Tidak Bisa Login WordPress? Atasi dengan Cara Ini - Niagahoster Blog

Ada beberapa hal yang menyebabkan Anda tidak bisa login WordPress. Permasalahan yang kerap timbul sebenarnya sederhana, hanya saja membutuhkan perlakuan khusus sesuai dengan akar permasalahannya. Dalam tutorial ini kami akan membahas cara-cara terbaik mengatasi gagal login untuk permasalahan seperti username dan password salah, tidak bisa login WordPress setelah migrasi, error establishing database connection, dan tampilan white screen.

Menggunakan tutorial ini, kami akan menuntun Anda mengatasi permasalahan tidak bisa login WordPress dengan mudah.

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Berikut adalah Cara Mengatasi Permasalahan Tidak Bisa Login WordPress …

Pilihan 1: Username atau Password WordPress Salah

tidak bisa login wordpress

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah memasukkan username dan password WordPress dengan benar. Jika Anda telah memasukkan username dan password dengan benar, tetapi Error: Invalid username tetap muncul, silakan coba untuk reset dengan memilih link Lost your password. Selanjutnya password akan dikirimkan ke alamat email Anda ketika melakukan instalasi.

Apabila Anda tidak menerima password yang dikirimkan ke alamat email, Anda dapat mencoba reset password WordPress melalui phpMyAdmin.

Pilihan 2: Tidak Bisa Login WordPress Setelah Migrasi ke Domain Baru

Dalam beberapa kasus, Anda tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress karena tidak tampil setelah melakukan migrasi website ke domain baru. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan antara URL yang ada di dalam database MySQL dengan nama domain baru Anda.

Karena WordPress menggunakan MySQL sebagai penyimpanan semua postingan, profile dan konfigurasi, adalah penting memastikan URL di database sesuai dengan nama domain baru.

Untuk mengatasinya cukuplah mudah, Anda hanya perlu mengganti URL lama dengan URL baru dalam database MySQL.

mengganti url lama ke url baru

Pilihan 3: Error Establishing Database Connection

Penyebab lain yang sering menyebabkan terjadinya tidak bisa Login WordPress adalah masalah koneksi ke database. Jika ini yang terjadi, biasanya Anda akan melihat tulisan Error Establishing a Database Connection di setiap halaman website.

error establishing a database connection

Pesan ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, salah satunya database yang korup. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba tutorial cara mengatasi error establishing database connection di WordPress.

Pilihan 4: White Screen

white screen

Pernahkah Anda melihat layar putih seperti di atas ketika tidak bisa login WordPress? Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab hal ini. Salah satunya adalah plugin serta template yang Anda gunakan.

Panduan lengkap mengatasi permasalahan ini dapat Anda lihat pada tutorial mengatasi white screen di WordPress.

Kesimpulan

Permasalahan tidak bisa login WordPress dapat dialami oleh siapapun. Anda perlu mengetahui gejala permasalahannya seperti username dan password salah, tidak bisa login WordPress setelah migrasi, error establishing database connection, maupun tampilan white screen.

Kami harap Anda bisa mendapatkan solusi permasalahan tidak bisa login WordPress setelah membaca tutorial ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan terkait artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Klik Subscribe sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda! 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.
Scroll Up