Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Unsur, Jenisnya

6 min read

pengertian website

Website adalah serangkaian halaman web berisi informasi yang terhubung satu sama lain dan diakses melalui internet. Pada era digital saat ini, website telah menjadi salah satu elemen penting di dalam kehidupan manusia.

Bagi pengunjung, website memberikan akses yang mudah dan cepat untuk mencari informasi, membeli produk, atau mendapat pengalaman baru. Sedangkan bagi pelaku bisnis, website dapat meningkatkan branding perusahaan serta memfasilitasi penjualan produk secara online.

Di artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut apa itu website, sejarah website, fungsi website, unsur-unsur pembentuk website, dan berbagai jenis website. Anda penasaran? Mari simak penjelasan selengkapnya!

Tonton versi video juga, ya!

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah halaman atau sekumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses dari seluruh dunia, selama terkoneksi ke jaringan internet.

Setiap halaman website memiliki alamat unik yang dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator). Situs web dapat berisi berbagai jenis informasi, misalnya teks, gambar, video, dan audio. Selain itu, website juga bisa memuat fitur interaktif seperti form kontak, komentar, atau chatting.

apa itu website adalah

Website terdiri dari dua elemen utama, yakni client-side dan server-side.

Client-side website adalah bagian situs yang terlihat oleh pengguna melalui browser, seperti Google Chrome atau Internet Explorer. Bagian ini tersusun atas HTML, CSS, dan JavaScript untuk merancang dan menampilkan halaman web.

Sebaliknya, server-side website adalah bagian website yang tersembunyi oleh pengguna, dan berisi file dan data yang diolah oleh web server. Bagian server-side ini terdiri dari bahasa pemrograman, seperti PHP, Python, atau Ruby on Rails.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian website. Berikutnya, mari memahami sejarah awal website!

Sejarah Website

tim berners lee, penemu website pertama di dunia

Website pertama di dunia diluncurkan pada tahun 1991 oleh ahli komputer asal Inggris bernama Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Awalnya, tujuan Tim dalam merancang website adalah untuk memfasilitasi pertukaran dan pembaruan informasi antar sesama peneliti di tempat kerjanya.

Nah, berikut tampilan website pertama di dunia. Masih terlihat sederhana, kan?

tampilan website pertama di dunia

Itu karena, website tersebut hanya dibangun menggunakan HTML (HyperText Markup Language). HTML adalah bahasa markup yang hanya mampu menampilkan teks dan gambar yang statis.

Baru setelahnya pada tahun 1996, muncul inovasi bernama CSS (Cascading Style Sheets). CSS adalah teknologi yang diperkenalkan untuk mempercantik tampilan website.

Di tahun yang sama, bahasa pemrograman JavaScript dirilis ke publik sebagai bahasa yang memungkinkan website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Kemudian pada dekade 2000-an, teknologi Flash diluncurkan untuk membuat animasi dan video interaktif pada halaman web.

Inovasi lain dalam perkembangan website adalah munculnya responsive design. Website responsif adalah halaman situs yang dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar pengguna. Inovasi ini penting mengingat tren penggunaan smartphone dan tablet untuk mengakses internet.

Fungsi Website untuk Anda Ketahui

Secara umum, website berfungsi sebagai sarana informasi terkini untuk dibaca oleh pengguna internet (netizen). Namun selain itu, terdapat fungsi website lain yang tak kalah penting, seperti:

1. Membangun Branding Bisnis

Pertama, fungsi website adalah untuk membangun branding. Bagi yang belum tahu, branding adalah aktivitas untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah merk bisnis.

Di era digital, situs web adalah sarana yang tepat untuk memperkenalkan bisnis ke khalayak luas. Dengan website, pemilik bisnis dapat lebih mudah menampilkan profil bisnis, visi misi, hingga produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Menyediakan Informasi Produk dan Jasa

Berikutnya, fungsi website adalah sebagai sarana untuk menyediakan informasi yang lengkap dan detail tentang bisnis, produk, atau jasa. Informasi yang tersedia di website dapat membantu calon pelanggan dalam mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Informasi yang tercantum dengan jelas pada halaman web juga pastinya akan membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap merk atau bisnis Anda.

3. Menjual Produk atau Jasa secara Online

Selanjutnya, kegunaan website adalah sebagai platform untuk menjual barang atau jasa secara online. Di era digital seperti sekarang, banyak pelanggan lebih memilih membeli produk secara online, karena lebih mudah, cepat, dan praktis.

Dengan membuat website toko online, Anda sebagai pemilik bisnis dapat membuka akses bagi pelanggan untuk membeli barang kapan saja dan dari mana saja.

4. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Fungsi lain dari website adalah untuk membantu meningkatkan keterlibatan atau engagement pelanggan. Nah, engagement adalah interaksi audiens dengan bisnis Anda dalam ranah online, seperti di media sosial atau website.

Dengan memanfaatkan teknologi interaktif seperti blog, forum, dan live chat, pengunjung dapat berinteraksi baik dengan pengelola bisnis maupun pengguna lainnya. Hal ini akan membantu meningkatkan engagement dan menciptakan hubungan lebih dekat antara pelanggan dan bisnis.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Terakhir, manfaat website adalah untuk membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan menyediakan informasi yang lengkap, mudah diakses, dan dapat dipercaya, website akan meningkatkan citra bisnis dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Dalam jangka panjang, hal ini akan membawa keuntungan bagi bisnis. Baik itu dalam hal loyalitas pelanggan, maupun peningkatan omzet bisnis.

Sampai di sini, Anda sudah memahami pengertian website, sejarah perkembangan website, sampai fungsi dan kegunaan website. Berikutnya, kami akan membahas unsur-unsur penting dari sebuah website.

Unsur-Unsur Website

Berikut adalah lima unsur penting yang wajib ada di dalam sebuah website:

1. Domain

apa itu domain

Domain adalah alamat atau nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web di internet. Sebuah domain biasanya terdiri dari nama domain unik dan ekstensi domain seperti .COM, .ORG, atau .NET.

Penggunaan domain yang unik, mudah diingat, dan relevan dengan bisnis akan mempermudah pengunjung dalam mengakses website Anda.

2. Hosting

Pengertian Hosting, Jenis, dan Fungsinya

Hosting adalah server di mana website Anda akan disimpan, sehingga dapat diakses melalui internet. Hosting yang baik dan andal akan menjamin website Anda selalu cepat dan stabil ketika dibuka pengunjung.

Terdapat banyak jenis hosting yang tersedia, mulai dari cloud hosting sampai VPS hosting. Anda bisa memilih jenis layanan hosting yang sesuai kebutuhan dan budget Anda.

3. Bahasa Pemrograman

22_5_9_FI_Bahasa Pemrograman_Pengertian, Fungsi, Jenis, dan 15 Contohnya

Unsur-unsur website berikutnya yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa khusus yang digunakan untuk membuat jenis software, salah satunya website.

Bahasa pemrograman populer untuk pengembangan website, di antaranya HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang tepat dapat menjadikan situs web jadi lebih interaktif dan fungsional.

apa itu cms

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang hingga melahirkan CMS (Content Management System). CMS adalah software yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola website dengan lebih mudah.

Dengan CMS, cara membuat website bisa dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki keterampilan bahasa pemrograman sekalipun. Contoh software CMS antara lain WordPress, Joomla, dan Drupal.

4. Konten

Featured Image 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly [Panduan Terbaru 2021]

Konten website adalah unsur vital sebuah situs web selanjutnya. Konten yang baik dan berkualitas akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda.

Konten website dapat berupa teks, gambar, audio, video, maupun kombinasi dari semuanya. Konten pada halaman web wajib disajikan secara menarik, informatif, dan mudah dipahami.

5. Desain Web

featured image tips desain website

Desain website adalah aspek yang meliputi tata letak, jenis font, dan elemen visual lainnya yang merepresentasikan konten website. Dengan desain situs web yang baik, pengunjung merasa nyaman dan mudah dalam mengakses informasi yang disajikan.

Desain website juga harus responsif, yaitu dapat menyesuaikan tampilan sesuai perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Jenis-Jenis Website

Berdasarkan sifat konten, website dibagi menjadi dua kategori, yaitu website statis dan dinamis.

Website statis adalah situs web yang informasinya tetap sama, kecuali ada perubahan pada konten yang disajikan. Website dinamis adalah jenis situs web yang tampilannya berubah secara otomatis sesuai inputan pengguna.

Namun jika dilihat dari tujuannya, terdapat beberapa jenis website, seperti:

1. Website Pribadi atau Blog

Pengertian website pribadi atau blog adalah website yang dibuat oleh individu sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, berbagi pengalaman atau pemikiran, maupun sebagai wadah untuk menulis secara reguler.

Biasanya, konten pada situs web pribadi bersifat subjektif dan berkaitan dengan kehidupan pribadi si pembuat website. Contohnya, blog The Naked Traveler yang membahas seputar perjalanan dan aktivitas liburan.

contoh website pribadi adalah the naked traveler

2. Website E-commerce

Website e-commerce adalah website yang berfungsi sebagai toko online, alias tempat pelanggan dapat membeli produk atau jasa secara online. Umumnya, website e-commerce menyediakan fitur-fitur seperti keranjang belanja, pembayaran online, dan pengiriman barang.

Salah satu contoh website toko online adalah The Executive yang menjual berbagai produk fashion, baik untuk wanita maupun pria.

contoh website ecommerce adalah the executive

3. Website Company Profile

Pengertian website company profile adalah jenis website yang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan atau bisnis. Situs web ini berisi informasi tentang sejarah perusahaan, produk dan jasa, serta visi misi perusahaan, seperti pada website Unilever berikut:

contoh website adalah unilever sebagai website company profile

Anda tertarik memiliki website perusahaan sendiri? Tenang, kami sudah menyiapkan panduan cara membuat website company profile yang bisa Anda praktikkan.

4. Website Organisasi atau Pemerintahan

Jenis lain dari website adalah situs web untuk pemerintahan atau organisasi. Sesuai namanya, website ini dibuat dan dikelola oleh organisasi maupun lembaga pemerintahan.

Tujuan website pemerintahan adalah menyediakan informasi kepada masyarakat tentang lembaga tersebut. Selain itu, website jenis ini juga dapat memberikan akses kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan atau mendapat layanan, seperti pada website desa Pegiringan berikut:

contoh website desa pegiringan

Bagi Anda yang ingin memiliki website desa bisa mengunjungi artikel kami yang membahas tentang cara membuat website desa.

5. Website Berita

Pengertian website berita adalah situs web yang menyajikan informasi aktual dan terkini tentang berita dari berbagai bidang, seperti politik, sosial, ekonomi, dan olahraga.

Website berita biasanya dikelola oleh media massa dan menyediakan berbagai macam konten, seperti artikel, foto dan video. Contoh website berita misalnya The New York Times yang mempublikasikan berita secara real time.

contoh website berita adalah the new york times

Oh ya, kini Anda bisa membangun situs web berita dengan mudah, loh. Apabila tertarik, Anda bisa menyimak panduan cara membuat website berita yang sudah kami siapkan.

Sudah Paham Apa Itu Website, kan?

Situs web atau website adalah sebuah atau sekelompok halaman web berisi informasi tertentu yang berada dalam jaringan World Wide Web (WWW) di internet.

Website adalah media penting dalam upaya menyampaikan informasi, membangun branding, serta menjual produk atau jasa secara online. Untuk itu, pastikan Anda menempatkan website pada layanan hosting yang berkualitas.

Untungnya, layanan hosting dari Niagahoster bisa menjadi pilihan yang sesuai kebutuhan website Anda. Dengan berlangganan hosting terbaik Niagahoster, Anda akan menikmati berbagai fasilitas berikut:

  • Akses Lebih Cepat – Dengan dukungan LiteSpeed Web Server, akses menuju website Anda dijamin lebih cepat dari sebelumnya.
  • Jaminan Uptime 99.99% – Bekerja sama dengan Data Center Indonesia (DCI), Niagahoster memastikan website Anda selalu online tanpa down.
  • Unlimited Resource – Anda bisa menggunakan kapasitas disk space dan bandwidth tanpa batas untuk website.
  • DDoS & Malware Protection- Imunify360 siap melindungi website Anda dari berbagai serangan dengan teknologi six-layer security.
  • Dukungan CMS dan Framework – Hosting kami telah dioptimasi untuk berbagai framework dan CMS, seperti WordPress, Node.js, dan Laravel.
  • Gratis Domain & SSL – Tidak perlu repot membeli secara terpisah dengan gratis  domain dan SSL senilai lebih dari Rp175 ribu.

Menariknya lagi, semua keunggulan di atas bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp9 ribuan per bulan saja. Jadi tunggu apa lagi, yuk onlinekan website Anda dengan Niagahoster sekarang!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

7 Replies to “Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Unsur, Jenisnya”

    1. Terima kasih, kak. Jangan lupa baca artikel Niagahoster Blog yang lain, ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *