Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

10 Plugin Forum Terbaik untuk WordPress

9 min read

plugin forum terbaik

Kolom komentar adalah bagian penting dalam sebuah website. Di sana Anda bisa berkomunikasi dan menjaring pendapat dari pengunjung website. Tapi tahukah Anda kalau kolom komentar di website bisa di-upgrade menjadi sebuah forum?

Dibandingkan kolom komentar biasa, forum di web tentunya jauh rapi dan terstruktur. Kesan yang didapat dari adanya forum di website juga berbeda. Ketika kolom komentar terkesan seperti komunikasi searah, forum punya kesan sebagai tempat diskusi dua arah.

Di artikel ini, Anda akan mengetahui manfaat forum bagi sebuah website. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa opsi dan rekomendasi plugin forum di WordPress.

Mengapa Anda Perlu Plugin Forum?

Plugin forum memudahkan Anda dalam menambahkan kolom diskusi pada website WordPress. Tidak hanya sekedar menambahkan, plugin forum juga membantu Anda dalam memanajemen jalannya diskusi itu sendiri.

Adanya forum diskusi di website sangat bermanfaat bagi Anda. Setidaknya ada tiga hal yang didapat dengan menambahkan forum diskusi di sebuah website.

Pertama, forum bisa menciptakan komunitas. Dengan adanya tempat khusus berkomentar dan berdiskusi, pemilik website menunjukkan kepeduliannya terhadap respons dari pengunjung. Hal ini sekaligus menjadi sebuah undangan bagi pengunjung untuk ikut meninggalkan terlibat di website tersebut.

Jika komunikasi ini berlangsung terus-menerus, kolom diskusi bisa menciptakan komunitas tersendiri. Setiap pengunjung bisa saling berkomunikasi, membagikan ide, dan berjejaring. Karena hubungan ini pula, kemungkinan besar mereka akan sering kembali untuk mengunjungi website. Di samping itu, lebih besar kemungkinan mereka untuk membeli produk dan merekomendasikan website ke teman.

Kedua, forum bisa menjadi bentuk lain pusat bantuan atau customer support. Lewat forum, calon pelanggan atau pelanggan bisa menanyakan pertanyaan atau meminta bantuan. Sebagai pemilik website, Anda tinggal membalas pertanyaan tersebut.

Karena sifatnya yang bisa dilihat publik, Anda pun bisa memilih pertanyaan yang sering ditanyakan untuk ditampilkan paling atas. Cara ini membuat topik tersebut lebih mudah ditemukan oleh pengunjung website. Dengan begini, Anda juga tak perlu repot menjawab pertanyaan berulang kali.

Ketiga, forum membawa manfaat SEO lainnya. Keberadaan forum bisa menyumbang testimoni dan review positif bagi usaha yang tengah Anda lakukan. Mengingat 94 persen orang membaca review online dan 84 persen menganggapnya sama seperti rekomendasi keluarga ─ maka Anda perlu menggarap elemen website ini dengan lebih serius.

Selain manfaat langsung, forum di website juga membantu Anda dari sisi konten. Banyaknya respons serta pertanyaan di forum memberikan Anda ide konten untuk web. Alih-alih membuat konten yang belum tentu dibaca, ide konten dari pengunjung tentu memiliki kemungkinan besar untuk diakses. Cara ini juga bisa dipakai untuk mendokumentasikan pertanyaan penting yang ada di forum.

Setidaknya, ketiga hal ini yang akan Anda dapatkan ketika memiliki forum khusus dalam website. Dengan adanya plugin, Anda bisa mengatur dan memanajemen forum di website dengan lebih terarah. Di bagian selanjutnya, kita akan lebih banyak membahas soal berbagai plugin forum yang tersedia di WordPress.

Rekomendasi Plugin Forum untuk WordPress

Di bawah ini, kami mereview 10 plugin forum yang tersedia di WordPress. Anda bisa menemukan ulasan singkat, kelebihan, serta kekurangan yang ada di tiap-tiap plugin.

1. bbPress

bbPress merupakan pilihan pertama bagi Anda ketika ingin membuat forum di website WordPress. Pernyataan ini tak berlebihan. Sebab, bbPress merupakan plugin forum yang memang didedikasikan untuk WordPress. Tampilan yang dimiliki plugin ini sangat mirip, bahkan sama, dengan tampilan forum Support di WordPress.

Pengaturan plugin ini sangatlah mudah. Setelah menginstalnya ke website, Anda hanya perlu menuju ke Forum > New Forum. Kemudian akan muncul halaman yang mirip dengan pembuatan post. Anda hanya tinggal memberi judul pada forum dan sedikit deskripsi untuk membuat forum dengan topik tertentu. Jangan lupa tekan tombol publish supaya forum terbentuk.

Kemudian Anda perlu buat halaman khusus untuk menampilkan forum yang dibuat. Di halaman yang ada, Anda hanya perlu tambahkan shortcode yang tersedia. Jangan lupa juga sertakan halaman yang dibuat ke menu lewat Appereance > Menu.

Kelebihan:

  • Terintegrasi dengan WordPress sepenuhnya.
  • Mudah untuk melakukan pengaturan dasar dan memanajemen forum.
  • Buat banyak forum dalam satu plugin.
  • Pengaturan mudah dan terintegrasi dalam satu tempat.
  • Tersedia banyak pilihan extensions untuk menambah fitur yang diinginkan.

Kekurangan:

  • Fitur terlalu sederhana. Perlu extensions untuk menambahkan fitur yang diinginkan.
  • Tak bisa membuat tampilan forum yang elegan di website.

Baca juga: Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install

2. BuddyPress

Buddy Press

Sama halnya seperti bbPress, BuddyPress adalah plugin resmi keluaran WordPress. Plugin ini tak hanya mampu menampilkan forum dalam website, tetapi juga mengaturnya supaya bekerja seperti media sosial ─ mirip halnya dengan Facebook.

Dengan menggunakan BuddyPress, Anda bisa memastikan komunikasi antara pengunjung bisa berlangsung dalam jangka panjang. Sebab, BuddyPress memberikan profil untuk setiap orang yang terlibat di dalam forum. Profil yang dipakai pun bisa dikustomisasi dengan menambahkan foto atau informasi terkait lainnya.

Mirip dengan fitur di Facebook, plugin ini memfasilitasi Anda membuat forum interaktif bagi user. Tidak hanya sebatas komentar dalam thread, BuddyPress juga mengaktifkan fitur grup, pesan pribadi, notifikasi, dan sistem pertemanan dakam forumnya.

Kelebihan:

  • Terintegrasi dengan WordPress.
  • User bisa membuat profil tersendiri, lengkap dengan kustomisasi foto profil.
  • User bisa menjadikan user lain sebagai teman dalam forum.
  • Notifikasi aktivitas dalam forum.
  • Bisa buat grup.
  • Tersedia channel pesan pribadi.

Kekurangan:

  • Fitur yang ditawarkan cukup sederhana.
  • Untuk menambahkan fitur lainnya BuddyPress masih tergantung pada aplikasi pihak tiga (third-party apps).

Baca juga: 5 Plugin Chat WordPress Terbaik

3. DW Question & Answer

Jika Anda menginginkan forum khusus untuk questions and answers (Q&A), DW Question & Answer mungkin bisa membantu Anda. Plugin ini mendesain bagian forum supaya mirip dengan tampilan dan fitur yang dimiliki Quora.

Tampilan macam ini membantu Anda bisa menjaga forum tetap terlihat profesional dan sesuai dengan niche website. Segala fitur komunikasi personal yang tidak ada di plugin justru menjaga topik dalam forum tidak meluber ke mana-mana. Ditambah, DW Question & Answer memiliki fitur komentar untuk setiap jawaban yang diberikan. Cara ini mempermudah diskusi dalam forum, selain juga takkan mengacaukan alur pembahasan di forum.

Di samping fitur untuk memastikan alur diskusi, plugin forum satu ini juga memperhatikan kenyamanan penggunanya. Demi mendapatkan jawaban paling lengkap dan relevan, plugin ini memperbolehkan pengguna untuk memberi like pada jawaban. Administrator juga bisa memilih jawaban terbaik yang ditampilkan di bagian teratas.

Kelebihan:

  • Memakai sistem shortcodes.
  • Sistem notifikasi berbasis email.
  • Opsi publik atau privat untuk pertanyaan dan jawaban.
  • Opsi follow untuk pertanyaan dan jawaban di forum.
  • Didukung fitur captcha.
  • Bisa like jawaban dan pilih jawaban terbaik.

Kekurangan:

  • User tidak mendapat profil.
  • Tidak ada member list.
  • Plugin belum diperbaharui sejak tiga versi WordPress terakhir rilis.

Baca juga: 10+ Plugin Popup Terbaik untuk WordPress

4. WP Symposium Pro

WP Symposium Pro

WP Symposium Pro mengklaim sebagai ultimate social network plugin untuk WordPress. Jadi jangan heran jika fitur yang ditawarkan berusaha menyamai media sosial.

Seperti halnya media sosial, setiap user di forum akan mendapatkan profilnya sendiri-sendiri. Tidak hanya itu saja, setiap aktivitas yang dilakukan pun terekam di wall. Selain itu, WP Symposium Pro juga membolehkan Anda membuat dan tergabung dalam banyak forum, serta berteman dengan users lainnya.

Dalam versi pro, plugin ini bahkan memberikan begitu banyak fitur advance. Beberapa di antaranya adalah preview konten YouTube lewat URL di forum, kustomisasi keamanan untuk setiap user, beri rewards untuk aksi yang dilakukan, dan subscription topik bahasan di forum. Maka dari itu, plugin ini cocok digunakan untuk website klub, sekolah, komunitas, toko online, pusat bantuan, portal game, dan banyak macam website lainnya.

Kelebihan:

  • Kustomisasi tampilan tanpa batas melalui shortcodes.
  • Kompatibel dengan plugin translasi seperti WPML.
  • User bisa membuat profil tersendiri, lengkap dengan kustomisasi foto profil.
  • User bisa membuat grup sendiri.
  • Terdapat notifikasi dan catatan aktivitas user

Kekurangan:

  • Berbagai fitur penting ─ kirim dokumen ke forum, kustomisasi notifikasi, dan kirim pesan ke lebih dari satu user sekaligus ─ tersedia di versi pro.

Baca juga: 8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly

5. wpForo Forums

Jika forum adalah bagian penting dalam website Anda, maka Anda memerlukan plugin yang bisa menawarkan fitur lengkap. Bukan sekedar manajemen dan tampilan saja, kalau perlu forum yang dibuat juga membantu Anda mendapatkan ranking optimal di mesin pencarian. Nah, jika memang itu yang dicari berarti wpForo adalah jawabannya.

wpForo tidak cuma memiliki sistem yang SEO-friendly, tetapi juga beberapa fitur lain yang mendukung posisi web menjadi teratas. Plugin ini juga memiliki memiliki sitemap bawaan. Elemen ini membantu mesin pencari seperti Google memahami struktur atau peta URL website. Di samping itu, plugin ini secara aktif memberi notifikasi agar bot Google mengindeks konten di web. Keduanya bekerja sama agar web Anda diindeks lebih baik dan mendapatkan ranking mesin pencari yang optimal.

Kemudian, wpForo juga dilengkapi dengan cache system. Fitur ini sengaja menyimpan beberapa data di forum ke dalam browser. Cara ini menghemat waktu ketika pengguna membuka forum yang sama di masa depan. Sistem ini juga mengurangi kemungkinan server lag.

Kelebihan:

  • Fleksibilitas untuk menciptakan forum kecil maupun forum sangat besar.
  • Terintegrasi dengan Antispam dan Akismet.
  • Tiga pilihan desain dan layout untuk forum.
  • Enam pilihan warna untuk forum.
  • Terintegrasi dengan SEO, sitemap, search engine ping, dan cache system.
  • Sistem manajemen berbasis drag and drop.

Kekurangan:

  • Tambahan fitur dijual terpisah seharga $25-125 per fitur.
  • Pengaturan sedikit rumit bagi pengguna baru.

Baca juga: 5+ Plugin Backup WordPress Terbaik

6. CM Answers

cm answer

CM Answers merupakan plugin khusus untuk membuat forum questions and answers (Q&A). Dalam versi gratisnya, plugin ini menawarkan fitur-fitur sederhana untuk website. Maka jika Anda membutuhkan forum Q&A sederhana di website, plugin bisa Anda coba.

Beberapa fitur yang dimiliki CM Answers antara lain adalah publikasi pertanyaan, menjawab pertanyaan, vote jawaban paling relevan, dan subscribe topik atau pertanyaan tertentu di forum.

Sebagai pemilik website, Anda bisa menjalankan peran sebagai administrator forum. Peran ini membolehkan Anda melakukan kustomisasi jenis pertanyaan, menjawab pertanyaan, memfliter pertanyaan atau konten yang tak diinginkan, dan juga memanajemen pengguna yang terlibat dalam forum.

Kelebihan:

  • Menampilkan berapa kali jawaban dilihat.
  • Menampilkan berapa banyak jawaban dalam satu topik.
  • Kustomisasi template sesuai keinginan.
  • Opsi sorting untuk pertanyaan dan jawaban.

Kekurangan:

  • Fitur di versi gratis sangat terbatas.
  • Fitur-fitur yang berguna banyak terdapat di versi premium.
  • Format forum terbatas.

Baca juga: 10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

7.  Simple:Press

simple press

Simple:Press merupakan plugin forum yang menggabungkan fitur tampilan, fungsional, dan SEO dalam satu tempat. Karena kelengkapan fitur ini, tak heran Simple:Press mengklaim sebagai plugin pembuat forum sekelas enterprise.

Dalam versi gratis saja, fitur-fitur yang diberikan saja sudah mencakup banyak aspek. Beberapa hal yang diperhatikan Simple:Press adalah pengaturan soal forum, manajemen pengguna dan post, administrasi (flood control dan merge forums), integrasi dengan WordPress, ranking dan gamification, SEO, login dan registrasi pengguna, tema, dan fitur pelengkap lain semacam pesan terkustomisasi (emoticon, pesan spesial, dsb).

Namun, jika fitur tersebut dirasa belum cukup, Anda bisa menambahkan 70 fitur lainnya dengan berlangganan plugin secara premium. Terdapat tiga macam paket yang bisa Anda pilih, yaitu Silver Bundle ($99 per tahun), Gold Bundle ($149 per tahun), dan Platinum Bundle ($199 per tahun). Hal yang membedakan ketiganya hanyalah support yang diberikan. Silver Bundle mendapatkan dukungan berbasis komunitas, Gold Bundle mendapatkan dukungan standar, dan Platinum Bundle mendapatkan premium support.

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan sistem WordPress.
  • Buat forum dan sub-forum dalam jumlah tak terbatas.
  • Pilihan forum publik atau privat.
  • Kompatibel dengan website multi-site WordPress.
  • Kustomisasi permalink atau slug di forum.
  • Tersedia lebih dari 70 fitur tambahan dalam versi berbayar.

Kekurangan:

  • Banyak layanan advance yang hanya tersedia di plugin versi berbayar.

Baca juga: 30 Plugin Social Media WordPress Terbaik

8. Asgaros Forumni

Asgaros Forum

Asgaros Forum adalah pilihan tepat jika Anda menginginkan forum yang ringan dan fungsional. Plugin satu ini takkan membebani Anda dengan terlalu banyak fitur. Justru, Asgaros mengambil fitur-fitur terpenting dalam sebuah plugin forum dan menyajikannya dalam bentuk yang lebih ringan dan sederhana.

Selain mempunyai content management yang simpel, Asgaros juga menampilkan daftar member serta profil untuk pengguna. Setiap pengguna juga mendapatkan fitur powerful editor supaya bisa menciptakan konten forum yang sesuai keinginan. Di samping itu, pemilik web bisa berperan sebagai moderator dan memegang kendali dalam forum. Termasuk dalam membolehkan atau melarang pengguna terlibat dalam forum.

Beberapa hal lain yang cukup menonjol dalam Asgaros adalah fitur manajemen iklan, tanda online pengguna, fitur laporkan dan larang pengguna, polls dan statistik, dan guest posting. Di samping itu, Asgaros Forum mendukung penggunaan banyak bahasa serta multi-site.

Kelebihan:

  • Pengaturan yang simpel dan ringan.
  • SEO-friendly.
  • Terdapat polls dan statistik.
  • Bisa melihat pengguna yang sedang online di forum.
  • Terdapat fitur manajemen iklan.
  • Terdapat moderator, permissions, dan grup pengguna.
  • Halaman forum otomatis dibuat ketika instalasi.

Kekurangan:

  • Tidak bisa menambahkan fitur lewat addons.

Baca juga: 5 Plugin WordPress Page Builder Terbaik

9. Discussion Board

Discussion Board adalah solusi untuk menciptakan forum web yang mudah dan cepat. Plugin ini memudahkan Anda memiliki forum di web tanpa banyak melakukan pengaturan dan kustomisasi.

Dalam sekali instal, Anda akan otomatis dibuatkan tiga halaman terkait forum. Pertama, halaman login untuk pengguna. Kedua, halaman formulir untuk membuat topik di forum. Ketiga, halaman untuk menampilkan semua daftar topik dalam forum. Fitur ini tentunya merupakan nilai plus jika dibandingkan plugin lain yang mengharuskan Anda membuat halaman secara manual.

Discussion Board juga dilengkapi oleh sistem anti-spam. Plugin ini memberlakukan pembatasan jumlah user yang dapat merepost topik di forum. Di samping itu, pemilik web juga bisa mengatur bagaimana forum berjalan. Topik dalam forum bisa diatur untuk segera terbit atau menunggu untuk dijadikan draft sebelum terbit.

Kelebihan:

  • Pengaturan halaman login, halaman forum, dan halaman pembuatan forum dalam sekali instalasi.
  • Dilengkapi dengan sistem untuk mengurangi spam.
  • Pilihan layout dan tampilan untuk forum.
  • Penggunaan shortcodes untuk pengaturan forum.

Kekurangan:

  • Fitur yang tersedia di versi gratis sangat sederhana.

Baca juga: 5 Plugin Maintenance WordPress

10. ForumEngine

ForumEngine sebetulnya bukan termasuk plugin. Opsi satu ini merupakan tema WordPress yang didedikasikan untuk membuat website forum. Hal ini cukup menjelaskan mengapa fitur yang ditawarkan begitu lengkap dan beragam. Maka dari itu, opsi ini cukup menarik untu dieksplor jika Anda memang ingin membangun website forum yang serius.

Dibandingkan plugin yang sebelumnya dibahas, ForumEngine menawarkan editor di bagian depan atau front-end website. Ini sangat memudahkan Anda dari sisi pengaturan dan pembuatan konten. Cara ini menghemat waktu karena Anda tak perlu berpindah-pindah tab untuk memastikan tampilan forum.

Di sisi lain, ForumEngine juga mengurus berbagai hal detil terkait website. Dalam hal tampilan, ada banyak opsi yang bisa dipilih. Semisal, skema warna, warna pada menu, background, serta opsi bentuk konten. Di samping itu, Anda juga tak perlu khawatir dengan tampilan di berbagai resolusi layar. Sebab, tema WordPress satu ini sudah dipastikan responsive dan mobile friendly.

Kelebihan:

  • Pilihan kustomisasi tampilan sangat banyak.
  • Dilengkapi fitur edit tampilan front-end dan live preview.
  • Responsif dalam berbagai resolusi layar.
  • Terdapat sistem badge untuk mengetahui ranking atau posisi user.
  • Tambahan widget untuk tampilan forum di sidebar.
  • Kompatibel dengan Schema dan Yoast SEO.

Kekurangan:

  • Perlu membayar setidaknya $49 untuk menggunakan semua fitur.
  • Dibuat khusus untuk website forum. Sulit untuk menambahkan fungsi lain, semisal toko online, pada website.

Mana Plugin Forum WordPress yang Terbaik?

Menentukan plugin terbaik tentu bukanlah hal mudah. Setiap plugin menawarkan fitur yang berbeda dan tentunya ditujukan untuk jenis forum yang berbeda pula. Website yang didedikasikan untuk forum pastinya berbeda dengan website toko online yang memiliki bagian forum. Keduanya tentu juga memiliki sifat berbeda jika dibanding dengan forum pusat bantuan.

Maka dari itu, untuk menutup ulasan ini, kami akan berikan sedikit rangkuman tentang fitur penting di tiap plugin. Kami juga akan berikan bocoran plugin mana yang cocok untuk jenis website forum, support, Q&A, dan lainnya.

  • bbPress ─ mampu membuat forum sederhana di website. Terintegrasi dengan WordPress. Cocok untuk membuat website dengan forum support simpel.
  • BuddyPress ─ memiliki fitur sama persis dengan media sosial. Didedikasikan untuk membuat website forum yang interaktif seperti website pembelajaran, kursus, dan forum diskusi.
  • DW Question & Answer ─ forum yang ditawarkan cukup simpel dan ringan. Sesuai dipakai untuk membuat pusat bantuan dengan sistem user-generated content.
  • WP Symposium Pro ─ memiliki kekuatan di fitur berbasis social network. Pas dipakai untuk membuat forum diskusi besar semacam Kaskus.
  • wpForo Forums ─ punya kelebihan di sisi optimasi website dan SEO. Sangat strategis digunakan jika Anda menargetkan posisi tinggi di hasil pencarian Google.
  • CM Answers ─ fitur sangat terbatas. Cocok untuk membuat forum sederhana di website.
  • Simple:Press ─ paket komplit untuk sebuah plugin forum. Sesuai untuk membuat website forum yang besar dan profesional.
  • Asgaros Forum ─ memiliki fitur penting semacam ads management dan status online bagi pengguna. Pas untuk Anda yang menginginkan monetisasi website forum.
  • Discussion Board ─ halaman forum diciptakan secara otomatis dalam sekali instal. Cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu repot mengatur dan mengurus forum.
  • ForumEngine ─ paket lengkap untuk sebuah website forum. Sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan monetasi dan menggarap forum dengan sangat serius.

Baca juga: Cara Membuat Blog dengan Mudah

Dari rangkuman di atas, bisa dilihat setiap plugin memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan plugin forum terbaik untuk WordPress. Jangan lupa subscribe blog ini untuk dapatkan informasi dan ulasan menarik seputar dunia teknologi dan bisnis.

2
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + twenty =