Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

2 min read

Apa itu Exact Match Domain

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact match domain? Exact match domain adalah salah satu bentuk penulisan domain yang sering dipakai untuk website. 

Nah, kira-kira seperti apa contoh exact match domain? Dan bagaimana pengaruhnya bagi SEO saat ini?

Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini. Penasaran? Yuk, simak sampai tuntas.

Apa Itu Exact Match Domain?

Exact match domain adalah domain yang mengandung kata kunci yang sama persis dengan yang ditargetkan pemilik website untuk mesin pencari. Misalnya, apabila target kata kunci Anda adalah “baju anak”, maka contoh nama domainnya adalah bajuanak.store.

Dengan menggunakan taktik ini, harapannya website akan muncul di halaman pertama Search Engine Result Page (SERP). 

Selain itu, penggunaan jenis domain ini juga bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik. Contohnya, dengan domain bajuanak.store, Anda bisa menargetkan audiens yang memang berencana membeli baju untuk anak.

Contoh exact match domain adalah sebagai berikut:

  • Toys.com
  • Jasaledeng.com
  • Fooddelivery.com
  • Webdesigns.com
  • Jasafotojakarta.com

Nah, sudah paham apa itu exact match domain, ‘kan? Sekarang, mari cari tahu pengaruhnya bagi SEO.

Bagaimana Pengaruh Exact Match Domain Bagi SEO Google?

Penggunaan exact match domain awalnya muncul karena anggapan jenis domain ini berpengaruh signifikan terhadap ranking di Google search. 

Apakah benar begitu?

Anggapan tersebut telah dibantah oleh Google. Faktanya, kata kunci pada nama domain tidak memberikan dampak apapun terhadap ranking di Google.

Tapi, Anda masih bisa menggunakan domain jenis ini kok. Syaratnya, website Anda tidak dinilai spam dan masih sesuai dengan search intent target audiens. 

Contohnya saja, ketika Anda mengetik kata kunci “lawyer jakarta” di kolom pencarian Google. Website lawyerjakarta.id muncul di halaman pertama SERP, bahkan website ini bertengger di ranking 1. 

Syarat menggunakan exact match domain adalah website tidak dinilai spam

Alasannya, lawyerjakarta.id sudah menggunakan kata kunci yang sesuai. Ditambah, penggunaan ekstensi domain .id yang menunjukkan bahwa website ini memang berbasis dan menarget audiens di Indonesia.

Jadi, masih tertarik membeli domain jenis ini? Yuk, cek tips memilihnya di bawah ini.

Baca Juga: Pengaruh Ekstensi Domain

Tips Memilih Exact Match Domain

Berikut ini adalah tips memilih domainnya agar website tidak dianggap spam:

1. Pilih Nama Domain yang Ringkas

Memilih domain yang ringkas tidak hanya bertujuan agar mudah diingat pengunjung, tetapi bisa juga untuk terhindar dari deteksi spam algoritma Google.

Sebab, panjang nama domain menjadi salah satu faktor dalam penentuan skor Google Trust Rank yang akan berpengaruh pada ranking website di SERP.

Sebagai contoh, domain rentalcars.com yang memiliki nama yang ringkas. Akibatnya, domain ini memperoleh skor Trust Rank yang tinggi dan bahkan muncul di halaman pertama SERP.

contoh exact match domain dengan trust rank tinggi
contoh hasil pencarian google

2. Gunakan TLD Populer

Tips selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah menggunakan Top Level Domain (TLD) populer. 

TLD populer akan membantu website Anda terhindar dari indikasi spam karena TLD ini memiliki trust rating yang tinggi. Akibatnya, kredibilitas website Anda juga akan meningkat. 

Contoh TLD populer sekaligus yang memiliki trust score tertinggi yaitu .com. Ekstensi .com sudah dipakai  46,9% dari seluruh nama domain yang terdaftar.

trust rating TLD

Sebaliknya, Anda perlu menghindari ekstensi kurang populer seperti .gq dan .ml yang akan menurunkan kredibilitas online website Anda.

Badness index TLD

3. Jangan Ragu Membeli Domain Premium

Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan sebagian budget Anda untuk membeli nama domain yang tergolong premium. Sebab, domain tersebut juga dibilang memiliki kualitas SEO yang baik.

Sehingga, mendapat skor Trust Rank yang tinggi dan Anda pun terhindar dari indikasi spam.

Sebagai contoh, domain premium business.com yang memperoleh skor Trust Rank sebesar 8,51 dari 10.

contoh exact match domain yang tergolong premium mempunyai trust rank tinggi

4. Dukung dengan Strategi SEO

Yang perlu diingat, faktor yang berpengaruh dalam Google Search Rank bukan hanya nama domain tetapi juga perlu adanya dukungan strategi SEO

Strategi yang dimaksud adalah seperti mengunggah konten berkualitas dan relevan, optimasi landing page, hingga membangun profil backlink.

Tanpa adanya strategi SEO, membeli exact match domain bisa jadi bukan dapat untung malah jadi buntung. Sebab, website Anda bisa disinyalir hanya asal menarget domain jenis ini tapi tidak memiliki isi yang bernilai tinggi.

Sudah Paham Apa Itu Exact Match Domain, ‘kan?

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu exact match domain, bagaimana pengaruhnya bagi SEO, hingga tips memilihnya. 

Intinya, selama Anda menggunakan strategi SEO yang tepat, Anda tetap dapat menggunakan EMD untuk bersaing meraih peringkat teratas SERP. 

Oh iya, membeli exact match domain tidak hanya untuk kebutuhan website pribadi. Tetapi juga bisa menjadi potensi cuan, lho. Caranya adalah dengan bisnis jual beli domain.

Tertarik memulai bisnis ini? Tenang, Anda bisa membeli domain murah di Niagahoster dengan pilihan ekstensi yang beragam:

pilihan ekstensi domain Niagahoster

Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis di Niagahoster!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli domain Anda di Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published.