Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Membuat Undangan Digital di Website & HP, Lengkap!

9 min read

Mencari cara membuat undangan digital sendiri yang paling lengkap tanpa harus pakai jasa designer karena harus press budget? Selamat! Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan Anda membuat undangan digital sehingga tidak harus ke percetakan. Bahkan, Anda bisa membuatnya tanpa coding! Banyak platform yang tersedia, mulai dari website sampai aplikasi di HP. 

Nah, memang bagaimana sih cara membuat undangan online? Apakah biayanya mahal, atau bisa gratis? Tenang, Anda akan menemukan semua jawabannya di sini. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas, ya!

CTA banner web hosting

Cara Membuat Undangan Digital yang Menarik

Di era digital ini, Anda tidak perlu lagi membuat dan mencetak undangan fisik. Dengan bantuan sejumlah platform ataupun aplikasi mobile, Anda bisa mendesain undangan yang bisa dibagikan secara online.

Ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai cara membuat undangan digital:

  1. Tentukan konsep dan desain undangan
  2. Pilih platform untuk membuat undangan digital
  3. Cek ulang undangan digital yang sudah dibuat
  4. Siapkan daftar penerima undangan
  5. Bagikan undangan ke penerima

Yuk, langsung meluncur ke tutorialnya! Berikut cara membuat undangan digital yang bisa Anda coba:

1. Tentukan Konsep dan Desain Undangan

Langkah awal dalam cara membuat undangan online adalah menentukan konsep dan desain. Undangan digital yang Anda buat harus mencerminkan tema atau style acara pernikahan yang sudah dipersiapkan.

Apabila Anda belum menentukan tema, tipsnya adalah carilah tema yang cocok dengan selera dan karakter diri Anda.

Setelah menemukan tema yang diinginkan, pilih palet warna yang sesuai. Tentukan dua atau tiga warna utama yang akan digunakan. Tujuannya, supaya desain tidak terlalu ramai yang justru akan membuat konsep tampak berantakan.

Dengan begitu, Anda bisa mengonsep acara sekaligus undangan digital yang sesuai dengan style Anda. 

2. Pilih Platform untuk Membuat Undangan Digital

Banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat undangan digital. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Di sini, kami akan memandu Anda mendesain undangan digital di website WordPress karena kemudahannya, serta aplikasi Canva. 

Cara Membuat Undangan Digital Website

Kalau menginginkan kustomisasi yang mudah, undangan digital bisa didesain dengan cara membuat website. Kami akan memilih WordPress, karena plugin dan template yang tersedia akan membuat undangan digital Anda terlihat lebih menarik dan profesional. Ini dia penjelasannya.

i. Dapatkan Paket Hosting

Hal pertama yang harus lakukan dalam cara membuat undangan digital adalah menyiapkan hosting. Tapi kalau Anda belum punya, kami akan memberikan panduan singkat cara beli hosting di Niagahoster.

Pertama, Anda bisa menuju ke halaman Niagahoster dan memilih paket hosting yang Anda inginkan. Namun, agar cara membuat undangan digital berjalan lebih mudah, kami sarankan Anda menggunakan WordPress Hosting dengan paket Premium.

langkah pertama dalam cara membuat undangan digital adalah menyiapkan paket hosting

Selanjutnya, konfirmasi hosting dan durasi layanan WordPress Hosting sesuai yang Anda butuhkan, lalu buat akun atau login menggunakan akun Google atau Facebook Anda.

pilih paket hosting sesuai kebutuhan

Jika sudah, selanjutnya Anda perlu memilih metode pembayaran. Kemudian, klik Buat Tagihan Pembayaran untuk menyelesaikan pembayaran Anda.

Apabila sudah menyelesaikan proses pembayaran, Anda akan langsung diarahkan ke hPanel kami untuk mengelola akun hosting Anda dan mengklaim domain gratis yang sudah disertakan dengan paket yang dibeli.

WordPress Hosting CTA Button

ii. Daftarkan Nama Domain

Domain adalah nama website Anda. Misalnya saja, undangannikah.com. Nah, karena satu nama domain beserta ekstensinya hanya bisa dimiliki oleh satu pemilik, maka Anda tidak bisa menggunakan nama domain yang sudah terpakai.

Jadi, Anda harus cepat-cepat mendaftarkannya kalau sudah punya calon nama domain. Setelah masuk ke hPanel Niagahoster, Anda bisa langsung klaim domain gratis. Cari domain yang tersedia, lalu klik Cari. Apabila domain tersedia, klik Lanjutkan.

menentukan nama domain untuk website undangan digital

Anda akan diminta melengkapi profil dan informasi Anda sebagai pemilik domain. Cukup ikuti instruksi yang ditampilkan, lalu pilih Selesaikan Pendaftaran setelah mengisi detail informasi domain.

menyelesaikan pendaftaran domain

Selamat! Anda sudah punya hosting dan nama domain untuk membuat undangan online. Berikutnya, lanjutkan dengan menginstal WordPress sebagai platform yang direkomendasikan berkat kemudahannya.

iii. Install WordPress

Langkah berikutnya dalam cara membuat undangan digital yaitu menginstall WordPress.

Kalau menggunakan WordPress Hosting, Anda tak perlu repot-repot menjalani tahap ini. Sebab, Anda bisa langsung menginstal CMS ini pada saat proses setup akun hosting.

Apabila menggunakan paket hosting lain, Anda bisa mengikuti panduan kami yang membahas cara menggunakan panel Niagahoster.

iv. Akses Dashboard WordPress

Setelah sukses menginstall WordPress, cara membuat undangan berikutnya adalah membuka dashboard WordPress.

Di sinilah area di mana Anda bisa mengelola akun WordPress, seperti memasang plugin, mengganti tema, mengunggah konten, dan masih banyak lagi.

Ada dua metode yang bisa Anda lakukan untuk mengakses dashboard WordPress:

  • Metode pertama. Menambahkan kata wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, www.domainanda.com/wp-admin. Setelah itu, Anda akan melihat halaman login seperti ini.
login ke akun WordPress

  • Metode kedua. Anda bisa juga masuk ke dashboard website WordPress lewat hPanel Niagahoster. Caranya, login ke akun Niagahoster Anda, lalu klik Kelola di samping paket hosting Anda. Kemudian, klik Edit Website yang akan langsung mengarahkan Anda ke dashboard admin WordPress.
akses dashboard WordPress lewat hPanel niagahoster

Setelah sukses login ke akun WordPress, akan muncul tampilan dashboard WordPress seperti di bawah ini.

tampilan dashboard WordPress

Nah sekarang, Anda bisa mulai mengatur tampilan website undangan Anda. 

v. Install Tema WordPress

Tema WordPress akan membantu Anda mempercantik tampilan undangan online tanpa perlu mendesain dari nol. 

Ada ribuan tema WordPress baik yang gratis maupun berbayar. Di tutorial ini, kami menggunakan tema WordPress gratis yaitu Astra. 

Untuk menginstall tema, pilih tab Appearance > Themes di dashboard WordPress.

Mengganti tema wordpress website undangan digital

Lalu, klik Add New untuk menambahkan tema baru. 

klik add new

Selanjutnya, pilih tema yang ingin diinstall. Karena di panduan ini kami akan menggunakan tema Astra, jadi tinggal masukkan saja keyword “Astra” di kolom pencarian dan klik Install

install tema

Kalau proses instalasi sudah selesai, klik Activate untuk mengaktivasi tema. 

aktivasi tema

vi. Install Plugin WordPress

Setelah tema berhasil dipasang, kini saatnya menginstall sejumlah plugin untuk memudahkan Anda membuat undangan digital. 

Ada 4 plugin yang perlu Anda pasang yaitu Elementor, Essential Addons for Elementor, URL Params, dan Starter Templates. Nah, langkah instalasinya cukup mudah, kok. Caranya, klik Plugins > Add New di sidebar dashboard WordPress. 

menambahkan plugin

Cari plugin yang akan diinginkan di kolom pencarian. Kalau sudah ketemu, klik Install Now dan klik tombol Activate setelah proses instalasi selesai.

aktivasi plugin elementor

Ulangi tahap ini untuk menginstall semua plugin yang dibutuhkan. 

vii. Pilih Template Undangan Pernikahan Digital

Segala persiapan membuat undangan online sudah selesai. Sekarang, Anda sudah bisa memilih template website undangan. Caranya, kembali ke dashboard WordPress dan klik Appearance > Starter Templates.

akses starter template untuk membuat undangan online

Di halaman berikutnya, klik Build Your Website Now. 

klik build your website now

viii. Mulai Cara Membuat Undangan Digital Website

Di sini, Anda akan menemukan 3 page builder yang bisa dipilih untuk membantu Anda membuat undangan digital dengan mudah. Page builder adalah plugin yang menawarkan kemudahan kustomisasi website tanpa perlu coding. Makanya, membuat undangan digital akan jauh lebih mudah dan instan dengan page builder. 

Anda bebas memilih page builder sesuai dengan preferensi. Namun, di tutorial ini kami menggunakan page builder Elementor

pilih page builder elementor

Kini waktunya Anda memilih template untuk website undangan. Ketika Anda mengetikkan “wedding invitation” di kolom pencarian, akan muncul beberapa pilihan template gratis dan premium. Di panduan ini, kami memilih template undangan pernikahan gratis berikut. 

pilih template undangan digital

Begitu masuk ke halaman berikutnya, Anda akan disambut berbagai customization tools. Di sini Anda bisa mengupload logo website hingga mengatur palet warna dan font style. 

pilih palette warna

Kalau sudah sesuai dengan preferensi Anda, klik Submit & Build My Website

klik submit & build my website

Tunggu sistem membangun website Anda dalam beberapa saat. Ketika proses berhasil, Anda akan melihat tampilan seperti di gambar berikut ini.

proses membuat website undangan digital sudah berhasil

Mungkin Anda bertanya-tanya: apakah setelah langkah ini saya tidak bisa lagi mengedit website? 

Jawabannya, bisa. Setelah sistem selesai membangun website, Anda masih bisa melakukan kustomisasi website undangan. Jadi, kalau Anda melewatkan tahap ini pun tidak akan menjadi masalah. 

ix. Sesuaikan Konten Halaman Undangan

Akhirnya, Anda sudah sampai di tahap kustomisasi halaman website undangan. Caranya cukup mudah, tinggal klik Edit with Elementor

memasuki langkah kustomisasi dengan klik edit with elementor

Dengan Elementor, Anda bisa berkreasi dengan berbagai tools dan widgets yang tersedia.

A. Mengubah Background dan Tampilan

Pertama-tama, Anda bisa mengubah background dengan klik gambar yang ingin Anda ganti. 

Lalu di tab Style pada sidebar, pilih Choose Image. Anda bisa mengupload file gambar dari komputer atau memilih foto yang tersimpan di media library.

tahap kustomisasi dalam cara membuat undangan digital yang pertama adalah mengganti background

Jika Anda belum mengubah teks di langkah sebelumnya, Anda bisa mengotak-atik teksnya dengan Elementor. Cukup klik text box yang ingin diganti. Mulai dari font style, warna, shadow, sampai spacing bisa Anda kustomisasi di tab Style.

edit teks dalam template undangan digital

Template yang kami pilih sudah menyediakan bagian yang berisi cerita calon mempelai. Di bagian ini, Anda bisa menambahkan sentuhan personal dengan menceritakan latar belakang Anda dan pasangan. 

bagian cerita kami yang harus ada saat membuat undangan digital

B. Custom Nama Tamu Undangan Digital

Apakah kustomisasi website undangan digital hanya sampai di sini saja? Tentu tidak. 

Sentuhan personal lainnya yang bisa Anda berikan adalah custom nama tamu undangan. Di sinilah plugin URL Params berperan. 

Pertama-tama, klik icon Edit Heading pada textbox di mana Anda ingin menampilkan nama tamu undangan.  

edit heading untuk memasukkan shortcodes url param

Pada kolom Title, pasang shortcodes [urlparam param=”value”/]. Value yang berada dalam string ” “ bisa diisi apa saja. Di tutorial ini, kami menggunakan value “tamu”.

Berikut shortcodes lengkapnya:

[urlparam param=”tamu”/]

shortcodes url param untuk kustomisasi nama tamu undangan digital

Jadi, ketika Anda menambahkan nama tamu setelah /?tamu= di belakang URL, nama tersebut akan otomatis muncul di undangan digital. 

Misalnya, namadomain.com/?tamu=Ariana%20Grande

%20 digunakan dalam URL untuk memunculkan karakter spasi. 

custom nama tamu undangan

C. Menambahkan Informasi Akomodasi

Tips kustomisasi undangan online selanjutnya adalah memberikan informasi lebih detail terkait acara. Contohnya saja, apabila acara diselenggarakan di kota lain, Anda bisa menyisipkan informasi tentang hotel terdekat untuk memudahkan tamu undangan mencari penginapan.

Di tutorial ini, kami membuat post baru yang berisi daftar penginapan seperti berikut. 

post undangan online yang berisi informasi akomodasi

Kemudian, copy-paste link halaman website tadi di kolom Link pada tab Content seperti di bawah ini. Jadi, ketika tamu undangan mengklik icon Akomodasi, mereka akan diarahkan ke halaman daftar penginapan.

tambahkan link post akomodasi

D. Membuat Formulir untuk Souvenir atau Hadiah

Salah satu informasi penting lainnya yang bisa Anda tambahkan adalah ke mana tamu undangan harus mengirimkan hadiah. Biasanya, informasi ini akan berguna bagi tamu yang berhalangan hadir. 

post pengiriman hadiah dalam website undangan digital

Sama dengan langkah memberikan informasi tentang akomodasi sebelumnya, kami juga menambahkan link post informasi tentang pengiriman hadiah seperti di bawah ini.

tambahkan link untuk mengirim hadiah

E. Menambahkan Form untuk Kehadiran Tamu

Lanjut ke bagian berikutnya yaitu RSVP. Template yang dipakai dalam tutorial ini juga sudah menyediakan form RSVP untuk konfirmasi kedatangan tamu undangan.

Namun, jika template yang Anda pilih belum menyediakannya, Anda bisa menambahkan widget WPForms

Caranya, drag and drop widget tersebut di tempat yang Anda inginkan. Jadi, ketika pengunjung mengisi formulir tersebut, Anda akan langsung mendapatkan notifikasi melalui email. 

langkah cara membuat undangan digital berikutnya adalah menambahkan form rsvp

F. Menyajikan Informasi Detail Acara

Informasi selanjutnya yang harus ada di dalam undangan digital adalah waktu dan tempat dilaksanakannya acara.

Masih sama dengan langkah-langkah sebelumnya, Anda bisa kustomisasi bagian ini dengan tools yang ada di sidebar. Misalnya, mengganti icon di Icon Box seperti berikut ini.

detail waktu dan tempat acara

Kemudian, supaya perjalanan tamu undangan ke lokasi acara semakin lancar, Anda juga bisa menambahkan peta online dengan widget Google Maps.

Untuk memunculkan titik lokasi acara, ketikkan saja alamatnya di kolom Location pada tab Content

atur lokasi google maps

G. Menambahkan Timer Countdown

Ingin meningkatkan antisipasi tamu undangan? Bisa. 

Caranya adalah dengan menambahkan fitur countdown timer. Kalau Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda bisa memanfaatkan widget Countdown dari plugin Essential Addons for Elementor.

Pengaturan tanggal bisa dilakukan di tab Content, sedangkan penggantian warna dan font ada di tab Style.

atur waktu berakhirnya countdown

Sebenarnya, ada banyak widget lain yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik undangan digital. Dari Social Icons, Soundcloud, sampai Basic Gallery yang fungsinya menampilkan kumpulan foto-foto estetik Anda dan pasangan. 

widget social icons di elementor

Cara Membuat Undangan Digital Gratis di Aplikasi HP

Alternatif cara membuat undangan digital adalah menggunakan aplikasi desain seperti Canva atau PicsArt.

Canva merupakan platform populer yang menyediakan template desain siap pakai untuk undangan digital, pamflet, banner, sampai logo. Kalau Anda ingin tahu cara desain di aplikasi ini, Anda bisa mengikuti panduan cara menggunakan Canva dari kami.

Kemudahan lain yang ditawarkan Canva yaitu bisa membagikan undangan yang Anda buat dengan praktis. Anda bisa mendownload file desain undangan lalu mengirimkannya langsung ke tamu undangan.

Cara lainnya, Anda dapat mengunggah file desain ke Google Drive atau Dropbox kemudian baru membagikan linknya ke tamu undangan.

Walaupun menawarkan ratusan template dan berbagai kemudahan lainnya, Canva tetap  memiliki keterbatasan. Seperti sulit tracking RSVP karena tidak ada fitur contact form, tidak bisa menambahkan background music atau elemen-elemen interaktif lainnya.

Ditambah, kalau Anda ingin menyisipkan nama setiap tamu undangan, Anda harus mengedit kolom nama dan menyimpan filenya satu per satu yang tentu saja akan memakan waktu.

3. Cek Ulang Undangan Digital yang Sudah Dibuat

Eits, jangan langsung bagikan undangan yang sudah Anda buat, ya. Salah satu tahap dalam cara membuat undangan digital yang tak bisa dilewatkan adalah mengecek ulang undangan yang sudah dibuat.

Tujuannya, untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik pada undangan. Kesalahan ketik pada informasi penting seperti waktu dan lokasi acara dapat berakibat fatal. Bisa-bisa tamu undangan Anda kesasar ke kota lain! 

Jadi, baca ulang setiap informasi yang ada di undangan digital Anda. Kalau perlu, minta tolong orang lain untuk turut mengecek undangan. Siapa tahu ada masih ada typo yang terlewat. Jangan lupa juga untuk mengetes fitur-fitur interaktif seperti button, link, sampai background music.

4. Siapkan Daftar Penerima Undangan

Menyiapkan daftar penerima undangan bukanlah hal sepele. Mencatat ratusan hingga ribuan tamu bisa menghabiskan banyak waktu Anda. 

Untuk itu, Anda bisa menggunakan Excel atau Google Spreadsheet untuk membuat daftar tamu. Dengan begitu, Anda bisa mengedit dan mengupdate daftarnya jika perlu.

Biasanya, kolom yang harus ada dalam daftar tamu adalah nama tamu, email/nomor telepon, dan status RSVP. 

contoh spreadsheet daftar tamu undangan

5. Bagikan Undangan ke Penerima

Setelah memastikan undangan bebas typo dan daftar tamu sudah siap, sekarang Anda sudah bisa membagikan undangan digital Anda. 

Kirimkan email atau chat yang sudah dipersonalisasi ke setiap tamu undangan. Hal ini akan menambahkan sentuhan personal dan Anda juga bisa memastikan seluruh tamu sudah menerima undangan Anda. 

Jika belum mendapat balasan, Anda bisa melakukan follow up untuk memastikan bahwa tamu undangan sudah tahu kapan deadline pengisian formulir RSVP. 

Manfaat Membuat Undangan Digital untuk Acara Anda

Tak perlu diragukan lagi, undangan online membawa banyak manfaat. Apa saja itu? Mari eksplor apa saja kelebihan undangan digital di poin berikut ini.

  • Bisa mencantumkan informasi tambahan. Ruang pada undangan cetak itu sangat terbatas. Berbeda dengan undangan digital yang memungkinkan Anda mencantumkan berbagai informasi sedetail mungkin. Caranya tergantung kreativitas, bisa dengan menambahkan popup atau link menuju halaman baru yang berisi informasi tambahan.
  • Meminimalisasi risiko undangan hilang. Insiden undangan yang hilang selama proses pengiriman memang jarang sekali terjadi. Namun, risiko ini masih ada. Dengan undangan online, Anda bisa memastikan setiap tamu sudah menerima undangan Anda.  
  • Hemat waktu dan biaya. Pemilik acara jelas super sibuk selama proses persiapannya. Nah, undangan digital mampu memangkas waktu dan biaya Anda karena tidak diperlukannya proses printing ataupun pengiriman. 
  • Bebas kustomisasi. Dengan bantuan design tools dan template, Anda bisa melakukan custom dari layout, skema warna, font, dan berbagai fitur lainnya. Anda juga bisa menambahkan foto, video, ataupun motion effects pada setiap elemen dalam undangan yang tentunya bisa membuat undangan Anda terlihat makin unik. 

Setelah Acara Berakhir, Bagaimana?

Selamat! Anda sudah berhasil mengikuti seluruh tahap dalam cara membuat undangan digital. Namun, apakah undangan digital jadi tidak bisa diakses setelah acara sudah selesai? Anda masih bisa mengaksesnya, kok. Bahkan, Anda juga bisa mengotak-atik websitenya. 

Nah, berhubung durasi hosting dan domain yang Anda beli masih panjang, Anda bisa memanfaatkan website tersebut untuk mulai membangun bisnis jasa pembuatan undangan digital. 

Jangan lupa perpanjang hosting ketika durasi sudah habis agar website bisnis Anda tetap bisa diakses. Karena Anda menggunakan website WordPress, maka WordPress Hosting dari Niagahoster jelas tetap menjadi pilihan. 

Mengapa demikian? Pertama, ada fitur Auto Update WordPress untuk mengupdate versi WordPress, plugin, atau tema secara otomatis. Kedua, ada fitur WordPress Staging yang memungkinkan Anda mengotak-atik website dengan membuat website kloning. Ketiga, ada WordPress Management di Member Area Niagahoster yang memudahkan pengelolaan website WordPress. 

Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati segala keunggulan WordPress Hosting Niagahoster sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

4 Replies to “Cara Membuat Undangan Digital di Website & HP, Lengkap!”

    1. Terima kasih apresiasinya, kak. Selamat praktik langsung membuat undangan digital, ya. Semoga sukses ^^

  1. bagaimana caranya biar client sendiri mengcustom nama daftar tamu? Cuma itu saja yang belum saya mengerti Terima Kasih

    1. Hai, kak. Untuk saat ini memang belum memungkinkan agar client sendiri dapat mengcustom daftar nama tamu.
      Akan kami informasikan jika telah tersedia fitur semacam itu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *