Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

7+ Manfaat Email Hosting untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

4 min read

Featured image manfaat email hosting

Pernahkah Anda mendapat email dari alamat yang tidak biasa seperti sales@bisnis.com? Alamat email dengan nama website di belakangnya seperti pada contoh tersebut bisa didapatkan jika Anda menggunakan layanan email hosting berbayar. Apa beda email hosting dengan email gratis biasanya? Apa saja manfaat email hosting yang tidak dimiliki email gratis? Jawabannya bisa Anda temukan di artikel ini.

Apa Itu Email Hosting?

Email hosting adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan domain sendiri di server yang terpisah dari server web hosting. Oleh karena itu, performa akun-akun email yang menggunakan email hosting terjaga dengan baik.

7+ Manfaat Email Hosting untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

Penggunaan email hosting tidak lepas dari biaya. Selain biaya layanan, Anda juga harus mengeluarkan dana untuk membeli domain sebelum bisa mendaftar layanan email hosting. 

Beli domain dengan harga rendah di Niagahoster — mulai dari Rp 14.000 per bulan

Namun, bukan berarti Anda perlu segan untuk menggunakan layanan email hosting. Fasilitas tersebut mempunyai kelebihan yang tidak bisa Anda dapatkan dari layanan email gratis, yaitu:

  • Kredibilitas yang meningkat
  • Branding perusahaan, organisasi, maupun pribadi
  • Backup email
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar
  • Bebas dari iklan
  • Privasi tingkat tinggi
  • Pengaturan akun yang lebih fleksibel
  • Kemudahan Penggunaan

Mari kita bahas masing-masing manfaat email hosting secara lebih dalam.

1. Kredibilitas Anda Meningkat

Dengan menggunakan email hosting, Anda dapat membuat alamat email dengan nama domain di belakangnya — bukan @gmail.com, @yahoo.com, atau semacamnya.

Hal ini sangat bermanfaat dalam konteks bisnis. Apalagi, sebuah survei yang dilakukan Verisign menunjukkan bahwa 65 persen konsumen setuju bahwa  perusahaan yang menggunakan email dengan nama domain terlihat lebih kredibel daripada yang tidak.

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi konsumen untuk tidak mempercayai alamat email gratis dalam ranah bisnis. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memasukkan email-email tersebut ke dalam daftar spam. Jika hal itu terjadi, besar kemungkinan email Anda tidak akan sampai ke mereka karena telah di-blacklist.

2. Dapat Digunakan untuk Branding

Bayangkan jika staf pemasaran Anda mengirim email promosi dengan alamat yang tidak ada nama perusahaan Anda di belakangnya.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi dari skenario di atas. Pertama, penerimanya akan menganggap email tersebut sebagai angin lewat. Kedua, penerimanya tetap membuka email tersebut, tetapi tidak tahu bahwa itu dari perusahaan Anda kecuali ada pernyataan di dalamnya.

Dalam situasi tersebut Anda telah gagal memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Anda tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memperkuat branding perusahaan, bukan?

3. Terdapat Fasilitas Backup Email

Dalam berbisnis, pastinya terjadi pertukaran berbagai informasi, penawaran, dan transaksi penting dalam bentuk email. Agar email-email tersebut tidak hilang, Anda memerlukan fitur backup.

Sebenarnya penyedia email gratis yang dikenal secara luas seperti Gmail menyediakan fasilitas tersebut. Akan tetapi, fitur backup gratis biasanya terbatas.

Pada layanan email hosting, Anda dapat melakukan backup dan restore terhadap semua akun email yang terhubung dengan domain perusahaan Anda.

4. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Layanan email gratis biasanya hanya menyediakan penyimpanan dengan kapasitas kecil. Akun Gmail, contohnya, hanya memiliki kapasitas 15GB yang digunakan untuk penyimpanan Google Drive dan Google Photos juga.

Hal tersebut mungkin bukan masalah dalam penggunaan pribadi. Akan tetapi, banyaknya email yang keluar masuk dalam kegiatan berbisnis tentunya tidak akan muat dalam penyimpanan yang terlalu terbatas.

Berbeda dengan email gratis, layanan email hosting menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Milik Niagahoster, misalnya, didukung oleh kapasitas 25, 50, dan 100 gigabytes. Anda akan dijelaskan mengenai hal tersebut pada bagian lain artikel ini.

5. Bebas Iklan

Apapun penyedia layanannya, akun email gratis tidak terbebas dari iklan. Kabar baiknya, inbox dalam layanan email hosting bebas dari hal tersebut.

Dengan demikian, produktivitas Anda maupun tim tidak akan terganggu oleh berbagai promosi yang tidak dibutuhkan.

6. Keamanan Privasi lebih Baik

Adanya iklan seperti yang baru saja disebutkan sebenarnya adalah tanda bahwa penyedia layanan email gratis dapat melihat isi dari inbox Anda.

Meskipun kemungkinannya kecil, Anda pasti tidak ingin informasi pribadi bocor ke pihak lain — apalagi jika akun email Anda digunakan untuk berbisnis.

Penyedia email hosting tidak mengintip isi pesan-pesan yang Anda terima maupun kirim. Dengan demikian, Anda dan perusahaan mendapatkan privasi maksimal.

Di sisi lain, layanan email hosting juga dilengkapi perlindungan dari spam, phishing, serta malware.

7. Fleksibilitas dalam Pengaturan Akun

Anda dapat membuat akun email gratis sebanyak apapun. Akan tetapi, cara tersebut tidak efektif dalam konteks pengelolaan karyawan.

Misalnya ketika ada staf yang keluar. Karena Anda bukan pemilik akun orang tersebut, Anda tidak bisa menghapusnya apabila ia sudah mengganti passwordnya.

Ditambah lagi, penamaan akun email gratis tidak fleksibel karena harus menggunakan alamat yang belum dipakai orang lain.

Nah, layanan email hosting memecahkan kedua masalah tersebut. Semua akun email karyawan Anda dapat dikelola dari satu tempat. Penamaan akun pun simpel dan tinggal menggunakan nama masing-masing staf atau departemen.

Selain itu, email hosting memungkinkan broadcast email. Dengan fitur tersebut, Anda mampu mengirimkan email ke semua akun yang terhubung dengan domain perusahaan atau organisasi.

8. Semudah Menggunakan Email Gratis

Apakah penggunaan akun yang dibuat dengan layanan email hosting rumit? Tentu saja tidak. 

Anda dapat mengoperasikannya seperti menggunakan akun email gratis. Baik di komputer maupun perangkat mobile, Anda dan tim dapat mengaksesnya. Intinya, yang membedakan email hosting dan email gratis adalah keenam fitur di atas.

Anda Bisa Mendapatkan Email Hosting di Niagahoster

Selain layanan web hosting dan domain, Niagahoster juga menyediakan email hosting. Namun, mengapa Anda perlu menggunakan email hosting milik Niagahoster? Apa bedanya dengan milik penyedia email berbayar lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Harga Rendah untuk Kapasitas Tinggi

Sebenarnya, Anda juga mendapatkan fasilitas email hosting dengan membeli paket web hosting apapun di Niagahoster. Akan tetapi, Anda hanya dapat mengirim 2.400 email per hari.

Email Hosting Niagahoster menawarkan kapasitas besar dengan harga yang rendah. Mulai dari Rp 80.000 per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan penyimpanan 25GB dengan jumlah akun email yang tidak terbatas.

Apabila membutuhkan kapasitas lebih tinggi, Anda bisa memilih paket Mail Business dengan penyimpanan 50GB (Rp 120.000 per bulan) atau Mail Business Extra dengan penyimpanan 100GB (Rp 180.000 per bulan). Keduanya juga tidak memiliki batas jumlah akun email.

Di samping itu, ketiga paket tersebut juga dilengkapi dengan kapasitas pengiriman 400 email per jam. Ditambah lagi, Anda dapat mengirim ke 50 penerima dalam sekali kirim.

Banyak Fitur Keamanan

Ada tiga fitur keamanan yang ditawarkan oleh email hosting Niagahoster. Pertama, Anda akan mendapatkan backup email mingguan. Fitur ini penting dimiliki agar Anda tidak kehilangan satupun email penting di kotak masuk maupun keluar.

Kedua, email hosting Niagahoster menggunakan fitur outgoing protection dari SpamExperts. 

Sebelum memahami keuntungan yang diberikan oleh fasilitas ini, Anda perlu tahu bahwa semua email yang berasal dari domain Anda dapat diblokir jika melakukan spam atau pengiriman email dalam jumlah besar secara terus-menerus. Hal ini akan berakibat pada rusaknya reputasi domain Anda.

Nah, fitur outgoing protection akan mendeteksi semua akun email perusahaan atau organisasi Anda yang berusaha melakukan spam dan menguncinya.

Ketiga, pengguna email hosting Niagahoster mendapatkan perlindungan dari kiriman spam email dengan fitur Greylist dan SpamAssassin.

Kontrol Mudah

Pengoperasian email hosting Niagahoster tidaklah rumit. Fasilitas email berbayar kami menggunakan cPanel, software panel kontrol yang dikenal dengan kemudahan penggunaannya.

Selain itu, ada tiga pilihan webmail client yang bisa digunakan untuk pengoperasian akun email Anda: Horde, Roundcube, dan Squirrelmail.

Tidak kenal dengan ketiganya? Jangan khawatir. Anda tetap dapat menyambungkan akun email Anda dengan mail client lainnya, seperti Microsoft Outlook dan aplikasi email bawaan yang ada pada smartphone berbasis Android. Panduannya bisa Anda lihat di sini.

Sudah Siap untuk Menggunakan Email Hosting Niagahoster?

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui segala manfaat email hosting. Selain itu, Anda juga telah mempelajari keunggulan email hosting Niagahoster, yaitu kapasitas tinggi dengan harga terjangkau, berbagai fitur keamanan, dan kontrol mudah.

Tunggu apa lagi? Anda dapat segera meningkatkan kredibilitas dan produktivitas Anda maupun tim dengan membeli salah satu dari ketiga paket email hosting Niagahoster.

0
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + eighteen =