Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

6 min read

Domain Termahal di Dunia

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai ratusan juta rupiah, ya?  

Memangnya apa saja sih domain termahal di dunia? Dan berapa harga domain termahal tersebut?

Nah, kalau Anda sudah tidak sabar mengetahui semua jawabannya, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Mengapa Harga Domain Bisa Mahal?

Apa saja faktor yang membuat harga domain mahal? Berikut pembahasannya:

1. Menyertakan Kata Kunci Populer

Faktor pertama yang membuat harga domain mahal adalah domain tersebut mengandung kata kunci populer.

Domain yang seperti ini biasanya menjadi incaran banyak orang karena dapat membantu website meraih peringkat teratas SERP untuk niche bisnis tertentu. 

Contoh domain dengan kata kunci populer adalah cars.com, business.com, dan clothes.com.

2. Termasuk Domain Premium

Salah satu alasan harga domain bisa melonjak yaitu karena domain tersebut termasuk domain premium. 

Domain premium adalah domain yang bernilai tinggi karena memiliki ciri unik. Contohnya, hanya terdiri dari 2-4 karakter saja sehingga mudah diingat pengunjung. 

Pun demikian ada juga domain premium yang memiliki lebih dari 4 huruf, tapi memuat kata yang mudah dieja.

3. Ekstensi yang Digunakan

Ekstensi domain yang digunakan juga menentukan mahal atau murahnya harga domain. Utamanya, yang mampu mewakili nama atau bidang bisnis dengan lebih singkat dan jelas.

Misalnya, di Indonesia ekstensi yang secara khusus menunjukkan asal domain adalah .id, .co.id, or.id, dan sch.id. Maka, tak heran pilihan domain di ekstensi tersebut terbatas dan bisa menaikkan harga domain kalau memiliki ciri unik.

Baca Juga: Apa Itu Google Domain?

4. Track Record Bagus

Harga jual domain juga dipengaruhi oleh track record-nya, terutama dari sisi SEO.  Dengan begitu, pembeli domain tidak perlu susah payah menerapkan strategi SEO untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.

Nah, sudah tahu alasan harga domain bisa mahal, ‘kan? Untuk tahu harga domain termahal di dunia, coba cek daftarnya di bawah ini.

25 Domain Termahal di Dunia

Berikut ini harga domain termahal di dunia:

1. Business.com

Harga domain: USD 345 juta

Pemilik: RH Donnelley Corp

harga domain termahal di dunia business.com

RH Donnelley Corp ingin mengambil alih platform berita bisnis business.com dan berencana menyediakan jasa advertisers melalui website tersebut. 

Tak hanya menunjukkan niche bisnis dengan baik, volume pencarian “business” di Google juga cukup tinggi. Jadi, tentu sebuah pembelian yang cukup worth it, ya.  

volume pencarian "business"

2. LasVegas.com

Harga domain: USD 90 juta

Pemilik: Vegas.com

berapa harga domain termahal LasVegas.com?

LasVegas.com adalah salah satu domain termahal di dunia. Domain ini dibeli Vegas.com untuk membangun website yang menyediakan layanan agensi travel bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota Las Vegas. 

Harga LasVegas.com bisa meroket karena merupakan exact match domain yang menunjukkan lokasi tertentu secara spesifik.

3. CarInsurance.com

Harga domain: USD 49,7 juta

Pemilik: QuinStreet

harga domain termahal di dunia carinsurance.com

QuinStreet membeli domain CarInsurance.com pada tahun 2010 lalu untuk membuat website yang memberikan informasi tentang asuransi mobil.

QuinStreet rela merogoh kocek demi membeli domain ini karena nama domainnya mudah diingat dan mengandung kata kunci yang banyak dicari pengguna internet di niche bisnis tersebut. 

4. Insurance.com

Harga domain: USD 35,6 juta

Pemilik: QuinStreet

harga domain termahal di dunia insurance.com

Tak hanya carinsurance.com, QuinStreet juga membeli domain termahal insurance.com yang merupakan industri yang mereka geluti.

Harga insurance.com tergolong tinggi karena mengandung kata kunci banyak dicari dan tren pencarian “insurance” juga stabil. 

tren pencarian "insurance"

5. VacationRentals.com

Harga domain: USD 35 juta

Pemilik: Vrbo

harga domain termahal di dunia vacationrentals.com

Vrbo, perusahaan rental liburan, membeli domain VacationRentals.com untuk menyaingi kompetitor yang hendak membeli domain tersebut.

Walaupun domain ini terlihat panjang, nama ini menjadi mahal karena tren pencarian kata kunci “vacation rentals” cenderung tinggi di industri tersebut.  

volume pencarian kata kunci "vacation rentals"

6. PrivateJet.com

Harga domain: USD 30,1 juta

Pemilik: Nations Luxury Transportation

harga domain termahal di dunia privatejet.com

PrivateJet.com adalah domain termahal yang dibeli oleh Nations Luxury Transportation, sebuah penyedia layanan perjalanan di Atlanta. 

Domain ini dibeli dengan harga tinggi karena perusahaan tersebut menganggapnya sebagai aset utama untuk menjangkau audiens yang menggunakan layanan travel kelas atas. 

7. Voice.com

Harga domain: USD 30 juta

Pemilik: Block.one

harga domain termahal di dunia voice.com

Selanjutnya, ada Voice.com yang dibeli oleh Block.one karena dianggap cocok untuk menciptakan platform media sosial mereka.

Voice.com yang hanya terdiri dari 5 karakter tentu memiliki nilai tinggi dari kemudahan diingat dan ekstensi populer .com yang dimilikinya. Itulah mengapa, domain ini termasuk dalam daftar domain termahal di dunia. 

8. Internet.com

Harga domain: USD 18 juta

Pemilik: QuinStreet

harga domain termahal di dunia internet.com

QuinStreet kembali membeli salah satu domain termahal yaitu Internet.com yang merupakan platform segala berita tentang internet.

Namun, pada tahun 2021 internet.com kembali tersedia di pasaran dengan minimal harga penawaran sebesar USD 35 juta.

9. 360.com

Harga domain: USD 17 juta

Pemilik: Qihoo

harga domain termahal di dunia 360.com

360.com adalah satu-satunya domain termahal di dunia yang semua karakternya menggunakan angka.

Domain ini dibeli oleh Qihoo yang memutuskan untuk menciptakan brand yang dapat mencakup semua produk yang mereka tawarkan. 

Qihoo rela menggelontorkan USD 17 juta demi 360.com karena domain yang mengandung angka memang populer di Cina. Buktinya, 80% pembeli domain numerik memang berasal dari Cina.

10. Insure.com

Harga domain: USD 16 juta

Pemilik: QuinStreet

harga domain termahal di dunia insure.com

Jika ada domain yang berkaitan dengan asuransi, pasti QuinStreet menjadi pembeli domain tersebut. Benar saja, Insure.com yang merupakan website tentang konten asuransi dan perbandingan layanan asuransi menjadi incaran mereka. 

Sama dengan domain termahal lain yang dibeli QuinStreet, “insure” juga merupakan kata kunci yang cukup populer di Google di niche tersebut.

volume pencarian kata kunci "insure"

11. NFTs.com

Harga domain: USD 15 juta

Pemilik: Anonim

harga domain nfts.com

NFTs.com adalah domain termahal yang terjual di tahun 2022. Sayangnya, pembeli domain ini memilih untuk menutupi identitasnya. 

Nama domain ini tentunya berkaitan dengan blockchain. Namun, rencana penggunaan websitenya sendiri masih belum diketahui publik. 

Dengan hanya 4 karakter, domain ini menjadi domain termahal di tengah tren Non-Fungible Tokens (NFTs) sejak 2021.

tren NFTs

12. Fund.com

Harga domain: USD 12 juta

Pemilik: Fund.com Inc.

harga domain fund.com

Pada 2008, salah satu domain termahal di dunia Fund.com dibeli oleh perusahaan penerbitan informasi jasa keuangan bernama Fund.com Inc. 

Domain yang digunakan untuk website tentang investasi, saham, reksa dana, dan lainnya ini tergolong domain premium berkat 4 karakter yang dimilikinya. 

13. Hotels.com

Harga domain: USD 11 juta

Pemilik: Hotels.com

harga domain hotels.com

Hotels.com adalah domain untuk website booking hotel yang dibeli seharga USD 11 juta oleh David Roche.

Hotels.com hanya terdiri dari 6 huruf, sehingga mudah diingat. Yang menjadi kuncinya, domain hotels.com dianggap sesuai dengan brand milik David  sehingga ia rela membeli salah satu domain termahal di dunia ini.

14. Tesla.com

Harga domain: USD 11 juta

Pemilik: Elon Musk

harga domain tesla.com

Tesla Motors adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang awalnya menggunakan domain teslamotors.com.

Namun, CEO Tesla yaitu Elon Musk, memutuskan membeli Tesla.com karena lebih singkat dan lebih mencerminkan brand miliknya. Padahal, ia harus membeli domain ini dengan harga USD 11 juta.

Itulah yang membuat Tesla.com menjadi salah satu domain termahal di dunia.  

15. Shoes.com

Harga domain: USD 9 juta

Pemilik: DSW

harga domain shoes.com

Awalnya shoes.com merupakan domain yang dijual kepada Walmart seharga USD 9 juta. 

Pada Mei 2022, domain ini kembali dijual Walmart dan dibeli oleh DSW, sebuah brand desainer sepatu. Dengan pembelian domain termahal ini, DSW berharap trafik tinggi yang dimiliki shoes.com bisa menjadi strategi untuk mengembangkan brand sepatu tersebut. 

16. Fb.com

Harga domain: USD 8,5 juta

Pemilik: Facebook

harga domain fb.com

Awalnya, Fb.com adalah domain milik American Farm Bureau Federation. Tapi, Facebook rela merogoh kocek demi mengakuisisi domain seharga 8,5 juta tersebut. 

Alasannya, salah satu domain termahal di dunia ini dibutuhkan untuk mengembangkan fitur email publik Facebook menggunakan alamat email @fb.com. 

17. RealEstate.com

Harga domain: USD 8,25 juta

Pemilik: Market Leader

harga domain realestate.com

Market Leader, perusahaan penyedia jasa profesional marketing dan teknologi, mengakuisisi RealEstate.com karena tergiur dengan trafiknya yang tinggi. 

Bahkan, pada saat itu website ini memperoleh ranking #3 di hasil pencarian google untuk kata kunci “real estate”.

Tak hanya itu, kata kunci “real estate” memang cenderung stabil dari tahun ke tahun. Makanya, tak salah jika RealEstate.com dijual dengan harga fantastis dan termasuk dalam daftar domain termahal di dunia.

tren pencarian kata kunci "real estate"

18. HealthInsurance.com

Harga domain: USD 8,13  juta

Pemilik: TogetherHealth

harga domain healthinsurance.com

TogetherHealth mengakuisisi healthinsurance.com dengan tujuan untuk mempromosikan layanan asuransi miliknya. 

Harga domain termahal di dunia ini sepadan dengan kualitasnya sebagai domain yang singkat serta menjelaskan lingkup bisnis dengan baik. Jadi, berpotensi membuat website lebih mudah jadi ranking #1 di Google. 

healthinsurance.com ranking #1 di Google

19. Z.com

Harga domain: USD 6,8 juta

Pemilik: GMO 

harga domain z.com

Z.com adalah domain yang dibeli oleh Nissan untuk mempromosikan mobil Z series mereka. 

Kemudian, domain tersebut dijual kepada GMO, sebuah provider internet di Jepang dengan harga tinggi karena hanya ada 3 domain dengan ekstensi .com yang menggunakan satu karakter di dunia, yaitu z.com, q.com, dan x.com.

20. iCloud.com

Harga domain: USD 6 juta

Pemilik: iCloud

harga domain iCloud.com

iCloud adalah layanan penyimpanan foto, file, catatan, kata sandi, dan data Anda dengan aman di cloud untuk pengguna produk Apple. 

Apple membeli domain iCloud.com dengan tujuan memudahkan pemilik akun iCloud mengakses file di platform tersebut melalui browser apapun yang digunakan.

21. Toys.com

Harga domain: USD 5,1 juta

Pemilik: ToysRUs

harga domain toys.com

Selain karena nama domain yang singkat, toys.com dipilih perusahaan ToysRUs karena itulah domain yang paling menggambarkan bisnis yang mereka jalani. 

Apalagi, kata kunci “toys” cukup populer sehingga sudah pasti menjadi sumber trafik yang besar bagi website.

22. SEO.com

Harga domain: USD 5 juta

Pemilik: Michael Mann

harga domain SEO.com

Kisah domain termahal di dunia yang satu ini cukup unik. Michael Mann, pemilik perusahaan BuyDomains rela menjual perusahaannya tersebut untuk membeli SEO.com seharga USD 5 juta. Domain SEO.com sendiri awalnya adalah domain website agensi online marketing.

23. Medicare.com

Harga domain: USD 4,8 juta

Pemilik: eHealth

harga domain medicare.com

Perusahaan eHealth membeli medicare.com karena nama domain tersebut cocok untuk upaya branding perusahaan mereka. Apalagi, medicare.com cocok dengan niche bisnis yang dilakoni perusahaan ini, yaitu kesehatan. 

Itulah yang membuat eHealth bersedia membayar seharga USD 4,8 juta untuk membeli domain ini.

24. EF.id

Harga domain: Rp 500 juta

Pemilik: English First

domain termahal di Indonesia EF.id

Tak hanya di luar negeri, domain termahal juga banyak ditemukan di Indonesia. EF.id  yang dimiliki English First salah satunya. 

Dengan dengan ekstensi .id untuk menarget siswa Indonesia yang ingin kursus bahasa Inggris, English First harus merogoh kocek ratusan juta rupiah untuk mewujudkannya. 

Maka, EF.id menjadi domain .id termahal seharga 500 juta Rupiah sesuai kebijakan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) untuk domain yang terdiri dari 2 karakter saja.  

25. Forex.id

Harga domain: Rp 150 juta

Pemilik: Anonim

harga domain forex.id

Forex.id adalah website yang menyajikan konten tutorial foreign exchange (forex) atau pertukaran mata uang asing. 

Forex.id menjadi domain dengan ekstensi .id termahal karena mengandung kata kunci yang banyak dicari pengguna internet di bidang finansial dan bisnis. 

Kata kunci "forex" banyak dicari user di bidang finansial dan bisnis. 

Apalagi, penggunaan .id untuk memudahkan website ini menarget audiens di Indonesia membuat harga yang harus dibayar jadi cukup tinggi.

Baca Juga: Pengaruh Ekstensi Domain

Tertarik untuk Memiliki Domain Termahal? 

Sudah tahu daftar dan berapa harga domain termahal di dunia, ‘kan? Harga domain bisa mahal karena bisa jadi nama domain singkat, mudah diingat, dan memiliki kualitas SEO yang tinggi. 

Namun, memiliki domain bisnis tidak harus dengan harga yang mahal, kok. Berbekal kreativitas dan sedikit riset, Anda bisa membeli domain yang sesuai niche bisnis Anda dengan harga terjangkau, tapi bisa saja kemudian hari menjadi domain termahal.

Nah, di Niagahoster, Anda bisa mendapat domain murah dengan pilihan ekstensi beragam mulai dari .id, .co.id, .com, .org, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga domain .xyz yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 18.000,- saja!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan domain impian Anda.

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published.