Ilham Bagus Part of the Niagahoster content writer team. Hoping to catch Radiohead and Lana Del Rey concert before he dies.

10+ Instagram Analytics yang Wajib Anda Coba di 2021

7 min read

instagram analytics

Setiap bulan, semilyar orang aktif menggunakan Instagram, menjadikannya salah satu media sosial paling populer di dunia. Popularitas membuat Instagram menjadi salah satu target marketing paling potensial bagi para pelaku bisnis. 

Dalam Instagram marketing, kita membutuhkan data untuk menganalisa strategi pemasaran. Tools Instagram Analytic membantu Anda menilai konten dan profil Instagram.

Bagi Anda yang bingung mencari tool Instagram Analytics terbaik, jangan khawatir. Kami sudah menyusun rekomendasi tools analisa Instagram terbaik tahun 2021.

Apa Itu Instagram Analytics

Instagram analytics adalah tools untuk menilai performa konten dan profil Instagram Anda secara keseluruhan. Tools analisa Instagram melacak berbagai metriks dan menyajikannya sebagai data yang mendukung kebutuhan pengguna.

Baik Instagram analytics yang gratis atau berbayar, tools ini memiliki beberapa manfaat, yaitu:

Mengetahui target audiens

Instagram analytics tools memungkinkan Anda mengetahui data spesifik seperti lokasi, jenis kelamin, usia hingga bahasa. Anda dapat memanfaatkan data ini untuk mengetahui target audiens dan memutuskan konten apa yang tepat untuk diposting.

Menghemat waktu dan sumber daya

Bagi Anda yang bingung apa saja yang harus dilakukan  ketika menjalankan Instagram marketing, tools analisa Instagram membantu Anda. Berbagai analisa yang dihasilkan akan meminimalisir kesalahan dan menghemat waktu dalam mengembangkan Instagram Anda.

Evaluasi strategi pemasaran

Dengan bantuan tool analisa Instagram, Anda dapat melihat perkembangan Instagram Anda dalam rentang waktu tertentu. Umumnya tool ini akan memberitahu apa yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan tepat agar Instagram Anda memiliki performa yang baik.

Perlu diketahui, pengguna Instagram personal harus mengubah profilnya ke Instagram Bisnis agar dapat mengakses fitur bisnis Instagram. Termasuk di dalamnya Instagram Insights, tool analitik bawaan Instagram.

Namun, mengingat keterbatasan metriks Instagram Insights, Anda dapat menggunakan Instagram analytics tools yang tersedia. Beberapa di antaranya bahkan gratis. 

Rekomendasi 10 Tools Instagram Analytics Terbaik

Berikut rekomendasi Instagram analytics tools terbaik yang akan mendukung kinerja Anda.

1. Squarelovin

Instagram analytics

Tidak mudah mendapatkan tool gratis yang menyediakan fitur lengkap seperti Squarelovin. Squarelovin adalah Instagram analytics gratis yang memberikan hampir semua informasi yang diperlukan dalam menganalisa performa Instagram Anda.

Tool ini memberikan analisa bulanan konten dan pertumbuhan akun Anda secara instan, serta bisa mengelompokkan riwayat konten berdasarkan tahun, bulan, hari, bahkan jam!

Untuk lebih lengkapnya, analisa bulanan Squarelovin menampilkan hal berikut.

Pertama, bagian banyak foto yang Anda posting sebulan terakhir, filter dan tagar yang paling sering digunakan, gambaran umum enam postingan terbaru, sepuluh orang yang paling terlibat (yang menyukai dan mengomentari postingan Anda)

Kedua, menampilkan jumlah total komentar / like yang Anda posting dalam sebulan terakhir, rata-rata komentar / like

Ketiga, menampilkan pertumbuhan followers selama sebulan terakhir

Semua insights yang diberikan Squarelovin memudahkan Anda mendorong engagement yang lebih baik. Mulai dari insights hal yang menarik dan disukai followers, rekomendasi waktu terbaik dan terburuk posting, hingga rekomendasi tagar terbaik.

Kelebihan: Gratis untuk Basic

Kekurangan: Analisa bulanan baru dilakukan satu bulan setelah penggunaan

Harga:

  • Basic: gratis
  • Influencer: $9,90 / bulan
  • Bisnis: $14,90 / bulan

2. Pixlee

Instagram analytics

Pixlee adalah tool analisa Instagram yang digunakan oleh Levi’s, Kenneth Cole, Sonos, dan berbagai brand lainnya. Pixlee menyediakan berbagai fitur yang dapat memonitor performa akun Instagram.

Pixlee memiliki laporan mingguan yang dapat dibagikan ke suluruh tim marketing Anda. Termasuk di dalamnya, statistik dan pelacakan tagar, pertumbuhan followers, dan data yang diperlukan untuk mengidentifikasi postingan yang paling menarik.

Tool ini juga menganalisa metriks untuk mengetahui bagaimana cara mendorong engagement yang lebih di akun Anda.

Untuk lebih lengkapnya, ada beberapa fitur dari Pixlee yang cukup menarik. Misalnya, pemantau postingan tentang brand Anda. Fitur ini membantu Anda keep in touch dengan percakapan yang melibatkan brand Anda dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat melihat apa yang orang lain posting, identifikasi konten terbaik Anda, dan merencanakan strategi Anda untuk beberapa minggu ke depan berdasar perilaku pengguna.

Lalu, ada kiriman penggemar teratas. Widget ini menampilkan foto dan video teratas yang diposting oleh followers terkait brand Anda.

Kemudian, ada juga Top Brands Influencer.Laporan ini mengidentifikasi apa yang dikatakan influencer tentang brand Anda

Sayangnya Pixlee dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Meski demikian, Pixlee menyediakan free demo bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan tool ini.

Kelebihan: Integrasi pengaturan yang mudah

Kekurangan: Harga langganan terbilang mahal

Harga:

  • Free demo
  • $399.00 / bulan

3. Crowdfire

Instagram analytics

Crowdfire Instagram Analytics memungkinkan Anda menjadwalkan waktu posting, melihat performa postingan, dan melacak mention brand Anda.

Tool ini juga mengkurasi konten yang berhubungan dengan bisnis Anda dari segala penjuru internet. Crowdfire akan mengirimkan rekomendasi artikel dan gambar dari website lain, membantu Anda mengembangkan strategi Intagram marketing Anda.

Crowdfire memberikan tampilan detil performa Instagram Anda dalam rentang waktu yang bisa Anda pilih. Seperti 90 hari, 30 hari, 7 hari, atau kemarin. Anda juga bisa melakukan kustomisasi waktu dalam rentang 90 hari. 

Produk ini memungkinkan Anda memilih metriks yang ingin Anda bandingkan, termasuk postingan, likes, profile views, followers, komentar, hingga text message clicks.

Sebenarnya, Crowdfire bisa menampilkan data Instagram Anda dengan visual yang ramah. Ini memudahkan Anda yang tidak terbiasa dengan statistik.

Namun, karena menangani berbagai informasi sekaligus, tampilan Crowdfire jadi nampak membingungkan dan penuh. Perlu waktu hingga pengguna terbiasa dengan antarmuka tools ini.

Kelebihan: Fitur rekomendasi untuk mengembangkan strategi

Kekurangan: Tampilan yang membingungkan dan penuh

Harga: 

  • Mode trial: gratis
  • Plus: $7,48 / bulan
  • Premium: $37,48 / bulan
  • VIP: $74,98 / bulan

4. Minter.io

Instagram analytics

Tool analisa Instagram ini menyediakan analitik yang jelas dan mendalam. Anda akan mendapatkan data dari berbagai data yang dibutuhkan dalam menyusun strategi Instagram marketing Anda.

Misalnya, Minter.io dapat mengidentifikasi filter foto dan video terbaik untuk audiens Anda. identifikasi ini memudahkan Anda dalam menentukan filter postingan Anda ke depannya .

Minter.io juga memungkinkan Anda melacak mention brand Anda dalam deskripsi postingan atau komentar di media sosial. Dengan integrasi berbagai platform di Minter.io, Anda dapat langsung meresponnya feedback tentang brand Anda secara langsung.

Salah satu fitur unggulan dari Minter.io adalah kemampuan export data dalam format PDF, XLS atau .pptx. Lebih lanjut, tool ini menyediakan opsi penjadwalan export berbagai metriks dalam rentang tanggal yang Anda inginkan. Setelah export selesai, data otomatis dikirim ke email Anda.

Minter.io dibandrol mulai dari $9 per bulan. Kabar baiknya, Minter.io memberikan free trial selama 14 hari bagi Anda yang ingin mencoba tool ini.

Kelebihan: Kemampuan ekspor data ke bentuk PDF, XLS, .pptx, 

Kekurangan: Proses ekspor data yang kadang lambat

Harga:

  • Free trial 14 hari
  • Silver: $9 / bulan
  • Gold: $19 / bulan
  • Platinum: $39 / bulan

5. Iconosquare

Instagram analytics

Iconosquare memberikan insight tingkat lanjut untuk mengoptimalkan strategi sosial media Anda secara keseluruhan. Tool ini mencakup kalender konten untuk merencanakan dan menjadwalkan konten Instagram Anda, termasuk opsi menandai akun lain dan menambahkan lokasi.

Community Analytics tools yang dimiliki Iconosquare akan membantu Anda memahami insight seperti usia, jenis kelamin, dan kecenderungan bahasa followers Anda.

Beberapa fitur unik Iconosquare adalah penjadwalan laporan dan pelacakan tagar dan kompetitor.

Dengan penjadwalan laporan, Anda akan menerima laporan dari Iconosquare sesuai jadwal yang Anda tentukan. Sedang tersedianya pelacakan kompetitor memberi gambaran performa bisnis Anda dibandingkan dengan brand lain.

Iconosquare adalah tool yang tepat bagi agensi atau brand yang memiliki banyak akun media sosial. Pengelolaan berbagai akun Instagram Anda dapat dilakukan dengan bersamaan dalam satu dashboard.

Kekurangan tool ini terletak pada penamaan kategori yang cukup membingungkan. Selain itu, pengguna yang ingin memposting foto berukuran besar harus memperkecil ukurannya terlebih dahulu.

Kelebihan: Pengelolaan lebih dari satu akun Instagram

Kekurangan: Penamaan kategori yang membingungkan

Harga: 

  • Pro: $29 / bulan
  • Advanced: $59 / bulan

6. Keyhole

Instagram analytics

Ini adalah tool yang tepat untuk melacak kinerja satuan tagar di postingan Anda. Keyhole menyediakan metriks penting seperti tagar Instagram teratas Anda berdasar engagement, aktivitas pesaing, dan aktivitas followers Anda. 

Keyhole menyediakan fitur pengumpulan dan pencatatan data secara otomatis. Data pilihan Anda akan disusun dalam spreadsheet yang dapat dilihat kapan saja.

Tool ini juga memiliki fitur track web, mempermudah Anda mengetahui apa yang orang lain katakan tentang produk / brand Anda.

Bagi pengguna jasa influencer, Keyhole dapat melacak performa influencer dengan cermat. Keyhole mengidentifikasi influencer mana yang paling sukses mempromosikan konten atau brand Anda.

Keyhole dibandrol dengan harga $44 per bulan. Yang perlu diketahui, versi free trial Keyhole sedikit berbeda dengan versi berbayarnya. Hal ini memungkinkan orang yang mencoba, memiliki penilaian berbeda. Ditambah jika pengguna tidak memasang trackers dari awal, akan sulit untuk mengaturnya kemudian hari.

Kelebihan: Pengumpulan dan pencatatan data otomatis

Kekurangan: Tool yang berbeda di versi trial dan versi berlangganan

Harga:

  • Free trial 7 hari
  • Basic: $44 / bulan
  • Professional: $99 / bulan

7. Socialbakers

Instagram analytics

Socialbakers memiliki tool analisa Instagram gratis yang menawarkan statistik postingan terpopuler Anda. Ia mampu melakukan pelacakan performa dan mempelajari jenis konten yang tepat untuk menaikkan engagement Instagram menjadi lebih terjangkau.

Socialbakers menyediakan fitur analitik prediktif untuk mengidentifikasi cerita dan postingan apa yang akan dipromosikan. Termasuk waktu terbaik untuk posting dan segmen followers yang harus diprioritaskan.

Dengan rekomendasi dari analitik prediktif, Anda dapat memutuskan strategi terbaik untuk akun Anda ke depannya.

Meski memiliki fitur analitik yang mumpuni, secara visual tool ini kurang menarik dibandin tools analytics Instagram berbayar lain.  Ditambah, untuk mendapatkan analitik yang lebih canggih seperti Instagram Stories Insights, Anda harus membayar biaya langganan yang sayangnya cukup mahal.

Kelebihan: Fitur analitik prediktif

Kekurangan: Visual yang tidak menarik

Harga: $400 / bulan

8. Hootsuite

Instagram analytics

Lewat Hootsuite, Anda dapat membuat dasbor khusus yang memungkinkan Anda memantau analitik untuk berbagai platform sosial media sekaligus, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Lebih lanjut, Anda dapat membuat jadwal ratusan postingan sosial media secara bersamaan di berbagai platform. Anda juga dapat berkolaborasi dengan seluruh tim dalam promosi sosial media.

Hootsuite memiliki dashboard analisis dengan beberapa kemampuan berikut:

  • Menunjukkan data yang sudah lama
  • Membandingkan metrik dalam periode tertentu
  • Menghasilkan data yang dapat dikustomisasi
  • Memberi peringkat pada komentar Instagram berdasarkan sentimen (positif atau negatif)

Selain itu, Hootsuite memiliki tool social listening dan analisis kompetitif. Anda dapat menggunakan ini untuk mempelajari data sosial dari brand Anda.

Hootsuit sendiri bukan tanpa kekurangan. Meski bisa mengelola banyak platform sekaligus, kemampuan untuk memasukkan gambar, tautan dan teks agak merepotkan. Ditambah, fitur analitik Hootsuit sendiri tidak terlalu mengesankan.

Kelebihan: Social listening dan competitive analysis

Kekurangan: Fitur analitik biasa saja

Harga:

  • Free trial 30 hari
  • Professional: $19 / bulan 
  • Team: $99 / bulan
  • Business: $599 / bulan

9. Union Metrics

Instagram analytics

Meski tidak memberikan tool analisa Instagram gratis, Union Metrics menawarkan pemeriksaan akun Instagram bulanan secara gratis.

Pemeriksaan ini setidaknya memberi beberapa insight, seperti:

  • Waktu terbaik untuk posting
  • Laporan postingan yang berhasil dan gagal menaikkan engagement
  • Rekomendasi konten yang bisa Anda posting
  • Tagar yang menghasilkan engagement tertinggi bagi audiens baru

Pun demikian, jika Anda ingin mengakses tool analitik Instagram premium, Anda harus berlangganan. Tool premium ini mencakup analisa profil, keyword listening, campaign reporting, analisa kompetitif, dan riset.

Biaya berlangganan Union Metrics ini juga bergantung pada jumlah akun yang dianalisis. Otomatis, pemilik banyak akun (lebih dari tiga) harus membayar lebih tinggi.

Kelebihan:

  • Tool Hastag Tracker yang mumpuni

Kekurangan:

  • Harga yang cukup mahal terutama bagi pemilik banyak akun

Harga:

  • Social Manager: $49 / bulan
  • Social Marketer: $99 / bulan
  • Marketing Team: $199 / bulan

10. Sprout Social

Instagram analytics

Sprout adalah analitik Instagram yang menggabungkan manajemen konten. Tool ini memiliki kalender editorial berfitur lengkap untuk menjadwalkan konten baru di berbagai platform akun sosial (termasuk Twitter dan Facebook).

Tidak hanya konten, Sprout menyediakan penjadwalan analitik otomatis untuk beberapa akun Instagram sekaligus.

Instagram analitik Sprout sendiri mencakup metriks yang luas, mulai dari pelacakan tagar hingga analisa kompetitor.

Sprout menganalisa tagar yang paling sering digunakan, serta tagar terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menaikkan engagement.

Fitur analisa kompetitor dari Sprout berguna untuk memonitor tren Instagram dan audiens dari pesaing Anda. Dengan demikian, Anda bisa menyusun strategi yang lebih baik daripada pesaing Anda.

Sprout dapat diakses dari desktop maupun mobile. Sayangnya aplikasi mobile Sprout tidak menyertakan fitur analytics. Ini membuat pengguna harus membuka desktop atau laptop setiap membutuhkan fitur tersebut.

Kelebihan:

  • Fitur jadwal posting Instagram yang mudah

Kekurangan:

  • Aplikasi mobile tidak termasuk fitur analitik

Harga:

  • Free trial 30 hari
  • Standard: $99 / bulan
  • Professional: $149 / bulan
  • Advaced: $249 / bulan

11. HypeAuditor

Instagram analytics

Jika Anda berencana menggunakan jasa influencer dalam promosi Instagram marketing, HypeAuditor adalah tool yang layak Anda coba. Laporan HypeAuditor memungkinkan Anda menganalisa kualitas audiens influencer, tingkat engagement, dan insights audiens. Ini termasuk lokasi, usia, jenis kelamin dan minat.

Metriks ini dapat membantu Anda menemukan influencer dengan engagement tertinggi yang sesuai dengan audiens Anda. Hal tersebut memungkinkan Anda membuat promosi dengan memilih influencer yang paling tepat dan efektif.

HypeAuditor akan menampilkan performa influencer yang Anda pertimbangkan. Misalnya, Anda bisa mencari tahu influencer A pernah bekerja dengan brand apa saja. HypeAuditor juga menganalisa performa postingan yang disponsori.

HypeAuditor memberikan skor kualitas audiens untuk memastikan Anda memilih influencer yang otentik dan menarik untuk promosi Anda kedepannya.

Salah satu kekurangan HypeAuditor adalah proses penyajian laporan yang cukup lama.

Kelebihan:

  • Fitur mendalam pemeriksaan influencer

Kekurangan:

  • Penyajian laporan yang lambat

Harga:

  • Starter: $299 / bulan
  • Pro: $499 / bulan

Tools Instagram Analytics Mana yang Paling Cocok untuk Anda?

Demikian rekomendasi Tools Instagram Analytics yang kami susun. Pada dasarnya, setiap tool analitik Instagram bertujuan memberi insight untuk konten dan profil Instagram Anda. Dengan insight tersebut, Anda dapat menaikkan engagement brand Anda.

Berikut kami sajikan perbandingan ringkas di antara tools Instagram analytics yang kami rekomendasikan.

Tools Instagram AnalyticsKelebihanKekuranganHarga (per bulan)
SquarelovinGratis untuk pengguna BasicAnalisa bulanan baru dilakukan setelah sebulan penggunaan-Basic: gratis
-Influencer: $9,90
-Bisnis: $14,90
PixleeIntegrasi pengaturan mudahHarga langganan mahal-Free demo
-$399.00
CrowdfireMemiliki fitur rekomendasiTampilan yang membingungkan dan penuh-Mode trial: gratis
-Plus: $7,48
-Premium: $37,48
-VIP: $74,98
Minter.ioKemampuan export data ke beberapa formatProses export data terkadang lambat-Free trial 14 hari
-Silver: $9
-Gold: $19
-Platinum: $39
IconosquarePengelolaan lebih dari satu akun InstagramPenamaan kategori yang membingungkan-Pro: $29
-Advanced: $59
KeyholePengumpulan dan pencatatan data otomatisTool yang berbeda di versi trial dan versi berlangganan-Free trial 7 hari
-Basic: $44
-Professional: $99
SocialbakersFitur analitik prediktifVisual yang tidak menarik$400
HootsuiteSocial listening dan analisis kompetitifTidak ada fitur analisis yang menonjol-Free trial 30 hari
-Professional: $19
-Team: $99
-Business: $599
Union MetricsTool hastag trackerHarga cukup mahal untuk pemilik lebih dari tiga akun-Social Manager: $49
-Social Marketer: $99-
Marketing Team: $199
Sprout SocialFitur jadwal posting yang mudahAplikasi mobile tidak termasuk analitik-Free trial 30 hari
-Standard: $99
-Professional: $149
-Advaced: $249
HypeAuditorFitur pemeriksa influencerPenyajian laporan lambat-Starter: $299
-Pro: $499

Setelah melihat perbandingan di atas, tools analytic Instagram mana yang cocok untuk Anda?  Tools analisa Instagram yang cocok akan memudahkan Anda mempelajari social media marketing. Jangan ragu untuk mencobanya, ya.

Ilham Bagus Part of the Niagahoster content writer team. Hoping to catch Radiohead and Lana Del Rey concert before he dies.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]