Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Mudah Menghilangkan Sidebar WordPress

4 min read

Apakah Anda ingin menghilangkan sidebar di WordPress Anda? WordPress sidebar adalah bagian terbuka di sebelah kanan, kiri, atau bawah tema. Sidebar biasanya digunakan untuk menampilkan berbagai fitur tambahan di WordPress.

Meskipun sangat berguna, terkadang pengguna ingin menghapus WordPress sidebar karena ingin menggunakan halaman yang bebas widget. Tema modern kebanyakan sudah memiliki opsi spesifik pada panel pengaturannya untuk menghapus sidebar –tidak semuanya. Namun masih banyak tema yang tidak menyediakan opsi tema bebas widget.

Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengilangkan sidebar WordPress dengan mudah.

Kenapa Menghilangkan Sidebar di WordPress?

Jika Anda mengunjungi website terkadang Anda melihat tampilan dengan kolom di bagian samping kanan atau kiri. Kolom ini biasanya menampilkan widget yang disediakan oleh WordPress.

Konten yang ada di kolom sidebar terkadang juga berupa sebuah link yang mengarah ke area yang berbeda di website Anda, iklan, form langganan artikel, sosial media profil, popular posts, postingan terbaru, dan lain-lain.

Saat Anda membuka dengan aplikasi mobile, sidebar tidak muncul di kanan atau di kiri halaman melainkan di bagian bawah untuk mengurangi ukuran dari layar.

Sidebar dapat menjadi sesuatu yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Kebanyakan pengguna AdSense juga memanfaatkan sidebar untuk meningkatkan penghasilan mereka.

Namun, beberapa pemilik website memutuskan untuk menghapus sidebar karena dianggap dapat menaikan user experience. Jika Anda mencari cara untuk menghilangkan sidebar di WordPress, artikel ini cocok untuk Anda baca sampai dengan akhir.

Cara Menghilangkan Sidebar dari Page di WordPress

menghilangkan sidebar wordpress

Anda dapat membedakan pengaturan sidebar antara halaman statis (static page) dengan halaman lainnya dan tetap menampilkan sidebar pada halaman lainnya.

Sebagai contoh, kebanyakan website menampilkan sidebar di halaman blog mereka, tetapi tidak pada artikel atau postingan blog itu sendiri. Atau membedakan antara halaman homepage dengan page yang lainnya.

1. Menghilangkan Sidebar dari Static Page WordPress

Beberapa tema modern WordPress menyediakan template yang sudah tidak menggunakan sidebar –biasa diberi nama ‘full width’– untuk static page. Oleh karena itu menghapus sidebar di static page sangat mudah dilakukan.

Jika tema Anda sudah menyedia template bebas widget, menghilangkan sidebar dari static page caranya sama dengan menghilangkan sidebar di single post. Anda tinggal menggunakan opsi Page Attribute meta box, kemudian pilih template Full Width.

Namun jika opsi ini tidak muncul, itu berarti tema yang Anda gunakan tidak menyediakan template tanpa sidebar.

Tidak perlu bingung, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk membuat template tanpa sidebar sendiri.

  1. Gunakan teks editor, kemudian buat file baru. Beri nama file ini tanpa-sidebar.php dan simpan ke dalam perangkat desktop Anda.
  2. Akses hosting Anda menggunakan FTP Client.
  3. Cari folder “/wp-content/themes/tema-anda”.
  4. Edit file page.php, kemudian salin semua isi file dan paste ke file tanpa-sidebar.php.
  5. Setelah tanda <?php tambahkan baris kode di bawah ini.
/*Template Name: Full Width*/
  1. Kemudian hapus baris kode sidebar dan simpan. Contoh baris kode sidebar seperti <?php get_sidebar(); ?>.
  2. Unggah file tanpa-sidebar.php ke dalam tema menggunakan akses FTP.
  3. Selesai! Anda sudah mempunyai tema tanpa sidebar yang dapat digunakan untuk membuat post tanpa menggunakan sidebar. Anda dapat mencoba mengakses website untuk memastikannya.

2. Menghilangkan WordPress dari Blog Post Page di WordPress

Anda dapat menggunakan panduan ini untuk menghapus sidebar hanya di bagian blog page –halaman static page tidak akan terpengaruh oleh pengaturan ini.

  1. Di halaman dashboard WordPress, buka “Settings » Reading”.
  2. Di bawah Reading, cari nama page blog Anda, seperti “Tutorial”, “About” atau sesuatu yang lain.
  3. Kemudian buka “Pages » All Pages”.
  4. Cari nama blog page Anda.
  5. Kemudian pada bagian Page Attribute dan pilih Tanpa-Sidebar.
  6. Jika Anda tidak dapat menemukan opsi template Tanpa-Sidebar, Ada perlu menambahkannya secara manual.
  7. Ulangi prosedur membuat template secara manual di poin sebelumnya.

Cara Menghilangkan Sidebar dari Single Post di WordPress

Anda dapat menggunakan metode ini untuk menghilangkan sidebar di single post saja. Anda harus mempunyai akses ke FTP yang nantinya digunakan untuk mengunggah file yang berisi kode template.

Langkah 1 – Buat File Template

Pertama, Anda perlu membuka editor di komputer seperti Notepad, Gedit, atau yang lainnya. Kemudian paste kode di dalam file tersebut.

<?php/* * Template Name: Free Style * Template Post Type: post, page, product */   get_header();  ?>

Kode di atas akan membuat template baru dengan nama Free Style. Anda dapat menyimpan file ini dengan nama “free-style-template.php” atau dengan nama lain di komputer desktop.

Langkah 2 – Unggah File ke Server

Kemudian unggah file free-style-template.php ke dalam tema (aktif) WordPress menggunakan FTP atau File Manager di cPanel. Cari folder “../wp-content/themes/tema-anda”.

Langkah 3 – Cek di Halaman Dashboard

Anda dapat melihat perubahan yang dilakukan dengan membuka post lama atau membuat post baru.

menghilangkan sidebar wordpress

Di bagian “Post Attribute” Anda akan melihat pilihan template Free Style.

Pada posisi ini, template Free Style masih kosong, jadi menggunakan template Free Style akan menghasilkan tampilan putih saja.

Cara yang paling mudah untuk menyelesaikan langkah ini adalah dengan menyalin kode dari file tema single.php dan menggunakannya.

Catatan! Sama seperti bagian lain, terkadang beberapa tema sudah menyediakan template tanpa sidebar untuk Anda. Jadi Anda tinggal menggunakannya saja melalui kolom Post Attribute.

Langkah 4 – Salin Kode yang Ada di Dalam File single.php

Buka file single.php kemudian salin apapun setelah baris get_header().

Paste semuanya ke bagian paling bawah free-style-template.php. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memodifikasi file free-style-template.php cukup dengan menghapus kode baris sidebar.

Simpan dan unggah kembali file free-style-template.php ke server Anda menggunakan akses FTP atau akses ke cPanel.

Cara Menghilangkan Sidebar di Seluruh Bagian WordPress

Metode ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan sidebar di setiap post dan page di WordPress.

Langkah 1 – Akses Hosting Menggunakan FTP

Pertama, Anda perlu mengakses server menggunakan FTP client dan arahkan ke folder “../wp-content/themes/tema-sekarang/folder”.

Tema WordPress tersusun dari template yang berbeda, jadi Anda perlu untuk mengubah semua template di setiap bagian sidebar yang ditampilkan.

Di WordPress pada umumnya Anda perlu mengubah file index.php, page,php, single.php, single.php, dan archive.php, home.php, dan lainnya.

Langkah 2 – Hapus Baris Kode Sidebar

Anda perlu mencari baris kode <?php get_sidebar(); ?> di semua template dan kemudian hapus. Anda cukup menghapus semua baris sidebar tersebut untuk menghapus sidebar.

Jika terdapat banyak template, Anda cukup menghapus baris kode sidebar di seluruh template. Jangan lupa simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Langkah 3 – Cek Website

Ketika Anda mengakses website, sidebar seharusnya sudah tidak muncul lagi. Namun konten utama Anda akan tetap dengan ukuran yang sama. Hal ini dikarenakan tema yang Anda gunakan sudah menentukan ukuran konten utama, jadi Anda perlu menyesuaikan lagi ukuran konten utama.

Langkah 4 – Lakukan Custom CSS

Supaya konten utama lebarnya sama dengan halama, Anda harus mencari CSS class yang digunakan untuk mengatur nilai ukuran konten utama. Setelha menemukannya, Anda cukup mengganti nilai dari setiap CSS melalui fitur custom CSS.

Anda dapat menggunakan panduan cara menambahkan CSS di WordPress untuk menyelesaikannya.

Kesimpulan

Menghilangkan sidebar di WordPress cukup sederhana. Hanya saja Anda perlu melakukannya dengan lebih teliti, karena Anda perlu mengubah baris kode bahkan menambahkan file baru ke dalam tema WordPress. Bagi Anda pengguna yang tidak mempunyai latar belakang teknis mungkin akan sedikit kesulitan.

Namun kami berharap artikel ini dapat menjelaskan kepada Anda dengan mudah cara menghilangkan sidebar WordPress.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru dari kami, jagan lupa klik subscribe dan tinggalkan komentar jika masih ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 4 =