Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Panduan Lengkap & Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

2 min read

cara kirim email dengan php

Cara kirim email dengan PHP dan mengetes function PHP mail() akan Anda dapatkan di artikel ini. Function PHP mail() dapat digunakan untuk mengirimkan email menggunakan PHP. Ini cukup mudah jika Anda ingin menambahkan contact form pada website. Dengan PHP mail(), email dapat terkirim dengan hanya menggunakan script PHP sederhana.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Memiliki akses ke akun hosting Anda
  • Function PHP mail() aktif

Langkah 1: Membuat File PHP Baru

Pertama-tama, silakan untuk membuat file PHP pada akun hosting Anda. Untuk file PHP, nantinya harus dapat diakses melalui nama domain Anda, oleh karena itu, silakan untuk meletakknya pada folder public_html. Untuk membuat file PHP dapat melalui File Manager atau FTP client. Silakan buat file PHP baru dengan nama testmail.php.

kirim email dengan php

Langkah 2: Edit File PHP

1. Setelah file PHP dibuat, silakan masukkan kode di bawah ini ke dalam file testmail.php. Klik kanan pada file testmail.php kemudian pilih Code Edit.

cara kirim email dengan php

<?php
    ini_set( 'display_errors', 1 );   
    error_reporting( E_ALL );    
    $from = "testing@domainanda.com";    
    $to = "alamatpenerima@domain.com";    
    $subject = "Checking PHP mail";    
    $message = "PHP mail berjalan dengan baik";   
    $headers = "From:" . $from;    
    mail($to,$subject,$message, $headers);    
    echo "Pesan email sudah terkirim.";
?>

2. Copy kode di atas kemudian paste ke dalam file testmail.php. Simpan dengan klik tombol Save Changes. Alamat email pada baris $form dan $to silakan ganti dengan alamat email Anda.

kirim email

  • Dua baris pertama pada baris code berfungsi untuk mengaktifkan pemberitahuan error ketika ada script yang error.
  • $from – Alamat email pengirim. Kebanyakan penyedia hosting tidak mengijinkan untuk menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan domain Anda. Jadi Anda perlu untuk menggunakan alamat email sesuai nama domain Anda. Hal ini supaya email terkirim dengan baik.
  • $to – Alamat email penerima. Karena ini hanya untuk pengetesan saja, silakan gunakan alamat email Anda yang aktif contohnya Gmail.
  • $subject – Subject dari email.
  • $message – Konten dari pesan email.
  • $headers – Semua email memiliki header, yang berisi informasi penting seperti alamat email pengirim.
  • mail($to, $subject, $message, $headers) – Ini adalah fungsi PHP untuk mengeksekusi email. Anda  tidak perlu melakukan perubahan apapun.
  • Echo “Pesan email sudah terkirim.” – Fungsi PHP echo akan menampilkan pesan ketika script telah berhasil dieksekusi.

Langkah 3: Jalankan Script Kirim Email dengan PHP

Jika Anda sudah meletakkan script PHP pada direktori public_html seperti yang kami sarankan, Anda dapat menjalankan script PHP mail dengan mengakses file tersebut melalui browser namadomainanda.com/tesmail.php.

kirim email dengan php terkirim

Jika Anda melihat notifikasi Pesan email sudah terkirim pada browser, itu artinya email telah berhasil terkirim dan Anda dapat mengeceknya pada inbox email tujuan. Karena tidak semua email masuk ke dalam folder utama, jangan lupa cek juga folder SPAM/JUNK. Berikut tampilannya jika email berhasil terkirim.

kirim email php

Jika terdapat error, silakan untuk mengecek kembali dengan memastikan semua detail sudah benar. Jika error tidak tampil di browser, Anda dapat mengeceknya pada file error_log dari akun hosting Anda. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengecek filenya, silakan lihat tutorial berikut ini.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mempelajari cara kirim email dengan PHP. Meskipun tutorial ini ibarat seperti sebuah percobaan, syntax yang sama dapat Anda gunakan untuk pengembangan formulir kontak website Anda. Jika Anda memerlukan script yang lebih lengkap untuk mengirimkan email menggunakan PHP, silakan cek PHPMailer. Ini telah terintegrasi dukungan SMTP, error_logs dalam 47 bahasa serta banyak fitur berguna lainnya.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari inbox email Anda 🖐

1
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

28 Replies to “Panduan Lengkap & Mudah Cara Kirim Email dengan PHP”

  1. Apakah kalau buat file php nya di localhost (offline), tapi saya menghidupkan koneksi internet saya, apakah email bisa terkirim ? Saya sudah coba, tapi tidak terkirim. Apakah karena saya buatnya di localhost ?

    1. Untuk tutorial ini tidak bisa dijalankan melalui localhost, untuk menjalankan php mail melalui localhost perlu melakukan konfigurasi lain seperti pada file php.ini. Di tutorial selanjutnya akan kami bahas… 🙂

  2. mas mohon bantuannya, saya mau mengirim emai dengan message berformat html.
    udah buat kayak gini:
    error_reporting( E_ALL );
    $from = "info@emailco.id";
    $to = "target@emailco.id";
    $subject = "Info Pendaftaran Member";
    $message= "<h1>haloo kawan…</h1>";
    $headers = "From:".$from;
    $headers .= "Content-type: text/html";
    mail($to,$subject,$message, $headers);
    echo "Pesan email sudah terkirim.";

    Tapi hasilnya malah gk kekirim pesannya, ada cara lain gk mas?
    klo berhasil jg yg kekirim malah seperti ini "<h1>haloo kawan…</h1>", tidak terbaca html nya.
    Terimakasih sebelumnya 🙂

  3. mau tanya mas,

    folder phpmailernya diletakkan dimana dan di baris keberapa ya dari script berikut yang memanggil fungsi class phpmailernya

    <?php
    ini_set( 'display_errors', 1 );
    error_reporting( E_ALL );
    $from = "testing@domainanda.com";
    $to = "alamatpenerima@domain.com";
    $subject = "Checking PHP mail";
    $message = "PHP mail berjalan dengan baik";
    $headers = "From:" . $from;
    mail($to,$subject,$message, $headers);
    echo "Pesan email sudah terkirim.";
    ?>

    1. Silakan disesuaikan dengan website Anda, untuk tutorial ini kami langsung meletakkan file PHP di public_html. Fungsi PHP untuk mengeksekusi email ada pada baris ke 9.

  4. tampilan sudah sukses terkirim. namun di email tidak ada inbox sama sekali. apa tidak ada konfigurasi lain?

  5. Mas, saya sudah sering pake fungsi mail().. dan rata2 selalu masuk spam.
    Adakah cara supaya selalu masuk inbox?
    Soalnya pandangan orang2 kalo email spam itu berbahaya…
    Thanks..

    1. Tidak bisa pak,
      Karena HTML hanya client side scripting saja jenisnya, sementara pengiriman email membutuhkan pemrosesan oleh server yang hanya dapat diproses oleh server side script semacam PHP & sejenisnya.

    1. Jika Anda sudah memasukkan alamat email pada kolom "To" dengan benar, email Anda biasanya masuk folder spam, silakan cek folder spam Anda. Pastikan tidak ada masalah pada akun hosting Anda.

  6. Betapa kudetnya aku, cuma manfaatkan fitur yang sudah ada, ternyata dengan manual seperti ini bisa. Lantas jika blash Email menggunakan PHP tanpa pihak ketiga, artinya akan lebih meringankan server kan pak? atau gimana ya agak kurang paham.

  7. Mas saya mau nanya, saya kerja di salah satu perusahaan di batam. Nah, disini ada beberapa alat yang setiap bulan/beberapa bulan harus dikalibrasi atau di cek ulang. Nah, kemudian ketika misalnya alat tersebut sudah expired & perlu dikalibrasi dia langsung mengririm email otomatis ke kami bagian QC.
    Apakah itu juga menggunakan pemrograman php mas?
    Terima kasih

  8. Mas sebelumnya saya sudah cukup lama pakai cara ini, cuma kok tiba2 jadi gk bisa sama sekali buat ngirim email dengan cara ini. masalah nya apa ya mas?, mohon bantuanya.
    Terimakasih

  9. Sa;lam dari Bali, saya sudah lama pakai cara ini, namun jika ada client saya pakai alamat gmail.com, email tidak masuk ke gmail.com, ada solusi. salam

    1. Halo Arya,

      Terkait permasalahan email memang ada beberapa hal yang harus dilakukan pengecekan.
      Jadi kami sarankan untuk menghubungi Customer Support di mana layanan hosting yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 15 =