Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

7+ Cara Membuat Website Fotografi yang Keren

8 min read

cara membuat website fotografi

Memamerkan hasil foto profesional tidak cukup di media sosial saja. Anda juga butuh website fotografi. Kenapa? Selain untuk menampilkan hasil foto, website fotografi akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Klien tentu akan lebih percaya dengan jasa fotografer yang memiliki website dibanding yang tidak memiliki website.  

Nah, di artikel ini, Anda akan dipandu untuk membuat website fotografi yang keren. Langsung saja simak panduan lengkapnya di bawah ini! 

Cara Membuat Website Fotografi yang Keren 

website fotografi

Berikut ini merupakan cara membuat website fotografi yang keren. Sudah siap? Ayo kita mulai!

1. Tentukan dan Daftarkan Nama Domain

Tahukah Anda bahwa nama domain ternyata berpengaruh terhadap kesuksesan website fotografi Anda. Semakin unik dan mudah diingat, semakin besar kemungkinan website Anda di-notice dan dikunjungi oleh banyak orang. 

Oleh sebab itu, membuat nama website fotografi haruslah dipikirkan secara matang. Untuk membantu Anda menentukan nama domain website, kami menyediakan beberapa tips berikut ini. 

  • Buat Nama Domain yang Singkat

Mana yang lebih mudah diingat, www.fotograferhitsabizjogja.com atau www.fotograferjogja.com?

 Pilihan kedua tentu lebih mudah diingat, bukan? Nama website yang panjang akan sulit diingat. Sementara website yang singkat jauh lebih mudah diingat oleh pengunjung. 

  • Hindari Angka dan Tanda Penghubung 

Menggunakan kombinasi angka dan tanda penghubung untuk sebuah nama website bukanlah ide yang bagus. Anda hanya akan membuat nama website yang sulit untuk diingat. 

Penggunaan tanda penghubung juga sulit untuk dieja. Jadi, hindari penggunaan tanda hubung pada nama website Anda. 

  • Pilih Ekstensi Domain yang Tepat 

Untuk membuat nama website, Anda bisa menggunakan ekstensi domain yang populer dan sering digunakan, misalnya .com, .co.id, .co dan lain-lain. Namun, karena populer, nama website Anda mungkin telah dipakai lebih dulu oleh pihak lain. Mau tidak mau, Anda harus mengganti nama website Anda. Anda bisa gunakan fitur cek domain di Niagahoter. 

Kalau Anda tetap ingin memakai nama yang telah Anda persiapkan, Anda bisa mengganti ekstensi domainnya. Ada banyak ekstensi domain yang bisa Anda gunakan, seperti .site. .online. .website, dll. Jika telah menentukan nama domain website fotografi Anda, segera daftarkan dan beli domain tersebut. Anda bisa beli domain murah di Niagahoster.  

2. Memilih Layanan Web Hosting

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan domain dan membeli layanan web hosting. Dalam memilih layanan web hosting, pilihlah hosting yang terbaik untuk website Anda. 

Untuk website fotografi, pilihlah hosting dengan performa server yang tinggi, aman, dan mempunyai support 24 jam. Hal ini penting agar website Anda dapat selalu diakses oleh pengunjung. Anda tentu tidak ingin website Anda down saat calon klien mengunjungi website Anda, bukan? Bisa-bisa Anda kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan. 

Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk membeli layanan web hosting yang terpercaya. Di Indonesia ada banyak layanan penyedia web hosting, salah satunya adalah web hosting Niagahoster. 

Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan semua layanan hosting terbaik untuk website fotografi Anda. Contohnya hosting super cepat yang akan membuat website Anda tidak lemot, keamanan website ekstra, dan tim support 24 jam yang membantu mengatasi kendala Anda. Yang menarik lagi, Anda bisa mendapatkan diskon dan promo menarik setiap saat. 

Nikmati Promo Domain & Hosting, Lebih Hemat hingga 70%

3. Install WordPress 

Mengapa WordPress? Padahal ada banyak platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat website. Hal itu karena ada banyak sekali keunggulan WordPress dibanding CMS lainnya. 

Nah ini dia beberapa keunggulan WordPress yang layak dijadikan pilihan CMS untuk website. 

  • Mudah disetup – proses install dan setup WordPress secara manual dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. 
  • Gratis – WordPress merupakan CMS open source yang dapat Anda gunakan secara gratis. 
  • Tersedia banyak tema – WordPress juga menyediakan ribuan tema yang dapat memudahkan Anda mengatur tampilan website tanpa perlu coding sama sekali. 
  • Bebas install plugin – Anda juga bisa menambahkan fitur website sesuai kebutuhan Anda dengan menginstall beragam pilihan plugin yang disediakan oleh WordPress. 

Apakah hanya itu keunggulan WordPress? Tentu saja tidak. Jika  menggunakan WordPress hosting dari Niagahoster, Anda dapat menikmati fitur yang disediakan untuk lebih mudah menggunakan WordPress.  Selengkapnya bisa Anda lihat di artikel Keunggulan WordPress Niagahoster

Seperti yang telah disebutkan, menginstall WordPress sangatlah mudah. Lebih mudah lagi menggunakan fitur auto install WordPress dari Niagahoster. Cukup satu kali klik, website WordPress Anda siap untuk digunakan. Untuk tutorial lengkapnya langsung saja klik artikel cara install WordPress

4. Pilih Template yang Menarik

Setelah bisa mengakses Dashboard WordPress, Anda bisa mulai mengatur website Anda, mulai dari tema hingga konten. Mari mulai dengan memilih tema website yang menarik. 

Website tanpa tema yang menarik, siapa yang mau melirik? Terlebih website fotografi Anda ditujukan untuk portofolio atau mencari klien. Bisa-bisa reputasi Anda atau brand Anda langsung terjun bebas. Anda jadi kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan atau klien baru. 

Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena WordPress menyediakan banyak varian template menarik dan gratis untuk diinstall. Namun, Anda mungkin bingung menentukan template yang sesuai dengan website fotografi. 

Untungnya, WordPress telah membagi template sesuai dengan kategorinya. Beberapa template fotografi yang bisa Anda pilih di antaranya, 

  • Uncode 
template WordPress
  • Seos Photography
  • Bard 

Dan masih banyak lagi tema fotografi yang bisa Anda pakai di WordPress. Untuk cara menginstallnya: 

  1. Login ke Dashboard > Appearance 
  2. Klik Add New 
  3. Pilih tema dan klik install 
  4. Klik Activate untuk menerapkan tema pada website 

Selanjutnya Anda tinggal mengatur dan sedikit mengedit side identity, header, footer, dan background image. 

Jika Anda ingin mengetahui mengetahui lebih banyak template WordPress, Anda bisa membaca artikel kami tentang 50 Template WordPress Gratis

5. Install Plugin yang Dibutuhkan

Untuk membantu  meningkatkan performa fitur WordPress, Anda perlu menginstall beberapa plugin. Berikut ini beberapa plugin WordPress yang perlu Anda install untuk mengoptimalkan kinerja website Anda. 

Yoast SEO merupakan plugin WordPress untuk meningkatkan SEO sebuah website. Dengan Yoast SEO, Anda bisa melakukan optimasi dengan mudah sehingga website Anda bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. 

Plugin Yoast SEO menyediakan fitur yang cukup lengkap untuk meningkatkan SEO sebuah website, seperti mengubah SEO title dan meta description, XML Sitemap, Permalinks, Meta Robot, Google Snippet, dan SEO on-page Analysis.

Website fotografi tanpa picture gallery tentu terdengar aneh, bukan? Oleh sebab itu, Anda membutuhkan sebuah plugin gallery untuk membuat galeri foto yang menarik. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah melihat foto-foto Anda. 

Di Envira Gallery, terdapat fitur Drag and Drop Builder yang bisa memudahkan Anda membuat galeri foto dan menampilkannya di postingan Anda. Seperti namanya, dalam memilah foto yang akan Anda upload, Anda hanya perlu drag dan drop saja ke postingan. 

Anda juga tidak perlu khawatir tampilan galeri foto Anda tidak fit ketika dilihat dari perangkat mobile. Hal itu karena galeri yang Anda buat dengan Envira Galeri mempunyai desain responsive atau user-friendly di perangkat mana saja. 

File foto yang terlalu besar seringkali membuat proses upload berjalan lama. Tak hanya itu, performa website Anda juga akan menurun hingga akhirnya lemot ketika diakses oleh pengunjung. 

Untuk itu, Anda perlu mengompres foto Anda terlebih dahulu. Di WordPress Anda bisa mengompres foto dengan mudah dengan Plugin Tiny PNG. Tiny PNG memiliki fitur Automatic JPEG and PNG Quality sehingga Anda bisa mengompres foto tanpa perlu khawatir kualitas foto jadi menurun.  

MailChimp merupakan layanan email marketing yang digunakan untuk mengirimkan email kepada pelanggan atau subscriber website. Dengan plugin ini, Anda bisa mendesain form untuk mendapatkan email dari pengunjung. 

Fitur yang dimiliki oleh MailChimp di antaranya adalah beragam pilihan campaign, kirim email otomatis, optimasi email marketing, integrasi dengan aplikasi lain, dll. 

Fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda mengeksekusi strategi marketing Anda. Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan Anda sehingga memudahkan Anda dalam menawarkan layanan atau promo-promo tertentu. 

Plugin yang satu ini bisa dibilang sebagai plugin paket komplit. Anda bisa memantau keamanan website Anda, mengoptimasi performa website, hingga manajemen website. 

Jetpack juga dapat mengoptimasi ukuran gambar. Dengan begitu, kecepatan load website Anda bisa tetap optimal. Selain itu, plugin ini juga telah terintegrasi dengan analytics tools SEO sehingga Anda bisa menganalisis jumlah leads, lama waktu pengunjung di website, dll. 

Untuk dapat mengaktifkan plugin di WordPress pun sangat mudah dilakukan. Berikut ini langkah-langkah untuk install plugin. 

  • Di tampilan dashboard, pilih menu Plugins > Add New.
  • Ketik nama plugin di kolom pencarian 
  • Klik Install Now
  • Kemudian klik Activate untuk aktifkan plugin

Kini Anda telah berhasil menambahkan beberapa fitur untuk mengoptimalkan performa website Anda. 

Untuk mengetahui lebih banyak rekomendasi plugin WordPress terbaik, silakan mampir ke artikel kami → 10+ Plugin WordPress Terbaik untuk Memulai Website Anda. 

6. Tambahkan Foto dan Konten 

Setelah memilih template yang sesuai dan menginstall beberapa plugin, Anda bisa mulai menambahkan foto dan konten di website Anda. Namun, jangan asal menambahkan gambar saja. Anda perlu membuat konsepnya terlebih dahulu. 

Akan lebih bagus jika foto yang Anda upload dikelompokkan sesuai kategori atau temanya. Misalnya foto-foto project wedding, company brand, dan tema alam. 

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengupload foto, kami menyarankan Anda untuk membuat gallery terlebih dahulu. Galeri adalah media yang dibutuhkan oleh setiap fotografer untuk menampilkan karya mereka. Anda bisa membuat gallery foto yang bagus dengan Envira galeri. Caranya cukup mudah. 

  • Pilih menu Envira Gallery > Add New pada dashboard 
  • Tambahkan judul untuk galeri Anda 
  • Upload foto dari komputer (atau media lain)
Envira Gallery
  • Lalu klik Publish; galeri foto Anda sudah jadi 
  • Copy shortcode galeri tersebut 
  • Paste shortcode tersebut pada postingan Anda di Add New Post agar galeri Anda dapat ditampilkan di website Anda. 
Tampilan Website Fotografi

Hasilnya, galeri foto Anda tampil di halaman website Anda. Mudah, bukan? Selain menambahkan foto-foto terbaik, Anda juga bisa menambahkan beberapa artikel mengenai fotografi. 

Buatlah satu halaman khusus untuk memposting beberapa artikel tentang fotografi. Anda bisa membuat artikel ringan tentang tips setting kamera, persiapan foto di ruang terbuka, atau indoor. Artikel-artikel tersebut dapat meningkatkan kualitas SEO website Anda, sehingga website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

7. Buat halaman “About” dan “Contact”

Anda perlu menampilkan deskripsi tentang profil Anda di website yang sudah Anda buat. Deskripsi profil ini sangat penting. Bahkan saking pentingnya, Anda perlu membuat satu halaman khusus tentang ini. Biasanya halaman ini diberi nama “About Me”, “About Us”, atau “About”. 

Di halaman ini, Anda bisa mengisi keahlian dan project apa saja yang pernah ada tangani di bidang fotografi. Untuk memudahkan Anda membuatnya, kami akan memberikan beberapa tips membuat halaman profil yang baik. 

  • Buat profil secara jelas dan singkat 

Tulis basic information tentang diri Anda atau bisnis Anda. Misalnya siapa diri Anda, lalu apa kemampuan dan keahlian yang Anda tawarkan. Anda bisa memberikan beberapa pengalaman atau project yang pernah Anda garap. Tulislah profil tersebut dengan bentuk narasi bercerita agar pengunjung Anda terpikat dengan brand Anda.   

  • Tambahkan foto diri Anda 

Jangan lupa menambahkan foto diri Anda sebagai pendukung. Tak harus foto formal, Anda bisa menambahkan foto yang yang kasual, foto kreatif, atau foto yang menunjukkan persona Anda sebagai seorang fotografer. 

  • Gunakan media tambahan 

Tak melulu tentang teks saja. Anda bisa menambahkan media lain untuk membuat profil Anda atau sebagai pendukung profil Anda. Anda juga bisa menggunakan video untuk mengenalkan diri Anda. Anda juga bisa menggunakan diagram atau chart untuk menggambarkan kemampuan Anda. 

Cara membuat halaman “About Me” sangatlah simpel. Pilih menu Pages > Add New pada halaman Dashboard. Tambahkan Judul Halaman dan mulai tulis profil tentang Anda.  

Nah, sebagai referensi untuk profil website individu, organisasi, atau brand fotografi yang bagus, Anda bisa lihat website World Photography Organization seperti di bawah ini. 

Halaman about us

Contoh lainnya profil dari website fotografer dunia, Mike Bailey Gates. Di profilnya Mike menampilkan foto persona sesuai dengan konsep-konsep fotografinya.

halaman about me

Setelah membuat halaman “About”, ada lagi yang tak boleh terlewat, yaitu halaman “Contact”. Tanpa mencantumkan kontak Anda, bagaimana klien bisa menghubungi Anda? 

Untuk itu, buatlah halaman khusus “contact” agar pengunjung bisa menghubungi Anda. 

Nah, untuk memudahkan pengunjung, Anda bisa menggunakan template form dengan plugin Contact Form 7 yang tersedia di WordPress. Selengkapnya lihat artikel Cara Membuat Contact Form di WordPress

8. Mengoptimasi SEO 

Tahap terakhir sekaligus tahap yang harus selalu dilakukan adalah mengoptimasi SEO website fotografi Anda. Mengoptimasi SEO website sangat penting supaya website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. 

SEO sendiri sebenarnya dapat dipisah lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan off-page. Seperti namanya, optimasi tersebut melibatkan aspek di dalam dan di luar halaman website. 

Dalam mengoptimasi SEO on-page website fotografi, hal yang tidak boleh terlewat adalah mengoptimasi image SEO. Banyaknya foto pada website fotografi akan mempengaruhi performa website, sehingga Anda perlu mengoptimasi setiap foto di website fotografi Anda. Untuk mengetahui cara lengkapnya, silakan baca artikel Panduan Optimasi Image SEO.

Mengapa Butuh Website Fotografi? 

Dari cara di atas, sekarang Anda sudah bisa membuat website fotografi yang keren, kan? Dengan mempunyai website fotografi, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Kira-kira apa saja manfaat yang Anda dapatkan dari memiliki website fotografi? Mari simak uraiannya di bawah ini. 

1. Lebih Mudah Ditemukan di Google

Punya akun media sosial saja untuk mengenalkan brand dan jasa fotografi Anda tidaklah cukup. Bisnis Anda juga harus ditemukan di Google. 

Kenapa? Seperti kita tahu, hampir semua pengguna internet biasanya menggunakan google untuk mencari berbagai informasi. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai website untuk bisnis Anda. 

Berbekal website, bisnis Anda dapat muncul di halaman pencarian Google. Kalau sudah muncul di Google, website bisnis Anda sangat berpeluang dilihat oleh lebih banyak orang. 

2. Lebih Kredibel 

Memiliki website fotografi dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai fotografer profesional. Survey juga telah membuktikan, sebanyak 84% pemilik bisnis percaya bahwa website membuat bisnis mereka lebih kredibel dibanding hanya memiliki media sosial. 

Di website Anda, pengunjung bisa langsung melihat hasil bidikan foto Anda. Pengunjung juga dapat mengetahui bagaimana sepak terjang Anda di dunia fotografi. Dengan begitu, pengunjung akan lebih percaya dengan bisnis jasa fotografer Anda. 

3. Mudah Melakukan Promosi Online 

Website dapat membantu Anda untuk menyukseskan strategi promosi bisnis di berbagai platform promosi seperti Google Ads, Facebook Ads, dan social media ads lainnya.

Dengan memiliki website, Anda dapat lebih mudah mempromosikan bisnis Anda secara online. Orang yang klik iklan Anda bisa langsung diarahkan menuju website Anda. Kemudian, pengunjung dapat langsung melihat penawaran dan melakukan pemesanan atau pembelian. Penjualan jasa fotografi Anda pun bisa semakin meningkat.  

Buat Website Fotografi Anda Sekarang!

Di artikel ini Anda sudah mempelajari cara membuat website fotografi yang keren. Mulai dari menentukan nama domain, memilih hosting, menentukan template, hingga mengoptimasinya. Anda juga telah mengetahui pentingnya memiliki website fotografi bagi fotografer.  

Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, bukan? Jadi, segera siapkan nama untuk website fotografi Anda dan daftarkan nama domain tersebut untuk membuat website fotografi yang keren. 

0
Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]