udemy yang dapat Anda akses untuk memperdalam kemampuan Anda menguasai bahasa pemrograman PHP

Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Belajar PHP?

  1. Menghasilkan halaman konten dinamis;
  2. Membuat, membuka, membaca, menghapus, mengisi, dan menutup file di server;
  3. Menambah, menghapus, memodifikasi informasi yang tersimpan di database;
  4. Mengontrol akses user;
  5. Melakukan enkripsi data, dll.

PHP dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Unix, Mac OS X dan lainnya. Selain itu PHP kompatibel dengan hampir semua jenis web server seperti Apache, IIS dan yang lainnya.

Jadi dengan PHP Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi dan web server yang diinginkan.

Itulah beberapa website yang dapat Anda manfaatkan untuk mempelajari PHP mulai dari tingkat dasar sampai tingkat mahir. Tutorial-tutorial tersebut tersedia secara gratis untuk Anda gunakan dalam menguasai PHP, sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah ketika menemukan kendala pada website.

Jika Anda memiliki sumber lain yang dapat digunakan untuk mempelajari PHP, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Silakan Subscribe pada kolom yang sudah kami sediakan untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

9
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 11 =