Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

8+ Antivirus Terbaik Untuk Amankan File Website

9 min read

Featured image antivirus

Mengandalkan fitur keamanan milik WordPress tidaklah cukup untuk menghindari malware dan virus. Anda masih perlu menggunakan antivirus untuk memastikan bahwa file-file yang ingin diunggah ke website bebas dari bahaya tersebut.

Di artikel ini, kami akan membahas 8+ antivirus terbaik yang bisa digunakan untuk menjamin keamanan situs Anda dari serangan virus maupun malware.

8+ Antivirus Terbaik yang Bisa Anda Coba

Berikut adalah daftar antivirus terbaik saat ini. Dalam daftar ini, kami akan membahas kelebihan, kekurangan, dan harga masing-masing antivirus. Perlu diingat bahwa semua produk yang disebutkan merupakan antivirus untuk perangkat pribadi dan bukan untuk komputer server.

1. BitDefender Antivirus Plus

BitDefender Antivirus Plus

Kelebihan: Fitur beragam dan harga yang terjangkau untuk 10 perangkat.

Kekurangan: Hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows.

Harga: Rp 429.900 – Rp 859.900

Jika menginginkan antivirus terbaik yang ramah terhadap kinerja PC atau laptop Anda, BitDefender Antivirus Plus bisa dijadikan salah satu pilihan.

Antivirus ini melakukan pemindaian file-file Anda di dalam cloud-nya. Dengan demikian, memori komputer Anda hampir tidak terpengaruh oleh proses ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena BitDefender tidak menyimpan file pengguna maupun memindai isinya di dalam cloud.

Keunggulan BitDefender Antivirus Plus tak hanya berhenti di situ. Software ini memiliki fitur anti-phishing yang memblokir situs-situs yang terdeteksi melakukan penipuan.

Di samping itu, ada juga proteksi file agar dokumen-dokumen Anda tidak terenkripsi oleh ransomware.

Jika belum puas, Anda juga mendapatkan password manager, VPN dengan kuota 200MB per hari, serta perlindungan dari web tracker.

BitDefender Antivirus Plus dapat digunakan hingga 10 perangkat dengan harga Rp 429.900 sampai Rp 859.900 per tahunnya. Sayangnya, antivirus ini hanya diperuntukkan sistem operasi Windows.

Baca Juga: Bagaimana Langkah Terbaik Mengatasi Phishing?

2. Kaspersky Total Security

Kaspersky Total Security Antivirus

Kelebihan: Antivirus dengan fitur yang sangat lengkap.

Kekurangan: Biaya per tahun yang mahal.

Harga: Rp 743.000 – Rp 1.395.000

Seperti namanya, Kaspersky Total Security adalah produk terlengkap yang ditawarkan oleh Kaspersky. Sebagai salah satu merek antivirus terbaik, fitur-fitur yang dimiliki Kaspersky tidak jauh berbeda dengan BitDefender Antivirus Plus.

Pengguna akan mendapatkan perlindungan dari ransomware, password manager, dan VPN client dengan kuota 200MB per hari.

Akan tetapi, proteksi yang diberikan oleh Kaspersky Total Security lebih beragam. Fitur Safe Money yang dimiliki oleh antivirus ini akan melakukan enkripsi pada browser ketika Anda melakukan transaksi online.

Dengan demikian, Anda dapat berbelanja online dan internet banking tanpa rasa takut. Untuk saat ini, fitur Safe Money didukung Firefox, Chrome, Internet Explorer, dan Safari.

Di samping itu, Kaspersky Total Security akan menghalangi hacker yang menggunakan webcam untuk memata-matai Anda. Oleh karena fitur ini, Anda tidak perlu menutup bagian atas layar laptop dengan selotip atau stiker lagi.

Ditambah lagi, antivirus ini juga memastikan anak-anak Anda tidak mengakses konten-konten berbahaya dengan adanya fitur bad content blocker.

Melihat fasilitas yang beragam jenisnya, tidak heran jika Kaspersky Total Security dibanderol dengan harga tinggi. Untuk satu perangkat, biaya tahunan antivirus ini adalah Rp 743.000. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan paket untuk lima perangkat seharga Rp 1.395.000 per tahun.

Kabar baiknya, Kaspersky Total Security tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, iOS, dan Android.

3. ESET Smart Security Premium

ESET Smart Security Premium Antivirus

Kelebihan: Dapat mendeteksi malware yang belum dikenal.

Kekurangan: Biaya yang tidak begitu murah untuk satu perangkat.

Harga: Rp 495.000 – Rp 795.000

Apakah Anda menginginkan fitur-fitur yang dimiliki BitDefender dan Kaspersky dengan harga yang lebih terjangkau? Jika ya, ESET Smart Security Premium adalah solusinya.

Dilengkapi berbagai kemampuan kedua antivirus yang telah dibahas, software keamanan ini dapat dibeli dengan harga Rp 495.000 per tahunnya untuk satu perangkat.

Biaya yang diperlukan pun tidak terlalu besar jika Anda membutuhkannya untuk lebih banyak device, yaitu Rp 795.000 per tahun untuk empat perangkat. Belum lagi, Anda dapat mencoba antivirus ini selama 30 hari, lengkap dengan semua fiturnya.

Menariknya, ESET Smart Security Premium masih punya fitur-fitur tambahan lainnya. Pertama, Advanced Machine Learning miliknya akan mendeteksi jenis malware yang belum dikenal. Tidak banyak antivirus lain yang mampu melakukan ini.

Kedua, ESET Smart Security premium dilengkapi dengan ESET Live Grid. Ini merupakan sistem database cloud yang menyimpan data tentang perilaku file-file yang Anda miliki. Dengannya, proses pemindaian perangkat dapat dipercepat dengan melewatkan file-file yang dianggap tidak berbahaya.

Ketiga, antivirus ini otomatis akan memasuki mode silent ketika ada aplikasi komputer yang berjalan secara fullscreen. Artinya, tidak ada notifikasi suara maupun pop-up yang mengganggu presentasi, film, maupun game Anda.

Terakhir, modem internet dan perangkat pintar yang terkoneksi dengannya akan dipindai dengan antivirus ini untuk mencari celah keamanan yang perlu ditindaklanjuti. Firmware yang belum update, misalnya. Canggih, bukan?

ESET Smart Security Premium tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, Linux, dan Android.

Baca Juga: 7+ Cara Menghilangkan Malware Terampuh

4. McAfee Total Protection

McAfee Total Protection Antivirus

Kelebihan: Fitur blokir autoplay video dan coba gratis 30 hari.

Kekurangan: Fitur perlindungan identitas hanya diperuntukkan pengguna di Amerika Serikat.

Harga: $34,99 – $44,99

Antivirus terbaik lainnya adalah McAfee Total Protection yang tersedia untuk Windows, Mac, iOS, dan Android. Sedikit berbeda dengan tiga software yang tadi sudah dibahas, antivirus ini ditawarkan dalam tiga paket (harga yang tertera adalah biaya langganan per tahun):

  • Individual ($34,99) — Hanya untuk satu perangkat
  • Multi-Device ($39,99) —- Dapat digunakan untuk lima perangkat
  • Family ($44,99) — Dapat digunakan untuk sepuluh perangkat

Perlu diketahui bahwa tidak hanya jumlah pengguna yang membedakan ketiganya, tetapi juga fitur yang ditawarkan oleh masing-masing paket tersebut. Untuk membantu Anda menemukan paket sesuai kebutuhan, kami akan membahas fitur-fiturnya.

Dalam setiap paket McAfee Total Protection, Anda akan mendapatkan password manager, pemblokir situs berbahaya, enkripsi penyimpanan, dan perlindungan jaringan internet rumah dari hacker.

Di samping itu, antivirus ini menyediakan McAfee Shredder. Ini adalah fitur yang memastikan file-file berisi informasi sensitif, seperti riwayat transaksi, betul-betul hilang dari perangkat ketika Anda menghapusnya.

Masih ada lagi fasilitas utama McAfee Total Protection lainnya, yaitu optimasi kinerja perangkat. Selain dikenal sebagai antivirus yang ringan, McAfee juga memiliki kemampuan untuk memblokir autoplay video pada berbagai situs.

Fitur yang berbeda dapat ditemukan di paket Multi-Device dan Family. Dalam paket Multi-Device, ada fitur perlindungan dari pencurian identitas. Sayangnya, fasilitas ini hanya dapat digunakan untuk warga negara Amerika Serikat.

Paket Family memiliki satu fitur tambahan lagi, yaitu Safe Family. Dengan ini, Anda dapat mengelola status langganan McAfee Total Protection seluruh anggota keluarga melalui satu akun.

Apabila belum yakin dengan paket antivirus yang ingin digunakan, Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari.

5. Trend Micro Maximum Security

Trend Micro Maximum Security Antivirus

Kelebihan: Proteksi akun email dari phishing dan pencurian data.

Kekurangan: Dinilai dari kelengkapan fiturnya, harga antivirus ini tidak terjangkau.

Harga: AU$69,95 – AU$99,95

Trend Micro Maximum Security adalah antivirus yang cocok jika Anda menginginkan proteksi akun email. Bagi para pengguna Gmail dan Outlook, fitur Fraud Buster milik Trend Micro akan menjauhkan Anda dari praktik phishing atau scam.

Tak hanya email tipu-tipu, Anda juga akan dilindungi dari berbagai situs yang terindikasi melakukan pencurian data pribadi. Tentunya, kemampuan ini juga disertai dengan proteksi malware dan ransomware.

Fitur Trend Micro Maximum Security tak hanya itu. Untuk para pengguna setia Microsoft Edge, antivirus ini memberikan keamanan lebih ketika Anda menggunakan perangkat Windows 10 Anda dalam S Mode. Meski demikian, Trend Micro Maximum Security dapat digunakan di sistem operasi Mac, Android, dan iOS pula.

Seperti antivirus lainnya yang sudah dibahas, software ini juga mengedepankan kenyamanan pengguna selain berfokus pada keamanan. Ini dilakukan melalui Mute Mode yang akan menyembunyikan notifikasi ketika Anda sedang bermain game.

Trend Micro Maximum Security bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari AUD$69,95 per tahun untuk dua perangkat hingga AU$99,95 per tahun untuk enam perangkat. Biaya tersebut sudah termasuk untuk layanan instalasi seharga AU$54,95.

Sayangnya, dengan harga yang mahal tersebut, fitur Trend Micro Maximum Security tidak selengkap keempat antivirus sebelumnya. Fasilitas seperti VPN built-in, enkripsi file, dan proteksi webcam tidak ditawarkan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Malware pada Website

6. Panda Dome Premium

Panda Dome Premium Antivirus

Kelebihan: Fasilitas lengkap untuk melindungi aktivitas dunia maya keluarga Anda.

Kekurangan: VPN hanya dapat digunakan di lima perangkat.

Harga: $53,24 – $98,24

Tidak ada salahnya jika Anda mengenalkan teknologi digital kepada si buah hati di usia dini. Namun, aktivitas mereka di dunia maya harus dibatasi dan diawasi. Nah, Panda Dome Premium menyediakan solusi untuk hal tersebut.

Dengan antivirus ini, Anda tidak hanya dapat memproteksi perangkat komputer dan mobile dari serangan virus dan malware, tetapi juga memonitor penggunaannya oleh anak Anda.

Tak hanya itu, Panda Dome Premium memungkinkan Anda untuk mencegah diaksesnya konten-konten online yang tidak pantas bagi si kecil. 

Ingin mengunci aplikasi tertentu agar tidak disalahgunakan? Antivirus ini juga menyediakan fitur tersebut.

Jika fasilitas-fasilitas di atas belum cukup memuaskan, Panda Dome Premium masih punya kemampuan lainnya. Jika ada salah satu perangkat Anda yang hilang atau dicuri, Anda bisa melacak lokasi, mengunci, dan bahkan menghapus seluruh data serta filenya.

Di samping itu, fitur-fitur tambahan Panda Dome Premium meliputi password manager, VPN, dan optimasi kinerja perangkat.

Antivirus ini tersedia untuk Windows, Mac, Android, dan iOS. Untuk jumlah maksimal penggunanya, Panda Dome Premium dapat digunakan hingga sepuluh perangkat sekaligus. Namun demikian, VPN-nya hanya dapat dinikmati di lima perangkat.

Hal lain yang menjadi kekurangan antivirus ini ialah harganya yang kurang terjangkau. Untuk satu perangkat, biaya tahunan Panda Dome Premium adalah $53,24.

7. Norton 360 Deluxe

Norton 360 Deluxe Antivirus

Kelebihan: Fitur Smart Firewall.

Kekurangan: Kapasitas cloud backup tidak sebesar yang dimiliki antivirus lain.

Harga: $49,99

Mayoritas antivirus yang dibicarakan di artikel ini dijual dalam beberapa paket dengan harga yang berbeda-beda. Jika itu terlalu ribet untuk Anda, Norton 360 Deluxe bisa dijadikan alternatif.

Antivirus ini hanya tersedia dalam satu paket yang dibanderol dengan harga $49,99 per tahun. Anda bisa menggunakannya di lima perangkat sekaligus. Dukungan sistem operasinya pun lengkap: Windows, Mac, Android, dan iOS.

Dengan harga sekian, fasilitas yang diberikan Norton 360 Deluxe lumayan beragam, termasuk VPN bawaan, password manager, dan proteksi webcam.

Namun, masih ada lagi fitur lainnya yang diunggulkan dari antivirus ternama ini. Pertama, ada fasilitas cloud backup dengan kapasitas 50GB yang terenkripsi agar Anda dapat menyimpan file-file penting dengan aman.

Selain itu, ada juga fitur smart firewall yang mengawasi lalu lintas data yang keluar dan masuk ke perangkat Anda. Apabila sistem Norton menemukan arus data yang tidak biasa, ia akan memblokir sumbernya.

Terakhir, di antivirus ini Anda akan menemukan fitur yang memonitor keberadaan akun email Anda di dark web. Ini adalah bagian dari dunia internet yang tidak dapat diakses dengan browser biasa. Di sinilah perdagangan gelap biasa terjadi.

Norton 360 Deluxe membantu Anda dengan memberitahu jika ada data akun email Anda yang dijual di sana. Dengan demikian, Anda dapat mengganti passwordnya atau menghapusnya.

Hal yang disayangkan dari Norton 360 Deluxe adalah fitur cloud backup-nya. Selain kapasitas yang terbilang kecil, fasilitas ini hanya dapat digunakan di perangkat Windows.

8. F-Secure Antivirus SAFE

F-Secure Antivirus SAFE

Kelebihan: Salah satu antivirus paling terjangkau di daftar ini.

Kekurangan: Tidak memiliki beragam fitur ekstra.

Harga: Rp 399.000 – Rp 4.712.000

F-Secure Antivirus SAFE dapat dibilang salah satu antivirus yang paling sederhana di daftar ini. Di samping perlindungan dari virus dan ransomware, Anda akan mendapatkan proteksi browser. Fitur ini akan memberitahu Anda jika ada situs yang berbahaya.

Bersamaan dengan fasilitas tersebut, koneksi Anda akan langsung dienkripsi ketika melakukan internet banking. 

Sama seperti antivirus-antivirus lainnya di artikel ini, F-Secure Antivirus SAFE menyediakan parental control. Dengan ini Anda dapat membatasi durasi akses internet sang buah hati dan situs yang dapat dikunjungi. Anda pun tidak perlu cemas ketika anak-anak menggunakan perangkat Anda.

F-Secure Antivirus SAFE juga dapat digunakan sebagai pelacak perangkat Android atau iOS Anda. Selain bertugas untuk memberitahukan lokasi perangkat tersebut, fasilitas ini bisa Anda manfaatkan untuk menguncinya.

Memang, software ini tidak memiliki fitur-fitur ekstra seperti VPN, blokir web tracker, proteksi file, dan lain-lainnya. Namun, F-Secure Antivirus SAFE adalah salah satu antivirus yang paling terjangkau di daftar ini.

Dengan Rp 399.000 per tahun, Anda sudah bisa menggunakannya. Apalagi, antivirus ini bisa dipasang di tiga perangkat sekaligus.

Tentu saja ada paket lainnya yang dapat memfasilitasi lebih dari tiga perangkat dengan harga yang lebih tinggi. Bahkan, Anda bisa memasang antivirus ini di 25 perangkat dengan biaya Rp 4.712.000 per tahun.

Baca Juga: Apa itu SSL? Pentingkah SSL untuk Website?

9. Comodo Antivirus

Comodo Antivirus

Kelebihan: Antivirus dengan fitur pemindaian file di penyimpanan virtual yang paling terjangkau.

Kekurangan: Tidak memiliki beragam fitur ekstra.

Harga: Rp 260.000 – Rp 289.000

Ingin antivirus berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau lagi? Comodo Antivirus bisa dicoba. Anda dapat memasangnya pada satu perangkat dengan biaya Rp 260.000 atau tiga perangkat seharga Rp 289.000. Keduanya dibayarkan untuk satu tahun penuh.

Seperti F-Secure Antivirus SAFE, Comodo tidak memiliki segudang fitur. Namun, kemampuannya tidak boleh dianggap remeh.

Antivirus ini dilengkapi dengan auto containment technology, metode yang menjalankan file-file tidak dikenal di dalam sebuah sistem penyimpanan virtual untuk memeriksa keberadaan virus. 

Dengan demikian, komputer Anda tidak hanya terlindungi, tetapi juga tidak terbebani dengan kinerja Comodo Antivirus.

Tak hanya itu fitur yang dapat melancarkan perangkat Anda. Ketika game mode antivirus ini dinyalakan, update database virus dan pemindaian terjadwal akan ditunda agar Anda dapat menikmati permainan.

Di samping itu, fitur ekstra Comodo Antivirus meliputi backup 50GB, enkripsi file, pembasmi spyware, dan perlindungan ketika melakukan transaksi online.

Untungnya lagi, seluruh fasilitas antivirus ini bisa dinikmati di semua sistem operasi yang didukung: Windows, Mac, iOS, dan Android.

10. Webroot SecureAnywhere Antivirus

Webroot SecureAnywhere Antivirus

Kelebihan: Antivirus berukuran kecil.

Kekurangan: Bagi pengguna yang menginginkan fitur lebih, antivirus ini terbilang minimalis.

Harga: $29,99 – $37,49

Apabila Anda membutuhkan antivirus super ringan, Webroot SecureAnywhere bisa jadi pilihan tepat. Antivirus ini hanya membutuhkan 15MB dari penyimpanan komputer Anda ketika di-install. Terlebih, ia dapat melakukan pemindaian seluruh file dengan kecepatan rata-rata 20 detik.

Di samping itu, Webroot SecureAnywhere memiliki sepaket sistem keamanan yang sederhana, tetapi ampuh. Fitur anti-phishing-nya akan melindungi Anda dari situs-situs berbahaya ketika berselancar di dunia maya.

Selain proteksi di browser, ada juga fasilitas yang menjaga identitas Anda agar tidak dicuri peretas. Seperti pada beberapa antivirus lain di daftar ini, Webroot SecureAnywhere memastikan keamanan webcam dan koneksi internet pula.

Sayangnya, tidak ada fitur lainnya yang ditawarkan oleh antivirus ini. Namun, harganya memang tidak kalah terjangkau dengan yang sebelum-sebelumnya.

Untuk satu perangkat Windows atau Mac, Anda hanya perlu membayar $29,99 per tahun. Jika membutuhkannya untuk tiga perangkat, harganya $37,49 per tahun saja. Asyiknya, Anda diperbolehkan untuk mencicipi seluruh fungsinya selama 14 hari secara gratis.

11. Avast Antivirus

Avast Antivirus

Kelebihan: Gratis, tetapi memiliki fitur pemindaian file di penyimpanan virtual.

Kekurangan: Tidak banyak fitur yang ditawarkan.

Harga: Gratis

Sepuluh antivirus yang sudah kami bahas memang berbayar. Akan tetapi, bukan berarti semua antivirus gratis kalah dari segi kemampuannya.

Avast Antivirus adalah salah satu antivirus terbaik yang gratis dan bisa diandalkan. Meskipun bebas biaya, software ini mampu mencegah serangan virus, malware, ransomware, dan phishing sebelum mereka sempat mempengaruhi perangkat Anda.

Seperti yang dilakukan oleh Comodo Antivirus, Avast memeriksa file-file mencurigakan di dalam penyimpanan virtual agar komputer tidak terbebani.

Selain itu, Avast juga bekerja sebagai penasihat keamanan cyber Anda. Tak hanya memindai titik buta di jaringan Wi-Fi rumah, antivirus ini akan memberitahu Anda ketika ada pengaturan perangkat yang tidak aman, password lemah, dan software yang tidak update.

Anda dapat memanfaatkan segala fasilitas tersebut di perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS.

Baca Juga: Cara Menghapus Malware WordPress dengan Wordfence

12. AVG Antivirus

AVG Antivirus

Kelebihan: Antivirus gratis dengan fitur analisa kinerja perangkat.

Kekurangan: Hanya memberikan perlindungan terhadap virus, malware, dan spyware.

Harga: Gratis

Selain Avast, antivirus gratis lainnya yang bisa Anda coba adalah AVG. Meski sederhana dan tidak memiliki fitur-fitur ekstra seperti backup, VPN, dan perlindungan file, antivirus yang sudah dikenal sejak lama ini dapat dipercaya.

AVG memang gratis, tetapi ancaman yang bisa ditanggulangi tidak sekedar virus dan malware. Anda dapat menggunakan antivirus ini untuk mencegah serangan spyware dan ransomware pula.

Di samping itu, AVG juga akan mengamankan kegiatan browsing Anda dari link, lampiran email, dan file unduhan yang mengandung bahaya. Tak ketinggalan, ada juga fitur untuk memindai masalah kinerja perangkat Anda.

AVG dapat digunakan di sistem operasi Windows, Mac. dan Android.

Baca Juga: 19 Tips Agar Website WordPress Anda Lebih Aman

Penutup

Demikian pembahasan kami tentang 8+ antivirus terbaik yang bisa Anda coba. Untuk membantu Anda menentukan antivirus yang ingin digunakan, berikut kami rangkum keunggulan masing-masing software:

  • BitDefender Antivirus Plus — Harga terjangkau untuk 10 perangkat dan fitur yang beragam
  • Kaspersky Total Security — Antivirus terlengkap di daftar ini. Memiliki hampir semua fitur yang dimiliki antivirus lainnya
  • ESET Smart Security Premium — Dapat mendeteksi jenis malware yang belum dikenal
  • McAfee Total Protection — Dapat dicoba secara gratis selama 30 hari dan dapat memblokir autoplay video
  • Trend Micro Maximum Security — Proteksi akun email dari phishing dan pencegahan pencurian data pribadi
  • Panda Dome Premium — Fasilitas pengawasan aktivitas anggota keluarga di dunia maya yang lengkap dan penguncian perangkat yang hilang.
  • Norton 360 Deluxe — Menawarkan smart firewall yang dapat memutus arus data mencurigakan di perangkat
  • F-Secure Antivirus SAFE — Harga terjangkau untuk tiga perangkat sekaligus
  • Comodo Antivirus — Tidak hanya sangat terjangkau, tetapi juga melakukan pemindaian file di penyimpanan virtual
  • Webroot SecureAnywhere Antivirus — Ukuran software yang kecil dan fitur coba gratis selama 14 hari
  • Avast Antivirus — Gratis tapi memiliki kemampuan untuk memindai file di penyimpanan virtual
  • AVG Antivirus — Gratis dan mempunyai fitur pemindaian masalah kinerja perangkat

Agar situs Anda makin aman, Anda bisa mengunduh ebook gratis cara ampuh mengamankan website WordPress dan menerapkan kiat-kiatnya.

ebook keamanan website

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.

1
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =