Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

Cara Membuat Review di WordPress

7 min read

cara membuat review di wordpress

Anda mungkin sangat familiar dengan istilah “promosi dari mulut ke mulut” atau word-of-mouth marketing. Meski cukup lawas, strategi pemasaran yang satu ini masih terus dipakai. Apalagi kalau bukan karena efektivitasnya dalam menjaring pelanggan.

Lalu, bagaimana cara mempraktikkan strategi ini di era digital? Cara paling mudah adalah dengan memasang review di WordPress Anda.

Di artikel ini Anda akan menemukan penjelasan mengapa strategi satu ini cukup efektif. Anda juga bisa temukan alasan-alasan untuk meyakinkan Anda mempraktikkan strategi ini. Terakhir dan yang terpenting, Anda bisa mengetahui cara membuat review di WordPress.

Mengapa Membuat Review di Website Penting?

review pelanggan niagahoster

Umumnya, orang membutuhkan rekomendasi untuk memutuskan membeli barang atau jasa. Sebanyak 70% orang mengandalkan review pelanggan yang beredar online. Angka ini merupakan terbanyak kedua setelah rekomendasi dari teman atau keluarga, yaitu sebesar 92%.

Baik rekomendasi teman ataupun review pelanggan, keduanya merupakan bentuk promosi mulut ke mulut. Hanya saja mereka menempati medium yang berbeda. Satu ada di media online, sedangkan lainnya cenderung di medium offline.

Ini pun tak berarti salah satu lebih bagus dibandingkan lainnya. Bukan berarti juga Anda perlu memilih salah satu dan meninggalkan lainnya. Akan lebih baik jika Anda memaksimalkan kedua medium bersamaan. Hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan jika keduanya Anda anggap sebagai satu kesatuan.

Anggap saja strategi marketing satu ini sebagai sebuah siklus. Review online bisa menjadi topik percakapan di lingkaran pertemanan atau keluarga Anda. Sebaliknya, testimoni orang terdekat Anda atas suatu hal bisa dijadikan bahan review online. Kedua jenis strategi “mulut ke mulut” ini tak bisa dipastikan mana ujung dan mana pangkalnya.

Meski begitu, coba ingat-ingat. Selama ini, topik apa saja yang sering Anda bicarakan dengan orang-orang terdekat? Cerita personal? Kesehatan? Topik terkini? Lalu, seberapa besar percakapan tentang rekomendasi barang atau jasa hadir?

Walaupun banyak sekali orang mempercayai testimoni orang terdekat, bukan berarti rekomendasi itu muncul setiap saat. Justru, kepercayaan itu didapatkan dari hubungan yang intens dan tanpa tedeng aling-aling antara Anda dengan mereka.

Coba bayangkan ketika teman atau keluarga Anda terus-menerus mempromosikan suatu hal. Justru malah aneh dan menjengkelkan, bukan?

Dengan kata lain, strategi “mulut ke mulut” secara offline sedikit sulit untuk dikontrol. Memang bisa, tetapi biaya yang dikeluarkan pastinya lebih besar. Sudah begitu, tak ada jaminan pula strategi offline bisa bertahan lama dan tidak mudah terlupa.

Lalu kembali lagi ke pertanyaan, mengapa review pelanggan di website itu penting?

Review pelanggan adalah cara termudah menghadirkan words of mouth di website. Strategi ini mudah dilakukan dan lebih mudah juga untuk dikontrol.

Anda bisa memantau apa yang dikatakan pelanggan tentang bisnis yang Anda kelola. Anda bisa menanggapi keluhan atau pujian pelanggan atas performa bisnis Anda. Juga yang terpenting, review pelanggan akan memperkuat reputasi bisnis yang Anda miliki.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan penjelasan lebih lengkap mengapa menaruh review pelanggan di website wajib Anda lakukan.

1. Meningkatkan kepercayaan

Dengan membuat review di website membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan pada bisnis Anda. Adanya review memperlihatkan Anda cukup percaya diri dan transparan dengan performa bisnis yang dijalankan. Dari sini, calon pelanggan bisa menilai baik atau buruknya sebuah bisnis.

Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan kalau mengingat 94% pelanggan membaca review online dari pelanggan sebelumnya. Sebanyak 84% di antaranya menganggap review online sama pentingnya dengan testimoni dari teman atau keluarga.

Di samping memuat review, membalas review pelanggan juga akan menambah kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Sejumlah 41% orang mengaku memiliki impresi baik setelah sebuah usaha membalas review yang mereka buat.

Balasan atas review membuat mereka percaya bahwa bisnis mengedepankan kepuasan pelanggan. Hal ini yang tak jarang menyebabkan mereka menjadi pelanggan setia.

2. Mempercepat transaksi

Kelebihan review pelanggan tidak hanya berhenti sampai reputasi dan kepercayaan pada bisnis. Memasang review di website juga ikut meningkatkan angka transaksi di website hingga 270%.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi usaha-usaha yang baru dirintis. Begitu juga dengan ecommerce yang menjual gadget atau barang mewah lainnya.

Sebaliknya, tidak adanya review akan menghambat transaksi bisnis Anda. Ini kembali dibuktikan dengan sebuah survei yang dilakukan oleh Fan and Fuel. Dalam situsnya, 92% konsumen mengaku ragu ketika ingin membeli produk yang tak memiliki review.

3. Murah

Menambahkan bagian review ke website bisa dikatakan sebagai cara termurah menjalankan promosi.

Anda tak perlu mendesain kampanye promosi. Tak usah membayar slot iklan seharga jutaan untuk sekedar ditayangkan 30 detik saja. Apalagi membayar selebgram atau selebriti di media sosial lainnya dengan tarif jutaan.

Dengan biaya yang murah atau bahkan gratis, Anda sudah bisa mempromosikan produk atau jasa ke pelanggan. Lebih baik lagi karena model promosi macam ini tepat menyasar ke calon pelanggan.

4. Ciptakan fanbase pelanggan

Review pelanggan juga merupakan cara membuat fanbase bisnis. Komunikasi yang intens antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya akan menciptakan rasa satu komunitas. Mereka dapat saling berbagi pengalaman dan memberi saran soal produk atau layanan yang dipakai. Mereka juga cenderung lebih aktif dalam merekomendasikan bisnis Anda ke orang terdekat.

Hasilnya, bisnis Anda bisa bertahan lama karena banyaknya pelanggan setia. Untuk itu, tentu Anda perlu menginvestasikan waktu agar dapat terlibat dalam komunikasi dengan pelanggan. Bisa dikatakan juga, ini merupakan cara lain menjalankan customer service.

Meski sudah terbukti review pelanggan berdampak positif pada bisnis, hanya 33% yang secara aktif mencari dan mengumpulkan review pelanggan. Artinya, ada kesempatan besar bagi Anda untuk memaksimalkan strategi ini.

Anda juga tak perlu khawatir dengan kemungkinan adanya review buruk. Justru ketiadaan review buruk membuat 95% konsumen merasa curiga. Mereka menganggap review tersebut sebagai review palsu.

Review buruk justru bisa Anda anggap sebagai masukan untuk memperbaiki performa usaha Anda. Di sisi lain, dengan respons yang cepat dan tepat, review buruk dapat ditanggulangi.

Baca juga: 5 Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Website

Cara Membuat Review di WordPress

Setelah bicara banyak soal manfaat review pelanggan, saatnya kita bicara bagaimana menambahkan fitur tersebut ke website. Cara termudah, yaitu dengan menambahkan plugin di website berbasis WordPress.

Namun, pastinya ada banyak pilihan plugin. Mencari satu yang paling tepat tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan mungkin bisa merusak performa website ecommerce.

Untuk itu, kami merekomendasikan beberapa plugin yang bisa Anda pilih untuk membuat review di WordPress Anda. Kami juga akan mengulas fitur plugin ini sehingga Anda bisa segera menentukan pilihan.

WP Product Review Lite

cara membuat review di wordpress

WP Product Review Lite adalah versi gratis dari plugin WP Product Review. Meski merupakan versi gratis, plugin ini memiliki angka instalasi yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 50.000+. Banyak pengguna WP Product Review Lite yang memuji user interface plugin ini. Maka, bisa dibilang kalau plugin ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tengah merintis website ecommerce. Plugin ini termasuk praktis untuk membuat review di WordPress.

Plugin ini mampu membuat tampilan untuk produk terlaris dan terbaru yang Anda rilis. Dengan begitu, produk tersebut bisa lebih mendapatkan eksposur pelanggan. Selain itu, plugin ini mampu membuat snippet untuk tampilan yang lebih menarik di mesin pencarian.

Harga: Gratis

Fitur andalan:

  • Widget untuk produk terbaru dan terlaris;
  • Daftar kelebihan dan kekurangan;
  • Rich snippet;
  • Ratings;
  • Affiliate button.

Schema – All In One Schema Rich Snippets

cara membuat review di wordpress

Berbeda dengan plugin yang lain, Schema – All In One Schema Rich Snippets tidak fokus ke konten review saja. Plugin ini berguna untuk memuat snippet berbagai macam konten seperti produk, profil, resep, dan lainnya. Dengan adanya snippet, ada kemungkinan besar konten Anda diklik oleh pengguna.

Untuk mengaktifkan snippet review, Anda bisa centang opsi Item Review ketika menulis konten. Opsi tersebut akan mengaktifkan nama reviewer, nama produk yang direview, serta rating.

Jika Anda ingin memaksimalkan relevansi konten di mesin pencarian, plugin ini adalah solusi untuk segala jenis konten.

Harga: Gratis

Fitur andalan:

  • Snippet interaktif (memuat foto, rating, harga, penulis konten, dll);
  • Kompatibel dengan berbagai macam post seperti review, acara, profil, produk, resep, software, artikel, dsb.

WP Customer Reviews

cara membuat review di wordpress

WP Customer Reviews memungkinkan Anda mengatur konten review di website. Setiap review yang masuk ke website dapat Anda lihat terlebih dulu. Dengan demikian, Anda bisa menentukan mana review yang layak tampil di website. Fitur yang sama membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan balasan yang tepat.

Di samping itu, Anda pun bisa mengatur kolom isian untuk review. Tak perlu lagi terpaku dengan kolom isian default yang barangkali kurang sesuai dengan bisnis Anda. Kolom isian ini tentunya akan membuat data dan masukan dari pelanggan lebih terstruktur dan mudah dianalisis.

Selain fungsional, plugin ini juga memperhatikan estetika. Anda bisa memodifikasi tampilan review agar sesuai dengan tema website yang digunakan. Fitur ini akan mendukung tampilan website agar terlihat lebih profesional.

Selain itu, Anda dapat menambahkan kolom review di bagian website yang diinginkan hanya dengan shortcode.

Harga: Gratis

Fitur andalan:

  • Anti-spam;
  • Anda berhak memutuskan review yang ditampilkan di website;
  • Kolom isian bisa ditambah dan dikustomisasi;
  • Tampilan balasan review;
  • Modifikasi tampilan agar sesuai tema;
  • Shortcode untuk tampilan review di berbagai laman.

Site Reviews

cara membuat review di wordpress

Untuk sebuah plugin gratis, Site Reviews menyajikan berbagai fitur yang cocok untuk website ecommerce berskala medium hingga besar.

Tidak hanya tampilannya saja yang bersih dan elegan, plugin ini juga memperhatikan reputasi website. Site Reviews memastikan pemilik website mengetahui konten review terlebih dulu sebelum ditampilkan di website. Supaya Anda bisa mengetahui review secepat mungkin, plugin ini juga bisa terintegrasi dengan Slack.

Selain itu, plugin ini juga berdedikasi menangkal spam. Tidak hanya terintegrasi dengan Akismet, plugin juga menggunakan sistem Google reCAPTCHA untuk meminimalisasi adanya review spam dan review palsu.

Harga: Gratis

Fitur andalan:

  • Anda berhak memutuskan review yang ditampilkan di website;
  • Log-in untuk mereview;
  • Menampilkan review terbaik (pin review);
  • Integrasi dengan Akismet Anti-Spam;
  • Notifikasi khusus terintegrasi dengan Slack;
  • Integrasi dengan Google reCAPTCHA untuk pengumpulan review;
  • Terintegrasi dengan Polylang untuk review multibahasa.

Reviewer WordPress Plugin

cara membuat review di wordpress

Jika Anda ingin mendedikasikan bagian khusus untuk review pelanggan dan membangun fanbase yang loyal, maka Reviewer WordPress Plugin adalah pilihan yang tepat.

Plugin ini berhasil mendesain bagian review dengan bersih dan elegan, tanpa meninggalkan sisi fungsional. Dalam bagian review Anda bisa mendapati foto produk beserta nilai review, daftar kelebihan dan kekurangan produk, dilanjutkan dengan deskripsi singkat produk, penilaian berbasis kriteria, dan kumpulan review yang ditulis oleh pelanggan.

Perhatian Reviewer WordPress Plugin pada user interface juga cukup detil. Plugin ini memberikan opsi pada pembaca untuk melihat review yang paling relevan. Entah itu disortir berdasarkan review terbaru, nilai terendah, maupun review dengan nilai tertinggi.

Harga: $28 (lisensi umum); +$8.63 untuk support selama 12 bulan

Fitur andalan:

  • Tabel perbandingan;
  • Form review;
  • Tambahan kotak isian;
  • Pengaturan tampilan yang fleksibel;
  • Pengguna bisa melampirkan gambar;
  • Google reCAPTCHA;
  • Google snippet;
  • Pilihan tampilan rating;
  • Widget tampilan review.

Taqyeem

cara membuat review di wordpress

Taqyeem adalah plugin dengan pengaturan yang simpel dan mudah. Plugin dapat diatur tampilannya sesuai dengan yang diinginkan. Terdapat banyak pilihan warna untuk menyesuaikan nuansa website Anda. Selain itu, terdapat 500+ pilihan font untuk menyesuaikan karakter bisnis Anda.

Plugin ini lebih cocok untuk menampilkan review dengan ringkas. Anda bisa menampilkan review ini di bagian halaman produk untuk meyakinkan calon pelanggan. Untuk review yang lebih lengkap, pengunjung website perlu mengklik tautan di samping nilai review.

Harga: $29 (lisensi umum); +$9 untuk support selama 12 bulan

Fitur andalan:

  • Kustomisasi warna;
  • Pengaturan kriteria review;
  • Mendukung berbagai macam tipe konten;
  • Terintegrasi dengan 500+ Google web fonts;
  • Schema SEO rich snippet;
  • Pilian sortir review.

WP Review Pro

cara membuat review di wordpress

Jika Anda memiliki bisnis skala besar dan memang berkomitmen melakukan promosi melalui review pelanggan, WP Review Pro adalah plugin yang pas. Biaya yang keluarkan untuk plugin ini bukanlah hal yang sia-sia. Di website resminya, WP Review Pro menampilkan 26 fitur unggulan yang sangat berguna untuk website Anda.

Dari sisi tampilan, plugin ini menyediakan 14 pilihan tampilan rich snippet dan 16 tampilan review. Plugin ini juga membiarkan Anda memilih thumbnail yang tepat untuk produk yang direview. Terdapat pula 10 custom widget untuk menampilkan review di berbagai bagian website seperti sidebar, footer, ataupun area lainnya.

Fitur terpenting adalah bagian review yang interaktif. Pengguna dapat memberikan komentar atas review yang ditulis oleh pelanggan lain. Pengguna juga dapat memberikan penilaian pada review sehingga review paling relevanlah yang terlihat. Fitur ini sangat penting jika Anda berkomitmen menciptakan fanbase bisnis Anda dengan interaksi yang organik.

Harga: $77 (harga reguler); $67 (harga promo)

Fitur andalan:

  • Tersedia 14 tampilan rich snippet;
  • Tersedia 16 pilihan tampilan review;
  • Berbagai sistem rating (bintang, persentase, jempol, diagram lingkaran, dan poin);
  • Pengguna dapat meninggalkan komentar dan nilai di review pelanggan lain;
  • Kompatibel dengan berbagai tema WordPress;
  • Terintegrasi dengan Google Places Review;
  • Terintegrasi dengan Facebook Business Review;
  • Panel pengaturan lengkap.

Baca juga: Panduan Online Marketing Lengkap untuk Pemula

Kesimpulan

Menambahkan review pelanggan ke website ecommerce adalah langkah strategis menjalankan promosi. Selain efektif, cara ini juga tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan transaksi di website, murah, dan menjadi bibit komunitas pelanggan yang setia.

Lewat artikel ini, kita juga belajar menambahkan review pelanggan melalui plugin. Berikut adalah ulasan singkat plugin yang sudah dibahas:

  • WP Product Review Lite  ‒ cocok untuk website ecommerce yang baru dirintis.
  • Schema – All In One Schema Rich Snippets ‒ pas untuk website dengan berbagai tipe konten.
  • WP Customer Reviews ‒ pilihan tepat untuk pemilik website yang ingin fleksibilitas dalam menampilkan review.
  • Site Reviews ‒ cocok untuk menampilkan review terbaik di deretan teratas.
  • Reviewer WordPress Plugin ‒ untuk website yang menyukai tampilan review yang elegan, profesional, dan lengkap.
  • Taqyeem ‒ sesuai untuk website dengan tampilan yang simpel.
  • WP Review Pro ‒ paket lengkap untuk website ecommerce kapasitas besar.

Demikian artikel cara menambahkan review di WordPress Anda. Kami harap artikel ini bisa membantu Anda menerapkan strategi marketing words-of-mouth dengan lebih efektif dan strategis. Semoga berhasil!

0
Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 6 =