Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Pengertian Website Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya

5 min read

perbedaan website dan web application

Semakin berkembangnya internet di Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website. Website adalah apa yang Anda kunjungi setiap hari di internet.

Dari Google, Facebook, Twitter, CNN, Kompas, Tokopedia, Bukalapak, hingga Blog Niagahoster yang sedang Anda baca sekarang. Ketika Anda membuka layanan-layanan tersebut di perangkat desktop atau mobile, yang Anda buka adalah website.

Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian website beserta sejarah, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Mari mulai mendalami seluk beluk website, dimulai dari apa itu website.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website dapat dibuka dengan menuliskan URL atau alamat website di browser.

Sebagai contoh, untuk alamat website Niagahoster adalah https://www.niagahoster.co.id, jika diakses maka akan tampil home page seperti gambar di bawah.

halaman website Niagahoster

Sedangkan untuk halaman web adalah bagian yang diberi tanda kotak berwarna merah. Ketika diklik akan mengarah ke halaman baru berupa informasi yang berbeda dengan home page.

Sejarah Website

Website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Baca Juga: Cara Menggunakan WordPress Lengkap untuk Pemula

Unsur-Unsur Website

Terdapat 3 unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website Anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud adalah:

1. Domain

Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website.

Nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

2. Hosting

Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website.

Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya Niagahoster yang menyediakan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

3. Konten

Selain domain dan hosting, website juga harus memiliki konten. Ttanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas.

Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa jenis website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Jenis-jenis Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan. Kini website juga sudah bisa menampilkan gambar, suara, dan video.

Nah, jenis website yang hanya bisa menampilkan informasi tetap alias bersifat tidak berubah disebut website statis. Sementara, kalau website menampilkan informasi yang berubah-ubah disebut dengan website dinamis.

Selain berdasarkan sifatnya, berikut ini jenis website berdasarkan fungsinya!

jenis-jenis website

1. Website Pribadi

Website pribadi biasanya dibuat oleh seseorang untuk kebutuhan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi. Misalnya saja untuk portofilio online atau blog pribadi.

Saat ini tersedia berbagai layanan untuk membuat website pribadi, mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Untuk yang gratis, misalnya saja Blogspot.com dan juga WordPress.com.

Kalau menggunakan layanan tersebut, alamat website Anda nantinya harus disisipi alamat website mereka. Misalanya saja, www. websitepribadi.wordpress.com.

Alamat website seperti di atas tentu tidak disarankan untuk kebutuhan profesional. Belum lagi, alamat seperti itu akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

Contoh Website Pribadi

Ada banyak contoh website pribadi yang dibuat oleh orang-orang terkenal. Misalnya saja chef ternama dunia Gordon Ramsay, fotografer international Pieter Hugo, fotografer Indonesia Mario Wibowo, dan banyak lagi.

Untuk panduan lebih lengkapnya silakan ikuti tutorial berikut –> Cara Membuat Website Pribadi.

Baca juga: Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Coba Pakai WordPress!

2. Website Toko Online/ e-Commerce

Jenis website selanjutnya adalah website toko online. Selayaknya toko fisik di dunia nyata, website jenis ini difungsikan sebagai toko di ranah online.

Dengan website toko online, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai wilayah, buka toko 24 jam, hingga transaksi yang cepat dan mudah.

Contoh Website Toko Online

Saat ini, sudah banyak bisnis yang mulai merambah dunia digital. Buktinya, ada banyak contoh website toko online yang dapat Anda temui. Sebut saja brand fashion lokal ternama seperti The Executive, snack lokal Maicih, minuman indonesia Haus! dan masih banyak lagi.

Nah, untuk panduan membuat panduan toko online lebih lengkap, simak tutorial berikut –> Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula

3. Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan hingga strategi pemasaran online.

Setiap blog biasanya memiliki niche blog yang jadi spesifikasinya, baik itu tentang travel, kecantikan, teknologi, finansial, dan lainnya. Jika Anda fokus membangun blog dengan serius, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Contoh Website Blog

Nah, beberapa blogger Indonesia yang sudah sukses misalnya, Andra Alodita, Trinity Traveler, Anak Jajan, dan Sugeng.

Blog Niagahoster yang sedang Anda baca saat ini juga merupakan salah satu blog niche teknologi yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan juga strategi digital marketing.

Nah, jika Anda ingin membuat blog, silakan ikuti tutorial lengkapnya berikut –> Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah

Baca juga: Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi, Platform, dan Sifatnya

Manfaat dan Fungsi Website

Website memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Baik untuk pribadi, bisnis, dan juga masyarakat umum. Berikut penjelasan lengkap tentang berbagai fungsi website beserta manfaatnya!

1. Manfaat Website untuk Pribadi

Ternyata ada beberapa manfaat website untuk pribadi atau perorangan lho. Berikut diantaranya:

  • Menjadi Media Berbagi hobi dan pengalaman – Apapun hobi Anda, baik itu kulineran, desain, fotografi, parenting, musik, sastra, atau apapun itu bisa dijadikan sebagai tema utama blog dan website pribadi lho.
  • Sebagai Portofolio – Salah satu fungsi populer website adalah untuk memposting karya-karya atau artikel. Dengan begitu, Anda dapat membangun portofolio yang berguna jika sedang mencari pekerjaan atau proyek tertentu. Hal ini juga bisa Anda jadikan untuk membangun personal branding yang kuat dan terpercaya.
  • Menghasilkan Uang – Ada banyak cara mendapatkan uang dari website. Anda bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

2. Manfaat Website untuk Bisnis

Salah satu manfaat website adalah untuk kepentingan bisnis. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Menjadi No.1 di Google – Hampir semua orang pasti mencari informasi produk di Google ketika hendal melakukan pembelian. Nah, kalau Anda punya website, bisnis Anda berpeluang menjadi no.1 Google. Dengan begitu, akan semakin banyak yang mengetahui bisnis Anda.
  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen – Dengan munculnya bisnis di pencarian Google, tingkat kepercayaan konsumen semakin meningkat. Terbukti, berdasarkan survey, ternyata 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website memiliki fungsi untuk membuat bisnis mereka lebih kredibel atau terpercaya.
  • Sebagai Toko Pusat – Mungkin Anda sudah berjualan online di marketplace atau media sosial. Sementara jika menggunakan marketplace Anda harus mengikuti peraturan di marketplace itu. Sehingga, Anda kesulitan membangun merek.

Baca juga: Perbedaan E-Commerce, Marketplace, dan Online Shop

3. Manfaat Website untuk Masyarakat

Selain untuk pribadi dan bisnis, website juga memiliki manfaat sosial untuk masyarakat. Berikut penjelasannya:

  • Sumber Informasi – Fungsi website untuk masyarakat yang utama adalah sebagai sumber informasi. Berdasarkan penelitian APJII sebanyak lebih dari 50% pengguna memanfaatkan internet untuk mengakses informasi.
  • Mengakses Layanan Publik – Fungsi website bagi masyarakat selanjutnya ialah untuk layanan publik. Dengan adanya website, layanan publik seperti akses rumah sakit, bank, kantor polisi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Manfaat Website dan Keuntungan Memiliki Website

Kesimpulan: Website adalah Kunci Sukses Bisnis Online!

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian website, bukan? Bisa disimpulkan, website adalah halaman informasi yang dapat diakses banyak orang melalui browser. Jenis website pun ada beragam, mulai dari website pribadi, website bisnis atau toko online, dan juga blog.

Penjelasan di atas juga menyimpulkan bahwa website adalah kunci sukses bagi Anda yang ingin go online. Baik, untuk profesional maupun bisnis. Bahkan membuat website jadi salah satu rahasia sukses UMKM go online lho!

Jadi tunggu apa lagi, wujudkan website impian Anda untuk meraih sukses online. Membuat website juga sesulit yang Anda bayangkan kok.

Anda tidak perlu menjadi developer atau programmer untuk bisa membuat website. Kini Anda bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali?

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan WordPress. WordPress adalah platform pembuatan website yang memungkinkan Anda membuat website dalam hitungan menit saja.

Dengan WordPress Anda bisa membuat website berkualitas tinggi tanpa harus berurusan dengan coding. Tinggal edit-edit sedikit dan masukkan konten, website Anda pun jadi! Lebih lengkapnya, simak ebook panduan membuat website dengan WordPress untuk pemula berikut!

download-ebook-membuat-website
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 Replies to “Pengertian Website Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]