Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

7+ Pekerjaan Sampingan Untuk Programmer di 2020

4 min read

Featured image perintah CMD

Upaya mendapat penghasilan lebih tidak harus dengan pindah kerja. Melakukan pekerjaan sampingan bisa juga jadi alternatif yang baik. Terutama, bagi seorang programmer.

Selain bisa menambah pendapatan, pekerjaan sampingan untuk programmer memiliki banyak manfaat. Salah satunya, untuk meningkatkan keahlian.

Namun, menemukan ide pekerjaan yang tepat memang tidak mudah. Untungnya, Anda menemukan artikel ini. Kami sudah merangkum beberapa pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba. Jadi, tak perlu repot riset sendiri.

8 Pekerjaan Sampingan untuk Programmer

Pada dasarnya, seorang programmer bisa mencari pekerjaan sampingan online dan offline. Akan tetapi, jenis pekerjaan online tentu mampu memberikan keleluasan yang lebih.

Nah, inilah 8 pekerjaan sampingan untuk programmer yang bisa Anda pilih sesuai minat dan keahlian Anda:

1. Freelancing

Cara ini cukup sering digunakan oleh programmer sebagai pekerjaan sampingan. Menjadi seorang freelancer artinya Anda mengerjakan sebuah pekerjaan paruh waktu dengan berbagai ketentuan yang disepakati.

Langkahnya, bisa dalam bentuk kerjasama langsung dengan pihak yang membutuhkan jasa Anda. Atau, bisa juga dengan bergabung ke platform freelancer. 

Beberapa platform yang banyak menawarkan pekerjaan sampingan dari klien di Indonesia adalah Projects.co.id, Sribulancer, dan Freelancer.co.id.

Fiverr merupakan platform untuk mendapatkan pekerjaan sampingan.

Namun, apabila ingin mendapatkan kesempatan yang lebih luas, Anda bisa bergabung ke platform luar negeri seperti Fiverr, Upwork, PeoplePerHour hingga Toptal.

Banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan dengan jenis keahlian yang berbeda. Inilah beberapa pilihan yang banyak tersedia:

  • web programming
  • e-commerce development
  • wordpress expertise
  • game development
  • website builders dan CMS
  • mobile apps

Idealnya, Anda mengambil pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Namun, tak jarang programmer yang mengerjakan sebuah project dengan tujuan untuk melatih skill sekaligus mendapatkan penghasilan.

Baca Juga: 10+ Situs Freelance Terbaik

2. Blogging

Blogging tentu bukan hal baru bagi para programmer. Selain membuat blog itu mudah, blogging bisa menjadi sarana edukasi untuk berbagi keahlian coding.

Apalagi saat ini sebagian besar orang mencari informasi lewat mesin pencari. Jadi, jika konten blog Anda memiliki informasi yang relevan, tentu akan banyak didatangi pengunjung. 

Lalu, bagaimana menjadikan blogging sebagai pekerjaan sampingan?

Jika sudah memiliki banyak pengunjung, Anda bisa mulai melakukan upaya monetizing dengan berbagai cara sebagai berikut:

1. Iklan

Anda bisa memasang iklan di blog Anda. Jika pengunjung mengklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan penghasilan. 

Iklan bisa menjadi sumber pendapatan dari blog bagi para programmer.

Salah satu cara paling umum adalah bergabung dengan Google Adsense. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode khusus untuk dipasang di blog Anda. Berbagai iklan akan dimunculkan sesuai dengan lokasi atau topik blog Anda. 

Cara lain, Anda bisa menyewakan ruang kosong di blog Anda dan bekerjasama langsung dengan pengiklan.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense

2. Komisi Afiliasi

Anda bisa mempromosikan suatu produk dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil. Besarnya komisi tergantung program afiliasi yang Anda ikuti. 

Di Indonesia, salah satu program afiliasi yang bisa Anda coba adalah Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster. Komisi yang ditawarkan program ini adalah 70% dari setiap penjualan hosting yang berhasil dilakukan. 

Programmer bisa mendapatkan penghasilan dengan bergabung ke program afiliasi.

Baca Juga: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungan Program Afiliasi

3. Sponsored Post

Tak jarang sebuah perusahaan mengajak kerjasama blogger untuk melakukan sponsored post. Tujuannya, untuk mengenalkan produk mereka. 

Jika blog Anda sudah berkembang seperti agirlastyle.com, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat penawaran semacam ini. Cukup membuat sebuah posting yang di dalamnya mencakup pembahasan tentang sponsor Anda berikut tautan ke website resmi.

Contoh blog yang menampilkan sponsored posts.

Namun, cara ini tentu membutuhkan waktu. Sebab, Anda harus mampu menunjukkan reputasi yang baik sebagai blogger di salah satu niche (topik). 

4. Webinar Berbayar

Webinar adalah seminar secara online yang bisa dilakukan di blog.

Berbekal keahlian Anda di bidang programming, Anda bisa berbagi tips dan trik yang bermanfaat bagi audiens Anda. Tentu, semakin dikenal kualitas Anda sebagai seorang programmer, semakin banyak yang tertarik untuk melihat webinar tersebut. 

Mengadakan webinar memberi banyak manfaat bagi programmer.

Alih-alih membuat webinar gratis, Anda bisa membuat paid webinar. Semua pengunjung harus membayar kursus singkat tersebut agar mendapat informasi penting dari Anda.

5. Menjual Jasa 

Jika Anda memiliki blog yang unik seperti everywhereist.com, pengunjung akan kagum dengan desain Anda. Bisa saja mereka akan meminta Anda untuk membuatkan blog untuk mereka. 

Menjual jasa melalui blog bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan.

Ini merupakan peluang bagi Anda untuk menjual jasa sebagai seorang web developer. Hal ini bisa juga Anda tonjolkan di blog jika memiliki keahlian programming yang lain.

Anda juga bisa sekaligus menjadi reseller hosting dan domain yang bebas markup harga.

Jangan lupa buatlah halaman Kontak yang jelas. Jadi, memudahkan pengunjung jika ingin menghubungi Anda.  

3. Menulis Ebook

Apabila Anda memiliki keahlian menulis, membuat ebook bisa menjadi pekerjaan sampingan yang tak kalah menjanjikan. 

Berbeda dengan blog, sebuah ebook lebih lengkap dalam membahas sebuah topik. Anda bisa menjual ebook tersebut melalui website Anda.

Menulis ebook dan menjualnya secara online merupakan pekerjaan sampingan yang menarik.

Di sisi lain, banyak platform yang menjual buku digital karena kian digemari masyarakat. Anda juga bisa menjualnya ke platform tersebut.

Di Indonesia, Anda bisa menjualnya ke situs seperti karyavirtual.com. Sedangkan, untuk ebook berbahasa Inggris, Amazon tentu masih menjadi favorit banyak orang. 

Banyak platform toko online seperti Amazon yang menjual ebook dengan tema programming.

4. Online Mentoring

Anda bisa membayangkan mentor di bidang programming adalah seperti editor pada sebuah penulisan. 

Mentoring banyak diperlukan oleh programmer pemula maupun orang umum yang tertarik belajar pemrograman. Anda akan bekerja memberikan arahan agar pekerjaan coding yang mereka dilakukan berdasarkan standar yang benar (best practice). 

Mentoring bisa menjadi pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan secara online. Cara promosi bisa dengan menggunakan blog atau media sosial. Jika keahlian Anda diakui, tak sedikit yang akan memesan sesi mentoring dengan Anda.

Pekerjaan sampingan sebagai mentor online programming cukup banyak dilakukan.

Selain melakukan promosi sendiri, Anda bisa saja bergabung dengan platform seperti RookieUp. Tunjukan portfolio terbaik Anda, dan setelah diterima, Anda sudah bisa mendapatkan pekerjaan sebagai mentor programming.  

5. Menjadi Youtuber

Bisa dikatakan YouTube adalah blog dalam bentuk audio visual. Dan, menjadi seorang YouTuber bisa menjadi pekerjaan sampingan online dengan hasil yang menjanjikan.

Alasannya, banyak orang yang belajar coding melalui tutorial di YouTube. Artinya, peminat video tutorial programming cukup tinggi. 

Membangun channel YouTube bisa menghasilkan pendapatan.

Tak heran berbagai channel programming bisa memiliki banyak subscriber. Contohnya, channel milik Derek Banas yang subscriber-nya menembus angka 1 juta. Dan, perkiraan pendapatan yang didapatkan per bulan bisa mencapai $3000.

Contoh YouTuber yang sukses dengan channe YouTube programming adalah Derek Banas.

Sumber penghasilan YouTube bisa berasal dari berbagai channel seperti halnya blog. Bisa melalui iklan, kerjasama dengan brand tertentu, affiliate marketing, dan lainnya.

Jika merasa cara ini sesuai minat Anda, mulailah dengan menentukan topik yang akan dibahas. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

6. Mengajar Online

Berbeda dengan mentoring, mengajar online mengharuskan Anda menyiapkan materi pemrograman yang ingin diajarkan. Lalu, membuatnya sebagai materi kursus online yang bisa diakses melalui sebuah website. 

Pekerjaan sampingan online ini cukup menarik untuk dilakukan dan menjanjikan hasil yang besar. 

Kuncinya adalah menentukan niche dari kursus yang ingin dibuat. Apakah tingkat dasar saja? Khusus front end development saja? Atau yang lain.

Pekerjaan sampingan dengan mengajar online juga cukup efektif dilakukan.

Selain membangun kursus online Anda sendiri, bergabung ke platform seperti Udemy atau Udacity bisa menjadi pilihan yang baik. 

7. Menjual Software

Berjualan software juga bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk programmer. Baik menjual software yang Anda buat sendiri atau produk orang lain.

Jika membuat program sendiri, Anda perlu melakukan riset agar upaya Anda berhasil. Apa saja yang perlu dilakukan?

  • Menentukan apa permasalahan yang ingin diselesaikan oleh aplikasi Anda
  • Memastikan desain seperti apa yang akan membuat masyarakat mudah menggunakannya. 
  • Mempelajari apakah sudah ada kompetitor yang membuat program serupa.
Banyak programmer melakukan pekerjaan sampingan dengan berjualan software.

Hal di atas juga berlaku ketika Anda berjualan software. Jika Anda pandai membaca peluang tersebut, bisa saja Anda mengikuti sukses Chad Mureta yang bisa menghasilkan hingga $100.000/bulan dari penjualan aplikasi premium. 

8. Menjadi Podcaster

Sama halnya dengan YouTube, Anda bisa menjadikan podcasting sebagai pekerjaan sampingan. Podcast sendiri adalah konten audio yang bisa dinikmati secara online.

Untuk kegiatan podcast ini Anda bisa menggunakan website pribadi atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Spotify, Soundcloud dan lainnya. 

Contoh channel podcast yang menjadi sarana mendapatkan penghasilan online.

Di Indonesia, sudah ada beberapa contoh podcast tentang programming yang bisa menjadi inspirasi Anda. Sebut saja, CeritanyaDeveloper dan WicaraPodcast.

Pekerjaan sampingan sebagai podcaster tentang programming mulai banyak digemari.

Sumber penghasilan dari podcast bisa berasal dari sponsor, donasi, afiliasi dan lainnya. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Podcast

Penutup

Banyak sekali pilihan pekerja sampingan yang bisa Anda lakukan. Anda tentu memiliki ide lain yang sesuai dengan keahlian programming Anda.

Apa pun itu, rencanakan upaya Anda dengan baik. Beberapa cara bisa langsung mendatangkan penghasilan dengan cepat. Sedangkan, cara lain harus membutuhkan waktu lebih lama. Namun, satu hal yang tak diragukan adalah peluang penghasilannya cukup besar. 

Untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan upaya Anda, memiliki sebuah website tentu akan menjadi nilai tambah. Terutama untuk dapat terus meningkatkan branding dan membangun reputasi online. 

Nah, sudah menentukan pilihan pekerjaan sampingan Anda? Tunggu apa lagi?

1
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]