7 Plugin Gallery WordPress Agar Blog Tampil Menarik - Niagahoster Blog

Plugin gallery WordPress merupakan tool yang sangat berguna bagi pengguna WordPress ketika ingin membuat galeri gambar pada website. Anda hanya perlu menginstal plugin, mengaktifkannya, kemudian membuat beberapa pengaturan sesuai plugin yang Anda gunakan.

Meskipun sering dipandang sebagai hiasan semata, gambar merupakan bagian penting suatu website. Gambar yang menarik dapat meningkatkan level ketertarikan pengunjung terhadap konten yang Anda buat.

Anda memang dapat mengunggah gambar ke dalam postingan WordPress. Hanya saja, secara default gambar yang Anda unggah memiliki tampilan terbatas.

Plugin gallery WordPress dapat membuat kumpulan gambar dengan layout menarik. Dalam ulasan ini kami akan membahas beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri gambar yang menarik.

Berikut ini adalah plugin gallery WordPress yang bisa Anda gunakan …

1. NextGEN Gallery

plugin gallery wordpress

NextGEN Gallery adalah salah satu plugin untuk membuat galeri gambar pada WordPress yang memiliki cukup banyak pengguna, di atas 1 juta pengguna hingga saat artikel ini ditulis. Plugin ini terbilang cukup sederhana serta mudah digunakan untuk membangun galeri gambar dengan fitur lengkap.

Plugin ini sangat cocok untuk website fotografi, desain grafis, ataupun bagi Anda yang menggunakan website untuk menampilkan hasil karya.

Pada bagian back end, terdapat fitur yang lengkap untuk melakukan pengaturan galeri seperti unggah foto, import meta data, tambah/hapus/atur foto, edit thumbnail, dan lain-lain.

Pada bagian front end, ada dua jenis tampilan galeri yang dapat Anda gunakan yaitu slideshow dan thumbnail.

2. Jetpack

jetpack

Jetpack menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan pada website WordPress Anda. Salah satunya, yang tentu saja berhubungan dengan ulasan kami kali ini, adalah galeri gambar.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda dapat menambahkan galeri gambar melalui tombol Add Media. Anda pun dapat membuat galeri pada tiap postingan atau halaman.

Ada tiga jenis tampilan galeri yang dapat Anda pilih: rectangular mosaic, square mosaic, dan circular grid.

3. Envira Gallery

envira

Seperti plugin lain dalam ulasan ini, Envira Gallery juga menyediakan fitur menarik bagi Anda yang ingin membuat galeri gambar pada WordPress tanpa bantuan programmer. Anda dapat membuat galeri hanya dalam beberapa klik saja berbekal builder drag and drop yang tersedia.

Selain itu, galeri yang dibuat dengan plugin ini pun dapat tampil dengan baik pada berbagai macam perangkat, misalnya desktop, tablet bahkan mobile sekalipun.

Telah terdapat tombol social sharing pada bagian gambar yang cukup memudahkan pengunjung dalam membagikannya ke akun media sosial mereka.

Anda juga dapat menambahkan watermark pada gambar yang telah diunggah. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengedit gambar terlebih dahulu sebelum melakukan unggahan.

4. FooGallery

foogallery

FooGallery adalah plugin gallery WordPress selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri gambar bertampilan responsive dengan mudah. Plugin ini juga developer friendly, artinya para developer pun dapat dengan mudah melakukan konfigurasi.

Thumbnails memiliki kualitas tinggi pada tampilan retina display, sehingga terlihat lebih jelas pada semua jenis perangkat.

Jika menginginkan galeri video, Anda dapat menambahkan ekstensi FooVideo. Hanya saja, fitur ini tidak bisa Anda dapatkan secara gratis alias berbayar.

Plugin ini juga mendukung kustom CSS untuk galeri dan album yang dibuat, sehinga Anda dapat mengatur tampilannya sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak pilihan jenis galeri yang dapat Anda gunakan, seperti responsive image gallery dengan atau tanpa caption, foogrid, image viewer, masonry, simple portfolio, silakan kunjungi halaman demo untuk melihat tampilannya.

5. Unite Gallery Lite

unite gallery lite

Menggunakan Unite Gallery, Anda hanya perlu membuat sebuah galeri, kemudian mengurutkannya cukup dengan drag and drop ke posisi yang Anda inginkan. Setelah galeri selesai dibuat, selanjutnya Anda hanya perlu memanggil shortcode melalui halaman maupun postingan pada website WordPress. Galeri ini hadir dengan tampilan responsive, zoom, serta efek unik.

Plugin ini terbilang cukup mudah digunakan dengan 9 jenis galeri yang dapat Anda pilih, yaitu tiles – columns, tiles – justified, tiles – grid, default theme, compact theme, grid theme, slider, video gallery, dan carousel.

Jenis galeri yang paling baik untuk menampilkan gambar adalah jenis tiles – columns. Anda dapat menampilkan kumpulan gambar dalam bentuk kolom dengan garis tidak sejajar.

6. Huge-IT Gallery

huge it gallery

Huge-IT Gallery dapat Anda gunakan untuk membuat galeri gambar dengan tampilan responsive, sehingga galeri dapat tampil dengan baik di berbagai perangkat pengujung Anda.

Terdapat beberapa style yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan galeri gambar, yaitu gallery popup, content slider, lightbox gallery, slideshow, thumbnails, justified dan blog style gallery.

Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, seta URL untuk setiap gambar yang Anda tambahkan ke dalam galeri. Dengan menggunakan image manager, Anda dapat mengunggah banyak gambar dengan satu klik saja.

Untuk mengatur posisi gambar, Anda hanya perlu menggeser ke posisi yang Anda inginkan. Terdapat tiga pilihan untuk menampilkan konten gambar: Show All, Pagination, dan Load More.

Pengunjung dapat memberikan rating pada gambar melalui tombol rating. Tentu Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan.

Tampilan gambar Anda akan lebih menarik ketika diklik dengan adanya lightbox/popup. Selain itu Anda dapat menambahkan video dari Youtube atau Vimeo pada galeri yang dibuat.

7. Justified Gallery

justified gallery

Justified Gallery termasuk plugin gallery WordPress dengan konsep sederhana namun memiliki tampilan sangat baik. Anda hanya perlu menginstal plugin, melakukan sedikit pengaturan, dan galeri Anda dapat segera ditampilkan.

Tampilan responsive-nya memungkinkan galeri yang Anda buat dapat diakses dengan baik melalui beragam perangkat. Anda juga dapat mengaktifkan deskripsi jika ingin menambahkan keterangan singkat pada gambar tertentu.


Itulah beberapa plugin gallery WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri gambar pada website. Jika Anda memiliki plugin favorit lainnya, jangan ragu berkomentar melalui kolom yang tersedia. Silakan klik subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda! 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.