Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik

9 min read

Terima kasih internet! Sekarang siapa saja bisa belajar tentang apa saja, di mana saja, dan kapan saja. Mulai dari siswa sekolah hingga ibu rumah tangga. Dari mata pelajaran tingkat sekolah dasar sampai kursus coding. Dari hingar bingar Ibukota sampai pedalaman daerah. Semuanya mungkin berkat internet.

Bisa jadi karena itu pula, kursus online dan kuliah online mulai populer di Indonesia. Berbagai lembaga pendidikan informal mulai menawarkan berbagai les mata pelajaran online dengan harga bersaing. Begitu pun kampus-kampus yang membuka kuliah online untuk mendapatkan gelar. Menarik mereka yang bekerja untuk juga belajar dan mendapatkan gelar.

Tren ini tentu saja merupakan peluang bisnis yang menarik. Namun, sebelum terburu-buru membuatnya, Anda perlu terlebih dulu memutuskan plugin LMS mana yang akan digunakan. Plugin LMS ini akan membantu Anda mendesain website khusus yang profesional dan fungsional.

Di artikel ini, kami akan membahas fitur apa saja yang Anda perlukan dari plugin LMS. Berikut dengan beberapa rekomendasi serta ulasan soal plugin itu sendiri.

Fitur Apa yang Anda Perlukan dari Plugin LMS?

Setiap plugin LMS tentu menawarkan fitur yang berbeda. Akan tetapi, ada beberapa fitur yang kami rasa sangat penting untuk ada. Berikut beberapa fitur yang seharusnya ada di dalam plugin LMS WordPress terbaik:

  • Dashboard ─ Dashboard khusus Anda perlukan untuk memonitor keseluruhan progres dalam website. Entah itu jumlah peserta kursus, persentase kelas yang diambil, hingga pendapatan dari kursus.
  • Proteksi materi kursus ─ Fitur ini akan menghindarkan Anda dari pencurian, plagiasi, dan akses materi oleh orang yang tidak diinginkan.
  • Forum diskusi ─ Dengan forum diskusi, para peserta dan instruktur bisa saling berdiskusi. Menjadikan kelas lebih interaktif.
  • Media ─ Pastikan ada berbagai jenis media yang bisa ditambahkan untuk menunjang kelas, seperti gambar, video, audio, dokumen PDF, dan lainnya.
  • Kuis ─ Uji pemahaman peserta mengenai materi yang diajarkan secara bertahap.
  • Pilihan penilaian otomatis dan manual ─ Beri nilai dengan cepat melalui penilaian otomatis. Gunakan penilaian manual untuk memberi nilai pada jawaban uraian panjang dan esai.
  • Keamanan pembayaran ─ Lindungi data calon peserta kursus dari scam.

Rekomendasi Plugin LMS WordPress

Di bawah ini kami mengulas sembilan plugin LMS berbasis WordPress. Tiga di antaranya adalah plugin LMS gratis. Sedangkan sisanya merupakan plugin LMS berbayar alias premium.

Lifter LMS

plugin lms wordpress

Lifter LMS adalah salah satu plugin LMS gratis. Meski begitu, plugin ini menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk membuat kursus online.

Dengan sekali install, plugin ini akan menciptakan lima menu pengaturan di Dashboard WordPress. Kelimanya adalah LifterLMS, Courses, Memberships, Engagements, dan Orders. Kelima menu ini akan membantu Anda memanajemen kursus dengan lebih mudah.

Menu LifterLMS adalah bagian vital dari keseluruhan sistem. Di bagian ini, Anda dapat melihat keseluruhan insight secara umum. Misalnya, seberapa banyak pengguna melakukan registrasi member, berapa banyak yang mengambil kelas, seberapa banyak pengguna yang berhasil menyelesaikan kursus, serta omset dari pendaftaran kursus.

Selain statistik umum, Anda juga bisa mengatur berbagai hal di bagian ini. Di tab Courses misalnya, Anda bisa menentukan apakah member boleh mengulang kursus atau tidak. Di samping itu, Anda bisa menentukan mata uang pembayaran, mengunggah desain sertifikat, mengatur jenis notifikasi ke pengguna, dan banyak lainnya.

Di keempat menu sisanya  ─ Courses, Memberships, Engagements, dan Orders ─ Anda bisa dengan lebih leluasa

Fitur andalan:

  • Setiap member mendapatkan akses dashboard tersendiri untuk mengecek progres terakhir yang dilakukan.
  • Kunci otomatis untuk melindungi materi kursus. Member hanya bisa membuka materi jika sudah mencapai tingkat tertentu.
  • Sistem keamanan yang baik menghindari pencurian dan plagiasi materi.
  • Rapor detail merangkum evaluasi pemahaman member dari progres kursus, kuis, dan ujian akhir.
  • Buat profil anggota tim dengan mudah. Dedikasikan profil untuk manager kursus, instruktur, dan siswa.
  • Daftarkan banyak siswa sekaligus dengan kode aktivasi khusus.
  • Integrasi dengan berbagai metode pembayaran.
  • Berbagai fitur tambahan untuk kuis, area diskusi, pekerjaan rumah, dsb. (berbayar)

Harga:

LearnPress

plugin lms wordpress

Plugin LMS WordPress gratis lainnya adalah LearnPress. Plugin satu ini cukup populer digunakan. Tercatat ada sebanyak lebih dari 50.000 instalasi aktif atas plugin ini.

Seperti plugin pada umumnya, LearnPress membuat menu khusus di bagian Dashboard setelah Anda menginstallnya. Di bagian menu, Anda dapat membuat kursus, menciptakan konten, kuis, dan frequently-asked-questions (FAQs) dengan mudah.

Dari sisi tampilan, plugin memiliki user interface dan pengaturan yang sama persis dengan fitur di WordPress. Tampilan semacam ini terlihat sangat simpel dan intuitif. Jika Anda belum familiar dengan fitur WordPress, bisa saja Anda mengira plugin ini bawaan atau default dari WordPress.

Untuk pengaturan dan pembuatan konten, plugin ini mengadopsi sistem yang sama persis dengan membuat halaman atau post. Semuanya dilakukan dalam satu halaman yang sama. Dengan demikian, Anda tak perlu membuka begitu banyak tab hanya untuk membuat satu konten.

LMSPress juga mengaktifkan sistem notifikasi di Dashboard. Jika Anda belum membuat checkout page, profil page, atau mengubah sistem permalink, LMSPress memastikan Anda takkan melewatkannya.

Fitur andalan:

  • Dapat digunakan di beberapa website WordPress sekaligus (multisite).
  • Buat kursus, materi, kuis, dan pertanyaan dengan mudah dalam satu halaman pengaturan.
  • Mendukung berbagai metode pembayaran untuk kursus seperti PayPal, WooCommerce, dan lainnya.
  • Terintegrasi dengan BuddyPress sehingga member dapat bertanya atau saling berdiskusi dengan instruktur dan sesama member.
  • Tentukan static page pada setiap halaman kursus lewat pengaturan sentral.
  • Berbagai add-ons gratis maupun berbayar untuk menambah fitur pada website.
  • Plugin sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia. Memudahkan Anda dalam pengaturan dan manajemen kursus dalam website.

Harga:

Namaste! LMS

plugin lms wordpress

Dengan Namaste! LMS, Anda bisa membuat bermacam kursus dan materi dengan jumlah yang tak terbatas. Begitu juga dengan jumlah peserta dalam kursus yang dimaksud.

Tampilan dan cara kerja Namaste! LMS tak jauh berbeda dengan LearnPress. Plugin ini memaksimalkan tampilan yang seamless dengan Dashboard WordPress. Selain itu, pembuatan konten juga dilakukan hanya dalam satu halaman. Tidak perlu membuka tab berbeda untuk pengaturan dalam kategori yang sama.

Hal yang membedakan Namaster! LMS dari plugin sebelumnya adalah penggunaan shortcodes. Berbagai macam shortcodes bisa digunakan untuk menampilan to-do-list, status kursus, tombol pendaftaran, dan sebagainya. Penggunaan shortcodes semacam ini cukup efektif membuat website tetap efisien dan ringan.

Di sisi lain, plugin ini mampu menjaga hubungan antara instruktur dan peserta dinamis. Terdapat banyak cara untuk membuat peserta termotivasi selama kursus, seperti tanda penghargaan dan feedback. Di samping itu, peserta juga dapat berdiskusi di bagian kolom komentar.

Fitur andalan:

  • Buat konten kursus sama mudahnya seperti post atau laman.
  • Pemilik website mereview member sebelum menerimanya mengikuti kursus.
  • Buat kriteria lulus kursus berdasarkan tugas yang dikerjakan, evaluasi manual, dan nilai tugas akhir.
  • Buat pilihan materi kursus yang wajib dan yang opsional.
  • Atur siswa berdasarkan kursusnya dan liat progres yang dicapai.
  • Buat sertifikat kursus, rapor nilai, tanda penghargaan (award badge), dan feedback untuk peserta kursus.
  • Berikan tugas tambahan untuk peserta kursus.
  • Tampilkan ranking peserta kursus.

Harga:

Good LMS

plugin lms wordpress

Good LMS merupakan plugin premium yang didedikasikan untuk membuat website kursus atau kuliah online.

Tak hanya memperhatikan tampilan visual di bagian homepage (front-end), Good LMS juga mendesain bagian back-end sama apiknya. Plugin ini membuat backend yang spesifik untuk instruktur dan peserta khusus.

Untuk instruktur, terdapat bagian pengaturan akun, daftar kursus yang diampu, status penilaian, evaluasi manual, dan pendapatan dari kursus. Sedangkan untuk peserta, ada pilihan untuk melihat nilai, daftar kursus yang diambil, nama kursus yang dipesan, kursus yang sudah dibeli, dan kursus gratis yang dicoba.

Fitur yang cukup menonjol di Good LMS adalah kuis. Program ini memiliki user interface yang intuitif untuk membuat kuis interaktif. Anda cukup memilih salah satu jenis pertanyaan di antara single choice, multiple choice, small fill, atau large fill. Selanjutnya Anda bisa mengisi batas waktu untuk mengerjakan kuis, menulis pertanyaan-pertanyaan, dan menentukan skor untuk setiap pertanyaan.

Untuk jenis pertanyaan large fill atau uraian panjang, terdapat evaluasi manual yang dapat digunakan untuk menilai jawaban dengan lebih objektif.

Fitur andalan:

  • Halaman khusus dedikasikan untuk instruktur dan peserta kursus.
  • Dua pilihan tampilan kurikulum: daftar atau timeline.
  • Tampilkan rating kursus.
  • Buat kuis tambahan di setiap materi.
  • Badges dan sertifikat untuk peserta kursus online.
  • Atur jumlah komisi untuk instruktur menggunakan plugin.
  • Lihat rekapitulasi transaksi pembelian lisensi kursus.
  • Pilihan evaluasi atau nilai secara manual. Cocok untuk tugas akhir berupa penjelasan atau esai singkat.
  • Buat sertifikat menggunakan shortcodes.
  • Pembayaran kursus melalui PayPal, Stripe, Paymill, transfer bank, dan lainnya.

Harga: $32 (lisensi reguler)

LearnDash

plugin lms wordpress

Meski terbilang cukup mahal, LearnDash menawarkan fitur-fitur yang sebanding dengan harganya.

Drag and drop builder memudahkan Anda mendesain kurikulum kursus dan tampilannya sekaligus. Anda hanya cukup mengklik template pilihan, seret, dan susun ke dalam urutan. Untuk memonitor keseluruhan yang terjadi di website, Anda bisa gunakan ProPanel. Fitur ini membuat Dashboard khusus yang melaporkan segala hal secara langsung. Mulai dari berapa banyak kursus yang diambil, berapa banyak siswa, dan transaksi di website.

Bukan cuma soal tampilan dan pelaporan saja yang mumpuni. LearnDash juga memaksimalkan fitur-fitur utama dalam menjalankan kursus itu sendiri. Misalnya, fitur kuis. LearnDash memiliki delapan jenis pertanyaan. Mulai dari pilihan ganda hingga esai. Dengan banyaknya pilihan pertanyaan, Anda bisa menguji dengan pemahaman peserta kursus dengan menyeluruh.

Plugin yang cukup responsif dari sisi tampilan dan mobile-friendly ini, akan memudahkan pengguna ponsel mengakses kursus online Anda. Mengingat hampir 48% internet trafik didapatkan dari ponsel, fitur ini bisa sangat menguntungkan bagi Anda.

Fitur andalan:

  • Drag and drop builder memudahkan Anda membuat outline materi kursus. Tinggal klik, seret, dan susun ke bagian yang diinginkan.
  • Delapan jenis pertanyaan kuis: jawaban tunggal, pilihan ganda, urutkan, pencocokan, isian singkat, teks bebas, survei, dan esai.
  • Buat pertanyaan dan jawaban dengan menambahkan berbagai media.
  • Gunakan sistem poin untuk peserta dapat membuka level atau kursus selanjutnya.
  • Dedikasikan grup khusus untuk peserta kursus.
  • Terima tugas, beri komentar, dan berikan poin tambahan dari tugas yang dikumpulkan.
  • Menyesuaikan tampilan dengan tema WordPress yang dipakai.
  • Tampilan responsif dan mobile-friendly.
  • Dapat digunakan di beberapa website WordPress sekaligus (multisite).
  • Fitur keamanan konten memastikan konten hanya bisa dibuka oleh peserta kursus.
  • Drip-feed lessons memuat konten hanya bisa diakses di waktu yang ditentukan.

Harga:

Basic  ─ lisensi untuk satu website ($199);

Plus Package ─ lisensi untuk 10 website ($229);

Pro Package ─ lisensi untuk 25 website ($369)

*Harga belum termasuk promo.

Teachable

plugin lms wordpress

Ketika banyak LMS plugin fokus pada tampilan dan fitur-fitur kursus, Teachable berpikir beberapa langkah lebih depan. Ia menambah beberapa fitur seputar marketing, analytics, serta keamanan dan hosting.

Teachable memperbolehkan Anda mempromosikan dan memasarkan kursus online Anda sendiri. Terdapat beberapa insentif dan paket promosi yang cukup menarik untuk calon pelanggan. Anda bisa memberikan kupon dan promosi bagi peserta kursus yang baru mendaftar. Cara ini akan meningkatkan kemungkinan peserta kursus untuk terus mengambil kelas-kelas baru.

Di samping itu, Anda bebas menentukan sistem penjualan yang diinginkan. Anda bisa menawarkan sistem beli putus, bayar sekali, langganan kursus, beli satu kelas atau beberapa kelas sekaligus. Terdapat juga program afiliasi di mana Anda memberikan imbalan pada orang lain, jika mereka berhasil mendapatkan orang untuk mendaftarkan diri di kelas.

Dalam hal analytics, Teachable memberikan berbagai data dan insight lengkap dalam satu Dashboard. Seperti soal persentase kursus yang diselesaikan, kursus apa yang banyak diminati, dan pendapatan dari enrollment.

Soal keamanan pun Anda tak perlu khawatir. Teachable mengimplementasikan 2048-bit SSL yang menjaga data pribadi Anda dan siswa aman. Begitu pun semua data tentang instruktur, data siswa, dan materi kursus. Keamanan pembayaran juga diperhatikan. Tak ada cerita soal kebocoran data akibat sistem pembayaran.

Fitur andalan:

  • Tambahkan video, gambar, audio, dan PDF ke materi kursus.
  • Import materi tambahan langsung dari Dropbox, Google Drive, atau OneDrive.
  • Buat kursus online di halaman Teachable atau buat sendiri di domainmu.
  • Tampilan responsif di dekstop, ponsel, dan tablet.
  • Terdapat fitur multibahasa untuk memaksimalkan potensi mendapatkan audiens internasional.
  • Kuis, forum diskusi, dan sertifikat untuk peserta kursus.
  • Beragam pilihan pembayaran yang kompatibel dengan 130 lebih mata uang.
  • Fitur promosi yang komplit: kupon, banyak pilihan paket penjualan, program afiliasi, dan sebagainya.

Harga:

Basic  ─ $39 per bulan;

Professional ─ $99 per bulan;

Business ─ $499 per bulan.

Sensei

plugin lms wordpress

Jika Anda terlanjur familiar dengan WordPress, menggunakan Sensei bisa jadi pilihan yang tepat. Plugin LMS dari WooCommerce ini terintegrasi secara baik dengan WordPress. Anda dapat membuat berbagai materi dan elemen website kursus online sebagaimana membuat lama dan post di website WordPress.

Sensei menyediakan fitur Learner & Management Analysis. Bagian ini memperbolehkan Anda mengatur peserta kursus di berbagai kelas yang berbeda. Anda juga bisa menambahkan dan mengeluarkan peserta secara manual.

Untuk fitur kelas, Sensei memiliki fitur kuis dengan enam jenis pertanyaan berbeda. Salah satu jenis pertanyaannya membolehkan peserta untuk menjawab dengan mengunggah dokumen atau file. Masih dalam hal kuis, dengan plugin ini Anda bisa membuat bank soal. Peserta kursus akan mendapatkan pertanyaan acak untuk mengurangi potensi kecurangan.

Untuk berbagai fitur lain seperti progres kelas, sertifikat, lampiran media, forum diskusi, dan lainnya, Anda bisa menginstall extensions yang tersedia gratis maupun berbayar.

Fitur andalan:

  • Integrasi dengan WordPress memudahkan pengguna memanajemen keseluruhan tampilan dan materi kursus.
  • Fitur pendaftaran peserta yang mudah dan cepat.
  • Enam jenis pertanyaan kuis berbeda.
  • Fitur unggah dokumen untuk menjawab kuis atau ujian kompetensi.
  • Pilihan sistem penilaian otomatis atau manual.
  • Buat bank soal untuk evaluasi kursus.
  • Berbagai fitur tambahan gratis atau berbayar dari extensions.

Harga: $129 (lisensi satu website); $179 (lisensi untuk lima website); $279 (lisensi untuk 25 website)

CoursePress Pro

plugin lms wordpress

Fitur utama yang bisa Anda manfaatkan dari plugin ini adalah tema bawaan. CoursePress Pro memiliki tema yang bisa Anda install dan kustomisasi dengan mudah. Pun, jika Anda sudah terlanjur menginvestasikan sejumlah uang untuk tema, Anda tetap bisa mengkustomisasinya dengan widget dan shortcodes yang tersedia.

Untuk fitur kelas, CoursePress Pro berdedikasi membuat kursus seinteraktif mungkin. Ada berbagai macam media yang bisa ditambahkan di dalam materi seperti kuis, video, dan dokumen proyek. Proses penilaian dan pelaporan nilai dilakukan secara otomatis.

Tak semua instruktur punya cukup waktu luang untuk merespons interaksi di kelas. Itu mengapa tambahan instruktur atau asisten instruktur adalah ide bagus! Dengan tambahan orang yang mengurus kelas, interaksi di kelas bisa berjalan dengan lebih baik dan hidup.

Fitur andalan:

  • Plugin termasuk dengan tema CoursePress.
  • Widget dan shortcodes tersedia untuk kustomisasi tampilan di tema WordPress lainnya.
  • Tambahkan berbagai media seperti video, kuis, gambar, dan file projects untuk pembelajaran yang interaktif.
  • Pilihan 13 macam cara pembayaran.
  • Sistem penilaian, pelaporan nilai, dan pemberian tugas secara otomatis.
  • Kirim notifikasi otomatis ketika materi kursus baru tersedia.
  • Tambahkan asisten instruktur untuk respons lebih cepat.
  • Berbagai jenis pertanyaan untuk kuis.

Harga: $49 per bulan (lisensi website dalam jumlah tak terbatas)

WP Courseware

plugin lms wordpress

WP Courseware merupakan satu plugin LMS dengan fitur yang cukup komplit. Plugin ini memiliki drag and drop course builder untuk mendesain tampilan kursus sekaligus menentukan susunan kurikulumnya. Untuk keperluan kelas, terdapat berbagai macam jenis kuis, rapor nilai, dan sertifikat kursus.

Selain fitur fungsional untuk kursus sendiri, WP Courseware memiliki fitur teknis yang memudahkan peserta mengakses website kursus. Semisal, untuk pendaftaran. Anda bisa mendaftarkan diri secara otomatis dengan akun ecommerce atau akun email lainnya.

Fitur andalan:

  • Drag and drop course builder yang intuitif memudahkan Anda menyusun materi dan kurikulum kursus.
  • Konten kursus hanya bisa diakses oleh peserta yang teregistrasi.
  • Pilihan pendaftaran peserta secara manual atau otomatis.
  • Terintegrasi dengan berbagai tema WordPress dan page builder.
  • Registrasi otomatis melalui akun ecommerce atau akun keanggotaan website lainnya.
  • Pilihan penjualan kursus: langganan atau bayar sekali.
  • Tawarkan kelas teaser untuk menarik calon peserta kursus.
  • Bermacam jenis kuis.

Harga:

Teacher ─ $149 (lisensi untuk dua website)

Professor ─ $169 (lisensi untuk 10 website)

Guru ─ $249 (lisensi untuk 25 website)

*Harga belum termasuk promo

Kesimpulan

Membuat kursus online atau kuliah online bukanlah hal yang sulit. Dengan plugin LMS yang tepat segala hal mengenai materi, hubungan dengan peserta kursus, penilaian, hingga transaksi bisa diurus dengan baik.

Dari kesembilan plugin yang kami ulas, ada beberapa plugin yang menjadi favorit kami:

  • Lifter LMS ─ Sebagai plugin gratis, Lifter LMS memiliki user interface yang apik. Dashboard yang dimiliki berhasil menjadi control panel yang lengkap untuk segala urusan. Terdapat berbagai elemen yang bisa ditambahkan.
  • LearnDash ─ Plugin LMS dengan fitur yang paling lengkap. Drag and drop builder membantu Anda mendesain tampilan kelas sekaligus kurikulum. Terdapat berbagai fitur yang menunjang perkelasan.
  • Teachable ─ Sebuah plugin yang paling mengerti kebutuhan instruktur. Menawarkan fleksibilitas untuk membuat kursus di domain sendiri ataupun mengikuti jaringan Teachable. Memiliki metode pemasaran yang paling lengkap dan advanced.

Itu tadi rekomendasi plugin LMS WordPress yang terbaik. Semoga bisa membantu Anda dalam membuat website kursus atau kuliah online.

Untuk mengetahui rekomendasi dan ulasan plugin WordPress lainnya, Anda bisa subscribe blog kami.

0
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

2 Replies to “Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik”

  1. bagusnya kalau mau bikin website membership itu bagus theme yang langsung include plugin atau beli pluginnya sendiri kak?

    1. Halo Kak Loe.
      Kalau bisa theme yang udah termasuk plugin, Kak. Soalnya keduanya saling melengkapi, both visual and function. Jadi, nggak kerja dua kali untuk benerin tampilan dan fiturnya. Semoga membantu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + thirteen =