Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Cara Mudah Melakukan Optimasi SEO di Instagram

5 min read

instagram analytics

Strategi optimasi SEO dengan kata kunci bukan hanya digunakan untuk memunculkan website di halaman pertama Google, lho. Anda juga bisa kok menggunakannya untuk Instagram Bisnis.

Baru-baru ini, Instagram mengizinkan penggunanya melakukan pencarian berdasar kata kunci. Misalnya melalui kata kunci di konten, bio, dan username Instagram. 

Dengan menerapkan optimasi Instagram SEO, Instagram Anda akan muncul di peringkat atas Instagram search engine. Jadi, Instagram bisnis jadi lebih mudah ditemukan oleh followers yang relevan dengan bisnis Anda. 

Penasaran bagaimana cara melakukan optimasi SEO Instagram? Tenang saja, di artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk langsung simak saja artikel ini sampai habis!

Apa Itu Instagram SEO?

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil Instagram search engine. 

Dengan menerapkan Instagram SEO, konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon followers Anda. Semakin profil Instagram Anda mudah ditemukan, semakin banyak manfaat yang Anda dapat. Mulai dari meningkatkan brand awareness, menambah jumlah followers, hingga meroketkan engagement konten.

Belum lagi, dDalam bisnis, followers inilah yang bisa Anda prospek menjadi pelanggan Anda. Jadi banyak juga manfaat Instagram SEO, kan?

7+ Cara Optimasi Instagram SEO 

Berikut ini adalah cara optimasi Instagram SEO untuk bisnis Anda:

1. Optimalkan Profil Instagram

Instagram search engine adalah tujuan pertama user saat mencari profil atau postingan di Instagram. Tapi, tentu saja tak semua profil akan muncul di hasil pencarian. Sebab, Instagram akan menampilkan profil yang sesuai kata kunci. 

Untuk memunculkan profil di hasil pencarian, pertama-tama anda perlu mengoptimasi profil Instagram bisnis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ubah pengaturan profil menjadi publik
  • Gunakan foto profil yang sesuai dengan bisnis. Misalnya dengan logo brand atau produk yang dijual. 
  • Buat brand bisnis yang mudah dicari dan dikenali. Misalnya Anda membuka coffee shop, gunakan keyword kafe atau coffee. 
  • Daftarkan akun Instagram ke Instagram Bisnis
  • Sertakan tautan website bisnis online Anda pada bio Instagram

Baca Juga: 7 Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualan

2. Masukkan Kata Kunci Utama ke Username dan Display Name

Instagram SEO memudahkan followers mencari profil Instagram Anda berdasar kata kunci yang mereka cari. Saat mereka mengetikkan kata kunci, Instagram search engine langsung menampilkan profil dan konten yang memuat kata kunci itu.

Agar profil Anda muncul di kata kunci yang relevan dengan bisnis, masukkan kata kunci utama ke username dan display name Anda. Sebagai contoh, Anda berbisnis sepatu sandal. Gunakan kata kunci “sepatu sandal” pada username atau display name.

instagram seo profil bisnis

 Baca Juga: 5+ Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

3. Tambahkan Kata Kunci Turunan pada Bio Instagram

Tidak apa-apa sih kalau username dan display name Anda tidak mengandung kata kunci utama. Anda masih bisa kok menambahkan kata kunci utama dan turunan di bio Instagram bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda berbisnis case untuk iPhone. Tambahkan kata kunci turunan pada bio Anda seperti: “case iPhone murah”. Begitu ada followers yang mencari case iPhone murah, profil Anda punya peluang muncul di hasil pencarian.

optimasi Instagram SEO dengan kata kunci turunan

Saat menambahkan kata kunci turunan, padatkan pesan bio pada Instagram Anda. Sebab, Instagram memiliki batasan karakter pada kolom bio. 

Baca Juga: Panduan Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan Anda 

4. Maksimalkan Alt Text

Layaknya optimasi gambar pada SEO website, Anda juga bisa melakukan optimasi gambar menggunakan alt text di Instagram lho. 

Alt text Instagram dapat membantu algoritma Instagram memunculkan foto Anda ke followers yang menyukai tipe konten tersebut. Sebab, alt text mendeskripsikan konten gambar Anda. 

Selain itu, alt text Instagram memudahkan mesin pencarian Google menemukan konten Anda. Caranya, Anda perlu menyisipkan keyword dengan volume pencarian tinggi di Google dalam alt text Anda. 

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan alt text pada konten Instagram Anda:

Sebelum posting konten, scroll ke bawah dan klik Advanced Setting

instagram SEO untuk menambahkan alt text

Setelah itu klik Write Alt Text

instagram seo untuk menambahkan write alt text

Lalu tulis deskripsi konten Anda. Setelah itu klik Done

Instagram SEO dengan menulis alt text

Kalau Anda punya konten yang terlanjur diposting tanpa alt text, Anda masih bisa menambahkannya kok. Caranya dengan klik titik tiga di pojok kanan atas > Edit > Edit Alt Text. 

5. Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Anda juga bisa menggunakan hashtag dalam bentuk kata kunci utama yang masih relevan dengan bisnis Anda. Hashtag akan membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh followers Anda di Instagram search engine.

Sebagai contoh, Niagahoster memposting konten diskon unlimited hosting di Instagram. Agar lebih mudah ditemukan followers, kami menggunakan hashtag #unlimitedhosting, #promohosting dan #promodomain

Instagram SEO dengan hashtag

Katakanlah ada seorang calon pelanggan yang ingin membuat website toko online. Dia sedang mencari layanan unlimited hosting murah. Lalu dia mencari hashtag tersebut di Instagram. Konten marketing kami punya peluang muncul di Instagram search engine mereka. 

Nah, lalu bagaimana cara memilih hashtag yang baik untuk hasil maksimal? Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Monitor hashtag yang digunakan kompetitor
  • Tracking tingkat popularitas hashtag pilihan di tools hashtagify.me
  • Analisis hashtag yang sukses pada postingan sebelumnya
  • Hindari spamming hashtag

Baca Juga: 20 Instagram Tools Terbaik untuk Pemilik Bisnis

6. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Selain meningkatkan pencarian melalui hashtag, Anda juga bisa menulis caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa tambahkan kata kunci turunan pada caption Anda. 

Kenapa harus begitu?

Instagram menggunakan machine learning untuk menentukan konten mana yang akan muncul di explore. Hanya berbekal kata kunci dan konteks caption saja, machine learning bisa memilih konten yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan user. 

Sebagai contoh, Niagahoster memposting poster webinar untuk pemilik bisnis online. Topiknya adalah meningkatkan pendapatan dengan website toko online. Oleh karena itu di dalam caption kami menggunakan kata kunci website toko online, toko online, kelasonline dan webinar

instagram SEO dengan keyword di caption

7. Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Konten

Setelah melakukan langkah optimasi di atas, Anda bisa menggunakan Instagram analytics yang bernama Insight. Tujuannya untuk melihat performa setiap konten yang Anda buat. Mulai dari konten di feed hingga Instagram Story.

Melalui Insights, Anda bisa melakukan evaluasi konten melalui beberapa metriks. Setiap metriks memiliki fungsinya masing-masing dan cara untuk memaksimalkannya. 

  • Reach

Reach adalah metriks untuk mengukur banyaknya followers yang terpapar konten yang dibuat. Cara memaksimalkannya adalah dengan hashtag, sponsored content, dan giveaway. 

  • Saves

Saves adalah metriks yang mengukur user yang menyimpan konten Instagram Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat konten yang menarik, relevan, dan bermanfaat untuk user. 

  • Impression

Impression adalah metriks yang mengukur berapa kali konten atau iklan Anda tampil di layar user. Baik itu konten yang mendapat klik atau konten yang dibiarkan saja. 

Misalnya, impression konten Anda adalah 100. Artinya, postingan Anda muncul pada layar user sebanyak 100 kali. 

Anda bisa memaksimalkannya dengan memasang iklan berbayar. Dengan iklan, konten Anda akan ditampilkan di layar user yang Anda inginkan. 

  • Like and comment

Like and comment adalah metriks untuk melihat interaksi atau engagement user di konten Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat caption konten yang interaktif. Misalnya, dengan memancing user dengan pertanyaan yang relevan.

  • Audience

Audience adalah metriks untuk mengetahui jenis user atau followers yang merespons konten Anda. Misalnya, karakter, usia, minat, dan jam-jam aktif mereka merespon konten. 

Metrik ini bisa membantu Anda memposting konten ke audiens yang lebih spesifik di waktu yang lebih efektif.  Sebagai contoh, ternyata followers yang banyak merespons konten promo hosting kami mayoritas adalah pemilik bisnis online. Mereka biasanya aktif merespon konten setelah jam makan siang. 

Dengan begitu, kami bisa menyesuaikan bentuk konten dan waktu postingnya sesuai dengan info tersebut. 

Baca Juga: 10+ Instagram Analytics yang Wajib Anda Coba di 2021

8. Manfaatkan Tag dan Mention Instagram 

Anda juga bisa melakukan optimasi SEO Instagram dengan memanfaatkan fitur tag dan mention di Instagram Stories. Sebab, hal ini akan membuat konten dan profil Anda lebih mudah ditemukan calon followers.

Baca Juga: Fitur Terbaru: Kini Anda Bisa Menambah Link di Instagram Story, Lho!

Makin banyak Anda mendapat tag dan mention dari profil lain, Instagram akan menilai konten Anda relevan. Dengan begitu, konten Anda akan punya peluang besar muncul di Instagram search engine followers Anda. 

Lalu bagaimana cara memaksimalkan tag dan mention?

  • Buat konten kerjasama

Agar konten Anda mudah mendapatkan tag dan mention, buatlah konten kerjasama atau konten yang relevan dengan followers Anda. 

Sebagai contoh, CfDS UGM membuat acara Digital Discussion dengan narasumber dari Niagahoster. Pada postingan promosinya, Niagahosterjuga mendapatkan tag dan mention menuju profil Instagram kami. 

  • Tag dan mention user lain yang bekerjasama dengan Anda

Anda juga bisa tag user lain dan mencantumkan username mereka di caption. Tujuannya agar konten Anda masuk di kumpulan foto fitur tagging user lain. Siapa tahu user dari profil lain melihat konten Anda dalam fitur itu. 

  • Gunakan tag lokasi 

Anda juga bisa menambahkan tag lokasi di konten Anda. Misalnya lokasi tempat sebuah event diselenggarakan atau lokasi bisnis Anda. 

Dengan menggunakan tag lokasi, konten Anda akan lebih mudah ditemukan. Sebab, konten berpeluang muncul saat user mencari tahu tentang apa yang terjadi di suatu lokasi. 

Baca Juga: Strategi Marketing Instagram yang Wajib Anda Coba di 2021

Ayo Optimasi Instagram SEO untuk Konten Bisnis Anda!

Nah, itu tadi adalah cara untuk melakukan optimasi Instagram SEO. Mudah, bukan? 

Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, konten Anda di Instagram akan lebih mudah ditemukan oleh user.  Kalau sudah begitu, tentu saja ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari meningkatnya brand awareness, engagement, bahkan hingga angka penjualan.

Selain strategi optimasi Instagram SEO, Anda juga bisa melakukan strategi digital marketing lainnya. Kalau tertarik belajar, Anda bisa klik Ebook gratis di bawah ini. Semoga bermanfaat ya!

banner ebook panduan digital marketing
Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *