Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Cara Mengatasi Your IP Address Has Changed di cPanel

2 min read

featured image cara mengatasi your IP address has changed

Anda sedang menggunakan cPanel, tapi tiba-tiba log out sendiri dan menemui pesan “Your IP address has changed. Please log in again.”?

Jangan khawatir! Untuk mengatasi Your IP address has changed, Anda cukup log in kembali ke cPanel. Namun, jika kendala itu terjadi terus-menerus, tentunya Anda jadi repot karena harus log in berulang kali, bukan?

Untungnya, cara menangani masalah Your IP address has changed cPanel sangat mudah. Artikel ini akan memandu Anda untuk melakukannya.

Yuk, simak bersama!

Apa Penyebab Error Your IP Address Has Changed cPanel?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pesan “Your IP address has changed. Please log in again.” di cPanel, yaitu:

  • IP address layanan internet Anda berubah ketika menggunakan cPanel. Hal ini umum terjadi kepada pengguna layanan internet dengan IP address dinamis, jadi akan berubah secara rutin.
  • Anda mengaktifkan VPN ketika mengakses cPanel sehingga IP address berubah menjadi IP address dari penyedia VPN.
  • Anda berusaha log in ke cPanel dari dua perangkat berbeda dengan IP address yang berbeda.

Oleh karena itu, cara mengatasi Your IP address has changed cPanel sebenarnya cukup jelas. Yang pertama, sebaiknya Anda tidak mengaktifkan VPN ketika mengakses cPanel. Kedua, jangan log in ke cPanel dari dua perangkat sekaligus.

Lalu, bagaimana cara menangani IP address jaringan internet yang berubah-ubah? 

Baca Juga: Cara Melihat IP Address di Laptop dan Android

Cara Mengatasi Your IP Address Has Changed

Untuk mengatasi kendala Your IP address has changed, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Download cPanel Proxy

Silakan akses dan download cPanel Proxy melalui link ini. cPanel Proxy merupakan script yang memungkinkan Anda untuk mengakses cPanel melalui port 80. Dengan masuk melalui port tersebut, Anda tidak akan mengalami log out otomatis.

download cPanel Proxy untuk mengatasi your ip adddress has changed

cPanel Proxy adalah tool yang direkomendasikan karena user friendly. Namun, Anda bisa mempertimbangkan faktor keamanannya karena tools ini terakhir di-update tahun 2013.

2. Log In ke cPanel

Akses halaman login cPanel dengan URL statis cPanel. Caranya dengan menambahkan :2083 di belakang alamat website Anda. Contohnya, https://website.com:2083

Setelah masuk ke halaman login, ketikkan username dan password cPanel Anda, lalu klik Log in.

mengakses halaman login cPanel lewat URL statis

3. Buat Subdomain untuk cPanel Proxy

Langkah selanjutnya untuk mengatasi Your IP Address has changed adalah membuat subdomain untuk cPanel Proxy. Caranya, cari dan klik menu Subdomains di halaman utama cPanel. Menu ini akan membawa Anda ke halaman Subdomain cPanel.

menu subdomains cPanel

Di halaman Subdomain, ketikkan cpanel di kolom Subdomain. Tujuannya, agar Anda nanti Anda bisa mengakses cPanel melalui alamat cpanel.namadomain.com dengan script cPanel proxy.

membuat subdomain untuk mengatasi your ip address has changed

Setelah mengisi kolom subdomain, klik Create.

4. Upload cPanel Proxy ke File Manager

Kembalilah ke halaman utama cPanel, lalu cari dan klik menu File Manager.

mengakses menu file manager di cpanel

Di baris sebelah kiri halaman File Manager, klik folder public_html dan cpanel untuk membukanya.

mengakses folder subdomain di file manager

Klik menu Upload di bagian atas halaman File Manager untuk membuka halaman upload.

menu upload file manager

Klik dan geser cPanel Proxy dari Windows Explorer di komputer Anda ke halaman upload File Manager. Tunggu hingga proses upload selesai.

mengupload cPanel Proxy untuk mengatasi your ip address has changed

5. Ekstrak cPanel Proxy

Langkah kelima untuk mengatasi Your IP Address has changed adalah mengekstrak cPanel Proxy. Kembali ke folder cpanel di File Manager, lalu ekstrak cPanel Proxy. Caranya, klik kanan di file tersebut dan klik Extract.

menu ekstrak file di File Manager

Pada menu pop-up yang muncul, klik Extract Files.

menentukan folder tujuan ekstrak file

6. Akses cPanel dengan Subdomain yang Anda Buat

Sekarang Anda bisa log in ke cPanel melalui alamat website Anda dengan tambahan subdomain cpanel. di depannya. Misalnya, cpanel.domainanda.com.

Jika Anda mengikuti cara mengatasi your ip address has changed dengan benar, harapannya Anda tidak akan menemui pesan “Your IP address has changed. Please log in again.” lagi.

Baca Juga: Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Sudah Tahu Cara Mengatasi Your IP Address Has Changed, kan?

Setelah mengikuti panduan di artikel ini, Anda bisa mengatasi Your IP address has changed. Sehingga, Anda bisa menggunakan cPanel tanpa mengalami kendala log out secara tiba-tiba.

Ketika mengelola website, kendala teknis bisa saja muncul. Salah satunya, Your IP address has changed cPanel. Terutama bagi Anda yang pemula, memilih penyedia hosting dengan customer support yang baik untuk website itu penting. 

Niagahoster bisa menjadi salah satu pilihan penyedia hosting Anda. Selain dukungan customer support 24 jam penuh, Anda bisa mendapatkan bantuan melalui telepon, live chat dan email.

Nah, kalau ingin selalu up to date dengan berbagai informasi seputar website dan hosting, serta berbagai tipsnya, subscribe blog Niagahoster.

Semoga, panduan di artikel ini membantu Anda untuk terus berkarya dengan website, ya!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *