Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membersihkan Website dari Malware [Terlengkap!]

2 min read

cara membersihkan website dari malware

Bagi website yang terkena malware, Google akan memasang tulisan “The site ahead contains harmful programs” atau “The site ahead contains malware” saat ada yang mencoba mengaksesnya. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan website dari serangan malware?

cara menghilangkan malware

Ada dua langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan website dari serangan malware. Kami akan membahasnya di bawah. Yuk disimak!

Penyebab Munculnya Pesan “The Site Ahead Contains Harmful Programs”

Website adalah aset yang perlu Anda jaga dari serangan berbahaya. Namun sebelum membahas cara membersihkan website dari malware, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Biasanya layar error-nya muncul dengan pesan yang berbeda-beda:

  • Deceptive site ahead
  • This site has been marked as a phishing site
  • The site ahead contains malware

Google akan menandai website yang dianggap tidak aman. Contohnya seperti website yang terserang malware atau menampilkan phishing.

Selain itu, jika website Anda menampilkan iklan yang berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya, iklan tersebut bisa saja memiliki kode berbahaya atau link yang mengarah ke website yang tidak aman.

Untungnya, Google menyediakan alat untuk mendeteksi virus di dalam website. Anda dapat mengaksesnya di link berikut ini. Cukup masukkan alamat website Anda pada kolom yang tersedia:

contoh hasil transparency report google

Cara Mudah Membersihkan Website dari Malware

Setelah mengetahui penyebab error, kini saatnya Anda memulai proses perbaikan. Jangan lupa backup file website terlebih dahulu sebelum Anda memulai. Jika belum mengetahui caranya, silakan cek tutorial download file backup terlebih dulu.

Selanjutnya, Anda tinggal melakukan dua langkah berikut:

Langkah 1: Scan Website Anda untuk Mendeteksi Malware

Menghapus malware atau virus pada website WordPress Anda satu per satu tentu cukup melelahkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bantuan tool bernama Sucuri.

sucuri website security check

Fungsi utama alat ini adalah untuk menemukan malware maupun file yang terinfeksi pada website Anda. Berikut adalah contoh hasil scan website yang terinfeksi malware dengan menggunakan Sucuri:

ilustrasi membersihkan malware di website dengan sucuri

Dari hasil scan di atas, Anda dapat melihat bahwa website terinfeksi oleh malware. File serta script yang mencurigakan juga muncul di sini.

Ada dua pilihan untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Melakukan restore backup website Anda. Syaratnya, Anda perlu melakukan backup sebelum website terinfeksi. Silakan tanyakan ke layanan hosting Anda apakah file backup untuk website Anda bena-benar tersedia atau tidak.
  2. Menghapus file yang terinfeksi secara manual. Cara menghilangkan malware website dengan langkah ini sifatnya hanya sementara. Kami tidak merekomendasikan Anda melakukannya terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Cara Reset WordPress

Langkah 2: Ajukan Review Ulang Website ke Google

Setelah selesai memperbaiki website, langkah selanjutnya adalah meminta Google untuk melakukan review pada website Anda. Untuk melakukannya, silakan ikuti tutorial cara verifikasi Google webmaster tools.

Setelah website Anda berhasil diverifikasi, Anda dapat mengecek keamanan website di Google Webmaster dengan mengakses menu Security Issues. Laporan akan muncul beberapa hari setelahnya.

Jika Website Anda sudah benar-benar bersih dari malware, Google akan menghilangkan pesan error yang muncul pada website Anda.

Yuk Amankan Website Anda dari Serangan Malware!

Singkatnya, Anda bisa membersihkan website dari malware dengan dua langkah berikut:

  1. Scan website Anda untuk mendeteksi malware yang ada di dalamnya, lalu hapus malware yang ditemukan.
  2. Ajukan review ulang website ke Google. Sehingga website Anda bisa bebas dari pesan error.

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi malware di website adalah dengan memanfaatkan fitur Imunify360.

Fitur ini dapat mendeteksi segala ancaman yang menyerang website Anda. Dengan fitur malware detection, setiap virus yang masuk ke website Anda secara otomatis akan langsung dikarantina agar tidak menyebar.

Jika Anda ingin website Anda dilindungi Imunify360, Anda bisa menggunakan layanan hosting di Niagahoster! Tertarik? Yuk klik tombol di bawah untuk cari tahu lebih lanjut:

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 Replies to “Cara Membersihkan Website dari Malware [Terlengkap!]”

  1. Terima kasih infonya, akan saya coba untuk membersihkan website saya yang kena malware. Terima Kasih

  2. masih perlu belajar mengenai macam-macam informasi seperti ini bang, apalagi dari salah satu penyedia hosting yang saya gunakan cukup tidak peduli dengan amsalah seperti ini , terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.