Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Data Center Tier 4, Fasilitas Penyimpanan Data Canggih Niagahoster untuk Keamanan Data Anda

1 min read

Data Center Indonesia

Keamanan data pelanggan adalah salah satu yang menjadi fokus utama Niagahoster untuk menjaga kepuasan pelanggan. Dengan menjamin keamanan data pelanggan kami berusaha membayar kepercayaan pelanggan yang telah memilih layanan web hosting di Niagahoster.

Keamanan data pelanggan di Niagahoster dijamin lewat kualitas tempat penyimpanan data. Di Niagahoster, data pelanggan disimpan di Data Center Indonesia. Data Center Indonesia adalah lokasi penyimpanan data yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Data Center berstandar Tier 4 ini adalah lokasi penyimpanan data yang terbaik dengan availability 99,999%. Dengan availability setinggi ini, pelanggan Niagahoster dijamin akan sangat jarang mengalami gangguan server.

Data Center dengan Fasilitas Mumpuni

Data Center Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas tingkat tinggi demi menjaga keamanan server data di dalamnya. Secara geografis, Data Center Indonesia terletak di lokasi yang aman, daerah yang aman dari gempa dan banjir. Karena letaknya yang sekitar 40 km dari Jakarta, Data Center Indonesia juga aman dari huru hara dan demonstrasi.

Dari segi kecanggihan fasilitas, Data Center Indonesia didukung oleh banyak infrastruktur mekanis. Sistem pendingin yang tidak hanya sistem pendingin ruangan biasa, tapi juga redundant water piping, redundant water chillers, dan redundant cooling towers. Selain itu, karena musuh utama server adalah air, maka DCI juga memiliki sensor pendeteksi kebocoran air. Letak server juga berada di lantai yang ditinggikan dari lantai sekitarnya untuk menghindari aliran air.

Selain pendingin, DCI juga dilengkapi dengan sistem perlindungan api. Sistem ini terdiri dari 3 prosedur yang memiliki treatment yang berbeda. Yang pertama adalah smoke detector (untuk mengisolasi api dengan menggunakan pemadam api portabel), gas suppression (melepaskan gas dan mengurangi oksigen dalam ruangan untuk memadamkan api), dan pre action sprinkler (sistem pengeringan menggunakan pipa).

Data Center Indonesia

Data Center dengan Sistem Perawatan Terbaik

DCI juga didukung oleh 2 pembangkit listrik yang membuat DCI aman dari gangguan listrik. Untuk memastikan semua skenario keamanan berjalan baik, maka DCI juga sering melakukan simulasi sistem. Dimulai dari simulasi keamanan, simulasi pemadaman api, simulasi sistem pendingin dll.

Perawatan terhadap semua sistem pengaman yang ada di DCI juga dilakukan secara berkala. Ada yang per satu tahun, enam bulan, tiga bulan, dan setiap minggu. Hal ini perlu dilakukan karena dengan melakukan perawatan berkala, maka bisa menjaga performa dan memperpanjang masa guna alat-alat di sana. DCI adalah satu satunya data center di Indonesia yang melakukan perawatan seperti ini.

Niagahoster berharap dengan kecanggihan metode penyimpanan data ini, bisa semakin menambah kepercayaan dan kemudahan bagi para pelanggan. Karena bagi kami, kepuasan pelanggan tetaplah alasan mengapa kami bekerja memberikan usaha terbaik kami setiap hari.

1
Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =