Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Private

3 min read

your connection is not private

Ketika Anda sedang berselancar di internet, mungkin Anda pernah mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private saat akan membuka sebuah website. Artikel ini akan membahas mengapa peringatan tersebut bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya.

your connection is not private gambar

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya peringatan masalah Your Connection is Not Private. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai penyebab peringatan terebut beserta cara mengatasinya. Jika Anda sudah melakukan satu cara, tetapi peringatan tersebut tetap muncul, Anda bisa mencoba cara-cara berikutnya hingga peringatan Your Connection is Not Private tidak muncul lagi. 

Waktu dan Tanggal Tidak Sesuai

Penyebab yang pertama adalah pengaturan waktu dan tanggal di komputer tidak sesuai dengan waktu dan tanggal saat mengakses.

Misalnya, Anda mengakses internet pada tanggal 10 September 2018, tetapi waktu dan tanggal di komputer atau laptop Anda diatur sebagai tanggal 20 Agustus 2017.

Ketidaksesuaian waktu dan tanggal itu akan menyebabkan browser untuk memverifikasi SSL certificate situs yang Anda kunjungi.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan hanya mengubah pengaturan waktu dan tanggal disesuaikan dengan waktu yang sebenarnya. Buka pengaturan waktu dan tanggal dengan klik kanan jam dan tanggal yang berada di pojok kanan bawah layar Anda. Kemudian pilih Adjust date/time. 

your connection is not private waktu

Setelah itu ubah waktu dan tanggal sesuai waktu dan tanggal yang aktual. Anda juga bisa memilih agar waktu dan tanggal diatur secara otomatis agar waktu dan tanggal selalu ditampilkan dari data aktual.

your connection is not private time

Antivirus Terlalu Sensitif

Jika waktu dan tanggal di komputer Anda sudah sesuai secara real time dan tetap mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private, bisa jadi masalahnya terletak di antivirus yang Anda gunakan.

Terkadang terdapat antivirus yang terlalu protektif dalam mengamankan koneksi internet dan memblokir situs-situs yang sudah jelas keamanannya.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah pengaturan anti virus dan mematikan fitur scan https. Jika antivirus yang Anda gunakan tidak memiliki pilihan untuk mematikan fitur tersebut, Anda bisa menonaktifkan antivirus untuk sementara dan mencoba mengunjungi situs yang terblokir sebelumnya.

Bila Anda bisa mengakses situs tersebut setelah menonaktifkan antivirus, berarti masalahnya memang terletak pada antivirus.

Ekstensi Bermasalah

Anda sudah menonaktifkan antivirus sementara dan tetap mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private? Bisa jadi masalahnya terletak pada ekstensi yang Anda pasang.

Cara Mengatasi

Untuk mendeteksi apakah ada ekstensi bermasalah atau tidak, Anda bisa mengeceknya melalui incognito browser. Jika website dengan peringatan Your Connection is Not Private dapat dibuka melalui incognito browser, kemungkinan masalahnya terletak pada ekstensi yang bermasalah.

Beberapa ekstensi di browser internet bisa mengganggu verifikasi sertifikat SSL. Anda perlu menonaktifkan ekstensi bermasalah tersebut sementara agar bisa membuka website yang Anda inginkan.

Anda bisa menonaktifkan ekstensi bermasalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Klik menu setting di pojok kanan atas browser Google Chrome. Lalu pilih menu extension.

your connection is not private extension

Misalnya, ekstensi yang bermasalah adalah ekstensi Adblock. Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara waktu dengan mengklik tombol yang berada di kotak merah seperti di bawah ini hingga berubah dari warna biru menjadi abu-abu.

your connection is not private unable

Data Browsing Terlalu Banyak

Selama berselancar di dunia maya, browser internet Anda menyimpan berbagai data browsing Anda dalam bentuk browsing history, download history, cookies, dan caches.

Data browsing yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan Anda mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private.

Cara Mengatasi

Anda perlu membersihkan data browsing dengan menghapus browsing history, download history, cookies, dan cache di browser internet Anda. Berikut langkah-langkah untuk menghapus data browsing Anda.

Klik setting dan pilih menu More Tools > Clear Browsing Data.

your connection is not private data

Setelah itu Anda bisa menghapus data browsing yang Anda inginkan. Anda bisa memilih semua data browsing dihapus atau hanya beberapa di antaranya.

your connection is not private browsing

Sistem Operasi Sudah Usang

OS atau operating system yang sudah usang juga dapat menyebabkan munculnya peringatan Your Connection is Not Private. Beberapa sistem operasi model lama tidak didukung oleh teknologi baru, salah satunya adalah sistem sertifikat SSL terbaru.

Google Chrome sudah menyatakan sudah menghentikan support untuk beberapa sistem operasi lama seperti Windows XP, Windows Vista, dan Mac OS X (10.6, 10.7, dan 10.8)

Cara Mengatasi

Solusi masalah ini tentu sudah jelas, yaitu perbarui sistem operasi Anda. Jika Anda masih menggunakan Windows XP, Windows Vista atau Mac OS X 10.6, 10.7, dan 10.8, segera update ke sistem operasi terbaru agar Anda selalu bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru Google Chrome.

SSL Website Kedaluwarsa

Peringatan Your Connection is Not Private juga dapat disebabkan oleh SSL website yang tidak valid atau sudah kedaluwarsa. Bahkan seringkali pemilik website tidak sadar jika SSL website-nya sudah kedaluwarsa.

Jika masalahnya terletak pada SSL website yang tidak valid, tentu tidak ada yang bisa Anda lakukan sebagai pengunjung. Pengunjung hanya bisa mengecek validitas sertifikat SSL melalui cara seperti di bawah ini.

your connection is not private ssl

Jika Anda berkenan, Anda bisa mengingatkan pemilik website untuk memperbarui SSL-nya agar tidak menyulitkan pengunjung websitenya.

Baca Juga: Apa itu SSL dan Kenapa Harus Menggunakan SSL?

Kesimpulan

Sebenarnya Anda juga bisa tetap mengunjungi website yang menampilkan peringatan Your Connection is Not Private dengan menekan tombol “I understand the risk and wish to continue“. Akan tetapi, Anda harus benar-benar yakin kalau website yang Anda kunjungi itu aman. Jika tidak terlalu yakin akan keamanannya, sebaiknya tinggalkan website tersebut atau lakukan salah satu dari cara-cara di atas.

Peringatan Your Connection is Not Private di browser Anda bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Anda perlu mengecek satu per satu, dari mana munculnya peringatan tersebut dan mengatasi masalah sesuai penyebabnya. Selamat mencoba!

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =