Ide konten TikTok check~
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik?
Dance viral, voiceover, duet with me… dan video kreatif lainnya.
Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda melihat TikTok sebagai peluang emas. Apalagi, TikTok telah menjadi raja sosmed dan memikat hati lebih dari 800 juta penduduk bumi.
Pertanyaannya, apa saja sih ide konten TikTok yang relevan dengan promosi bisnis?
Nah, di artikel ini, kami akan membahasnya secara lengkap.
14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
Berikut adalah beberapa jenis ide konten TikTok terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda:
- Product Launching
- Konten Catalog
- Workspace Tour
- Konten Behind The Scene
- Packaging dan Shipping
- Video Tutorial
- Educational
- Hashtag Challenge
- Company Profile
- Success Story
- Day in My Life
- Meet The Team
- Testimonial
- Announcement
- Promotional
Pengen tahu penjelasan detailnya? Yuk kita bahas satu per satu!
1. Product Launching
Sebelum memasuki rumah, Anda bersiap memakai hand sanitizer. Tiba-tiba, datang orang asing menepuk bahu Anda sambil berkata, “Pakai hand sanitizer saya aja, nih!”
Kira-kira, bagaimana respon Anda?
Kami yakin, Anda pasti langsung menolaknya.
Tapi, akan lain jadinya kalau itu teman Anda sendiri. Tentunya, lebih mudah mempercayai orang yang sudah Anda kenal, bukan?
Nah, untuk mendapatkan kepercayaan, setiap pihak harus saling mengenal dan merasa connected. Apalagi kaitannya dengan relasi bisnis.
Produk Anda harus menjadi sosok yang familiar sehingga calon pelanggan percaya.
Pintu perkenalan itu bisa Anda buka dari ide konten TikTok.
Buat calon pelanggan penasaran dengan video singkat berisi spoiler produk. Tunjukkan performa produk dalam adegan yang wah.
Agar lebih berkesan, Anda juga bisa menyisipkan alasan di balik pembuatan produk tersebut, lho!
Ngomong-ngomong tentang promosi, Niagahoster menyediakan domain promo spesial di hari-hari tertentu, loh. So, jangan ketinggalan ya!
2. Catalog
Ketika mengunjungi sebuah toko, apa hal pertama yang Anda cari?
Kemungkinan besar, Anda akan menjawab ‘katalog’ atau buku menu.
Dulunya, Anda menemukan katalog dalam bentuk kumpulan foto di lembaran buku, poster, ataupun tersimpan begitu saja pada etalase. Anda harus membolak-balik tiap halaman ataupun berkeliling toko sampai encok.
Sayangnya, itu adalah cara lama untuk memamerkan produk. Sekarang, Anda bisa menghidupkan katalog produk dengan konten TikTok yang menarik.
Jika Anda pebisnis fesyen, misalnya, tampilkan sedikit atraksi ‘sulap’ seperti pergantian baju dalam setiap pergerakan.
Jangan lupa ya, tambahkan teks agar audiens tahu varian yang Anda tawarkan.
3. Workspace Tour
“Eh, masuk rumah dulu, yuk!”
Salah satu cara terbaik untuk mengakrabkan diri adalah mengundang orang yang ingin Anda kenal untuk datang ke rumah.
Ajak mereka berkeliling dan perlihatkan spot-spot favorit Anda. Dalam sekejap, orang tersebut merasa seakan sudah mengenal separuh diri Anda.
Nah, jika Anda ingin calon pelanggan mengenal bisnis Anda lebih jauh dengan cepat, workspace tour adalah ide konten TikTok yang menarik.
Perlihatkan bagaimana Anda mengatur ruang kerja atau kantor sesuai kebutuhan. Tunjukkan cara Anda menyusun inventori, spot kerja Anda, serta di mana Anda menyimpan produk yang siap kirim.
Ketika video TikTok berakhir, persahabatan Anda dengan audiens baru saja dimulai.
4. Behind The Scene
Ide konten TikTok menarik berikutnya, behind the scene.
Zaman sekarang, orang-orang tidak lagi masa bodoh dengan proses. Mereka mulai peduli dengan apa yang terjadi di balik produk yang mereka konsumsi.
Buka ‘pintu dapur’ Anda dan ajak calon pelanggan masuk. Tunjukkan bahwa Anda menggunakan bahan berkualitas juara dan memprosesnya dengan cara yang terbaik pula.
Konten TikTok yang menarik ini bisa Anda gunakan untuk bisnis apapun, lho. Mulai dari fotografi, souvenir, dan masih banyak lagi.
5. Packaging dan Shipping
Ketika berbelanja online, Anda pasti pernah bertanya-tanya: Pesananku lagi diapain ya?
Saat membuka TikTok, Anda menemukan online shop yang bersangkutan memposting sebuah video menarik.
Seller menunjukkan proses packaging orderan dalam sebuah kemasan yang manis. Di belakangnya, terlihat barisan paket yang siap diberangkatkan.
Sekarang, benak Anda pun berfantasi.
Pesananku udah dikirim belum ya? Atau masih di-packaging? Kira-kira…
Stop! Kami hanya ingin membuktikan bahwa packaging dan shipping ternyata menjadi ide konten TikTok yang menarik.
Bagi pelanggan, ada kepuasan tersendiri ketika melihat bagaimana Anda memperlakukan orderan mereka. Bagi pengusaha, rasa percaya pelanggan terhadap bisnis Anda akan semakin kuat dan terjamin.
Sama-sama menguntungkan, bukan?
6. Tutorial
Bagaimana ya cara mempromosikan produk yang fungsinya itu-itu saja dan membutuhkan waktu lama untuk habis? Make up, misalnya.
Dulunya, kita mengenal lipstik hanya sebagai pewarna bibir biasa. Barangkali, kenalan Anda selalu menolak membeli lipstik baru dengan alasan, “Halah, fungsinya cuma gitu-gitu aja. Di rumah juga masih ada.”
Tapi sekarang, keadaan sudah berubah. Lahir berbagai tren seperti ombre lips, korean lips, dan banyak lagi. Jadi, wajar jika Anda menemukan seorang remaja menyimpan belasan lipstik dalam tas mereka.
Di luar sana, tentu ada banyak orang yang penasaran ingin membuat hal serupa tapi bingung harus bagaimana.
Akhirnya, mereka pun mencari video tutorial.
Di TikTok sendiri, misalnya, Anda bisa menemukan lebih dari 800 ribu hasil tayang hanya untuk hashtag #ombrelip.
Nah, itu artinya, video tutorial merupakan kesempatan emas untuk memamerkan keajaiban produk Anda. Ide konten menarik TikTok ini akan menginspirasi calon pelanggan dalam memaksimalkan penggunaan produk.
Bagikan tips, life hacks, serta model tutorial lainnya yang membuat calon pelanggan takjub dan mempraktikkan tutorial Anda. Tentunya, dengan memakai produk yang Anda sarankan.
7. Educational
Hoahmm… Bukan hanya Anda yang langsung mengantuk ketika mendengar kata ‘edukasi’. Bahkan kami pun juga merasakannya.
Tayangan edukasi yang kita kenal selama ini mungkin lekat dengan adegan seseorang yang berbicara panjang lebar, dengan topik yang enggan kita dengar.
Nah, jika tak ingin pendengar Anda merasa bosan, sekarang saatnya mengucapkan selamat tinggal pada cara edukasi yang garing.
Buat konten TikTok yang menarik dan seru sehingga video edukasi lebih fun serta mudah diterima banyak orang.
Maksimalkan fitur-fitur TikTok untuk membuat berbagai macam video edukasi. Entah itu tanya jawab (FAQ), cerita pendek, hingga listicle video. Sertakan juga backsound yang mendukung dan jangan lupa berikan teks pembantu.
8. Hashtag Challenge
Pada aplikasi TikTok, coba ketikkan tagar #TokopediaHaul. Apa hasilnya?
Pastinya, Anda menemukan lebih dari 1 milyar hasil tayang yang memuat konten belanja barang di Tokopedia.
#TokopediaHaul merupakan salah satu ide konten TikTok bertemakan hashtag challenge.
Hashtag challenge adalah tantangan yang mengajak orang-orang untuk melakukan sesuatu dengan tagar (#) tertentu.
Bisa dibilang, ini ide konten TikTok yang cukup difavoritkan perusahaan. Selain Tokopedia, misalnya, Indomie juga menggerakkan #GoyangHotJeletot untuk mempromosikan varian Hype Abis.
Kenapa banyak perusahaan menggunakan strategi ini? Alasannya, perusahaan bisa mendapatkan User Generated Content (UGC) dengan mudah, di mana UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna (user) produk.
Ini artinya, promosi bisnis berjalan secara masif tanpa perusahaan harus repot membuat konten dengan ide sendiri. Mudah dan praktis, bukan?
9. Company Profile
Mana yang lebih membuat Anda tertarik: penjabaran tentang sebuah perusahaan atau cerita di balik berdirinya perusahaan tersebut?
Well, kami tahu jawaban Anda.
Alih-alih menyimak penjelasan membosankan, Anda dan 80% orang di luar sana, lebih suka mendengarkan cerita.
Ceritakan motivasi dan alasan di balik berdirinya bisnis Anda. Sebagai tambahan, tunjukkan portfolio Anda. Ajak orang-orang untuk terlibat dalam bisnis ini atau mungkin menginspirasi audiens membangun bisnis juga.
10. Success Story
Barangkali, Anda menyukai kisah sukses Colonel Sanders (founder KFC), Mark Zuckerberg (CEO Facebook), dan merasa termotivasi dengan cerita tokoh lainnya.
Selain Anda, tentu banyak orang yang juga menyukai cerita motivasi seperti ini. Apalagi bagi mereka yang masih ragu untuk membangun bisnis.
Tunggu tunggu, kenapa pembahasan ini tiba-tiba berubah ke acara motivasi?
Hehe, sabar dulu. Kami tidak akan menyarankan sesuatu tanpa alasan.
Ada seseorang yang mungkin begitu termotivasi dengan kisah Colonel Sanders. Otomatis, dia pun selalu teringat dengan KFC. Alhasil, KFC menjadi brand yang cukup memorable dan personal baginya.
Nah, cerita inspiratif adalah cara cerdas untuk memperkuat branding produk. Brand Anda jadi lebih mudah diingat dan dekat dengan hati pelanggan.
Karena itu, motivasi audiens dengan konten TikTok yang menarik. Tampilkan keadaan perusahaan yang dulu dengan sekarang, ataupun bawakan kisah lain yang menjadi turning point Anda.
11. Day in My Life
“Bos itu kerjaannya ngapain aja, sih?”
Pasti, Anda pernah menanyakan hal serupa. Yah kenyataannya, zaman sekarang orang-orang mudah penasaran dengan rutinitas orang lain.
Karena itu, konten-konten seperti vlog atau day in my life cukup populer.
Day in my life memungkinkan siapapun mengungkap sisi personal dirinya. Rutinitas, kebiasaan, bahkan mengajak pemirsa merasakan menjadi orang lain dalam sehari.
Sebagai pemilik bisnis, perlihatkan aktivitas Anda lewat konten TikTok yang menarik. Seperti menyiapkan bahan produksi, mengurus klien, dan mungkin meminta audiens ‘menemani’ Anda berangkat kerja.
Dijamin, audiens akan merasa lebih terhubung dengan kehidupan Anda sebagai pemilik bisnis.
12. Meet The Team
I have always believed that the way you treat your employees is the way they will treat your customers and that people flourish when they are praised. – Richard Branson, founder Virgin Group.
Pasti, Anda pernah menyimak berita ketika sebuah pabrik atau perusahaan mendapat protes gara-gara mengeksploitasi karyawannya.
Akibatnya, calon pelanggan kehilangan respect sehingga memilih memutar perahu ke perusahaan lain. Tak heran, kerugian besar menanti di depan pintu perusahaan.
Artinya, bagi publik apresiasi perusahaan terhadap karyawan memanglah hal yang penting. Oleh karena itu, ide konten TikTok meet the team bisa Anda gunakan untuk merawat reputasi bisnis Anda.
Karena itu, perkenalkan satu per satu anggota tim Anda serta tunjukkan hasil pekerjaan mereka.
Persahabatan antara Anda dengan seluruh anggota tim akan meyakinkan audiens bahwa bisnis ini berjalan atas dasar kerja keras yang sehat dan tulus.
13. Testimonial
Ide konten menarik TikTok berikutnya, testimonial.
Sejenis dengan hashtag challenge, ide konten TikTok ini juga contoh dari User Generated Content.
Cara membuatnya pun mudah. Kumpulkan testimoni dari setiap pelanggan Anda. Jahit seluruhnya menjadi sebuah video TikTok yang menarik.
Selain untuk mempromosikan bisnis, video testimonial akan membuat pelanggan merasa lebih dilibatkan dan diapresiasi.
14. Announcement
Ketika mengganti domain website perusahaan, apa saluran yang Anda pakai untuk memberitahu calon-calon pelanggan?
“Email, Instagram, Facebook,…”
… TikTok!
Silakan masukkan TikTok ke dalam list Anda.
Fitur-fitur TikTok memungkinkan announcement apapun tampil lebih ringkas namun tetap menarik. Baik itu perubahan alamat website, update produk teranyar, postingan terbaru, dan berita penting lainnya.
15. Promotional
Yang terakhir, ada ide konten TikTok promotional.
Mungkin Anda bingung, bukannya dari tadi kita sudah berbincang tentang ide konten TikTok untuk promosi bisnis?
Nah, konten promotional yang kami maksud di sini menyorot langsung ke konversi. Entah itu pembelian, follow social media, ataupun mengarahkan orang-orang menuju website Anda.
Jadi, jika penjualan Anda lesu, gunakanlah ide konten TikTok ini untuk menggenjot bisnis Anda!
Nah, itu tadi ide konten yang dapat Anda manfaatkan untuk cuan dari aplikasi TikTok.
Yuk, Buat Konten TikTok Unik Supaya Bisnis Lebih Menarik!
Sekarang, Anda sudah mengantongi cukup banyak ide konten TikTok keren untuk promosi bisnis. Namun, tidak menutup kemungkinan akan lahir berbagai ide unik lainnya seiring tren yang makin berkembang.
Setelah menutup artikel ini, siapkah Anda mengguncang warga TikTok dengan konten-konten segar yang tentunya mengangkat reputasi brand Anda?
Namun, kalau Anda masih ingin mencari strategi promosi lain yang membuat bisnis lebih mentereng, kami punya artikel yang membahas lengkap tentang tips dan cara promosi produk paling efektif.
Akhir kata, selamat mencoba, ya! Kami tunggu kehadiran Anda di TikTok!