Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Inilah Rekomendasi Hosting untuk Aplikasi Android

3 min read

membuat aplikasi android lengkap

Bagaimana agar aplikasi Android yang Anda kembangkan bisa diakses pengguna dengan baik? Jawabannya, menyiapkan hosting untuk aplikasi Android tersebut. Itu artinya, hosting Android yang tepat bisa menjadi kunci sukses aplikasi Anda.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas hosting terbaik untuk aplikasi Android. Namun, sebelumnya Anda akan belajar cara membuat aplikasi Android, dan mengetahui benarkah hosting aplikasi Android Anda butuhkan. 

Yuk, simak! 

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android?

Aplikasi Android umumnya terdiri dari front end dan back end. Front end adalah bagian dari aplikasi yang dilihat oleh pengguna, dimana pengguna akan berinteraksi dengan mengklik tombol, dan lainnya. Sedangkan, back end adalah perangkat komputasi yang merespon semua interaksi tersebut.

Untuk membangun front end aplikasi Android, Anda memerlukan Android Studio. Dengan software tersebut, Anda bisa membuat aplikasi Android melalui lima langkah, yaitu:

  1. Pilih template project atau mulai dari nol.
  2. Membuat antarmuka aplikasi.
  3. Mengatur Adapter yang bertugas untuk memanggil data.
  4. Menampilkan data menggunakan RecyclerView.
  5. Menampilkan kumpulan database menggunakan Dataset.

Ketika aplikasi sudah jadi, bagaimana untuk merespon interaksi pengguna yang membutuhkan data? Misalnya, saat pengguna klik play di aplikasi musik streaming, di manakah data lagu tersimpan?

Nah, itulah tanda bahwa aplikasi buatan Anda membutuhkan layanan hosting Android.

Baca Juga: Mengenal Kotlin, Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Android

Kenapa Anda Butuh Hosting untuk Aplikasi Android?

Kebutuhan aplikasi akan layanan hosting Android memang tergantung dengan fungsinya.

Apabila aplikasi Anda dirancang untuk berfungsi secara offline, semua datanya akan disimpan di perangkat pengguna. Dengan begitu, data yang dibutuhkan untuk merespon interaksi pengguna dengan aplikasi bisa langsung diambil dari penyimpanan perangkat.

Beda halnya dengan aplikasi yang berfungsi secara online, seperti e-commerce, media sosial, dan layanan streaming musik seperti contoh di atas. 

Ketika pengunjung menginstal jenis aplikasi itu, hanya bagian front end yang disimpan di perangkat. Data aplikasi disimpan di server hosting agar mampu digunakan untuk melayani semua pengguna aplikasi kapan saja.

Anda sebenarnya bisa menggunakan jenis layanan hosting apapun untuk aplikasi Android tersebut. Namun, karena sebuah aplikasi umumnya sering diakses dan kadang melayani pengguna dalam jumlah besar, ada beberapa kriteria tertentu bagi hosting untuk aplikasi Android Anda. 

Apa Kriteria Hosting Android Terbaik?

Ini dia beberapa hal penting yang harus dimiliki layanan hosting aplikasi Android:

1. Kecepatan

Pengguna pasti akan kecewa jika informasi di aplikasi lambat diakses. Kalau terus-menerus seperti itu, pengguna tidak akan sabar dan berhenti menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, agar tidak kehilangan pengguna, Anda wajib menggunakan layanan hosting yang cepat.

Hosting Android idealnya memiliki ruang penyimpanan dan memori berkapasitas besar. Jadi, hosting tersebut mampu menyimpan banyak data tanpa kinerjanya terganggu.

Sementara itu, kapasitas memori mendukung kemampuan hosting untuk merespon banyak request data dari aplikasi. Semakin besar kapasitas memori, semakin baik kinerja hosting saat banyak pengguna mengakses aplikasi bersamaan.

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan layanan hosting yang penyimpanan dan memorinya terdedikasi. Dengan begitu, performa hosting aplikasi Android Anda tidak akan terpengaruh jika pengguna hosting lain menggunakan penyimpanan atau memori server secara berlebihan.

Baca Juga: Apa Itu Disk Space Pada Hosting?

2. Uptime

Kecepatan loading yang tinggi saja tidak cukup. Aplikasi Anda juga harus bisa melayani pengguna kapan saja. Terutama, jika aplikasi tersebut digunakan untuk tujuan bisnis atau pelayanan administrasi pemerintah.

Agar aplikasi selalu dapat diandalkan, Anda harus memilih hosting Android yang uptime-nya tinggi. Uptime adalah waktu di mana hosting selalu bisa diakses.

Uptime hosting di atas 99% menunjukkan bahwa server tersebut hampir selalu online dan minim kendala. Inilah yang dibutuhkan untuk  menunjang aplikasi Anda bekerja dengan baik.

3. Keamanan

Hosting Android dengan sistem keamanan buruk bisa menyebabkan aplikasi mudah dibobol oleh hacker. Selain aplikasi jadi tidak bisa diakses dengan baik, data pengguna juga terancam.

Kedua hal tersebut akan berdampak buruk bagi pengguna dan kredibilitas Anda sebagai pengembang aplikasi. Pastinya Anda tidak ingin hal itu terjadi,  bukan?

Oleh karena itu, gunakanlah layanan hosting untuk aplikasi Android dengan fitur keamanan yang lengkap, seperti firewall, anti malware, serta pembaruan sistem operasi hosting rutin.

Tak lupa, pastikan bahwa layanan hosting yang Anda gunakan menawarkan backup otomatis. Dengan itu, Anda akan memiliki cadangan data jika data utama Anda mengalami error, sehingga data pengguna tidak hilang.

Rekomendasi Hosting Android Terbaik

Nah, supaya Anda lebih mudah mencari layanan hosting sesuai kriteria tadi, berikut ini adalah jenis-jenis hosting terbaik untuk aplikasi Android:

1. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang memanfaatkan beberapa server untuk menyimpan data aplikasi Anda. Ketika salah satu server mengalami kendala, yang lain menggantikan tugasnya sehingga cloud hosting dikenal memiliki uptime yang baik.

Keunggulan cloud hosting tidak berhenti di situ. Memori dan ruang penyimpanannya terdedikasi, sehingga performa hosting yang Anda gunakan tidak akan terganggu dengan aktivitas  pengguna hosting lain.

Dari sisi keamanan, cloud hosting juga menawarkan fitur yang terbaik sehingga keamanan server cloud hosting selalu terjaga. 

Yang tidak kalah menarik, cloud hosting menawarkan kemudahan pengelolaan. Dengan demikian, Anda bisa langsung menggunakannya untuk meluncurkan aplikasi Android Anda.

2. VPS

VPS adalah hosting yang servernya dibagi dengan beberapa pengguna. Namun, masing-masing pengguna mendapatkan sumber daya yang terdedikasi, termasuk memori dan ruang penyimpanan.

Tak hanya itu, kapasitas sumber dayanya juga lebih besar dibanding cloud hosting. Oleh karenanya, VPS cocok untuk aplikasi Android yang perlu menyimpan data dalam jumlah banyak dan tetap memiliki performa yang baik.

Berbeda dengan cloud hosting, VPS memerlukan pengaturan server secara mandiri. Hal itu membutuhkan keahlian khusus, utamanya pemahaman tentang perintah Linux untuk pengaturan hosting.

Namun demikian, virtual private server memungkinkan Anda lebih bebas dalam menginstal software pilihan untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan hosting. Jadi, kemampuan VPS bisa disesuaikan kebutuhan aplikasi Anda.

Baca Juga: VPS vs Cloud Hosting: Manakah yang Lebih Baik?

Yuk, Gunakan Hosting Android yang Tepat!

Memiliki hosting untuk aplikasi Android merupakan keharusan jika Anda ingin membuat aplikasi yang bekerja secara online. Di artikel ini, Anda sudah mengenal kriteria hosting Android yang baik, yaitu memiliki kecepatan, uptime, dan keamanan yang bisa diandalkan.

Nah, cloud hosting dan VPS adalah dua pilihan hosting terbaik untuk aplikasi Android Anda. Keduanya menawarkan memori dan penyimpanan terdedikasi, sehingga mendukung kebutuhan akan kecepatan dan uptime yang tinggi.

Keamanan kedua jenis hosting juga tidak perlu Anda ragukan. Cloud hosting memiliki pengaturan keamanan yang baik serta fitur bawaan seperti anti malware dan firewall. Sementara itu, Anda bisa mengatur keamanan VPS sesuai kebutuhan dengan menginstal software yang Anda pilih.

Apabila Anda ingin mendapatkan cloud hosting atau VPS, Niagahoster adalah penyedia hosting yang tepat. Sebab, baik cloud hosting maupun VPS Niagahoster memiliki uptime terbaik, yaitu 99,9%. Artinya, kemungkinan aplikasi Anda tidak dapat diakses sangat kecil.

Selain itu, cloud hosting dan VPS Niagahoster dilengkapi fitur backup otomatis. Dengan begitu, ada cadangan data aplikasi Anda dan pengguna yang bisa Anda pulihkan jika terjadi error di hosting.

Yang tidak kalah menarik, Anda bisa berlangganan cloud hosting mulai dari Rp124.900/bulan dan VPS mulai dari Rp99.900/bulan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih hosting aplikasi Android Anda!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.