Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

14+ Plugin Gallery WordPress Terbaik untuk Anda [Terbaru]

5 min read

plugin gallery wordpress

Bagi pemilik website yang ingin memajang gambar-gambar menarik di websitenya, plugin gallery WordPress adalah pilihan yang tepat. Sebab, plugin ini memudahkan Anda dalam membuat gallery di WordPress.

Memang, Anda dapat mengunggah gambar ke dalam postingan WordPress. Hanya saja, secara default gambar yang Anda unggah memiliki tampilan terbatas. Untungnya, Anda bisa menggunakan plugin gallery WordPress terbaik sehingga gambar bisa tampil dengan layout yang menarik.

Di artikel ini kami akan menampilkan beberapa plugin gallery WordPress terbaik, seperti NextGEN Gallery, FooGallery, Meow Gallery, dan lain sebagainya.

Yuk cek selengkapnya!

Ini dia plugin gallery WordPress terbaik rekomendasi kami untuk Anda:

Plugin gallery wordpress nextgen

NextGEN Gallery adalah salah satu plugin untuk cara membuat galeri foto pada WordPress. Plugin ini terbilang cukup sederhana serta mudah digunakan untuk membangun galeri gambar dengan fitur lengkap.

Plugin ini sangat cocok untuk website fotografi, desain grafis, ataupun bagi Anda yang menggunakan website untuk menampilkan hasil karya.

Pada bagian back end, terdapat fitur yang lengkap untuk melakukan pengaturan galeri seperti unggah foto, import meta data, tambah/hapus/atur foto, edit thumbnail, dan lain-lain.

Pada bagian front end, ada dua jenis tampilan galeri yang dapat Anda gunakan yaitu slideshow dan thumbnail.

Baca juga: 7+ Cara Membuat Website Fotografi yang Keren

2. Jetpack

jetpack untuk membuat gallery di wordpress

Jetpack menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan pada website WordPress Anda. Terutama yang berkaitan dengan keamanan dan kecepatan website. Uniknya, plugin WordPress terbaik ini juga berfungsi untuk membuat gallery di WordPress.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda dapat menambahkan galeri gambar melalui tombol Add Media. Anda pun dapat membuat galeri pada tiap postingan atau halaman blog, website bisnis, maupun toko online Anda.

Ada tiga jenis tampilan galeri yang dapat Anda pilih: rectangular mosaic, square mosaic, dan circular grid.

envira gallery sebagai plugin gallery wordpress

Seperti plugin lain dalam ulasan ini, Envira Gallery juga menyediakan fitur menarik bagi Anda yang ingin membuat gallery di WordPress tanpa bantuan programmer. Anda dapat membuat galeri hanya dalam beberapa klik saja berbekal builder drag and drop yang tersedia.

Selain itu, galeri yang dibuat dengan plugin ini pun dapat tampil dengan baik pada berbagai macam perangkat, misalnya desktop, tablet bahkan mobile sekalipun.

Plugin gallery WordPress ini juga memberikan tombol social sharing pada bagian gambar yang cukup memudahkan pengunjung dalam membagikannya ke akun media sosial mereka.

Anda juga dapat menambahkan watermark pada gambar yang telah diunggah. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengedit gambar terlebih dahulu sebelum melakukan unggahan.

4. FooGallery

foogallery untuk membuat gallery di wordpress

FooGallery adalah plugin gallery WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri gambar bertampilan responsive dengan mudah. Plugin ini juga developer friendly, artinya para developer pun dapat dengan mudah melakukan konfigurasi.

Thumbnails memiliki kualitas tinggi pada tampilan retina display, sehingga terlihat lebih jelas pada semua jenis perangkat.

Jika menginginkan galeri video, Anda dapat menambahkan ekstensi FooVideo. Hanya saja, fitur ini tidak bisa Anda dapatkan secara gratis alias berbayar.

Plugin ini juga mendukung kustom CSS untuk galeri dan album yang dibuat, sehinga Anda dapat mengatur tampilannya sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak pilihan jenis galeri yang dapat Anda gunakan, seperti responsive image gallery dengan atau tanpa caption, foogrid, image viewer, masonry, simple portfolio, silakan kunjungi halaman demo untuk melihat tampilannya.

Kunjungi: Apakah Website Saya Responsive?

Robo Gallery

Image Gallery by Robo alias Robo Gallery adalah plugin gallery WordPress yang cocok bagi pemula.  Terutama jika Anda belum banyak pengalaman terkait website.

Robo Gallery memungkinkan Anda membuat galeri di WordPress hanya dalam beberapa menit saja. Mulai dari menata gambar dengan berbagai format layout, memberikan animasi hover, hingga mengurutkan gambar tertentu.

Uniknya lagi, Anda bisa melindungi konten dengan menon-aktifkan klik kanan. Sehingga, siapapun tidak bisa menyalin konten galeri Anda.

Responsive Lightbox gallery

Kalau Anda masih mencari plugin gallery WordPress terbaik untuk pemula, Responsive Lightbox Gallery bisa menjadi pilihan.

Dengan metode drag and drop, Anda bisa membuat galeri di WordPress dalam hitungan menit. Tanpa harus menguasai coding apapun. Selain itu, Anda pun bisa melakukan custom tampilan.

Tapi yang paling Anda sukai, mungkin kemampuan plugin gallery WordPress ini untuk menjadikan galeri Anda ringan dan SEO-friendly. Alhasil, halaman website dapat memuat gambar dengan cepat.

Baca Juga: Tema WordPress SEO Friendly Gratis

Photo Gallery by 10Web

Berbicara tentang gambar responsive, Photo Gallery mendukung pembuatan galeri di WordPress yang ramah SEO. Plugin WordPress Gallery terbaik ini mampu menambahkan tag dan metadata yang relevan ke gambar Anda.

Mengenai visual, tak usah ragu. Anda bebas menyesuaikan tampilan gallery, mulai dari slideshow, masonry, mosaik, hingga memadukan video dengan foto.

Baca Juga: Widget Blog Terbaik

Photo Gallery by GT3

Meski namanya mirip, Photo Gallery by GT3 berbeda dengan gallery WordPress plugin yang kita bahas sebelumnya. Secara fungsi, plugin gallery WordPress ini lebih sederhana dan cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan banyak konfigurasi.

Photo Gallery by GT3 memungkinkan Anda membuat gallery di WordPress dengan tampilan Grid hingga Mansory. Istimewanya, Anda bisa mengonversi format gambar dengan mudah. Misalnya, dari Grid ke Masonry, ataupun sebaliknya.

Jika Anda mau fitur yang lebih lengkap, Anda bisa beralih ke versi pro dari gallery WordPress plugin ini.

Meow Gallery untuk membuat gallery di WordPress

Meow Gallery adalah plugin WordPress Gallery yang cocok untuk pemula maupun para ahli. Sebab, plugin ini memungkinkan Anda memilih layout gallery yang sudah tersedia, maupun mengembalikannya ke versi Gutenberg suatu saat nanti.

Plugin ini juga mengklaim bahwa mampu menampilkan galeri foto yang retina-friendly. Artinya, ukuran gambar pas untuk dipandang. Tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Sehingga, informasi dan visualisasi yang disampaikan nyaman dipandang.

10. Visual Portfolio, Photo Gallery & Post Grid

Plugin gallery wordpress ternaik Visual Portfolio

Apakah Anda punya bisnis jasa agensi, fotografi, maupun desain? Kalau iya, Anda bisa membuat gallery di WordPress yang keren dengan plugin Visual Portfolio.

Plugin gallery WordPress ini menyediakan berbagai pilihan layout, efek visual, hingga pengaturan lightbox. Sehingga, galeri foto Anda akan tampil dengan indah, responsif, dan juga tidak membuat website lambat.

Tak hanya itu, Visual Portfolio juga memungkinkan Anda menambahkan audio maupun video ke dalam satu galeri. Anda hanya perlu menyalin URL file dan nantinya media Anda akan ditampilkan.

gmedia photo gallery

Gmedia Photo Gallery merupakan plugin yang mampu menangani galeri, gambar, hingga video & file audio pada website Anda.

Di sini, tersedia berbagai format paket galeri. Dari yang ringan dan cepat, slideshow, hingga pemutar musik pada website.

Uniknya lagi, Gmedia memberikan galeri yang responsive. Bahkan meski diakses lewat iPad maupun iPhone.

video gallery

Berbeda dari plugin gallery WordPress lainnya, Gallery Videos fokus pada galeri video. Terutama bagi Anda yang ingin menampilkan video YouTube, Vimeo, Wistia, dan MP4 pada website.

Ada belasan tema galeri yang bisa Anda pilih, lengkap dengan kebebasan custom efek hover, lightbox, dan desain yang sudah responsive. Jadi, Anda tak usah takut video akan menyakiti performa SEO website. 

Namun jika Anda menginginkan fitur yang lebih canggih, Anda bisa upgrade plugin ini ke versi premiumnya. Dengan versi premium, Anda bisa mendapatkan opsi lebih banyak untuk custom galeri, pilihan efek yang lebih melimpah, dan banyak lagi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memaksimalkan Image SEO untuk Website

metaslider

Mungkin, Anda pernah mendengar bahwa format slider kurang bagus untuk performa SEO website. Sebab, rentan membuat kinerja situs menjadi lambat. Namun, sekarang Anda bisa meminimalisirnya dengan plugin MetaSlider.

Plugin gallery WordPress ini mampu memberikan Anda slider yang ramah SEO. Anda hanya perlu memilih gambar yang Anda inginkan, lakukan drag and drop, dan slider akan selesai dengan mudah,

Kerennya lagi, MetaSlider tidak hanya cocok untuk pemula. Namun juga bagi developer maupun developer tema. Sebab, Anda bisa menyesuaikan slider sesuai dengan konfigurasi yang Anda inginkan.

14. Smash Balloon Social Photo Feed

smash balloon social photo feed

Smash Balloon Social Photo Feed merupakan plugin gallery WordPress khusus untuk menampilkan feed Instagram pada website. Bahkan, Anda bisa menampilkan feed dari beberapa akun Instagram sekaligus.

Soal tampilan, rupanya plugin ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampak visual galeri foto. Baik mengatur lebar, tinggi, ukuran gambar, dan banyak lagi.

Keistimewaan lainnya, tak hanya menampilkan gambar, Smash Balloon Social Photo Feed juga mampu meningkatkan engagement media sosial. Sebab, plugin ini mampu memberikan tombol “Follow” di sisi galeri foto Anda.

Baca Juga: Plugin Instagram WordPress

unite gallery lite

Menggunakan plugin gallery WordPress Unite Gallery, Anda hanya perlu membuat sebuah galeri, kemudian mengurutkannya cukup dengan drag and drop ke posisi yang Anda inginkan.

Setelah galeri selesai dibuat, selanjutnya Anda hanya perlu memanggil shortcode melalui halaman maupun postingan pada website WordPress. Galeri ini hadir dengan tampilan responsive, zoom, serta efek unik.

Plugin ini terbilang cukup mudah digunakan dengan 9 jenis galeri yang dapat Anda pilih, yaitu tiles – columns, tiles – justified, tiles – grid, default theme, compact theme, grid theme, slider, video gallery, dan carousel.

Jenis galeri yang paling baik untuk menampilkan gambar adalah jenis tiles – columns. Anda dapat menampilkan kumpulan gambar dalam bentuk kolom dengan garis tidak sejajar.

Sayangnya, gallery WordPress plugin ini tidak lagi rutin diperbaharui oleh pengembangnya. Sehingga, plugin ini mungkin tidak kompatibel di beberapa perangkat dan memiliki ancaman isu keamanan.

Baca Juga: Hati-hati! Tidak Semua Plugin WordPress Aman untuk Diinstall

Itulah beberapa plugin gallery WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri di WordPress. Setiap WordPress gallery plugin memiliki fitur dan keunikannya masing-masing. Ada yang untuk foto, video, maupun postingan sosial media.

Tapi apapun plugin gallery WordPress pilihan Anda, jangan lupa untuk membarenginya dengan menggunakan layanan hosting terbaik. Sebab tanpa hosting terbaik, website akan berpotensi lambat. Apalagi kalau di dalamnya menyimpan banyak gambar.

Nah untuk layanan hosting tercepat dengan harga terjangkau, kami sarankan Anda memakai web hosting Indonesia Niagahoster. Dengan server yang handal dan jaminan uptime 99.99%, situs Anda pasti lebih cepat meskipun menampilkan banyak gambar.

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *