Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Cara Membersihkan Cache di Chrome Tanpa Ribet!

2 min read

Cara Hapus Cache Browser

Anda pernah berkunjung ke sebuah website dan hanya melihat animasi loading berputar tanpa henti? Tentu menjengkelkan, ya? Jika anda menggunakan Chrome, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan clear cache di Chrome.

Bagaimana caranya? Panduan kami berikut akan menjelaskan apa itu cache, cara membersihkan cache di Chrome dengan mudah dan alasan melakukannya. 

Apa itu Cache?

Cache (dibaca: keish) adalah tempat penyimpanan sementara sebuah file online yang pernah diakses sebelumnya. Proses untuk menyimpan file tersebut disebut caching

Terdapat banyak jenis cache, namun yang paling dekat dengan Anda sebagai pengguna internet adalah cache pada browser.

Masih bingung? 

Jadi, ketika Anda mengetikkan sebuah nama website, pada dasarnya Anda meminta sejumlah file online untuk ditampilkan. File tersebut bisa berupa gambar, foto, video, teks, dan lainnya. Prosesnya sendiri berlangsung sekejap bagi Anda. Namun, bagi Chrome sebagai browser Anda, ada banyak proses yang harus dilewati. 

Salah satu proses yang terjadi di dalam Chrome adalah menyimpan sementara file tersebut untuk antisipasi akses berikutnya. Tujuan dari cache adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi saat browsing. 

Setiap kali Anda ingin mengakses website yang sama, Anda tidak harus mendapatkan data tersebut dari server yang memakan waktu lebih lama. Sebab, jika cache browser Anda sudah pernah memiliki informasi yang diminta, bisa langsung ditampilkan. 

Hal ini berlaku untuk akses ke semua website yang Anda lakukan di browser, yang sering Anda sebut dengan history.

Perlu diingat, cache berbeda dengan cookies

Cookies tidak menyimpan data dokumen yang Anda minta, tapi informasi unik Anda sebagai pengguna internet. Misalnya, waktu berkunjung, alamat IP, hingga nama pengguna dan kata kunci yang Anda gunakan pada website tertentu. 

Kenapa Clear Cache Sebaiknya Dilakukan?

Inilah pertanyaan yang ada di benak Anda setelah mengetahui manfaat dari cache, bukan?

Penjelasannya sederhana: semakin banyak halaman website yang Anda kunjungi, semakin banyak file yang akan disimpan dalam cache. Permasalahan yang muncul dengan kondisi ini adalah jika Anda tidak mendapatkan informasi baru dari website yang Anda butuhkan. 

Sebagai contoh, ketika Anda mengakses salah satu website, kemudian pemilik website tersebut melakukan pembaharuan (update), Anda tidak akan mengetahuinya. Kenapa? Cache Anda hanya menyimpan data lama dari website tersebut.

Hal yang sama juga terjadi saat Anda mengganti tema website Anda. Apabila, tampilan masih belum berubah, bisa saja terkait cache.

Jika tidak dikelola dengan baik, cache akan menimbulkan masalah bagi performa browser Chrome Anda. Oleh karena itu, menghapus cache perlu Anda lakukan. 

Cara Membersihkan Cache di Chrome

Untuk menghapus cache Google Chrome, Anda bisa mengikuti panduan kami berikut:

1. Dari tampilan utama Chrome, Anda bisa memilih tombol menu di sebelah kanan atas.

2. Pilih menu More Tools.

3. Pilih menu Clear Browsing Data.   

4. Terdapat dua tab yang bisa Anda pilih: Basic dan Advanced. Secara default, Chrome sudah memilihkan opsi yang aman untuk Anda hapus pada menu Basic. Selanjutnya pilih Time range (rentang waktu): All time, Last 4 weeks, Last 7 days, Last 24 hours, dan Last hour. Lalu, pilih Clear data.

Jika Anda ingin menggunakan pintasan supaya lebih cepat, Anda bisa menggunakan Control+Shift+Delete bagi pengguna Windows atau Command+Shift+Delete bagi pengguna MacOS.    

Nah, kita sudah mengetahui cara menghapus cache Chrome. Apakah cara tersebut berlaku untuk web browser lain, seperti Mozilla? 

Cara Menghapus Cache di Mozilla

Secara garis besar, cara yang dilakukan untuk menghapus cache di Mozilla Firefox sama. Perbedaan terletak pada menunya saja. 

1. Dari tampilan utama Mozilla, pilih menu hamburger (garis tiga) pada kanan atas browser tersebut.

2. Pilih menu Library.

3. Lalu, Anda bisa pilih menu History.

Memilih Menu History di Mozilla

4. Pilih Clear Recent History.

5. Kemudian akan muncul jendela Clear All History. Seperti halnya Chrome, tentukan Time range to Clear: Last Hour, Last Two Hours, Last Four Hours, Today dan Everything. Selanjutnya, cukup pilih Clear Now

Penutup

Cache pada browser sangat penting untuk meningkatkan efisiensi ketika mengunjungi berbagai website. Sayangnya, cache yang tidak dikelola dengan baik, justru akan membuat performa browser Anda kurang maksimal. Jika hal ini terjadi menghapus cache bisa menjadi solusi paling efektif.

Bagi pengguna Chrome, hal ini mudah dilakukan. Anda telah belajar cara membersihkan cache di Chrome. Selain itu, kami juga membagikan cara menghapus cache di Mozilla. 

Semoga informasi ini bisa membantu Anda menikmati pengalaman browsing yang lebih baik. 

0
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =