Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

10+ Trik SEO untuk Menggenjot Trafik ke Website Komunitas Anda

13 min read

Featured Image Strategi Community Marketing untuk Menciptakan Konsumen Loyal di Masa Pandemi

Saat ini tidak sedikit bisnis yang mulai melirik forum online untuk menjalankan strategi marketing. Dengan website forum, bisnis bisa jadi lebih dekat dengan pelanggan. Baik itu lewat diskusi, tanya-jawab, atau feedback terkait produk.

Strategi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Misalnya saja, Bank BTPN (Jenius) dengan forum Jenius Co.Create nya. Ada juga Niagahoster dengan Niagahoster Forum yang menyediakan tempat berdiskusi seputar website.

tampilan niagahoster forum

Mungkin Anda tertarik membangun forum online untuk brand? Tapi bingung bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung dan member baru? 

Jawabannya, sederhana. Anda perlu menerapkan strategi SEO. Dengan cara ini, forum online Anda bisa lebih mudah ditemukan pengguna internet. Kalau sudah begitu, akan lebih mudah lagi bagi Anda untuk memprospek mereka menjadi member atau bahkan konsumen.

Di artikel ini, kami akan membahas strategi SEO khusus website forum. Penerapannya sekilas agak berbeda dengan SEO website secara umum Tapi tak perlu khawatir. Kami akan menjabarkan caranya satu per satu. 

Mari mulai dulu dengan manfaat forum online untuk bisnis dan kenapa forum butuh SEO. Cuss~ 

5 Manfaat Forum untuk Bisnis

Berikut ini adalah manfaat forum online untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan Visibilitas Brand 

Forum online bisa jadi alternatif cara untuk membangun visibilitas brand. Dibandingkan sosmed yang tingkat persaingannya tinggi, forum masih punya banyak ruang untuk dieksplor. 

Secara teknis, postingan dari member alias user generated content (UGC) lebih disukai mesin pencari. Konten tersebut dianggap lebih jujur, relevan, dan dibutuhkan banyak orang. Itu kenapa, tak sedikit riset yang membuktikan kalau berbagai format UGC justru mendorong pembacanya untuk melakukan aksi, terutama pembelian produk. 

Nah, ketika konten semacam itu berhasil di-crawl dan di-index Google, 

potensi trafiknya bisa tinggi. Kalau sudah begitu, jelas lah visibilitas brand Anda akan naik.

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan 

Forum online membebaskan user untuk membuat dan mengakses konten. Entah itu bentuknya pertanyaan, sekilas informasi, saran, sampai dengan kritik.  

Meski kelihatannya sederhana, format seperti ini justru menjadi pondasi kuat kepercayaan pelanggan. Kenapa? Karena semuanya transparan.

Ketika ada kritik pedas atau masukan tentang produk, semua user bisa membacanya. Akan sangat sulit bagi pemilik brand untuk menutupi informasi tersebut. 

Nah, dari sinilah user bisa menilai kualitas layanan brand. Caranya, dengan melihat respons brand. Apakah brand menjawabnya dengan serius, formalitas, atau bahkan tidak merespons sama sekali. 

Ketika Anda bisa merespons feedback user dengan baik, kepercayaan mereka pasti jadi milik Anda. Kalau sudah begitu akan sangat mudah bagi Anda untuk memprospek user menjadi pelanggan. Buktinya menurut Oberlo, 81% pelanggan baru melakukan pembelian setelah merasa percaya pada suatu brand. 

Baca Juga: Customer Journey: Bagaimana Cara Menerapkannya pada Bisnis Anda

3. Sumber Ide Produk

Forum online jadi ruang untuk memberi feedback tentang produk. Berbekal feedback tersebut, Anda bisa memperbaiki atau bahkan membuat fitur/produk baru.

Karena feedback didasarkan pada kebutuhan user, pembuatan fitur/produk jadi tidak terkesan sia-sia. Malah bisa menjadikan pelanggan lebih setia, sekaligus menarik calon pelanggan baru lainnya.

ide produk dari forum

Nah, setelah produk jadi, Anda pun bisa memilih beberapa user terpercaya di forum untuk melakukan melakukan testing produk. Dengan begitu, Anda bisa memastikan fitur/produk sudah sesuai dengan keinginan user. 

Jika ada kekurangan, feedback dari user forum terpilih bisa jadi bahan perbaikan. Dengan begitu, brand bisa meminimalisasi kesalahan pasca produk dirilis ke audiens yang lebih luas. 

4. Mendukung Kerja Customer Service 

Forum online bisa dijadikan alternatif atau layanan pendukung customer service. 

Member forum biasanya melakukan tanya-jawab terkait problem teknis yang dihadapi. Setiap solusi yang dibagikan bisa di-upvote untuk menentukan solusi mana yang paling berguna. 

Dengan begini, permasalahan user bisa diatasi lebih cepat. User tinggal cek apakah masalahnya pernah dialami user lain dan apakah solusinya sudah tersedia. Jadi, adanya forum online ikut mengurangi beban kerja customer service. 

Layanan post-sales seperti ini nyatanya bisa membantu meningkatkan customer experience. Sebab, pelanggan merasa diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya. 

Dalam jangka panjang, pola komunikasi ini bisa membantu Anda meningkatkan pendapatan. Tidak sedikit kok pelanggan yang memilih menggunakan produk karena layanan customer service dan channel informasinya mudah diakses. 

5. Meningkatkan Engagement dengan Pelanggan

Forum online juga membantu meningkatkan kualitas engagement antara user dan brand. 

Berbeda dengan engagement ala medsos yang dinilai kuantitatif, engagement di forum sifatnya lebih kualitatif. Artinya, bukan komentar, like, view, atau share yang dihitung. Tapi justru dengan isi konten dan komentar yang ada di dalam forum. 

Lewat engagement seperti inilah, brand bisa mengambil banyak insight berharga dari user. Selanjutnya, brand bisa mengolah insight menjadi banyak hal, seperti:

  • Pertimbangan untuk product development atau pengembangan produk baru;
  • Input untuk perbaikan fitur atau layanan;
  • Menerapkan community marketing dan menciptakan brand evangelist;
  • Mengolahnya menjadi leads untuk berbagai keperluan. 

Semua manfaat forum di atas tentu bisa Anda dapatkan. Apalagi jika diterapkan bersamaan dengan SEO. Lalu, kenapa forum butuh SEO? Alasannya bisa Anda simak di pembahasan berikutnya. 

Kenapa Forum Online Butuh SEO?

Studi dari State of Global Customer Service Report mengatakan 90% pelanggan menginginkan layanan self-service online untuk menjawab permasalahan mereka. Mereka ingin mendapatkan solusi hanya dengan mengetikkan pertanyaan seputar produk di Google.

Bisa dibilang kalau Google telah merangkap menjadi “layanan customer service” baru. Karenanya, memastikan website atau forum online Anda muncul di ranking teratas hasil pencarian adalah hal yang tak bisa ditawar. Kalau tidak, pelanggan bisa jadi “nyasar” atau bahkan beralih ke kompetitor.

Baca juga: 5+ Strategi SEO Terbaik untuk Berbagai Industri

Selain itu, SEO yang diterapkan di forum online juga membantu performa SEO website secara keseluruhan. Optimasi SEO di forum akan ikut mendongkrak faktor-faktor SEO secara umum. Misal, keyword konten, URL, title tag, konten-konten baru, dan sebagainya. 

Makin penasaran kan bagaimana cara optimasi SEO di forum online? Mari langsung simak pembahasan utama di bagian selanjutnya.

11 Trik Optimasi SEO untuk Forum Online

Berikut ini adalah trik optimasi SEO untuk forum online yang wajib Anda terapkan:

1. Tentukan Letak Forum di Website

Ketika membuat forum online, Anda perlu memilih lokasi instalasi websitenya. Setiap lokasi memiliki kelebihan dan kukurangannya masing-masing.

Lokasi instalasiContoh URLKelebihanKekurangan
Rootwww.forumbisnis.com– forum online berdiri sendiri

– cocok jika ingin membuat forum sebagai fokus utama
– tidak cocok dipakai untuk bisnis yang sudah berdiri lebih dulu

– performa SEO forum tidak akan langsung berpengaruh ke website utamanya

– perlu waktu, usaha, dan strategi khusus untuk membangun reputasi agar performa SEO membantu website utama
Subdomainwww.forum.bisnis.com– branding perusahaan terlihat jelas– performa SEO dari forum tidak akan berpengaruh ke website utama

– pengaturan teknis lebih sulit karena forum dianggap sebagai website yang berbeda
Subfolder/subdirectorywww.bisnis.com/forum– performa SEO forum ikut mendongkrak performa website utama

– pengaturan lebih mudah karena forum jadi satu dengan website utama
– jika performa SEO buruk, akan berpengaruh ke website utama

Manapun lokasi yang pada akhirnya Anda pilih, konsisten adalah kuncinya. 

Jangan sampai Anda mengubah lokasi forum secara tiba-tiba atau bahkan menginstall forum di dua lokasi berbeda. Hal ini akan sangat membingungkan bagi mesin pencari dan user. Bahkan optimasi SEO yang sudah susah-susah dilakukan bisa hilang efeknya.

2. Buat Forum Terbuka

Saat membuat forum online, pasti Anda tergoda untuk membuatnya privat atau tertutup. Forum seperti ini biasanya mewajibkan orang untuk mendaftar agar bisa melihat konten di dalamnya. 

Meski kesannya eksklusif, forum tertutup sebenarnya merepotkan pengunjung secara umum. Tidak semua orang mau mengisi data diri untuk mendapatkan jawaban yang mereka cari. Apalagi jika mereka ingin jawaban cepat. 

Jadi, Anda perlu membuat forum online yang terbuka untuk umum. Dengan begitu, pelanggan bisa mencari informasi dengan bebas. Di saat yang sama, forum yang begini justru memicu user melakukan diskusi soal produk dengan leluasa. 

Makin banyak diskusi yang terjadi, maka makin banyak manfaat yang Anda petik. Mulai dari engagement yang tinggi, berbagai insight menarik untuk pengembangan produk, sampai dengan problem-solving masalah pelanggan dengan lebih efisien.

3. Pastikan Konten Menarik

Rutin posting konten menarik adalah salah satu cara optimasi SEO forum online. Ini menandakan forum yang Anda punya aktif. Karenanya, bot Google lebih sering berkunjung untuk melakukan crawling dan indexing halaman forum. 

Selain itu, konten menarik juga mengundang banyak user untuk berinteraksi. Hal ini jadi sinyal kalau forum Anda relevan dan bermanfaat di mata Google. Apalagi kalau sampai URL konten tersebut dibagikan ke website lainnya. Tentu saja ini akan membantu optimasi SEO Off-Page forum.

Nah, sebelum sampai memetik manfaatnya. Pastinya Anda perlu memastikan dulu konten di forum Anda menarik dan bermanfaat. Begini caranya:

Pertama, coba cari user yang bisa memantik topik diskusi yang ramai di forum. Anda bisa mencarinya di dalam forum yang sudah ada. Bisa juga mencari influencer atau KOL yang relevan dengan topik yang dibicarakan.

Kedua, Anda bisa berperan menjadi moderator dan melempar topik bahasan menarik ke forum. Terutama, jika topik tersebut belum pernah dibahas sama sekali.

Dengan dua cara mudah itu, bisa dipastikan kalau forum online Anda tidak akan kehabisan konten menarik untuk diposting.

4. Lakukan Optimasi SEO On Page

Meski bukan website utama, forum online tetap perlu dioptimasi secara On Page. 

Agar pekerjaan Anda lebih mudah, berikan opsi ke user untuk mengisi metadata penting di forum Anda. Misal, title tag, meta description, sampai dengan slug.

setting meta desc di forum

Untuk lebih detailnya, berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan.

Keyword di Konten

Optimasi keyword di konten forum terbilang menantang. Karena sifat forum yang organik, jelas Anda tak bisa menyuruh user menulis konten dengan keyword tertentu. Namun, bukan berarti optimasi keyword tidak bisa dilakukan.

Alternatifnya, Anda hanya perlu memastikan konten bukan spam. Dengan begitu, ada kemungkinan besar konten yang dibuat sudah memuat kata kunci yang berhubungan dengan topik. Entah itu nanti bentuknya long tail keywords atau LSI.

Title Tag

Title tag adalah judul yang muncul di halaman hasil pencarian atau SERP. Dengan memasukkan keyword yang relevan di title tag, mesin pencari bisa memprioritaskan konten forum Anda di peringkat teratas.. 
Sebagai contoh, Niagahoster forum menggunakan keyword berbentuk pertanyaan: Kapan beralih ke Cloud Hosting? Dengan begitu, title tag akan muncul di hasil pencarian ketika ada orang yang mengetikkan pertanyaan itu.

Keyword di URL

Slug adalah bagian dari URL website yang mengarahkan Anda ke konten spesifik. Agar SEO friendly, gunakan keyword yang relevan sesuai konten halaman di slug Anda. 

Misalnya, coba cek halaman kategori Niagahoster Product di Niagahoster Forum. Agar sesuai dengan isi halamannya, maka slug yang dipakai menggunakan keyword produk Niagahoster.

keyword di url forum

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Google dan user mengira-ira isi konten ketika membaca URL. Konon, slug SEO friendly juga jadi salah satu faktor penentu apakah website muncul di ranking teratas hasil pencarian.

ebook optimasi seo

5. Buat Struktur Forum dan Navigasi yang Jelas

Bukan cuma soal keyword dan konten saja, struktur dan navigasi juga berpengaruh ke SEO. Keduanya memudahkan web crawler untuk mengakses dan menemukan hubungan antarkonten. Jadi, konten forum lebih mudah terindeks dan peringkat forum pun bisa maksimal. 

Berikut ini adalah cara-cara membuat struktur SEO friendly untuk forum online Anda:

Buat rencana struktur

Untuk kasus forum online, cara termudah untuk menyusun struktur website adalah dengan menggunakan kategori. Cukup list produk dan topik-topik yang berhubungan dengan bisnis Anda. 

Begitu juga yang dilakukan Niagahoster. Berbagai layanan seperti Hosting, VPS, dan Domain menjadi kategori tersendiri di forum. Begitu pula topik-topik umum yang masih berhubungan seperti digital marketing, affiliate, SEO, web development, dan web design. Anda juga bisa menambahkan halaman promo jika memiliki rubrik khusus promosi agar tidak mencampuri halaman lainnya.

Sebelum lanjut membaca, yuk kunjungi halaman informasi promo layanan domain & hosting yang sedang aktif di Niagahoster.

kategori di forum

Jika mau, Anda pun bisa menambah subkategori sesuai kebutuhan. Apalagi jika forum online Anda membahas begitu banyak topik umum yang membutuhkan penjabaran yang lebih detail.

Buat navigasi yang jelas 

Navigasi atau menu membantu user dan bot crawler menjelajah isi website forum dengan mudah. Dengan begitu, tidak ada halaman atau konten yang terlewat.

Ada beberapa trik yang wajib dilakukan agar navigasi yang dibuat jelas. Berikut di antaranya:

  • Gunakan label atau nama yang deskriptif untuk menu;
  • Letakkan menu di bagian header website;
  • Hindari penggunaan single dropdown menu;
  • Jika menginginkan dropdown menu, sebaiknya gunakan format mega menu;
  • Jika ingin membuat banyak menu, kelompokkan menu ke dalam kategori tertentu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

Buat Sitemap

Selain memastikan struktur dan navigasi halaman terlihat rapi di mata user, hal yang sama juga perlu dilakukan untuk bot crawler. Caranya, dengan membuat sitemap dan mengumpulkannya ke Google. 

Untuk membuat sitemap, Anda bisa memanfaatkan plugin seperti Yoast SEO. Bisa juga dengan tools sitemap generator yang tersedia di internet. 

Setelah itu, Anda tinggal buka Google Search Console > Sitemaps. Masukkan URL Sitemaps dan klik Submit. Selesai!

Kolom sitemap Google Search Console

Lewat cara ini, Anda sudah memudahkan pekerjaan bot crawler untuk memahami isi website Anda. Jadi, ada kemungkinan besar kalau konten forum Anda lebih mudah ranking di mesin pencari,

6. Tambahkan Fitur Penting untuk Menunjang User Experience

Secara umum, engagement adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Faktor inilah yang jadi sinyal bahwa suatu website relevan dan berguna bagi usernya.

Bagi website forum, faktor engagement ini tentu saja perannya jadi sentral. Sebab, apalah guna forum online jika tidak untuk mendulang engagement?

Nah, untuk itu, website forum tentu wajib dilengkapi berbagai fitur khusus untuk menunjang engagement dan user experience. Berikut adalah fitur-fitur penting yang dimaksud:

  • Reactions: tombol reaksi berupa like dan emoticon lain untuk merespons thread;
  • Badges: lencana untuk menandai level user dalam forum;
  • Polling: dipakai untuk survei pendapat user di forum;
  • Mentions: dipakai untuk memanggil user lain agar bergabung ke percakapan;
  • Notifications: notifikasi aktivitas terbaru di forum;
  • Quick Reply: balas cepat komentar terbaru di thread;
  • Last Read Comments: menampilkan komentar terakhir yang ditinggalkan di thread;
  • Mark As Read: menandai konten thread yang sudah dibaca;
  • Mark All Viewed: menandai semua postingan sudah dibaca agar mudah menemukan postingan baru.

7. Buat Forum Online Mobile Friendly

Tak semua pelanggan mengakses forum Anda dari desktop. Ada juga pelanggan yang lebih suka mengakses forum lewat ponsel. Oleh karena itu, Anda perlu membuat tampilan forum yang mobile friendly.

Forum yang mobile friendly punya potensi besar untuk tampil di halaman pencarian. Sebab, Google memprioritaskan indexing website yang punya versi mobile. Jadi, forum Anda punya potensi trafik yang lebih besar. 

Lalu, bagaimana cara buat forum yang mobile friendly? Berikut ini beberapa triknya:

  • Pilih tema responsif. Tema responsif menyesuaikan tampilan website forum secara otomatis. Baik itu tampilan website maupun tampilan di smartphone. Memilih tema yang tepat bisa dibilang hampir “menyelesaikan” tugas optimasi forum onlien Anda.
  • Buat menu yang simpel. Tampilkan menu yang benar-benar penting. Untuk menu yang kurang esensial bisa dikemas dalam bentuk navigasi di sidebar (hamburger). 
  • Gunakan jenis dan ukuran font yang tepat. Gunakan font klasik dan ukurannya tidak terlalu kecil
  • Beri whitespace yang cukup. Tulis paragraf pendek dan tampilkan media pendukung di antara paragraf.

Selain cara di atas, masih ada cara lain untuk membuat website forum Anda mobile friendly. Selengkapnya Anda bisa dibaca di artikel ini > Cara Membuat Website Mobile Friendly dalam 11 Langkah

8. Lakukan Optimasi Kecepatan untuk Forum

Trafik forum online yang meningkat bisa berpengaruh buruk ke loading website forum. Ketika loading melambat, jangan biarkan itu terjadi berkepanjangan. Sebab, performa website di mesin pencarian yang jadi taruhannya. 

Nah, untuk mengakalinya Anda perlu melakukan optimasi kecepatan. Berikut ini adalah tiga cara ampuh untuk mengoptimasi kecepatan forum online Anda:

Install berbagai plugin kecepatan

Ada banyak celah website forum yang bisa dioptimasi agar loadingnya cepat. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan plugin. Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Plugin WP Smush: mengecilkan ukuran gambar dengan sekali klik, agar website lebih cepat.
  • Gzip Compression: mengecilkan berbagai file berukuran besar agar kinerja website lebih efisien.
  • Format gambar WebP: format gambar yang khusus diciptakan agar ukurannya filenya kecil akan tetapi kualitasnya tetap tinggi.
  • Leverage Browser Caching: membantu file website tersimpan di browser user agar loading bisa cepat.

Maksimalkan cache

Kalau Anda merasa kurang telaten ketika harus menambah dan mengelola banyak plugin, ada juga solusi lainnya kok! Yaitu, dengan memaksimalkan cache. 

Cache adalah suatu sistem yang memungkinkan server dan browser menyimpan file website. Dengan begitu, server tidak perlu bolak-balik mengirim data yang dibutuhkan untuk ditampilkan ke layar Anda. Proses inilah yang membuat website loadingnya cepat.

Sebetulnya, ada berbagai macam cache yang tersedia di pasaran. Tapi, kalau boleh kami sarankan baiknya Anda menggunakan yang namanya LiteSpeed cache.

Bukan sembarang rekomendasi, teknologi LiteSpeed ini tersedia secara gratis di WordPress. Dengan fitur-fitur seperti lazy load iframe, optimasi gambar, dan menghilangkan Google fonts, jelas loading website Anda bisa ngebut. 

Upgrade ke server berkualitas

Hal satu ini sebetulnya masih sangat berhubungan dengan poin-poin sebelumnya. Untuk membuat website yang performanya cepat, kualitas server tentu tidak bisa diremehkan. 

Itu kenapa kami sarankan Anda mencari layanan hosting yang menggunakan LiteSpeed web server. Saat ini, LiteSpeed terbukti sebagai web server dengan performa jempolan. Lebih tepatnya, LiteSpeed 84 kali lebih cepat dari server populer seperti Nginx dan Apache. 

litespeed vs nginx vs apache

Jika Anda terlanjur menggunakan server populer dengan performa rendah, belum terlambat kok untuk berubah. Anda bisa upgrade ke server LiteSpeed. Caranya? Gunakan cloud hosting dari Niagahoster. 

9. Pastikan Forum Bebas dari Spam

Diskusi yang ramai memang bagus untuk forum Anda. Tapi, jangan sampai ramainya karena spamming. Sebab, spam bisa membuat forum Anda dihapus dari hasil pencarian Google. 

Ada dua jenis spam yang harus Anda waspadai di forum online milik Anda. Pertama, spam robot yang membanjiri forum dengan ribuan komentar yang tidak relevan. Kedua, spam dari pengguna yang justru memberikan info tidak relevan atau malah mengiklankan produk tertentu. 

Namun, Anda tak usah khawatir. Berikut ini adalah cara untuk memastikan forum online bebas dari dua jenis spam tersebut:

  • Setting nofollow: set nofollow untuk link yang ada di forum Anda. Jadi, mesin pencari tidak akan mengikuti outbound link dari spammers dan menganggap Anda mendukung situs spam.
  • Gunakan captcha: captcha akan melakukan verifikasi sebelum user bisa mengirimkan komentar. Robot spam tidak bisa melewati verifikasi ini.
  • Libatkan anggota lain: minta partisipasi anggota forum untuk membantu moderator menandai komentar spam. Caranya dengan memberi spam reaction. 
  • Batasi izin posting link: hanya beri izin pada user yang terbukti memiliki reputasi baik untuk memposting link. 

Baca Juga:  13+ Cara Menghilangkan Komentar SPAM

10. Tambahkan Fitur Social Share untuk Mempermudah Link Building

Optimasi SEO tidak hanya dilakukan dengan memperbaiki halaman website forum. Anda juga perlu membangun reputasi website agar dinilai meyakinkan oleh Google. Caranya, Anda perlu menjalankan yang namanya optimasi SEO Off-Page dalam bentuk link building

Baca Juga: Panduan SEO Off Page Terlengkap [Edisi 2022]

Salah satu triknya adalah dengan menambahkan fitur social share. Fitur ini memudahkan user membagikan konten forum ke berbagai platform online. Mulai dari media sosial seperti Instagram atau WhatsApp stories, atau yang lebih strategis lagi yaitu website dengan reputasi tinggi. 

Dengan cara semacam ini, Anda turut memberi sinyal ke Google kalau website forum Anda dipercayai oleh platform online lain. Selain itu, dalam jangka pendek, tentu saja Anda bisa mendapatkan traffic yang lumayan.

11. Terapkan Technical SEO untuk Forum

Selain optimasi SEO Off Page dan SEO On Page, Anda juga perlu menerapkan technical SEO. Technical SEO adalah proses untuk memaksimalkan berbagai aspek teknis dalam website. Misalnya crawling, indexing, rendering, dan arsitektur website. 

Lewat langkah-langkah ini, akan mudah bagi bot Google menelusuri konten-konten yang ada di website forum. Hasilnya, peringkat forum Anda di hasil pencarian . 

Nah, ada beberapa aspek yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan Technical SEO untuk forum Anda. Apa saja?

Menggunakan schema markup

Skema mark up adalah kode HTML yang ditambahkan ke website forum untuk memudahkan bot Google memahami isinya. Meski tidak ada jaminan, menambah schema markup bisa membuat konten forum Anda muncul dalam bentuk rich snippet.

Dengan rich snippet, informasi di website bisa tampil dalam format yang lebih menarik. Contohnya seperti yang ada di bawah ini.

markup forum

Sudah jadi rahasia umum kalau tampilan rich snippet ini bisa meningkatkan jumlah klik ke website (CTR). Jadi, tentu saja cara ini harus Anda praktikkan. Lumayan kan, kalau benar-benar bisa meningkatkan traffic ke website forum Anda.

Nah, untuk cara pasang schema markup, sebenarnya ada dua opsi. Pertama, Anda bisa pakai bantuan Google’s Structure Data Markup Helper. Tambahkan setiap markup pada elemen yang dibutuhkan. Kemudian, Anda bisa pasang markup yang sudah jadi ke website Anda sendiri. 

Kedua, Anda juga bisa memakai cara yang mudah. Yaitu, dengan menginstall plugin gratis yang tersedia di WordPress. Untuk lengkapnya, Anda bisa cek artikel Cara Menambahkan Schema dan Rich Snippet di Website.

Oh ya, pastikan tipe schema yang Anda pilih bentuknya Article untuk topiknya dan ItemList untuk list topiknya.

Link Attributes

Link attributes menunjukkan sifat link yang menghubungkan satu halaman website dan lainnya. Dengan cara ini, Google tahu mana halaman yang perlu di-crawl dan mana yang tidak. 

Lebih pentingnya lagi, dengan memasang link attribute yang tepat, Anda bisa terhindar dari link spammer nakal yang mau menjatuhkan reputasi forum online Anda.  

Nah, berikut ini beberapa jenis identifikasi link attribute nofollow:

  • rel=”sponsored”: mengidentifikasi link yang termasuk iklan dan promosi
  • rel=”ugc”: mengidentifikasi link konten atau thread yang dibuat oleh user di dalam forum
  • rel=”alternate”: menandakan kalau konten website versi desktop sama dengan website versi mobile, dan sebaliknya.

Robot txt

Agar website forum Anda mendapat peringkat maksimal, tentu halaman forum perlu diindeks dengan cepat. Masalahnya, Google tidak bisa membedakan mana halaman yang perlu diindeks dan mana yang tidak. 

Agar lebih efektif, Anda bisa gunakan robot txt. Robot txt adalah file berisi instruksi untuk mesin pencari agar mengindeks halaman website yang diperlukan saja. Dengan begini, robot.txt tak perlu repot-repot mengindex halaman-halaman yang tidak perlu. Misal, halaman login, profil, setting, dan sebagainya.

Ada dua cara untuk menambahkan robot txt ke forum Anda, yaitu mengunggah secara manual dan menambahkan plugin. Kami sudah membahas cara selengkapnya di artikel berikut ini > Cara Setting Robot TXT di WordPress

Redirect

Sembarang mengganti URL konten yang sudah online bisa menyebabkan error 404. Ini bisa menyebabkan konten di forum Anda tidak bisa diakses. Ttentu saja error semacam ini akan mempengaruhi peringkat SEO website forum.

Tapi Anda tak perlu panik. Bukan berarti Anda tak bisa mengganti URL agar terlihat SEO-friendly. Solusi yang bisa Anda lakukan ialah melakukan redirect. Redirect secara otomatis akan mengarahkan user yang membuka URL lama ke URL baru. Jadi, website Anda tetap bisa diakses dan tidak merugikan SEO.

Siap Menjaring Traffic ke Forum Online dengan SEO?

Forum online bisa mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan pelanggan, sumber ide produk, hingga meningkatkan kualitas customer service.

Tapi, tentu saja semua itu baru tercapai ketika forum online sudah aktif dan banyak penggunanya. Di situlah, Anda membutuhkan yang namanya strategi SEO. Lewat strategi SEO, Anda bisa mendatangkan banyak pengunjung dan membuat forum Anda ranking #1 di Google.

Semoga 10+ trik SEO forum yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda. Kalau Anda penasaran dengan trik-trik lainnya, Anda bisa juga download ebook optimasi SEO yang lebih lengkap. Tinggal klik link di bawah!

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *