Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Hosting untuk Startup, Ini Rekomendasinya!

3 min read

daftar 7 startup unicorn indonesia

Kebutuhan hosting untuk startup memang berbeda-beda, tergantung platform yang dikembangkan dan jumlah penggunanya. Yang penting, hosting tersebut harus berkualitas supaya dapat menghasilkan performa yang baik. 

Nah, kira-kira layanan hosting yang cocok untuk startup itu seperti apa ya?

Tenang, Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini. Yuk, simak artikelnya sampai tuntas! 

Apa Saja Kegunaan Hosting untuk Startup?

Inilah berbagai kegunaan hosting untuk startup:

1. Membangun Website

Startup bisa menggunakan hosting untuk membangun website, baik berupa website company profile atau website toko online. 

Website tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengenalkan startup ke masyarakat. Bahkan, website bisa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk.

Sesuai dengan jenis websitenya, startup bisa memanfaatkan platform WordPress untuk menerapkan cara membuat website perusahaan, dan WooCommerce untuk membuat toko online dengan mudah. 

2. Mengembangkan Aplikasi

Hosting bisa membantu startup yang akan melakukan pengembangan aplikasi. Sebagai contoh, pengguna hosting bebas memanfaatkan layanan VPS untuk melakukan testing. Untuk tujuan ini, umumnya KVM adalah yang paling sering direkomendasikan berkat keunggulannya.

3. Membuat Layanan VPN

Layanan hosting bisa digunakan untuk membuat Virtual Private Network (VPN) bagi perusahaan startup yang membutuhkan jaringan pribadi khusus karyawannya. Dengan adanya VPN, karyawan startup bisa bertukar data dengan aman.

4. Membuat Email Profesional

Tak ada salahnya, startup memanfaatkan layanan email gratis. Namun, perlu diingat bahwa ruang penyimpanan dari email gratis sangat terbatas. 

Nah, kalau kebutuhan berkirim dan menerima email cukup banyak, menggunakan layanan hosting khusus email merupakan langkah yang baik. Apalagi dengan layanan tersebut, Anda bisa membeli domain unik untuk email Anda sehingga terlihat lebih profesional. 

Baiklah, setelah mengetahui berbagai kegunaan hosting untuk startup, kira-kira apa saja layanan hosting yang cocok untuk startup? Simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Hosting yang Cocok untuk Startup

Berikut ini rekomendasi jenis hosting yang cocok untuk startup:

1. Shared Hosting

  • Kisaran harga: Rp9.900 – Rp49.900/bulan
  • Cocok untuk: Startup Pemula dengan kebutuhan dasar kecil
rekomendasi hosting untuk startup yang pertama adalah Shared Hosting

Shared Hosting merupakan layanan hosting yang cocok untuk startup baru yang secara kebutuhan resource dan traffic belum terlalu tinggi. 

Meskipun umumnya Shared Hosting menawarkan unlimited resource, tapi Anda harus berbagi dengan pengguna lain. Hal ini tidak akan mempengaruhi performa website selama Anda memanfaatkan sumber dayanya dengan wajar.

Keuntungan dari Shared Hosting dengan cirinya tersebut adalah harganya yang relatif terjangkau dibanding paket hosting lain. 

FYI. Niagahoster menyediakan Web Hosting dengan tarif mulai dari Rp 9.900 per bulan!

Baca juga: Perbedaan Shared Hosting dan VPS

2. WordPress Hosting

  • Kisaran harga: Rp19.900 – Rp69.900/bulan
  • Cocok untuk: Startup Berkembang yang ingin memanfaatkan WordPress
WordPress Hosting adalah salah satu layanan hosting yang cocok untuk startup

Ingin membangun website bagi startup Anda? Gunakan WordPress agar lebih mudah dalam mengelolanya. Beli hosting WordPress kami dan dapatkan fitur yang serba lengkap.

Keunggulan WordPress Hosting cukup banyak. Salah satunya adalah sistemnya sudah dioptimalkan untuk penggunaan dengan WordPress dan terdapat fitur WordPress Accelerator yang memungkinkan performa website lebih gesit. 

Jenis hosting ini umumnya mampu menampung pengunjung antara 60.000-180.000 per bulan. Jadi, WordPress Hosting paling tepat untuk startup yang mulai berkembang.

3. Cloud Hosting

  • Kisaran harga: Rp124.900 – Rp649.900/bulan
  • Cocok untuk: Startup yang membutuhkan resource besar dengan pengelolaan mudah
Cloud Hosting cocok untuk pengguna yang membutuhkan resource besar

Anda sudah mulai membutuhkan resource besar untuk website dan aplikasi Anda? Cloud Web Hosting merupakan layanan yang cocok untuk kebutuhan tersebut. Bahkan, layanan ini mampu menampung 450.000-1.350.000 pengunjung tiap bulannya.

Yang paling menarik, Cloud Hosting menawarkan berbagai kemudahan meskipun memiliki resource yang tinggi. Salah satunya, adanya fitur auto-installer yang memudahkan Anda menginstal platform seperti framework Laravel dan lainnya dengan mudah.

4. VPS Hosting

  • Kisaran harga: Rp99.000 – Rp1.350.000/bulan
  • Cocok untuk: Startup yang bebas mengelola hosting dengan performa terbaik
VPS Hosting cocpk untuk pengguna yang paham pengelolaan server

Layanan VPS Murah Niagahoster menawarkan performa yang tinggi dan kebebasan pengelolaan lebih baik dibanding paket hosting lain. Pun demikian, harganya masih cukup terjangkau untuk startup kecil maupun besar. 

Terdapat berbagai pilihan paket VPS sesuai kebutuhan sumber daya dan budget yang dimiliki. Nantinya, layanan ini bisa Anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi, website, atau lainnya dengan hasil optimal. 

5. Email Hosting

  • Kisaran harga: Rp80.000 -Rp360.000/bulan
  • Cocok untuk: Startup dengan kebutuhan pengelolaan email khusus
Email Hosting cocok untuk pengguna yang butuh penyimpanan besar pada email

Email Hosting adalah layanan hosting yang memungkinkan startup mengelola email dengan lebih optimal. Layanan ini dibutuhkan terutama ketika kebutuhan email perusahaan startup sudah mulai tinggi.

Sebagai contoh, dengan layanan hosting email Indonesia Niagahoster, Anda bisa mengirim email hingga 9600 email per hari. Jadi, sangat cocok kalau perusahaan Anda ingin menjalankan email marketing dengan baik. 

Istimewanya, layanan ini menawarkan juga punya berbagai fitur unggulan seperti SpamExpert yang mencegah email dianggap spam. 

Siap Memilih Hosting untuk Startup Anda?

Dari artikel ini, Anda sudah mengetahui berbagai kegunaan hosting untuk startup. Hosting bisa digunakan untuk membuat website atau layanan VPN, mengembangkan aplikasi, hingga membuat email profesional.

Apabila Anda adalah pemilik startup yang berencana menjalankan bisnis secara online, pastikan sudah memilih hosting yang cocok untuk startup Anda, ya. 

Bagi startup pemula dengan kebutuhan resource normal, Shared Hosting bisa menjadi pilihan. Sedangkan, untuk kebutuhan resource tinggi, VPS dan Cloud Hosting lebih cocok sebagai pilihan. 

Untungnya, Niagahoster punya semua layanan yang direkomendasikan. Anda cukup memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Itupun, masih ditambah dengan performa terbaik berkat jaminan uptime 99,9% dan dukungan layanan pelanggan 24 jam penuh lewat berbagai channel, mulai live chat hingga email.

Tunggu apa lagi nih? Beli hosting murah dan berkualitas untuk startup Anda sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *