Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Web Hosting yang Tepat Untuk Blog? Pilih Paket Ini!

2 min read

hosting blog

Blog memiliki banyak manfaat di lingkup kegiatan online. Mulai dari  sarana publikasi artikel, portfolio online, media branding, dan promosi produk atau jasa.

Untuk membangun sebuah blog, Anda membutuhkan hosting blog yang bisa diandalkan, dan nama domain yang unik.  

Lantas, seperti apa hosting untuk blog yang baik? Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Blog Hosting? 

blog hosting adalah tempat penyimpanan data-data blog agar bisa diakses secara online

Blog hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan hosting untuk bisa membangun blog. 

Blog adalah media online dengan konten berupa artikel, video, dan foto. Semua aset blog tersebut harus tersimpan dengan baik agar selalu mudah diakses. 

Nah, dengan layanan hosting yang mumpuni, pengunjung dapat mengakses blog kapan saja.  

Ibaratnya blog adalah sebuah bangunan, dan web hosting adalah lahannya. Tanpa adanya hosting, konten-konten Anda tidak akan bisa diakses secara online.

Tips Memilih Layanan Hosting Untuk Blog

Memilih layanan blog hosting Indonesia yang baik menentukan kesuksesan blog Anda. Nah, berikut ini ada beberapa tips memilih layanan hosting untuk blog terbaik, yaitu:

1. Cek Teknologi Hosting Blog Tersebut

Setiap layanan hosting hadir dengan teknologi server masing-masing. 

Anda perlu memastikan server apakah yang akan digunakan untuk blog Anda nantinya. Hal ini penting untuk memastikan blog bisa diakses dengan cepat dan minim gangguan. 

Nah, salah satu server dengan teknologi tercanggih adalah LiteSpeed. Dengan dukungan server ini, berbagai fitur unggulan bisa Anda dapatkan untuk mendukung kecepatan dan keamanan blog. 

2. Lihat Resource yang Ditawarkan

Ada berbagai jenis blog yang membutuhkan resource berbeda. Mulai blog pribadi dengan aset utama catatan berbentuk teks, hingga blog travelling dengan foto-foto lokasi wisata yang menarik. 

resources besar dibutuhkan untuk blog agar dapat menampung data-data digital

Nah, pastikan hosting blog Anda memiliki resource yang sesuai kebutuhan blog. Selain ruang penyimpanan (storage), pastikan juga hosting Anda memberikan bandwith yang melimpah agar bisa diakses banyak orang.

3. Pelajari Fitur yang Disertakan

Ingin blog Anda tampil lebih optimal dibanding blog lainnya? Pastikan layanan untuk hosting Anda punya segudang fitur yang bermanfaat. Baik dari sisi kemudahan penggunaan, kecepatan maupun keamanan.

Beberapa layanan hosting blog, contohnya Niagahoster, memberikan fitur keamanan seperti SpamAssassin Protection dan SpamExperts untuk menangkal spam yang dapat mengganggu blog. 

Tak hanya itu, berbagai fitur untuk kemudahan seperti one click login ke WordPress juga bisa menjadi pertimbangan Anda menggunakan layanan tersebut.

4. Tengok Harga Paketnya

harga paket blog hosting cukup terjangkau dengan segaal fiturnya

Terutama bagi blogger pemula, faktor harga tentu menjadi pertimbangan utama. Lalu, berapa biaya untuk memiliki blog?

Tenang, saat ini layanan hosting semakin terjangkau, kok. Sebagai contoh, paket Pelajar layanan shared hosting Niagahoster bisa Anda dapatkan mulai dari Rp.40 ribu/bulan. 

Yang menarik, paket Pelajar menawarkan paket bulanan, sehingga cocok untuk Anda yang baru mulai membangun blog. 

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan gratis domain untuk satu tahun ketika berlangganan paket dengan durasi bulanan. Pilihan ekstensi domain yang bisa dipilih adalah .xyz, .online, .site, .website, dan .space.

Wah, blog Anda akan lebih mudah tampil profesional bukan dengan ekstensi tersebut?

5. Cek Kemudahan Pembayaran

Agar transaksi pembelian bisa dilakukan dengan mudah, pastikan layanan hosting tersebut menawarkan metode pembayaran yang beragam. Misalnya, melalui ewallet, ATM, kartu kredit, gerai retail, atau bahkan mobile banking.

kemudahan pembayaran hosting blog Niagahoster sangat beragam

Dengan begitu, Anda bisa langsung memiliki blog setelah membeli paket hosting blog yang sesuai kebutuhan.

6. Dukungan Customer Support 24 Jam

Bagi pemula, bisa saja terjadi kendala pengelolaan blog. Nah, di saat itulah Anda akan membutuhkan Customer Support yang bisa memberikan bantuan dengan cepat. 

Untungnya, saat ini penyedia hosting umumnya memiliki layanan pelanggan 24 jam penuh. Salah satunya, Niagahoster yang bahkan memiliki berbagai channel untuk kemudahan pengguna seperti melalui live chat, WA, atau telepon.

7. Cek Review Pelanggan

Bagaimana Anda tahu sebuah hosting itu berkualitas? Nah, review dari para pelanggan bisa Anda manfaatkan untuk memvalidasi informasi penawaran dari layanan hosting tersebut. 

reviews pelanggan sangat penting untuk memutuskan memakai layanan hosting blog

Siap Go Online Blog Anda Dengan Hosting Terbaik?

Sekarang Anda sudah bisa mulai mewujudkan blog Anda dengan mudah. 

Kami sudah membagikan tips memilih layanan hosting untuk blog terbaik yang tepat. Utamanya, dari teknologi server yang ditawarkan, resource yang sesuai kebutuhan, hingga harga yang terjangkau. 

Paket Pelajar Niagahoster adalah salah satu layanan yang bisa Anda pilih. 

Selain didukung teknologi server terbaik, ruang penyimpanan unlimited dengan SSD, SSL Gratis, Anda akan mendapatkan harga terjangkau mulai dari pilihan durasi bulanan.

Jadi, tunggu apalagi? 

Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.