Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Plugin untuk Membuat Knowledge Base

2 min read

Plugin untuk Membuat Knowledge Base

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari adalah Domain Authority (DA). Hanya saja, tidak banyak pemilik website yang meluangkan waktu untuk meningkatkan DA melalui website yang mereka kelola. Imbasnya, website tidak dapat meraih peringkat tinggi di mesin pencari dan hal tersebut berpengaruh pada jumlah pengunjung serta pendapatan. Oleh karena itu, meningkatkan DA adalah hal yang sangat penting demi kelangsungan bisnis Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat knowledge base pada website.

Selain sangat berguna untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan mengenai produk Anda, hal ini juga dapat meningkatkan SEO website.

Dalam tutorial ini Anda akan mengetahui cara membuat knowledge base pada website WordPress.

Seberapa Penting Knowledge Base untuk Website Anda?

Knowledge base merupakan kumpulan informasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengunjung website. Konten yang dibuat biasanya berisi pemahaman lebih mendalam mengenai produk serta layanan, sebagai contoh Anda dapat melihat miliknya Niagahoster.

Selain itu Anda juga dapat memberikan pemahaman lain seperti FAQ (Frequently Asked Questions), petunjuk langkah demi langkah atau informasi lain yang diperlukan oleh pengunjung.

Keuntungan lain di antaranya menyediakan informasi mendasar untuk pelanggan mengenai produk Anda.

Selain itu, pengelolaan knowledgebase yang baik membuka peluang lebih besar bagi search engine dalam memahami konten Anda dimana hal tersebut dapat menaikkan peringkat website di hasil pencarian.

Tips Penting Membuat Knowledge Base (KB)

Sebelum membuat kb, sebaiknya Anda memahami cara untuk mengatur tampilannya. Berikut ini adalah tips penting dalam mendesain knowledge base:

  1. Buat formulir pencarian yang menarik perhatian agar pengunjung lebih mudah mencari topik yang diinginkan.
  2. Tampilkan link dari topik yang paling sering dibaca.
  3. Buat judul yang pendek disertai keyword.
  4. Pada halaman utama tampilkan artikel berdasarkan kategori.
  5. Tambahkan menu bantuan seperti kontak.

Itulah 5 hal utama yang perlu diperhatikan dalam membuat KB, untuk gambaran Anda dapat melihat KB Niagahoster.

Berikut cara membuat KB pada WordPress …

Kini Anda telah memiliki gambaran mengenai knowledge base, mengapa cukup penting, berikut tampilan seperti apa yang perlu Anda buat.

Langkah 1: Instal Plugin

Ada beragam plugin WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membuat KB. Dalam tutorial ini kami menggunakan plugin WP Knowledgebase.

Fitur yang dimiliki oleh plugin ini cukup menarik, di antaranya berupa prediksi pencarian, integrasi breadcrumbs untuk SEO, widget sidebar, dan tampilan responsive.

Instal dan aktifkan plugin WP Knowledgebase. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress.

Langkah 2: Lakukan Pengaturan

Setelah instalasi selesai dan plugin telah aktif, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah berikut ini:

1. Pilih menu Knowledgebase > Settings.

knowledgebase

2. Lakukan pengaturan pada setiap bagian sesuai yang Anda butuhkan. Setelah itu simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

pengaturan knowledge base

Langkah 3: Buat Artikel Knowledge Base

Setelah selesai melakukan pengaturan, selanjutnya adalah membuat artikel untuk knowledge base.

1. Pada dashboard WordPress silakan pilih menu Knowledgebase > New Article.

membuat knowledge base

2. Silakan isi seperti menulis artikel biasa dengan memasukkan judul, artikel, kategori, tag dan lainnya.

menambah artikel

3. Untuk membuat kategori baru, silakan pilih menu Add New Knowledgebase Category yang berada di sebelah kanan. Kemudian, isi kategori yang Anda inginkan dan tekan Enter.

tambah kategori

4. Setelah semuanya selesai, silakan tekan tombol Publish.

publish artikel

Lakukan cara yang sama untuk membuat artikel knowledge base lain. Jangan lupa tentukan juga kategori dari setiap artikel yang Anda buat.

Langkah 4: Buat Halaman Knowledge Base

Setelah selesai membuat semua artikel knowledge base, selanjutnya adalah membuat halaman khusus guna menampilkan daftar artikel knowledge base yang telah Anda buat. Di sini langkahnya cukup sederhana.

1. Pilih menu Pages > Add New.

buat halaman baru

2. Masukkan judul dan shortcode [kbe_knowledgebase] kemudian tekan tombol Publish.

pengetahuan dasar

3. Silakan akses halaman KB Anda. Selanjutnya Anda akan melihat konten sesuai dengan kategori dari masing-masing artikel. Selain itu, fitur search juga sudah memiliki saran pencarian seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

panduan


Knowledge base pada website dapat membantu pengunjung menemukan konten pengetahuan dasar dengan mudah. Selain itu, KB juga dapat mendongkrak performa SEO karena berpeluang menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Apabila Anda memiliki cara lain, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

3 Replies to “Plugin untuk Membuat Knowledge Base”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 10 =