Pengertian Website Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya - Niagahoster

Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian website beserta hal-hal yang berkaitan dengan website seperti jenis-jenis website dan manfaatnya.

Selain itu, pada bagian akhir kami akan membagikan bagaimana cara membuat website ketika Anda belum memiliki pengalaman membuatnya.

Apakah cukup menarik untuk Anda?

Tidak hanya itu saja, kami juga akan berbagi bagaimana caranya menghasilkan uang dari website atau blog.

Tapi, sebelumnya akan dimulai dengan bahasan pertama.

Pengertian Website

Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser.

Sebagai contoh, untuk alamat website Niagahoster adalah https://www.niagahoster.co.id, jika diakses maka akan tampil home page seperti gambar di bawah.

Sedangkan untuk halaman web adalah bagian yang diberi tanda kotak berwarna merah.

Ketika diklik akan mengarah ke halaman baru berupa informasi yang berbeda dengan home page.

contoh website

Cara Membuka Website

Untuk dapat membuka website diperlukan sebuah browser seperti Firefox, Edge, Safari atau Chrome. Contohnya adalah yang saat ini sedang Anda lakukan, yaitu membuka website Niagahoster melalui browser.

Untuk dapat membuka website cukup dengan mengetikkan URL di kolom browser.

Sebagai contoh, silakan ketikkan URL https://www.niagahoster.co.id di kolom browser, kemudian akan tampil halaman depan atau home page dari website Niagahoster.

Selain itu, website juga dapat diakses dengan mencari kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Misalnya Anda mengetikkan kata kunci “pengertian website” di Google, kemudian memilih salah satu website yang tampil di hasil pencarian.

googling

Sejarah Website

Untuk website yang pertama kali dibuat yaitu di CERN oleh Tim Berners-Lee dan online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Jika Anda ingin mengetahui seperti apa tampilannya, silakan akses tautan berikut http://info.cern.ch/. Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Baca Juga: Cara Menggunakan WordPress Lengkap untuk Pemula

Jenis-jenis Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan.

Saat ini berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja.

jenis-jenis website

Berikut beberapa diantaranya:

1. Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar.

Untuk yang gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namalayanan.com/usernameanda atau www.namawebsite.blogspot.com.

Alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan untuk Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya video dan banyak gambar.

Biasanya, penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas.

Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

Sehingga Anda dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www.namaanda.com.

Jika Anda ingin mengetahui cara membuatnya, silakan ikuti tutorial cara membuat website pribadi.

2. Website Toko Online

Tahukah Anda toko online Indonesia yang paling populer saat ini?

Tentu Anda sudah memiliki jawabannya.

Apakah Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini?

Jika benar, dengan menggunakan sebuah tool yang tepat Anda bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Anda sudah dapat diakses melalui internet.

Ingin mengetahui cara membuatnya?

Silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat toko online yang sudah kami buat sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dipahami langkah demi langkahnya.

3. Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Untuk contoh blog adalah apa yang saat ini Anda sedang baca, yaitu blog Niagahoster.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan web hosting, internet marketing dan hal lainnya.

Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

Jika Anda ingin membuat blog, silakan ikuti tutorial cara membuat blog dengan langkah-langkah yang mudah dipahami untuk Anda yang baru pertama membuatnya.

Manfaat Website

Apakah Anda sedang menjalankan usaha dan bisnis Anda belum bisa ditemukan di internet?

Jika benar, berarti bisnis Anda tidak dikenal oleh banyak orang. Di era digital seperti sekarang ini, semua orang dan perusahaan terkenal dapat ditemukan dengan mudah di internet. Baik melalui akun sosial media atau sebuah website.

Apakah Anda tahu tujuan orang-orang mengakses website? Pada umumnya untuk mencari informasi, seperti yang sedang Anda lakukan saat ini. 🙂

Apabila Anda memiliki sebuah usaha, informasi mengenai perusahaan adalah hal yang sangat penting. Sehingga dengan adanya website akan mempermudah dalam menyampaikan apa yang dapat Anda lakukan untuk pelanggan.

Mau tahu apa saja manfaat website? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Murah

Tentu Anda sering melihat berbagai jenis iklan yang ditampilkan melalui media cetak, radio, televisi atau yang lainnya, dan itu harganya cukup mahal.

Memang memasang iklan adalah hal yang penting, tapi Anda harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan memiliki sebuah website pribadi atau perusahaan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang lebih murah.

2. Media Iklan

Sebuah webiste adalah media yang sangat membantu ketika digunakan untuk iklan dan pemasaran produk.

Ada berbagai cara untuk menampilkan iklan produk Anda di internet. Untuk contohnya adalah Facebook ads, adalah sebuah layanan yang menawarkan pemasangan iklan melalui Facebook, jika ingin mencoba beriklan di Facebook, silakan download ebooknya melalui tautan berikut.

Media untuk beriklan yang lainnya adalah yang biasa disebut SEO. Ini adalah salah satu keuntungan memiliki website, karena jika website Anda SEO nya sudah optimal, secara otomatis penjualan produk Anda akan meningkat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda

3. Kepuasan Pelanggan

Sebelum melakukan pembelian sebuah produk, saat ini orang-orang akan mencari informasinya terlebih dahulu melalui internet. Jika website Anda sudah menampilkan informasi produk dengan sangat lengkap, besar kemungkinan pembeli akan langsung melakukan pemesanan.

Ini adalah hal yang sangat penting bagi pelanggan, karena mereka tidak perlu datang langsung ke toko untuk mencari tahu mengenai produk Anda. Karena mereka hanya perlu mengakses website Anda untuk mencari informasi mengenai produk, kemudian melakukan pembelian, baik itu membeli secara online atau datang langsung ke toko Anda.

Cara Membuat Website

Tahukah Anda jika saat ini Anda bisa membuat website hanya dalam beberapa menit?

Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah website. Untuk Anda yang belum bisa membuat website dengan PHP atau bahasa pemrograman lainnya, Anda dapat membuatnya dengan mudah menggunakan CMS.

Untuk CMS yang bisa Anda gunakan banyak jenisnya. Saat ini CMS yang paling populer adalah WordPress.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana caranya, silakan ikuti tutorial yang sudah kami susun sedemikian rupa agar mudah dipahami mengenai cara membuat website.

Tunggu dulu…

Setelah Anda bisa membuat website, pastikan mengetahui bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari website yang dibuat, silakan simak penjelasan di bawah.

Cara Mendapatkan Uang dari Website

Pada umumnya ada dua jenis tujuan kenapa orang membuat website, yang pertama karena suka menulis dan yang kedua untuk mendapatkan uang.

Jika Anda memiliki tujuan yang kedua, yaitu untuk mendapatkan uang pastikan untuk berfokus pada konten yang akan Anda buat.

Silakan baca artikel yang sudah kami tulis mengenai cara menghasilkan uang dari website.

Apa Pendapat Anda?

Kami sangat senang mendengar pendapat Anda mengenai artikel ini.

Atau Anda memiliki pertanyaan mengenai artikel yang dibaca. Jika ada, beritahu kami melalui kolom komentar di bawah sekarang juga.

Atau Anda ingin mendapatkan update artikel terbaru yang berhubungan dengan website dan internet marketing?

Silakan subscribe melalui kolom yang tersedia. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.

19 + seven =