Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

5+ Plugin Chat WhatsApp WordPress Terbaik!

5 min read

Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Saat ini 83% pengguna internet menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Jadi, kenapa tidak menambahkan fitur WhatsApp WordPress di website Anda? Ini bisa jadi cara memudahkan pengunjung menghubungi Anda, lho. 

Bayangkan, tak perlu repot mengisi data email, cukup sekali klik, pengunjung bisa langsung menyapa Anda. Proses pemasaran hingga transaksi online bisa lebih mudah dilakukan, bukan? 

Nah, untuk menambahkan fitur WhatsApp WordPress pun cukup mudah dengan bantuan plugin WordPress. Anda tinggal memasang plugin chat WhatsApp di website agar dapat menampilkan tombol yang menghubungkan ke WhatsApp bisnis Anda. 

Plugin WhatsApp pun ada banyak macamnya. Setiap plugin memiliki fitur unggulan yang berbeda-beda. Supaya Anda tidak pusing dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi plugin chat WhatsApp WordPress terbaik.

Langsung saja simak uraiannya berikut ini!

5+ Plugin Chat WhatsApp WordPress Terbaik untuk Anda! 

Inilah 5+ plugin chat WhatsApp WordPress yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

1. WP Social Chat (Gratis dan Berbayar)

WP Social Chat

WP Social Chat atau dulu dikenal dengan WhatsApp Chat merupakan plugin yang populer dan telah digunakan oleh lebih dari 100.000 pengguna aktif. 

Dengan plugin ini, Anda bisa dengan mudah mengkustomisasi tampilan WhatsApp Chat. Misalnya, mengatur bentuk dan warna tombol. Ada dua model tampilan yang bisa Anda pilih, seperti tampilan berikut ini:

Tampilan tombol WP Social Chat

Anda bisa menampilkan tombol tersebut hanya di beberapa perangkat atau halaman tertentu. Jadi, bisa menyembunyikan tombol pada halaman blog dan tampilan mobile kalau dirasa kurang efektif.

Bukan hanya soal tampilan, posisi tombol pun bisa diatur sesuka hati. Tapi, menggunakan posisi default tetap kami rekomendasikan karena jauh lebih user friendly

Keunggulan plugin WhatsApp ini adalah kemudahan menambahkan beberapa admin. Jadi, kalau toko online Anda ramai pengunjung, banyak admin bisa melayani sekaligus. Bahkan, pengunjung bisa memilih dengan siapa mereka ingin dilayani. Menarik, kan? 

Tampilan Tombol WP Social Chat dengan berbagai agent

Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, kalau ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda perlu membeli versi berbayar: mulai dari 20 dollar hingga 80 dollar

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • WP Social Chat merupakan plugin WhatsApp yang unggul dalam hal kustomisasi tampilan. Plugin ini cocok untuk Anda yang ingin tampilan tombol yang simpel tapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.  

2. Click to Chat WhatsApp (Gratis dan Berbayar)

Click to Chat WhatsApp

Selain WP Social Chat, Anda juga bisa pakai Plugin Click to Chat WhatsApp. Plugin Whatsapp ini  merupakan salah satu plugin populer dengan banyak fitur canggih. 

Dari sisi tampilan, plugin ini menawarkan sembilan style tombol yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bahkan, Anda pun dapat melakukan kustomisasi gambar tampilan dengan mengupload gambar atau GIF milik Anda sendiri. Akan jauh terlihat lebih profesional, bukan? 

Tampilan tombol plugin Click to Chat WhatsApp

Fitur menarik lainnya adalah WhatsApp group Chats.  Sesuai namanya, pengunjung bisa bergabung untuk mendapatkan informasi tentang suatu produk. Selain lebih menarik, distribusi informasi yang Anda lakukan pun jadi lebih efektif. 

Tidak hanya itu, plugin bisa dihubungkan dengan Google Analytics dan Facebook Pixel lho. Jadi, Anda bisa mengukur bagaimana komunikasi melalui Whatsapp di website dapat membantu peningkatan penjualan Anda.

Nah, kalau Anda menemui kendala saat memakai plugin ini, tak usah bingung. Anda bisa menghubungi tim customer support yang siap membantu 24 jam. 

Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis atau membeli versi berbayarnya seharga 19 dollar hingga 70 dollar. 

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • Click to Chat WhatsApp sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan integrasi Google Analytics dan Facebook Pixel. Terutama bagi Anda yang memiliki website toko online. 

3. WhatsApp Button (Berbayar)

WhatsApp Buttoon

Plugin chat WhatsApp WordPress yang satu ini memang hanya tersedia versi berbayar. Namun, fitur-fitur dan tampilan yang disediakan cukup canggih dan beragam. 

Pertama dari sisi tampilan, WhatsApp button menyediakan 18 templates tombol yang mampu membuat tampilan tombol lebih menarik. Tak hanya itu, Anda pun bisa menambahkan efek animasi yang telah disediakan. 

Selain dari tampilan, posisi tombol WhatsApp bisa Anda letakkan sesuka Anda, termasuk pada opsi menu. Ini tentu berguna sekali untuk memudahkan pengunjung yang mengakses website dari perangkat mobile mereka. 

Fitur Add on menu WhatsApp Button

Nah, untuk harganya, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mulai dari 10 dollar saja, Anda sudah bisa mendapatkan semua manfaat plugin ini. 

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • WhatsApp Button mengutamakan tampilan dengan beragam templates dan animasi. Plugin ini cocok untuk Anda yang  ingin tampilan tombol WhatsApp yang cantik dan mobile friendly.  

4. WhatsApp Contact Button (Berbayar)

Ingin mencari tampilan user interface tombol Chat WhatsApp yang lebih menarik? Anda bisa mencoba plugin WhatsApp Contact Button. Tampilan tombolnya bisa Anda buat seperti sedang chat di ponsel.

WhatsApp Contact Button

Nah, kalau Anda memiliki banyak admin untuk menangani chat, Anda bisa menampilkannya lengkap dengan status onlinenya. Ini tentu berguna agar pengunjung bisa memilih admin yang online dan tak perlu lama menunggu balasan.

Tombol percakapan tersebut bisa Anda atur tampilannya sebagai pop-up atau pada postingan tertentu seperti contoh di bawah ini.

Tampilan tombol WhatsApp Contact Button

Tak hanya bisa kustom tampilan tombol, Anda juga bisa menambahkan efek animasi, lho! Ada delapan pilihan efek yang tersedia seperti sliding dan lainnya. 

Bagaimana dengan harganya? Untuk mendapatkan semua fiturnya, Anda perlu membayar 13 dollar sampai 70 dollar

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • WhatsApp Contact Button sangat user friendly berkat tampilan ala chatting di ponsel. Dengan kemudahan menampilkan tombol di postingan tertentu, akan sangat pas untuk website toko online Anda. 

5. WhatsApp Me (Gratis) 

Kalau Anda butuh plugin gratis dengan fitur yang tak kalah dengan plugin berbayar, WhatsApp Me bisa jadi pilihannya. Nah, apa saja sih keistimewaan plugin chat WhatsApp WordPress ini? 

Dari tampilan, Anda bisa mengatur tampilan tombol, baik berbentuk tombol biasa ataupun CTA. Kalimat untuk CTA pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan agar pengunjung lebih tertarik.

WhatsApp Me

Fitur menarik lainnya adalah chat delay. Fitur ini berfungsi untuk mengatur waktu munculnya tombol chat di layar. Jadi, Anda bisa memunculkan tombol chat di momen yang tepat. Misalnya, beberapa menit setelah pengunjung masuk ke halaman produk. 

Bayangkan kalau pengunjung baru saja melihat produk dan tiba-tiba muncul tombol chat, malah akan mengganggu, bukan?  

Plugin ini pun bisa dihubungkan dengan Google Analytics dan Google Tag Manager. Jadi, Anda bisa memantau bagaimana keberhasilan komunikasi WhatsApp di toko online Anda. 

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • WhatsApp Me cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan plugin gratis tapi kaya fitur seperti integrasi dengan Google analytics dan Google Tag Manager. 

6. WordPress WhatsApp Support (Berbayar) 

Tak seperti plugin WhatsApp lain, WordPress WhatsApp Support menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu tampilan barcode. Bayangkan, hanya dengan scan barcode di aplikasi WhatsApp, pengunjung bisa langsung menghubungi Anda. 

Ini tentu bisa jadi pilihan kalau Anda bosan dengan tampilan standar yang menampilkan foto admin atau tombol default.

Apakah itu berarti Anda tidak bisa menggunakan tampilan seperti biasa? Jawabannya, tidak.  Anda tetap bisa menggunakannya. Bahkan, ada delapan pilihan layout menarik yang bisa Anda gunakan.

Template Plugin WordPress WhatsApp Support

Plugin WordPress WhatsApp Support juga menyediakan fitur terjemahan untuk sepuluh bahasa. Mulai dari Bahasa Inggris, Jerman, Arab hingga China. Jadi, cukup berguna untuk dapat menjangkau konsumen dari berbagai negara. Sebab, setiap deskripsi produk bisa diterjemahkan dengan mudah. 

Oh ya, jika mengalami kendala saat menggunakan plugin WhatsApp WordPress ini, Anda bisa menghubungi customer support kapan saja dan di mana saja. 

Nah, untuk bisa mendapatkan semua manfaat unggulan dari plugin ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 22 dollar. 

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

  • WordPress WhatsApp Support mengunggulkan tampilan barcode yang memudahkan pengunjung. Apalagi dengan fitur terjemahannya, cocok untuk website bisnis dengan konsumen dari berbagai negara.

Baca Juga: Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress

Keuntungan Menggunakan Plugin WhatsApp WordPress 

Ada beberapa keuntungan menggunakan plugin WhatsApp di website WordPress. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Banyak Digunakan oleh Pengguna Internet 

Pengguna WhatsApp semakin meningkat dan telah mencapai 2 miliar pengguna. Jadi, memasang tombol WhatsApp di website WordPress Anda adalah pilihan yang tepat. Sebab kemungkinan Anda untuk terhubung dengan pengunjung dan mendapatkan lead jadi jauh lebih besar, bukan?

2. Memudahkan Pengguna Menghubungi Anda 

Dengan plugin WhatsApp WordPress, pengunjung bisa lebih mudah menghubungi Anda. Mulai dari sekedar mengklik klik tombol atau cukup dengan scan barcode. 

Selain itu, Anda pun bisa menyesuaikan bentuk tampilannya supaya tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Baik pada tampilan di desktop atau di perangkat mobile. Semua kemudahan ini tentu bisa meningkatkan user experience. Sehingga pelanggan lebih betah berada di website Anda. 

3. Meningkatkan Conversion

Bagaimana jika pengunjung tidak jadi membeli produk karena kesulitan menghubungi Anda? Atau pengunjung Anda belum terlalu yakin dengan produk yang akan dibelinya?

Nah, dengan plugin chat WordPress, proses komunikasi dengan pelanggan akan jauh lebih mudah dan efisien. Kalau komunikasi sudah berjalan dengan baik, kemungkinan Anda bisa menggiring leads menjadi pelanggan akan lebih mudah. Dengan begitu, penjualan pun dapat meningkat. 

Baca Juga: Apa itu Conversion Rate dan Cara Optimasinya

Optimalkan Penjualan Bisnis Online Menggunakan WhatsApp WordPress!

WhatsApp chat memiliki banyak manfaat untuk bisnis online Anda. Selain bisa meningkatkan pengalaman pengunjung, fitur WhatsApp chat juga dapat membantu meningkatkan penjualan produk karena lebih mudah menghubungi Anda.

Baca Juga : 5 Plugin WhatsApp Chat Terbaik

Menariknya, Anda bisa memasang WhatsApp chat di website dengan mudah berkat plugin WhatsApp WordPress. Pilihan pluginnya pun cukup banyak seperti yang sudah kami ulas di atas, yaitu:  

  1. WP Social Chat
  2. Click to Chat WhatsApp
  3. WhatsApp Button
  4. WhatsApp Contact Button
  5. WhatsApp Me
  6. WordPress WhatsApp Support

Nah, sudah memilih plugin chat WhatsApp pilihan Anda? 

Oh iya, agar upaya pemasaran Anda lebih baik lagi, jangan lupa juga untuk menerapkan strategi digital marketing. Strategi tersebut dapat membantu bisnis online Anda berkembang dengan baik.  Nah, Anda bisa mempelajarinya melalui ebook gratis dari kami. Semoga bisnis Anda semakin sukses. Selamat mencoba! 

ebook panduan digital marketing
Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.