Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

[Rekomendasi] 5+ Browser Terbaik & Tercepat yang Bisa Anda Coba di 2020

9 min read

browser terbaik dan tercepat

Browser merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuka halaman website. Saat ini pun sudah banyak sekali aneka macam aplikasi browser dengan memboyong fitur-fitur mumpuni. Sehingga, bagi Anda yang doyan berselancar di dunia maya, sekiranya perlu untuk tahu mana aplikasi browser yang tepat.

Nah, di artikel ini kami ingin membahas aplikasi-aplikasi browser terbaik dan tercepat, serta beberapa tips browsing yang aman agar Anda terhindar dari berbagai ancaman siber. Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.  

5+ Macam Browser Terbaik dan Tercepat di 2020

Dari sekian banyak aplikasi browser, kali ini kami ingin merekomendasikan beberapa di antaranya yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Google Chrome

browser terbaik dan tercepat

Google Chrome dinobatkan sebagai browser yang terbaik saat ini. Walaupun pada awal rilisnya di tahun 2008, aplikasi ini mengalami kesulitan untuk menyaingi para kompetitornya yang lebih dulu unggul seperti Internet Explorer, Firefox dan browser Safari. Lalu di tahun 2018, Google pun merombak total browser Chrome dengan meluncurkan pembaruan keamanan secara berkala. 

Hingga di awal tahun 2019, Google Chrome berhasil memperoleh pengguna sebesar 65% dari pangsa pasar browser desktop global menurut Statcounter.

Keunggulan Google Chrome:

  • Kecepatan tinggi 

Munculnya aneka macam website terkini terkadang ada saja yang membuat kinerja browser menjadi lambat. Namun, kondisi ini tak berpengaruh pada Chrome. Justru pada halaman website yang kompleks sekali pun, Chrome tetap bisa berproses dengan sangat tajam dan responsif. 

Hal ini bisa terjadi berkat mesin JavaScript V8 yang digunakan oleh Chrome. Mesin ini diklaim sebagai versi JavaScript tercepat dibanding versi mana pun.

  • Desain yang elegan 

Di tahun 2018, Chrome mengubah tampilannya dengan konsep material design dari Google. Perubahan ini membuat Chrome tampak minimalis dan elegan.

  • Penggunaan aman & nyaman 

Google selalu berupaya untuk memperbaharui fitur keamanan pada Chrome. Bermodalkan teknologi tinggi, kini Chrome dapat melakukan blokir otomatis pada situs berbahaya, menghapus segala jenis malware, dan secara otomatis menampilkan ikon pad kunci untuk memberi tahu bila situs tersebut aman untuk diakses.

  • Extensions yang melimpah

Google Chrome memfasilitasi penggunanya dengan ragam jenis aplikasi maupun exstensions. Mulai dari games, mesin pencari, tool productivity, shopping, extensions khusus developer, dan masih banyak lagi. Masing-masing extensions pun selalu didukung dengan tambahan update yang bisa diunduh dengan mudah.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Chrome Tanpa Ribet!

  • Terhubung langsung dengan Search Engine Google

Browser Chrome sangat pas buat Anda yang menggunakan Search Engine Google. Karena, browser ini sudah secara default terhubung dengan situs pencari Google. Anda hanya perlu menuliskan kata kunci pada address bar. Kemudian, secara otomatis Chrome akan menampilkan ragam situs berdasarkan kata kunci Anda.

Kekurangan Google Chrome

  • Bugs yang sering mengganggu

Selayaknya browser lain, Google Chrome juga seringkali terserang oleh bugs dan error yang kemudian mengganggu pengguna saat berselancar di internet. Namun, kondisi tersebut cukup ditoleransi berhubung tim developer Google selalu berusaha mengatasi hal ini.

  • Penggunaan RAM yang boros

Walaupun banyak yang mengagumi kecepatan akses pada Chrome, sayang aplikasi ini terkenal boros RAM. Sehingga ketika mencapai batas tertentu PC, pengaksesan internet bisa menjadi sangat lemot bahkan terburuknya akan terjadi hang atau freeze.

2. Mozilla Firefox

broswer terbaik dan tercepat

Opsi browser terbaik berikutnya adalah Mozilla Firefox. Browser ini dirancang oleh Mozilla Foundation yang mulanya diberi nama Phoenix pada tahun 2002. Lalu, setelah berjalannya waktu, nama Phoenix pun berganti menjadi Mozilla Firefox. 

Sejak awal perilisannya, banyak pengguna yang sangat antusias untuk menggunakan browser buatan Amerika ini. Bahkan, di tahun 2008 Mozilla Firefox berhasil meraup sebagian besar pengguna Internet Explorer dengan jumlah lebih dari 500 juta kali unduh

Di tahun 2017, Mozilla Firefox pun merilis sebuah versi dengan nama Mozilla Firefox Quantum yang dibekali fitur lebih cepat. Namun di tahun 2019, Firefox kembali mengubah versi mereka dengan sebutan Firefox Browser.    

Keunggulan Mozilla Firefox

  • Jaminan keamanan

Mozilla Firefox dibekali dengan sistem keamanan tingkat lanjut yang mampu menghadapi segala bentuk ancaman seperti spyware yang kerap terunduh secara otomatis, malware, maupun beberapa virus tertentu. 

  • Bebas iklan

Dengan Mozilla Firefox, Anda bisa memanfaatkan fitur Mode Turbo untuk menangkal berbagai iklan atau pop-up banner yang mengganggu. Sehingga, kegiatan Anda menjelajah internet dapat berjalan dengan nyaman.

  • Fitur Reader View

Bagi Anda yang gemar membaca, Mozilla Firefox menawarkan fitur berupa Reader View. Lewat fitur ini,  Firefox akan menampilkan halaman berupa tulisan saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan warna background dengan tema Sephia dan Dark agar Anda merasa lebih nyaman saat membaca.

  • Tab History

Pada Mozilla Firefox, Anda tak perlu repot-repot untuk membuka tab baru untuk membuka halaman history. Cukup dengan melihat pada pop up tab kecil yang terdapat di sebelah kiri layar PC Anda.

  • Berbagai jenis Add Ons

Persis dengan Chrome, para pengguna Mozilla Firefox juga akan disuguhi dengan aneka macam ekstensi untuk mendukung kebutuhan Anda. Tentunya hal ini mempermudah dalam hal seperti sinkronisasi kata sandi, pengelolaan bookmark, dan berbagai pengaturan menu secara kustom.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Error 404 Not Found di WordPress

Kekurangan Mozilla Firefox

  • Menghabiskan banyak memori PC

Inilah yang menjadi kelemahan utama dari Mozilla Firefox. Firefox dikenal sebagai browser yang menghabiskan banyak memori pada komputer, sehingga aplikasi ini kurang bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Kondisi ini seringkali ditandai dengan pemutaran video online yang menjadi lambat, tab yang freezealias tidak bisa dibuka, dan sebagainya.

  • Pengunduhan yang tidak berlanjut otomatis

Kelemahan berikutnya adalah ketika Anda sedang mengunduh suatu file sembari menjelajahi berbagai situs. Hal ini terkadang membuat proses pengunduhan menjadi tersendat. Bahkan, bisa saja benar-benar berhenti. Kondisi ini tentu menjadi sangat tidak efektif, karena Anda harus mengunduh file kembali dari awal.

3. Opera

browser terbaik dan tercepat

Dari sekian aplikasi browser terbaik dan tercepat yang ada saat ini, Opera masih termasuk salah satunya. Walaupun Opera tidak mendominasi pangsa pasar browser secara global (seperti Chrome dan Mozilla Firefox), tetapi Opera masih menjadi browser yang recommended untuk segala sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X hingga browser untuk smartphone.

Keunggulan Opera

  • VPN gratis

Kadang kala ketika Anda sedang menggunakan fasilitas Wifi umum, penggunaan VPN cukup perlu. Karena dengan VPN, segala data yang Anda akses tidak akan mudah diretas oleh hacker. Opera, menjadi salah satu browser yang menawarkan fasilitas VPN secara gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

  • Fitur keamanan yang lengkap

Tidak kalah dengan browser terbaik lainnya yang memiliki jaminan keamanan mumpuni, Opera juga dilengkapi dengan fitur yang mampu memperingatkan penggunanya bila terdapat sebuah virus atau malware pada situs yang dikunjungi. 

Fitur ini sudah aktif secara default, sehingga ketika Opera menemukan situs yang berbahaya, secara otomatis peringatan tersebut akan muncul pada halaman yang ditampilkan. Sisanya, pengguna sendiri yang akan menentukan apakah akan tetap mengunjungi halaman tersebut atau sebaliknya. 

  • Pemblokiran iklan pop up banners dengan mudah

Tidak jauh berbeda dengan fitur yang dimiliki Mozilla Firefox, Anda bisa bebas melakukan pemblokiran iklan atau pop up banners yang sekiranya mengganggu pada browser Opera. Caranya cukup dengan mengaktifkan mode Block Ads yang terdapat pada halaman pengaturan browser Opera.

Selayaknya browser unggul lain, Opera juga menyediakan banyak sekali jenis Add Ons yang bisa memberikan pengalaman berinternet Anda semakin mudah dan menyenangkan. Anda juga bisa mengaktifkan berbagai macam Add Ons Search Engine seperti Google, Bing, DuckDuckGo secara default.

Kekurangan Opera

  • Tidak memiliki bar loading

Banyak pengguna yang mengeluhkan nihilnya bar loading pada tampilan Opera. Ini menjadikan mereka sulit untuk mengetahui progress loading pada situs yang sedang dikunjungi.

  • Pencarian Add Ons yang tidak user friendly

Di samping itu, banyak pula pengguna yang berkomentar bila mereka sulit untuk mencari Add Ons yang dibutuhkan. Tampilan halaman yang sedikit tidak terstruktur menjadikan pencarian Add Ons Opera sedikit tidak ramah bagi pengguna.

4. Maxthon

browser terbaik

Dibandingkan dari jejeran ketiga browser sebelumnya, mungkin Maxthon tergolong browser yang belum banyak dikenal. Terutama untuk pengguna internet di Indonesia. Padahal, browser keluaran Cina ini mempunyai banyak sekali keunggulan, termasuk kecepatan akses yang tak kalah saing dengan browser ternama lainnya.

Keunggulan Maxthon

  • Kecepatan unggul

Maxthon selalu menjaga performa PC yang memberikan stabilitas koneksi internet, sehingga Anda bisa membuka berbagai macam situs dengan cepat. Bahkan, Maxthon telah menerapkan fitur Ad Block secara otomatis yang membuat Anda terbebas dari iklan yang mengganggu.

  • Dapat digunakan pada berbagai Sistem Operasi

Hampir seluruh Sistem Operasi yang ada saat ini, baik itu Windows, Linux, Mac OS X, hingga Android, semuanya dapat menggunakan browser Maxthon.

  • Irit memori

Tak sedikit pengguna setia Maxthon yang mengungkapkan kalau browser ini lebih irit pemakaian memori dibandingkan Chrome dan Mozilla Firefox.

  • Tampilan ramah pengguna

Maxthon didesain dengan interface yang begitu ramah pengguna, alias mudah dioperasikan. Serta dapat memanjakan mata Anda dengan fitur auto brightness untuk mengatur cahaya saat membaca di malam hari.

  • Jaminan keamanan

Anda bisa bebas melakukan transaksi apa pun dengan Maxthon tanpa khawatir kalau data pribadi Anda akan diretas.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Private

  • Fitur Reader Mode

Fitur ini memudahkan Anda untuk bisa membaca artikel atau blog tanpa terhalang dengan iklan-iklan yang muncul.

Kekurangan Maxthon

  • Minim fitur Add Ons

Berbeda jauh dengan Chrome atau pun Firefox, browser garapan Cina satu ini sayangnya tidak dibekali banyak pilihan Add Ons atau ekstensi. Bisa dibilang, ini merupakan satu-satunya kekurangan dari Maxthon.

5. Vivaldi

Vivaldi merupakan salah satu rekomendasi browser terbaik dan tercepat berikutnya yang patut Anda coba. Banyak yang tidak tahu, kalau ternyata browser rilisan tahun 2016 ini diciptakan oleh mantan CEO Opera Software, yaitu Jon Stephenson. Mulanya Vivaldi terbentuk sebagai komunitas virtual yang menggantikan My Opera yang sudah tidak beroperasi di tahun 2014.

Namun bagi Jon Stephenson, keberadaan komunitas sangatlah membantu untuk pengembangan browser. Itulah mengapa ia membentuk Vivaldi dan memboyong fitur-fitur serupa dengan Opera yang lebih inovatif.

Baca juga: 20 Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Keunggulan Vivaldi

  • Fitur Blink Rendering Engine

Blink Rendering Engine menjadi fitur pendukung utama Vivaldi yang juga saat ini digunakan pada Chrome. Fitur ini memberikan Anda fasilitas untuk mengatur halaman interface sebebas mungkin, mulai dari pemilihan tema, posisi tab, tombol di toolbar, penggunaan gestur dan mouse, dan lain-lain.

  • Fitur Note dan Screen Capture

Keunikan browser Vivaldi adalah Anda tidak membutuhkan aplikasi atau extensions tambahan untuk capture screen. Yang perlu dilakukan hanyalah dengan mengklik ikon kamera yang terdapat di toolbar bagian bawah kanan. Selain itu, Anda juga dapat menulis catatan kecil (Note) yang tersedia pada panel sebelah kiri.

  • Fitur Page Tiling

Page Tiling menjadi andalan fitur lainnya dari browser Vivaldi. Anda bisa menggabungkan dua hingga empat halaman situs berbeda menjadi satu tampilan penuh. Artinya, Anda tidak usah repot untuk membuka tab satu per satu jika ingin mengunjungi situs yang berbeda. 

Untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Cukup dengan tekan shift + tab yang bersangkutan, lalu klik ikon Page Tiling yang terdapat pada panel kanan bawah.

  • Fitur Preview Tab

Selanjutnya adalah fitur Preview Tab, yakni sebuah fitur untuk Anda bisa mengintip isi halaman dengan cepat. Caranya sangat gampang. Anda tinggal mengarahkan kursor pada tab halaman situs yang bersangkutan, kemudian Anda bisa melihat sekilas preview dari situs tersebut. 

  • Berbagai macam Add Ons yang sama dengan Chrome

Pada Vivaldi, Anda bisa menemukan beberapa macam Add Ons yang juga dimiliki oleh Chrome. Berhubung browser Vivaldi memang didukung dengan basis engine yang sama dengan Chrome yaitu Blink Engine. 

Kekurangan Vivaldi

  • Penggunaan memori yang tinggi

Salah satu kekurangan yang masih disayangkan dari browser ini adalah penggunaan memori yang cukup besar. Apalagi jika Anda menggunakan berbagai Add Ons tambahan seperti yang juga dimiliki Chrome.

6. UC Browser

browser terbaik dan tercepat

UC browser merupakan browser terbaik yang begitu populer di kalangan pengguna smartphone. Browser kelahiran tahun 2004 asal Tiongkok ini memiliki misi untuk menyediakan pengalaman berinternet yang lebih baik di seluruh dunia. Walaupun UC browser mendominasi pengguna smartphone dibanding PC, tetapi ia terbukti menjadi peramban web yang memiliki kualitas mumpuni.

Baca juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya

Keunggulan UC Browser

  • Kecepatan download

Dengan UC browser, Anda tidak lagi memerlukan aplikasi eksternal download accelerator untuk mengunduh data besar. Karena sebesar apapun kapasitas data yang diunduh, tidak akan mempengaruhi kinerja UC browser menjadi lemot. Makanya, tidak heran kalau browser ini sering menjadi andalan para gamers.

  • Hemat kuota

Bagi pengguna smartphone, UC browser memberikan banyak keuntungan untuk bisa menghemat kuota internet. Pasalnya, aplikasi ini dapat memangkas 90 persen data yang diambil setiap kali mengakses sebuah halaman.

  • Keamanan privasi

Tidak kalah berbeda dengan jejeran browser sebelumnya, UC browser juga dibekali dengan fitur keamanan yang dapat menjamin privasi penggunanya.

  • Night Mode

Demi menjaga kenyamanan mata pembaca, browser ini menyediakan fitur berupa Night Mode yang dapat mengatur intensitas cahaya tampilan di malam hari.

  • Smart download

Fitur ini memfasilitasi pengguna smartphone untuk bisa mengunduh berbagai data sebanyak 3 file berbeda sekaligus. Anda pun bisa melakukan stop, start, dan pause sesuka hati.

Kekurangan UC Browser

  • Tidak mendukung RSS Feed dan Javascript

Kelemahan dari UC browser adalah tidak adanya dukungan RSS Feed dan Javascript pada sebagian pengguna bila ingin menampilkan mode desktop atau PC pada mobile.

  • Banyaknya notifikasi yang muncul

Hal ini menjadi keluhan oleh banyak pengguna mobile dikarenakan munculnya notifikasi iklan yang begitu intens. Walaupun tersedia fitur Ad Block, tetapi tetap saja cara ini tidak begitu berpengaruh.

Baca juga: 8+ Antivirus Terbaik Untuk Amankan File Website

5 Tips Browsing yang Aman dan Mudah

Hampir di setiap harinya, rata-rata setiap orang akan menghabiskan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam untuk mengakses internet. Tak sedikit pula di antara mereka yang menghadapi banyak keluhan mulai dari serangan virus atau malware, pop up iklan, hingga peretasan data pribadi. 

Nah, untuk menghindari masalah tersebut, kami akan membagikan seputar tips browsing aman dan mudah yang bisa diterapkan pada perangkat apa pun, mulai dari PC, laptop, hingga smartphone.

1. Update browser

Mau apa pun jenis browser yang digunakan, pastikan Anda selalu mengupdate-nya secara rutin. Karena fitur keamanan akan selalu diperbarui mengikuti tren kejahatan siber yang juga terus berubah. Maka itu, memastikan browser selalu up-to-date adalah langkah awal untuk bisa berinternet dengan aman.

2. Akses situs dengan ikon gembok hijau (secure) pada URL 

Ketika hendak mengunjungi suatu website, cobalah untuk mengecek apakah terdapat ikon gembok hijau atau SSL (Secure Socket Layer) yang terletak pada URL website tersebut. SSL dapat mengindikasikan bila website yang bersangkutan aman untuk dikunjungi, serta bebas dari resiko pencurian data.

Pembahasan mengenai apa itu SSL dan manfaatnya, bisa Anda simak selengkapnya pada artikel kami di sini.

3. Menghapus Cache dan Cookies pada browser

Cache memiliki peranan untuk menyimpan segala data situs-situs yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Sehingga ketika Anda hendak mengunjunginya kembali, akses ke halaman tersebut bisa lebih cepat. Sedangkan Cookies berfungsi untuk menyimpan data login seperti username dan password pada setiap situs yang memerlukannya. 

Walaupun keduanya sangat penting, namun ada kalanya Anda perlu untuk menghapus Cache dan Cookies secara berkala. Penghapusan Cache berguna agar browser Anda bisa memuat update data terbaru bukan sebaliknya. Sedangkan penghapusan Cookies untuk menghindari pencurian data login, terutama saat Anda meminjamkan laptop atau gadget kepada orang lain.

Untuk tahu cara menghapus Cache pada browser bisa Anda pelajari selengkapnya pada artikel kami di Cara Hapus Cache di Browser.

4. Menggunakan Password Manager

Membuat kata sandi yang berbeda dan unik sangatlah perlu agar tidak terjadi adanya kebocoran ataupun pencurian data. Namun, akan lebih baik bila Anda menggunakan bantuan aplikasi Password Manager untuk menyimpan segala password Anda dengan aman. 

Dengan bantuan Password Manager, Anda juga tak perlu lagi sibuk mengingat satu per satu setiap password Anda. Beberapa contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu 1Password, LastPass, Enpass dan masih banyak lagi.

5. Install Software Antivirus dan Firewall

Menginstal software Antivirus atau Firewall adalah langkah terbaik untuk memastikan Anda aman dari segala serangan virus maupun malware saat berinternet. Karena Anda tidak pernah bisa memprediksi apakah situs terpercaya sekali pun dapat benar-benar terbebas dari program jahat lainnya. Namun, setelah Anda memiliki software Antivirus, pastikan pula Anda melakukan update program secara berkala.

Baca juga: 7+ Cara Menghilangkan Malware Terampuh

Kesimpulan

Menentukan browser yang tepat sangatlah penting untuk bisa memberikan pengalaman berinternet yang aman dan nyaman. Untuk itu, kami mencoba memberikan beberapa alternatif terkait web browser terbaik dan tercepat di 2020. Berikut adalah rangkuman dari pembahasan artikel ini:

  • Google Chrome – menjadi opsi browser terbaik yang populer dengan bekal kecepatan mumpuni dan sangat ideal untuk Anda yang sering memakai Search Engine Google.
  • Mozilla Firefox – aplikasi kedua terbaik selain Chrome dengan banyak fitur unggul yang sudah terjamin aman.
  • Opera – pas untuk Anda yang membutuhkan VPN gratis tanpa harus menggunakan aplikasi (software) tambahan.
  • Maxthon – browser dengan akses cepat dan pas untuk penggunaan PC yang memiliki spesifikasi rendah karena hemat RAM.
  • Vivaldi – browser dengan segudang fitur canggih yang didukung dengan fitur serupa dengan milik Chrome, yaitu Blink Rendering Engine.
  • UC Browser – rekomendasi browser yang ideal untuk para gamers karena dibekali kecepatan akses untuk mengunduh berbagai jenis data tanpa menurunkan kinerja browser.

Dari sekian rekomendasi, kira-kira mana aplikasi browser yang bakal Anda gunakan? Jangan lewatkan pula beberapa langkah penting lainnya seperti penambahan fitur proteksi, Password Manager, update browser, dan lain-lain agar terhindar dari ancaman resiko siber. 

Bila Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel kami, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

3
Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 14 =